Qontak WhatsApp

Keberhasilan Sales Ditentukan oleh Jawaban Atas 2 Pertanyaan Ini

keberhasilan sales

Mengapa Keberhasilan Tim Sales Penting?

Keberhasilan sales merupakan tombak bagi Anda para manajer penjualan yang sedang mempersiapkan strategi penjualan dalam waktu-waktu mendatang. Memetakan mengenai kesuksesan atau keberhasilan sales Anda serta target yang realistis dapat menjadi pekerjaan yang tidak mudah dilakukan. Perkiraan yang dijadikan acuan untuk seluruh tim sales tidak dapat diyakini 100% keberhasilannya. Selain itu juga hanya bisa berdasarkan data-data yang sudah dikumpulkan dari performa sebelumnya.

Apa saja 2 Pertanyaan yang Menentukan Keberhasilan Sales Anda?

Ada cara di mana target dan strategi dapat lebih difokuskan oleh para manajer. Keberhasilan sales Anda dapat ditentukan dari jawaban dari dua pertanyaan ini:

  1. Apakah perlu lebih banyak kesempatan yang disediakan pada alur proses sales dan transaksi yang selama ini sudah berjalan?
  2. Apakah diperlukan pemanfaatan kesempatan yang sebenarnya sudah ada di dalam alur sales dan transaksi?

keberhasilan sales

Pada dasarnya, jawaban dari kedua pertanyaan ini sama-sama akan menuntut tim sales Anda untuk tetap sukses menghasilkan sesuatu. Entah dari sesuatu yang sudah ada atau dari sesuatu yang sama sekali baru. Tim sales akan tetap diharapkan dapat mencapai kuota yang sudah ditargetkan untuk masing-masing dari mereka.

Kedua pertanyaan ini juga akan membantu manajer penjualan untuk menjadi lebih terfokus dan mengambil keputusan demi keberhasilan sales di waktu-waktu berikutnya. Jawaban yang tepat untuk masing-masing pertanyaan:

  1. Apakah perlu lebih banyak kesempatan yang disediakan pada alur proses sales dan transaksi yang selama ini sudah berjalan?

Jika diperlukan lebih banyak deals dalam proses sales dan transaksi, maka seorang salesperson haruslah unggul dalam setiap aktivitas dan strategi sales yang berkaitan dengan manajemen customer.

Secara instingtif, kebanyakan manajer penjualan akan memilih persoalan yang pertama ini karena memiliki pola pikir di mana pelebaran proses sales berarti mendapatkan hasil yang jauh lebih baik. Meski demikian, pemikiran ini tidak selalu tepat dan dibutuhkan pelatihan yang menyeluruh. Manajer penjualan harus mengetahui kualitas dari prospek yang ada di dalam alur penjualan dan mana yang harus diutamakan. Sehingga ketika salesperson melihat hal ini, salesperson dapat membedakan dan mengutamakan prospek terpenting.

keberhasilan sales

  1. Apakah diperlukan pemanfaatan kesempatan yang sebenarnya sudah ada di dalam alur sales dan transaksi?

Jika seorang salesperson harus memanfaatkan deal yang sudah tersedia, maka objektif dari salesperson ini adalah mengatur sedemikian rupa manajemen yang sudah ada atau menelusuri kembali database yang sudah ada. Strategi dan aktivitas sales-nya pun akan berpusat pada memanfaatkan data yang sudah tersedia, tidak mencari yang baru.

Sebagai seorang manajer penjualan, persoalan nomor dua ini harus menjadi pertimbangan jika tim sales Anda memiliki beberapa prospek berkualitas yang sudah ada di dalam alur proses bisnis ini dan hanya butuh panduan untuk mencetak transaksi saja. Lakukan riset dan jangan ragu menginjeksikan pelatihan juga di fase awal ini demi mendapatkan hasil yang diharapkan, yaitu menutup kesepakatan.

Gunakan Aplikasi Sales untuk Keberhasilan Sales yang Lebih Baik!

Selain berdasarkan dua pertanyaan di atas, beberapa hal yang harus dipertimbangkan tentu saja selalu berkaitan dengan kemampuan sales seseorang, pemahaman terhadap market, pemanfaatan sumber daya yang maksimal dan hal lainnya. Namun, dua pertanyaan tersebut dapat membantu Anda memisahkan tim sales Anda dan membuat pekerjaan mereka lebih produktif. Hal tersebut dapat dicapai dengan bantuan aplikasi sales yang akan sangat bermanfaat bagi keberhasilan sales bisnis tersebut.

Untuk membantu melacak proses sales dengan benar, Anda harus memiliki sebuah sistem yang dilengkapi dengan fitur tertentu. Beberapa fitur penting yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Software yang mudah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan proses bisnis agar dapat mengelola bisnis dengan mudah.
  2. Aplikasi mobile dan GPS offline. Dengan fitur ini, Anda dapat menggunakan aplikasi mobile untuk mengelola bisnis dan melacak lokasi GPS tim sales di lapangan walaupun tanpa akses internet.
  3. Dashboard pelaporan dengan analisis yang dapat disesuaikan, misalnya disaring berdasarkan per tenaga sales, tim, atau periode waktu tertentu
  4. Software KPI dan manajemen tugas untuk melacak kinerja tim dengan metrik yang dapat disesuaikan sehingga dapat meningkatkan sales dan operasional bisnis
  5. Otomatisasi dokumen. Fitur ini memudahkan dalam mengunggah template Spreadsheet dan Word untuk mengotomatisasi seluruh dokumen secara instan sehingga dapat menghemat waktu dan biaya
  6. Integrasi dengan WhatsApp, Chat, dan Call Center untuk dapat merekam percakapan secara instan
  7. Sales pipeline yang jelas. Sales pipeline harus dapat mudah dipahami untuk mengetahui apa yang terjadi pada tiap tahapan prospek.

Coba GRATIS aplikasi sales terbaik di Indonesia sekarang atau hubungi kami untuk konsultasi gratis!

keberhasilan sales

You may also like

By