Daftar isi
8 min read

11 Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Business API

Tayang 20 Januari 2021
Diperbarui 12 Desember 2023
Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Business API
11 Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Business API

Kegunaan WhatsApp Business API kini kian berkembang, tidak hanys sebatas media komunikasi tetapi juga  sebagai media sales, marketing, dan customer service yang efektif. Meski begitu, WA bisnis API juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang mungkin Anda rasakan.

Apa saja kelebihan dan kekurangan WA bisnis API? kelebihan WhatsApp bisnis salah satunya adalah dapat diintegrasikan dengan aplikasi lainnya yang telah digunakan bisnis seperti sistem CRM. Kelebihan WhatsApp Business API ini memudahkan Anda mengelola seluruh aktivitas penjualan dan customer service.

Sementara kekurangan WA bisnis API salah satunya adalah nomor yang telah didaftarkan tidak bisa diganti selamanya. Hal ini tentu tidak sebanding dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan menggunakan WhatsApp API.

Untuk mengtehaui selengkapnya, yuk simak pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan WhatsApp Business di bawah ini!


Apa itu WA Bisnis API?

WA bisnis API (Application Programming Interface) adalah fitur terbaru WhatsApp business sehingga bisnis dapat meningkatkan layanan pelanggan bisnis. Kemampan WhatsApp API berkat dukungan fitur-fitur canggih seperti OTP, Notifikasi, Centang Hijau, Multiple Device, dan WhatsApp bot.

WhatsApp API mampu terintegrasi aplikasi yang digunakan bisnis dalam satu sistem terpadu. Meski begitu, WhatsApp dilengkapi sistem keamanan end-to-end encryption yang terkunci atau tidak ada data (chat, video, dokumen atau audio) yang bocor. Kelebihan whatsapp business inilah yang membuat bisnis memanfaatkannya untuk meningkatkan layanan pelanggan.

Baca Juga: Perbedaan WA Biasa, WA Bisnis, dan WhatsApp Official Business


Apa Kelebihan Menggunakan WhatsApp Business API?

Kelebihan WhatsApp business API utama adalah terintegrasi dengan sistem lain secara otomatis. Kegunaan WhatsApp Business API tersebut memudahkan tim support untuk mengakses data yang dibutuhkan untuk melayani pelanggan lebih baik.

Berikut keuntungan dan kelebihan WhatsApp bisnis yang sayang Anda lewatkan, di antaranya:

1. Meningkatkan hubungan pelanggan

Kegunaan WhatsApp Business Api memungkinkan Anda dan pelanggan berkomunikasi secara personal. Dengan fitur WhatsApp chatbot,  Anda dapat membalas pesan yang dipersonalisasi secara otomatis selama 24/7.

WhatsApp terverifikasi dapat meningkatkan kredibilitas pelanggan. Anda  bisa memuat email, nomor telepon, website dan detail lainnya pada profil API WhatsApp untuk membangun citra brand.

2. Keamanan WA Bisnis API Terjamin

Adanya enkripsi end-to-end dan two-factor-authentication (2FA) pada WhatsApp menjamin keamanan percakapan baik pelaku bisnis maupun pelanggan. Kelebihan WhatsApp Business ini mengurangi resiko kebocoran data atau penipuan.

3. WA Bisnis API Lebih Interaktif

WhatsApp menyediakan fitur menarik seperti story, display picture, dan status. Selain itu WhatsApp juga bisa membagikan gambar, video, dokumen hingga share live location yang memudahkan pelanggan untuk mengetahui detail produk.

Dengan kelebihan WhatsApp bisnis ini percakapan yang terjadi dengan pelanggan lebih atraktif dan mudah dipahami.

4. Komunikasi Dua Arah

WhatsApp memungkinkan terjalinnya komunikasi real (dua arah) dengan pelanggan layaknya percakapan langsung atau telepon. Pelanggan dapat memulai percakapan dengan bertanya produk atau jasa melalui API WhatsApp link yang tersedia di website atau media sosial. Kelebihan WhatsApp Business ini tidak bisa Anda dapatkan menggunakan WhatsApp Messenger.

5. Meningkatkan Pelayanan

Keuntungan menggunakan WhatsApp bisnis selanjutnya adalah memberikan analisis yang canggih terhadap percakapan WhatsApp untuk melacak percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan dan kinerja masing-masing agen. Data-data tersebut penting untuk meningkatkan pelayanan.

