Qontak WhatsApp

IT Helpdesk Program: 7 Aplikasi Helpdesk Terbaik

7 IT Helpdesk Program Terbaik

IT Helpdesk Program Meningkatkan Pelayanan Pelanggan pada Bisnis, Dapatkan Aplikasi Terbaiknya!

IT helpdesk program telah mulai ramai dilirik oleh para pemilik bisnis atau perusahaan karena berbagai manfaat yang ditawarkannya. Namun tidaklah mudah mencari IT helpdesk program mana yang cocok dengan kebutuhan bisnis kita karena setiap aplikasi memiliki dan menawarkan fitur yang berbeda-beda. Untuk itu, kami merekomendasikan beberapa IT helpdesk program pilihan untuk diterapkan pada bisnis atau perusahaan Anda.

Berikut ini merupakan 7 IT Helpdesk Program terbaik pilihan kami untuk bisnis Anda:

  1. Qontak.com
  2. Zendesk
  3. HappyFox
  4. Jira Service Management
  5. Salesforce Service Cloud
  6. Slack
  7. Guru

Dapatkan IT Helpdesk Program Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan pada Bisnis


Apa Itu IT Helpdesk Program?

IT Helpdesk Program merupakan sebuah aplikasi yang membantu bisnis dalam mengelola keluhan, kritik, pertanyaan serta saran dari pelanggan. Software IT helpdesk memudahkan tim bisnis dalam mencatat semua saran atau keluhan yang masuk dengan baik.
Aplikasi IT helpdesk juga memungkinkan Anda melakukan evaluasi atas tanggapan yang diberikan pelanggan sehingga Anda dapat membuat atau bahkan merubah kebijakan bisnis yang lebih efektif. Dengan penggunaan tools IT helpdesk ini, diharapkan kepuasan serta kenyamanan pelanggan akan tercipta sehingga dapat meningkatkan penjualan pada bisnis Anda.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Apa Manfaat Menggunakan IT Helpdesk Program?

Seperti yang telah disebutkan diatas,  tools IT helpdesk banyak digunakan karena penggunanya akan memperoleh berbagai manfaat untuk bisnisnya. Beberapa manfaat menggunakan IT helpdesk program adalah sebagai berikut:

– IT helpdesk program meningkatkan kepuasan pelanggan

Dengan peningkatan kualitas helpdesk atau customer service, baik dalam merespon atau mengatasi masalah pelanggan, maka kepuasan pelanggan juga akan meningkat seiring berjalan waktu. Kepuasan pelanggan juga akan meningkatkan customer relation sehingga loyalitas pelanggan juga akan tercipta.

– Semua dukungan pelanggan terpusat pada satu platform

IT helpdesk menyatukan seluruh saluran bisnis yang digunakan ke dalam satu platform yaitu sistem CRM. Saluran bisnis yang dapat diintegrasikan pun beragam, misalnya Whatsapp API, Chatbot, Facebook Messenger, Instagram API, dan lain sebagainya. Fungsi ini dapat ditemukan pada fitur CRM milik Qontak.com karena berbasis Omnichannel.

– IT helpdesk program memberikan laporan dan analisis bisnis secara menyeluruh

Software IT helpdesk yang baik harus dapat memberikan laporan dan analisis bisnis secara menyeluruh. Misalnya tentang bagaimana kinerja agen customer service dalam menangani pelanggan, berapa chat atau telepon yang telah ditangani setiap harinya, dan sebagainya.

Customer support yang otomatis

Aplikasi IT helpdesk mengotomatisasi beberapa tugas harian customer service, seperti saat mengirimkan notifikasi dan pengingat sehingga tidak ada tugas yang terlewatkan. Selain itu, IT helpdesk seperti Qontak.com juga dapat secara otomatis menyimpan informasi pelanggan seperti nama, nomor telepon, alamat, serta riwayat percakapannya dengan tim bisnis Anda secara otomatis.

Dengan demikian, seluruh informasi pelanggan yang berasal dari berbagai sumber akan tersimpan dengan baik dan otomatis sehingga seluruh tim support dapat mengetahui informasi yang sama tentang setiap pelanggan tanpa perlu bertanya ulang kepada pelanggan maupun rekan kerja.

– Mengembangkan bisnis dengan lebih baik

Tools IT helpdesk canggih seperti Qontak.com dapat juga berfungsi sebagai aplikasi ticketing helpdesk yang akan memberikan analitik yang canggih dengan pelaporan yang dapat disesuaikan sehingga Anda dapat memantau dan memperbaiki kesalahan lebih awal. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan pada bisnis Anda. Pelanggan yang puas terhadap bisnis Anda akan menyumbang keberhasilan bisnis untuk jangka yang panjang.


Bagaimana Cara Memilih IT Helpdesk Program Terbaik?

