Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Aplikasi CRM, Penting!

Kelebihan dan kekurangan crm

Apa saja kelebihan dan kekurangan dari CRM?

Kelebihan dan kekurangan CRM (Customer Relationship Management) adalah salah satunya membuat seluruh aktivitas bisnis (pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan) menjadi dalam satu aplikasi. Namun kekurangannya, hal ini dapat menghilangkan unsur manusia di dalam bisnis. Baik bisnis besar maupun bisnis kecil menemukan bahwa implementasi CRM dapat memberikan keuntungan serta manfaat bagi perusahaan dan tentu kekurangannya.

Aplikasi CRM berguna untuk mengelola penjualan dan customer service, melacak aktivitas tim dan key performance indicator (KPI), mengelola tim dan melakukan live check-in dengan GPS, serta mengintegrasi WhatsApp dengan CRM. Selain itu, CRM juga membantu dalam pelaporan dan otomatisasi dokumen. Dengan berbagai kelebihan tersebut, sosial CRM diprediksi akan menjadi fungsi yang paling dicari oleh perusahaan. Bahkan menurut SuperOffice, aplikasi CRM telah menjadi market aplikasi terbesar di dunia, dengan perkiraan revenue menjadi 80 juta USD pada tahun 2025.

Namun, hal tersebut tidak serta-merta membuat CRM menjadi aplikasi paling sempurna. Selain keuntungan tersebut, ada beberapa kelemahan/kerugian aplikasi CRM yang perlu Anda ketahui sebagai pertimbangan. Jika Anda saat ini sedang mempertimbangkan untuk mengimplementasikan aplikasi CRM pada perusahaan Anda, ketahui kelebihan dan kekurangan CRM ini.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan penggunaan aplikasi CRM

Kelebihan menggunakan aplikasi CRM

1. Semua yang Anda perlukan ada di satu tempat

Manajemen hubungan pelanggan harus tersentralisasi agar dapat berjalan efektif. Data yang telah terkumpul harus tersedia oleh anggota tim yang membutuhkan. Dengan aplikasi CRM, semua orang memiliki akses terhadap informasi yang sama. Dengan demikian, tiap anggota dapat bekerja lebih produktif dengan berfokus pada memenuhi kebutuhan pelanggan.

2. CRM adalah solusi yang dapat diukur

Agar dapat bertahan, sebuah perusahaan harus memiliki database pelanggan yang memahami value proposition yang ditawarkan kepada mereka. Seiring dengan bertambahnya jumlah pelanggan, akan semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan masing-masing pelanggan. Sebab, interaksi pelanggan membutuhkan investasi waktu. aplikasi CRM merupakan solusi terukur yang dapat disesuaikan dengan biaya yang Anda miliki. Sistem ini akan berkembang seiring dengan berkembangnya perusahaan sehingga semua kebutuhan dapat terpenuhi secara efektif.

3. CRM dapat melakukan penggalian data

Aplikasi CRM dapat membantu melihat laporan penjualan tertentu dan analisis lainnya sehingga dapat membantu perusahaan menemukan mana yang berhasil dan mana yang membutuhkan perubahan. Aplikasi CRM membantu untuk menemukan dimana kemajuan terjadi sehingga dapat membuat penyesuaian yang dibutuhkan secara langsung.

4. Mengakses data dari mana saja

Kelebihan ini dapat diperoleh dengan adanya aplikasi mobile CRM. Penggunaan sistem CRM di smartphone memungkinkan Anda untuk mengakses data dari mana saja dan tetap update dengan segala perubahan yang terjadi. Dulu, aplikasi CRM hanya bisa diakses melalui computer. Adanya aplikasi mobile CRM tidak hanya meningkatkan penggunaan CRM, tetapi juga produktivitas. Data dari Forrester menunjukkan bahwa produktivitas tim meningkat sebesar 50% dengan penggunaan aplikasi mobile CRM.