6. Terintegrasi dengan Aplikasi Lain

Fleksibilitas WhatsApp API memungkinkan pengguna untuk mengintegrasi dengan aplikasi lain atau WhatsApp Integration.  Integrasi ini dilakukan dengan customer service atau sistem CRM. Dengan kelebihan WhatsApp Business,  semua obrolan yang masuk dapat cepat dibalas karena obrolan tersebut dapat langsung ditujukan ke agen tertentu.

7. Pesan Cepat Diterima

Pesan dikirimkan akan secara otomatis terkirim pada jam dan waktu yang sama ke pelanggan. WA Bisnis API ddilengkapi fitur chatbot sehingga untuk pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan. Chatbot dapat menerima dan menjawabnya secara otomatis.

8. Pesan Cepat Dibaca

Keuntungan menggunakan WhatsApp bisnis terakhir adalah pesan Anda lebih cepat dibaca. Data Digital Report 2019 dari We Are Social dan Hootsuite menunjukan WhatsApp menjadi pesan instan paling sering dikunjungi dengan 83 persen dari 150 juta pengguna internet di Indonesia.

Selain itu, sebanyak 80 persen pesan yang dikirim melalui WhatsApp dibaca dalam 5 menit dan rata-rata pengguna WhatsApp memeriksanya lebih dari 23 kali.

9. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

WhatsApp Business API dilengkapi dengan fitur centang hijau yang dapat menunjukkan bahwa bisnis sudah terverifikasi oleh pihak WhatsApp dan benar ada keberadaannya. Hal ini tentu dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis.

10. Memantau Interaksi Pelanggan dengan Mudah

Manfaat WhatsApp Business kedua adalah memudahkan Anda untuk memantau seluruh aktivitas pelanggan secara real time. WhatsApp API dilengkapi dengan fitur report yang menampilkan interaksi bisnis dengan pelanggan. Dengan fitur ini, Anda bisa mengidentifikasi apabila ada masalah dan pelanggan yang terabaikan untuk segera diselesaikan.

11. Meningkatkan Efisiensi

Manfaat WhatsApp Business terakhir adalah meningkatkan efisiensi performa bisnis Anda. Dukungan fitur-fitur WhatsApp API mempermudah kinerja bisnis, terlebih dengan bantuan Chatbot. Tim support hanya fokus menyelesaikan permasalahan pelanggan yang kompleks.

Baca juga : WhatsApp Business API: Panduan Lengkap API WhatsApp (2023)


Apa Kekurangan WhatsApp Business API?

Kekurangan WhatsApp business adalah nomor yang didaftarkan sebagai akun WA bisnis API tidak bisa diganti selamanya. Hal ini membuat Anda harus memastikan bahwa nomor tersebut selalu aktif.  Kekurangan WhatsApp Business API lainnya dijelaskan seperti berikut ini:

1. Nama yang digunakan WA Bisnis API tidak bisa diubah

Nama akun bisnis yang sudah didaftarkan tidak dapat diubah lagi, berbeda dengan WhatsApp messenger yang nama profil bisa diganti dengan mudah. Makanya pikirkan dengan baik nama bisnis yang akan didaftarkan.

2. Nomor WA Bisnis API tidak bisa digunakan untuk akun WhatsApp Messenger

Nomor yang digunakan di layanan WhatsApp bisnis bersifat permanen atau tidak bisa diganti. Selain itu juga nomor tersebut tidak bisa digunakan untuk akun WhatsApp biasa atau messenger.

3. Berpotensi di blok apabila teridentifikasi mengirimkan spam

Akun WhatsApp bisnis memungkinkan mengirimkan pesan langsung ke pelanggan seperti promo atau informasi menarik lain tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Pesan yang dikirim terus menerus atau spam dapat membuat pelanggan risih. Pastikan atur periode pengiriman pesan otomatis (away massage) dan pastikan sesuai pelanggan.

Apabila dibandingkan kelebihan dan kekurangan whatsapp business, maka kekurangan WahtsApp bisnis di atas tidaklah terlalu banyak. Bahkan hal tersebut terlihat seperti bukan sebuah kekurangan pada WhatsApp Business.

Misalnya penggunaan nomor hanya WA bisnis API. Kekurangan WhatsApp bisnis ini tidak perlu dikhawatirkan, karena pada umumnya bisnis telah memisahkan nomor HP pribadi dengan bisnisnya supaya tidak tercampur. Sebaliknya kekurangan WhatsApp Business ini untuk mengajarkan Anda, bagaimana caranya mengembangkan bisnis supaya lebih maju dan terlihat profesional.


