Qontak WhatsApp

Kategori WhatsApp Business: Panduan Lengkap Akun WA

kategori whatsapp business panduan lengkap akun wa

Kenali Dulu Kategori WhatsApp Business Secara Lengkap

Kategori WhatsApp Business terkadang membuat calon penggunanya bingung harus memilih kategori yang mana. Setiap kategori WhatsApp Business memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan kebutuhan dari para pemakainya. Oleh karenanya, setiap orang yang ingin menggunakan aplikasi obrolan WhatsApp harus mengenali terlebih dahulu kategori WhatsApp Business yang dibutuhkannya, agar penggunaanya dapat maksimal. Pada artikel ini, Anda dapat mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kategori WhatsApp Business.

semua hal tentang kategori akun whatsapp business


Apa itu Kategori WhatsApp dan Apa Saja Jenisnya?

Kategori WhatsApp adalah jenis akun WhatsApp yang bisa Anda dapatkan. Terdapat 3 jenis akun WhatsApp yang tersedia, yaitu: WhatsApp personal, WhatsApp Business, dan WhatsApp Official Business Edition.

Berikut adalah kategori WhatsApp:

  1. WhatsApp Personal, merupakan kategori WhatsApp yang paling dasar dan pertama kali diciptakan sebagai aplikasi obrolan personal atau pribadi.
  2. WhatsApp Business, adalah pengembangan dari WhatsApp Personal yang khusus diciptakan untuk para pelaku bisnis yang menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi dengan para pelanggannya. Kategori WhatsApp Business ini memiliki beberapa fitur yang dapat membantu bisnis berkembang.
  3. WhatsApp Official Business Edition, yaitu kategori WhatsApp yang paling canggih karena memiliki fitur-fitur yang sangat mendukung proses bisnis, mulai dari marketing, sales, dan layanan pelanggan. Dikenal juga dengan sebutan WhatsApp Business API atau WhatsApp API atau WA API.

Perbedaan tentang ketiga kategori WhatsApp diatas akan kami jelaskan dengan lebih rinci di bawah ini.


Apa Saja Perbedaan Kategori WhatsApp Tersebut?

Ada begitu banyak perbedaan pada setiap kategori WhatsApp Business yang ada. Semuanya akan kami rangkum dalam tabel dibawah ini:

Perbedaan WA Personal WhatsApp Business WhatsApp API
Mengirim pesan teks, gambar, suara Ya Ya Bisa
Dapat digunakan oleh multiple users (lebih dari 2 admin) Tidak bisa (terbatas 2 perangkat yaitu 1 laptop dan 1 hp) Tidak bisa (terbatas 2 perangkat yaitu 1 laptop dan 1 hp) Bisa
Menyimpan nomor secara otomatis Tidak bisa Tidak bisa Bisa
Selalu online walaupun koneksi terputus Tidak bisa Tidak bisa Bisa selama nomor bisnis aktif
Bisa diintegrasi dengan aplikasi lainnya Tidak bisa Tidak bisa Bisa
Ada centang hijau (Green Tick) Tidak ada Tidak ada Ada
Chatbot WA Tidak bisa Tidak bisa Bisa
Mengirim Blast Tidak bisa Tidak bisa Bisa
Pesan Broadcast Hanya penerima yang menyimpan nomor bisnis Anda yang dapat menerima pesan tersebut Cuma penerima yang menyimpan nomor bisnis Anda yang dapat menerima pesan tersebut Bisa (penerima pesan tidak harus menyimpan nomor bisnis Anda)
Mengirim pesan Bulk Tidak bisa Tidak bisa Bisa
WhatsApp Masking Tidak bisa Tidak bisa Bisa (muncul secara otomatis tanpa harus menyimpan nomor bisnis Anda)
WhatsApp Rotator Tidak bisa Tidak bisa Bisa
Katalog dan info bisnis lainnya Tidak ada Ada (terbatas) Ada

Siapa Saja yang Tepat Menggunakan Kategori WhatsApp Tertentu?

Setiap kategori WhatsApp diciptakan untuk pengguna yang berbeda. Penjabarannya adalah sebagai berikut:

  • WhatsApp Personal digunakan untuk penggunaan personal. Fungsi utamanya adalah berkomunikasi secara teks maupun telepon dan video dengan mudah. Fitur dasar yang dimiliki kategori WhatsApp ini cukup mumpuni untuk menghubungkan orang perorang maupun untuk keperluan komunitas.
  • WhatsApp Business cocok untuk digunakan bagi para pelaku bisnis kecil dan menengah yang menyediakan beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya untuk mengelola bisnisnya. Sebagai contohnya: katalog bisnis serta jadwal operasional (jadwal buka-tutup toko).
  • WhatsApp Official Business Edition khusus diciptakan untuk para pelaku bisnis menengah dan besar. Kategori WhatsApp Business inilah yang paling canggih karena dijalankan menggunakan sistem API. API yang ada pada kategori WhatsApp Business ini dapat memenuhi banyak kebutuhan bisnis sekaligus meningkatkan customer trust pada bisnis tersebut.

Apakah Kategori WhatsApp Business Berbayar?

Banyak dari pelaku bisnis yang menanyakan apakah WhatsApp business berbayar? WhatsApp Bisnis biasa tidak memerlukan biaya, namun WhatsApp Official Business Edition (WhatsApp API) merupakan kategori WhatsApp Business yang berbayar. Penggunanya akan dikenakan biaya set-up dari Business Solution Provider (BSP) yang termasuk harga standar dari Facebook. Selain itu, terdapat biaya yang harus dibayar untuk setiap pesan terkirim, yaitu sekitar Rp 350/ pesan.

Selengkapnya Baca: WhatsApp Business Pricing (Harga WhatsApp Bisnis)


Bagaimana Cara Memindahkan Akun WhatsApp Business ke WhatsApp Official Business Edition?

Cara pindah ke WhatsApp Business API sangatlah mudah, mirip dengan cara membuat WhatsApp API yang telah dijelaskan di artikel sebelumnya. Inilah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

Step 1. Daftar ke WhatsApp Business Solution Provider

kategori-whatsapp-business-BSP

BSP tersedia di masing-masing negara yang bersangkutan yang telah ditunjuk oleh pihak WhatsApp. Anda tidak dapat memperoleh WhatsApp API tanpa BSP.

Step 2. Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Untuk proses verifikasi, Anda harus mengisi informasi bisnis yang diperlukan serta melengkapi dokumen legal untuk bisnis Anda. Semua manfaat WhatsApp API beserta cara membuatnya terangkum disini.

Step 3. Pilih Nomor dan Lengkapi Profile

Hanya akan ada satu nomor yang digunakan sebagai nomor bisnis dan tidak dapat diganti di kemudian hari, maka pilihlah nomor yang Anda sukai. Kemudian isilah profil bisnis Anda selengkap mungkin agar pelanggan dapat lebih mengenal bisnis Anda.

Step 4. WhatsApp Official Business Edition Siap Digunakan

kategori whatsapp official business edition

Setelah semua langkah di atas dilakukan, WhatsApp API Anda siap digunakan. Lakukanlah uji coba pesan terlebih dahulu agar Anda mengetahui apa yang perlu diperbaiki atau dilengkapi dari akun WhatsApp API Anda.


Bagaimana Cara Mendapatkan Kategori WhatsApp Business?

Cara mendapatkan WhatsApp Official Business Edition adalah dengan mendaftarkan nomor Anda ke Partner Resmi WhatsApp di Indonesia, salah satunya Qontak.com.

Beda halnya jika Anda ingin mendapatkan kategori WhatsApp Business lainnya, inilah caranya:

  1. WhatsApp Personal dan WhatsApp Business biasa dapat diunduh dan digunakan secara gratis melalui App Store/ Play Store.
  2. WhatsApp Official Business Edition hanya bisa diperoleh jika Anda memenuhi ketentuan dan syarat yang telah ditentukan oleh pihak WhatsApp, dan hanya bisa diperoleh melalui Business Solution Provider (WhatsApp Official Partner) yang telah ditunjuk di negara yang bersangkutan. Cara mengajukannya telah dijelaskan pada poin di atas.

Baca Selengkapnya: Tahapan Membuat WhatsApp API dan 4 Cara Mendapatkan WhatsApp Business API


Dapatkan WA Business dengan Mudah Sekarang!

Anda tidak perlu bingung lagi mencari BSP terbaik untuk memperoleh WhatsApp API, karena kami merekomendasikan Qontak.com. Pengalaman mereka dalam melayani banyak bisnis lokal di Indonesia akan menguntungkan bagi bisnis Anda, dimana Qontak.com sangat mengerti akan kebutuhan bisnis di Indonesia.

Qontak.com dapat membantu Anda untuk memperoleh WhatsApp API. Mereka juga akan memandu Anda untuk dapat menggunakan WhatsApp API dengan baik, seperti: cara membuat WhatsApp API chat, cara mengirimkan notifikasi WhatsApp, cara membuat bot WhatsApp API, dan sebagainya.

Tak hanya itu, untuk optimasi bisnis lainnya Anda juga dapat mengandalkan Qontak.com karena Qontak.com juga merupakan penyedia aplikasi CRM Omnichannel yang dapat diintegrasikan dengan WhatsApp Business API. Kombinasi Aplikasi CRM dan WhatsApp API dapat mengoptimalkan dan mempermudah proses bisnis Anda.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

0 comments

By