Jika Anda tertarik memperoleh berbagai manfaat yang telah disebutkan diatas, maka inilah saatnya bagi Anda untuk dapat memilih tools IT helpdesk yang tepat. Mengapa? Karena masing-masing penyedia IT helpdesk memiliki fitur unggulannya masing-masing. Inilah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih IT helpdesk program yang terbaik untuk bisnis Anda:

  • Pelajari apakah fitur yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Hal ini sangat penting karena setiap bisnis pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, bergantung pada jenis industri, skala bisnis, tujuan bisnis, dan sebagainya.
  • Perhatikan otomatisasi apa yang dapat Anda peroleh dari penggunaan software IT helpdesk tersebut. Aplikasi canggih banyak dipilih karena fitur otomatisasinya dapat merampingkan operasi bisnis serta meningkatkan kinerja karyawan.
  • Pertimbangkan apakah aplikasi IT helpdesk dapat membantu tim bisnis Anda untuk melayani pelanggan dengan lebih efektif. Hal ini penting karena kepuasan pelanggan terhadap pelayanan bisnis merupakan tujuan utama dari adanya helpdesk pada bisnis.
  • Pilih IT helpdesk program yang dapat terintegrasi dengan berbagai saluran bisnis, seperti Qontak.com. Mengapa? Karena saat ini pasar sudah terbagi dalam berbagai saluran bisnis. Alangkah baiknya jika Anda dapat menjangkau prospek Anda di berbagai saluran bisnis yang ramai dengan target potensial Anda.
  • Tak hanya berbagai kemudahan di awal saja yang harus Anda perhatikan, namun perhatikan juga apakah software IT helpdesk tersebut menyediakan laporan dan analisis bisnis yang akurat dan lengkap. Anda perlu melakukan customer monitoring agar Anda tidak salah langkah dalam menentukan strategi bisnis.
  • Yang terakhir tapi juga penting adalah pikirkan apakah aplikasi IT helpdesk ini dapat tetap digunakan dengan baik jika bisnis Anda telah berkembang dengan pesat. Jangan pilih aplikasi yang hanya dapat digunakan sesaat saja, tapi pikirkan untuk kebutuhan jangka panjang. Hal ini juga seirama dengan apakah pengembang aplikasi juga menyediakan tim teknis yang dapat membantu Anda sewaktu-waktu jika Anda mengalami kesulitan saat menerapkan aplikasi tersebut.

7 Aplikasi IT Helpdesk Terbaik

Setiap pengembang aplikasi pasti menawarkan fitur dan paket yang berbeda. Untuk itulah kami telah merangkum 7 IT helpdesk program yang terbaik pilihan kami:

1. Qontak.com

IT helpdesk program Qontak.com

Qontak.com menyediakan aplikasi IT helpdesk dengan fitur canggih terlengkap yang dapat membantu tugas tim support Anda untuk menyelesaikan masalah pelanggan dengan lebih cepat dan lebih baik. Selain itu, software IT helpdesk ini juga memudahkan tim bisnis untuk melacak tiket dan memastikan seluruh tim support memiliki informasi yang sama tentang pelanggan. Fitur canggih yang dimiliki oleh tools IT helpdesk Qontak.com mudah untuk diatur dan digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Harga: mulai dari Rp 200.000/bulan untuk setiap agen.

Fitur:

    • Kustomisasi: IT helpdesk dapat dikustomisasi secara instan untuk memenuhi kebutuhan bisnis.
    • Melacak KPI: Melacak kinerja tim menggunakan matrik khusus untuk meningkatkan penjualan atau operasional pada bisnis Anda.
    • Dashboard Analitik: Membangun analisis/laporan tertentu, dapat dipisahkan berdasarkan pengguna, tim, jangka waktu dan lainnya.
    • Integrasi: Integrasi dengan WhatsApp dan saluran chat lainnya (Omnichannel).
    • Agent routing: Merekam percakapan dari tim telemarketing dan customer service dengan solusi call center yang kuat.
    • Otomatisasi Dokumen: dapat mengunggah template Spreadsheet atau Word ke aplikasi Qontak.com serta meng otomatisasi semua dokumen secara langsung serta mengirimkan nya menggunakan Qontak.com untuk menghemat waktu.
    • SLA (Service level agreement): dapat mengatur batas waktu expired atau rotting time untuk eskalasi selanjutnya.
    • Automatic Reminder: buat notifikasi atau reminder khusus berdasarkan pemicu tertentu misalnya deadline sebuah tiket atau perpindahan status tiket.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

2. Zendesk

IT helpdesk program Zendesk

Zendesk adalah tools IT helpdesk yang terintegrasi dengan Omnichannel. Artinya seluruh interaksi dari telepon, live chat, email, sosial media dan aplikasi pesan lainnya dikelola dalam satu platform. Hal ini berfungsi untuk membangun pengalaman pelanggan yang baik.