Apa saja Fitur yang Ada pada WA Bisnis API?

Salah satu kelebihan menggunakan whatsapp business adalah merespon setiap pesan pelanggan secara otomatis. Sementara permintaan pelanggan yang tidak dapat diselesaikan, WhatsApp API akan meneruskan ke customer service.

Kegunaan WhatsApp Busines tersebut diperoleh berkat fitur-fitur canggih API. Fitur WA bisnis API yang dimaksud adalah sebagai berikut:

– Integrasi WA Bisnis API

Keuntungan menggunakan whatsapp bisnis pertama adalah dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain seperti CRM. Proses ini akan mendorong pertumbuhan bisnis lebih cepat serta meningkatkan loyalitas pelanggan.

– Auto Reply

WhatsApp API Indonesia mampu memberikan respon otomatis setiap pesan yang masuk melalui fitur auto reply. Fitur ini berhasil menyelesaikan permintaan sederhana tanpa melalui tim support.

Baca juga: Rekomendasi Tools Auto Answer WA

WhatsApp Bulk

WhatsApp bulk atau WhatsApp blast bertugas mengirimkan pesan broadcast secara bersamaan ke banyak kontak pelanggan. Pesan tetap diterima meskipun mereka tidak menyimpan kontak bisnis. Cara ini efektif meningkatkan produktivitas tim CS dan media promosi yang efisien.

Multi Device

Satu akun atau nomor WhatsApp API dapat diakses dari berbagai perangkat berbeda dengan banyak agen bersamaan menggunakan fitur multi device. Hal ini membantu bisnis merespon pelanggan lebih cepat.

WhatsApp Automation

API WhatsApp dilengkapi sistem otomatisasi yang akan merekam dan menyimpan semua kontak leads, percakapan serta informasi pelanggan lainnya. Data tersebut bermanfaat bagi tim support untuk membangun pengalaman pelanggan yang menyenangkan.

WhatsApp Verified

Centang hijau (green tick) menandakan bahwa akun WhatsApp terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis. Tanda centang hijau pada akun WhatsApp API dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas dimata pelanggan terhadap bisnis Anda.

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Centang Hijau WA

Rotator

Rotator akan otomatis meneruskan pesan dari pelanggan atau prospek tim support. Dengan begitu semua pesan yang masuk dapat ditangani lebih cepat dan tepat.


Bagaimana Cara Menggunakan WA Bisnis API yang Tepat?

Wa-auto-respon-masking-qontak

Berdasarkan informasi kelebihan dan kekurangan whatsapp business di atas, tidak ada alasan lagi untuk ragu menggunakan WA Bisnis API. Untuk menggunakannya, Anda perlu bekerjasama dengan official business partner WhatsApp yang ada di Indonesia seperti Mekari Qontak.

Mekari Qontak menyediakan solusi end-to-end yang dapat menghubungkan API WhatsApp Business dan aplikasi chat lainnya atau solusi omnichannel dengan sistem Customer Relationship Management. Mekari Qontak mengerti bahwa kebutuhan, target, dan tujuan dari setiap perusahaan/bisnis dapat saja berbeda, Mekari Qontak menyediakan berbagai fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda seperti:

  • Akes laporan sales, customer service, dan agen CS Anda
  • Menggunakan satu nomor WhatsApp untuk banyak agen di berbagai lokasi
  • Integrasi dengan sistem lain seperti CRM (customer relationship management) atau sering disebut WhatsApp CRM.
  • Mendeteksi nama dari calon pelanggan baru atau pelanggan dari WhatsApp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam database CRM tanpa harus bertanya ke pelanggan atau mengetiknya secara manual
  • Memperoleh analisis percakapan yang canggih untuk melacak beberapa percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan tersebut, dan kinerja masing-masing agen dan bisnis secara keseluruhan

Dapatkan WA Bisnis API Terbaik Sekarang!

Apabila membandingkan kelebihan dan kekeurangan WA Bisnis API, keuntungan lah yang akan lebih banyak Anda dapatkan. Salah satu kelebihan WhatsApp Bisnis API adalah untuk meningkatkan pelayanan, produktivitas bisnis serta mengelola sales dan pesanan.

Jadi tunggu apa lagi? Segera dapatkan API WhatsApp di official business partner WhatsApp yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Mekari Qontak. Dapatkan juga kelebihan dan kekurangan WhatsApp bisnis API yang bisa dikonsultasikan gratis dengan tim Mekari Qontak.

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales