Qontak WhatsApp

“Jalan Pintas” Mempercepat Pertumbuhan dalam Facebook Page Brand Anda

Facebook Optimization

Jika Anda sudah mulai membangun kehadiran brand Anda di media sosial, salah satunya di halaman Facebook untuk berbisnis, Anda tentu menargetkan adanya interaksi yang konsisten terjadi di Facebook Anda untuk mendatangkan trafik yang kemudian akan berubah menjadi penjualan yang menguntungkan bisnis Anda. Jika Anda saat ini hanya memiliki halaman Facebook dan masih belum banyak aktivitas yang terjadi di dalam atau melalui Facebook page, maka berikut ini beberapa “jalan pintas” yang dapat Anda lakukan demi mempercepat pertumbuhan.

  1. Lakukan Digital Plumbing

Digital Plumbing berarti adanya tindakan melacak audiens dan asal konversi bisnis Anda, yang bisa dilakukan lewat Google Tag Manager. Social media merupakan platform yang tepat untuk melakukan remarketing, yaitu menyesuaikan promosi dengan karakteristik dan kecenderungan apa yang sudah terbaca oleh para fans atau pengikut brand di media sosial. Bisa dibilang semua digital marketing dilakukan atas dasar remarketing ini. Tetapkan terlebih dahulu tahapan ini untuk membangun target audiens yang Anda inginkan dan secara berkala periksa performa di data analitik untuk menentukan langkah selanjutnya.

  1. Masuki fase penetapan goal

Fase penetapan goal haruslah membantu Anda menemukan kisah, misi dan tujuan dari brand Anda di halaman Facebook. Dari sini, Anda dapat mengalokasikan investasi yang perlu Anda keluarkan untuk promosi di Facebook Ads. Inilah bagian dari alasan mengapa bisnis yang Anda jalankan ini harus ada, dan jembatan Anda untuk menarik prospek yang sesuai. Jalankan kampanye dengan selalu berpatokan pada tujuan awal dibentuknya kampanye. Fokus diperlukan agar tujuan kampanye tercapat.

Facebook Optimization
Sumber gambar: razorsharpnetworks.com
  1. Tentukan konten apa yang akan dihadirkan pada laman Facebook

Konten merupakan media apapun, entah itu video, gambar atau artikel, untuk menyampaikan dan mendukung pesan yang ingin disampaikan oleh brand ada pada audiens yang ada di Facebook. Konten harus juga didasarkan oleh tujuan kampanye, serta disesuaikan dengan ada di tahap mana audiens Anda saat ini dalam konteks pengenalannya terhadap produk dan jasa Anda. Dengan penyesuaian yang tepat, maka Facebook page Anda akan semakin cepat mengalami pertumbuhan yang diharapkan.

  1. Mulai tetapkan target yang harus disepakati dan berusaha dicapai

Fase targeting membantu Anda menentukan audiens seperti apa yang Anda ingin tuju dan merupakan audiens yang ideal bagi brand Anda. Selalu lakukan penyempitan terhadap persona orang-orang yang merupakan pembeli ideal bagi produk Anda, sebelum kemudia memperlebar grup persona yang bisa Anda tuju. Semakin spesifik, semakin baik. Lakukan juga pengukuran performa setiap konten yang Anda iklankan dan bagaimana tanggapan yang diterima terhadap konten tersebut, dan apakan penargetan sudah sesuai dengan pixels tracing conversions.

Facebook Optimization
Sumber gambar: mequoda.com
  1. Tahapan amplifikasi

Amplifikasi adalah tahapan di mana konten yang sudah ditargetkan mulai di-boost. Boosting diperlukan setelah targeting sudah dilakukan untuk mencapai prospek yang diharapkan berdasarkan behavior yang spesifik. Siapkan tiga alternatif iklan dan lakukan boosting ke audiens yang paling relevan, kemudian bandingkan performa ketiganya dan maksimalkanlah investasi ke performa artikel yang terbaik via Facebook Analytics.

Sekarang saatnya mengambil “jalan pintas”!

You may also like

By