5. Mempercepat proses deals

Ketika mengelola proses penjualan, terutama untuk metode inbound sales, diperlukan membuat sales funnel bagi tim penjualan agar berjalan sesuai dengan proses. Dengan aplikasi CRM, Anda dapat mengintegrasi aktivitas tiap pelanggan. Tim marketing dapat mengelola perkembangan tiap negosiasi yang terjadi, aktivitas yang telah dilakukan, dan langkah selanjutnya. Dengan demikian, proses deals dapat berlangsung lebih cepat

6. Mengurangi biaya harian keseluruhan perusahaan

Dengan tersentralisasi nya semua data, biaya akan menurun akibat meningkatnya produktivitas. Kejadian hilangnya data-data penting maupun kehilangan pelanggan tidak akan terjadi lagi dengan adanya sistem pada aplikasi CRM.

kelebihan dan kekurangan crm-kelebihan

Courtesy of SoftDoIt

Kekurangan menggunakan aplikasi CRM

1. Menghilangkan unsur manusia dalam perusahaan

Menggunakan aplikasi CRM tentu membuat otomatisasi proses bisnis. Namun, hal ini akan membuat pelanggan kehilangan unsur manusia yang terkadang dibutuhkan. Sebagai contoh, Anda tentu akan lebih senang ditangani oleh orang langsung dibandingkan oleh mesin penjawab otomatis. Walaupun mengotomatisasi sebuah tugas akan memudahkan bisnis Anda, akan lebih baik jika memiliki hubungan personal yang baik dengan pelanggan. Hal ini untuk menghindari hilangnya nilai sentuhan manusia pada bisnis Anda.

2. Adanya kemungkinan kendala keamanan

Meskipun aplikasi ini aman, kenyataan bahwa data-data yang ada tersimpan secara terpusat dapat berpotensi membuat perusahaan khawatir. Bagaimana jika terjadi mati listrik, kehilangan sinyal, dan aplikasi tidak menyimpan data terakhir? Atau bagaimana jika terdapat karyawan yang tidak memasukkan data dengan akurat? Oleh sebab itu dibutuhkan backup dan sistem monitoring yang dapat mengamankan data Anda.

3. Perlu adanya pelatihan

Pemasangan aplikasi CRM akan mengubah keseluruhan sistem perusahaan. Perlu adaptasi bagi seluruh karyawan untuk terbiasa dan mempelajari cara kerja sistem yang baru. Proses adaptasi ini akan membutuhkan waktu yang mungkin dapat memperlambat pekerjaan.

4. Dukungan teknis

Perusahaan membutuhkan dukungan teknis dalam implementasi aplikasi CRM, dan hal ini membutuhkan biaya tersendiri. Perusahaan dapat mengandalkan tim teknis mereka, atau menggunakan pihak ketiga. Biaya ini akan muncul jika aplikasi yang Anda gunakan masih belum berbasis cloud.

5. Kemungkinan kehilangan data

Beberapa sistem CRM saat ini akan ter-backup secara otomatis di cloud. Namun, tidak semua sistem dapat melakukannya. Dibutuhkan backup data secara manual. Jika tidak dilakukan secara teratur, akan ada kemungkinan data yang hilang. Bahkan, sistem cloud juga bisa gagal jika ada masalah dengan koneksi internet atau server.

kelebihan dan kekurangan crm-kekurangan

Courtesy of SoftDoIt

Pertimbangan Kelebihan dan Kekurangan CRM, Apa yang Harus Anda Lakukan?

Setelah mempelajari kelebihan dan kekurangan CRM di atas, Anda dapat menganalisis kebutuhan perusahaan Anda lebih baik. Dengan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kelemahan CRM di atas tidak akan membawa kerugian, melainkan keuntungan untuk perusahaan Anda. Anda dapat mengatasi kendala-kendala yang mungkin Anda hadapi dalam implementasi CRM dengan mengikuti langkah-langkah membangun strategi CRM dan mengetahui kunci sukses CRM.

aplikasi CRM Qontak.com membantu Anda mengatasi kekurangan-kekurangan di atas. aplikasi Qontak.com sudah berbasis cloud sehingga Anda tidak perlu takut kehilangan data perusahaan Anda. Dengan sistem cloud, Anda juga tidak perlu khawatir dengan biaya maintenance. Selain itu, Qontak.com juga dapat diakses pada smartphone sehingga Anda dapat mengakses data yang dibutuhkan kapan pun dan di mana pun. Anda juga tidak perlu khawatir dengan adaptasi sistem karena sistem kami sangat mudah dan akan diberikan pelatihan terlebih dahulu untuk perusahaan Anda.

Hubungi Qontak.com sekarang juga untuk mendapat konsultasi gratis!

You may also like