Harga: mulai dari $49/bulan untuk setiap agen.

Fitur:

  • Routing and intelligence: Meneruskan tiket ke agen yang tepat berdasarkan keahlian mereka sehingga masalah dapat diselesaikan dengan lebih efisien.
  • Help center: Memaksimalkan kerja agen dan bots untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih cepat.
  • Messaging: Pelanggan dapat menghubungi tim bisnis Anda dengan lebih praktis.
  • Agent Workspace: Agen dapat mempertahankan percakapan pribadi yang relevan.
  • Collaboration tools: Menghemat waktu agen dengan alat kolaborasi yang terhubung secara efisien.

3. HappyFox

IT helpdesk program HappyFox

HappyFox adalah software IT helpdesk berbasis cloud yang dirancang untuk berbagai industri dan ukuran tim. Aplikasi HappyFox menawarkan otomatisasi cerdas, manajemen tiket, pelaporan lanjutan, dan masih banyak lagi. HappyFox tidak menawarkan paket gratis atau uji coba gratis, sehingga Anda harus berlangganan bahkan jika hanya ingin mencoba aplikasi ini.

Harga: mulai dari $29/bulan untuk setiap fitur.

Fitur:

  • Otomatisasi
  • Obrolan langsung
  • Pelaporan lanjutan
  • Rute tiket, kategorisasi, dan penandaan
  • Kotak masuk bersama tanpa batas

4. Jira Service Management

IT helpdesk program Jira Service Management

Jira Service Management merupakan software IT helpdesk yang terhubung dengan sistem manajemen proyek Jira Software. Aplikasi IT helpdesk ini dilengkapi dengan banyak fitur yang memberikan solusi manajemen layanan pelanggan.

Harga: mulai dari $20/bulan untuk setiap agen.

Fitur:

  • Task assignment
  • Customization
  • Road maps
  • Integrasi dengan saluran lain
  • Pelaporan

5. Salesforce Service Cloud

IT helpdesk program Salesforce Service Cloud

Untuk perusahaan yang membutuhkan aplikasi IT helpdesk yang kuat, Salesforce Service Cloud tentu patut untuk dipertimbangkan. IT helpdesk ini menawarkan otomatisasi alur kerja dan analitik layanan lanjutan untuk memfasilitasi dan meningkatkan pelayanan terbaik dari waktu ke waktu. Jika Anda belum menggunakan sistem CRM, maka Anda harus menyiapkan integrasi atau menggunakan Salesforce API untuk menarik data yang relevan dari program lain.

Harga: mulai dari $25/bulan untuk setiap pengguna.

Fitur:

  • Otomatisasi alur kerja
  • Integrasi pihak ketiga
  • Rute berbagai saluran
  • Akses jarak jauh
  • Manajemen pusat panggilan

6. Slack

Aplikasi Slack

Slack adalah aplikasi IT helpdesk yang sangat populer, mudah diintegrasikan dengan berbagai aplikasi helpdesk lainnya serta memungkinkan agen untuk menyimpannya dalam satu platform. Dengan Slack, Anda dapat menyiapkan saluran bisnis untuk tujuan tertentu, membuat otomatisasi, dan berkolaborasi dengan orang lain secara lebih efektif menggunakan video, teks, gambar, dan media kaya lainnya.

Harga: $6.67/bulan untuk setiap pengguna. Tersedia juga free package dengan fitur yang sangat terbatas.

Fitur:

  • Obrolan langsung dan pesan
  • File sharing
  • Integrasi
  • Alur kerja
  • Survei pelanggan

7. Guru

Aplikasi Guru

Komponen penting lainnya dari setiap aplikasi IT helpdesk adalah basis pengetahuan yang kuat. Guru adalah sebuah software IT helpdesk yang memiliki basis pengetahuan unik ( terintegrasi dengan saluran bisnis lain, Zendesk) yang memungkinkan tim bisnis Anda untuk membuat, berbagi, mengakses, dan memperbarui basis pengetahuan internal dan eksternal. Hal itu dirancang agar sesuai dengan alur kerja bisnis Anda.

Harga: mulai dari $5/bulan hingga $20/bulan untuk setiap pengguna.

Fitur:

  • Pencarian teks
  • Forum pelanggan
  • Integrasi aplikasi
  • Basis pengetahuan pribadi dan publik
  • Analitik

Baca Juga: 7 Helpdesk Ticketing System Terbaik di Indonesia dan 8 Aplikasi Helpdesk berbasis Web No 1 Wajib


Dapatkan IT Helpdesk Program Terbaik Sekarang!

Customer Service CRM Qontak.com

Anda dapat memperoleh IT helpdesk program terbaik dengan mudah di Qontak.com. Alasannya sangat jelas, karena Qontak.com dapat memenuhi berbagai kebutuhan bisnis Anda melalui berbagai fitur lengkap dan canggih pada tools IT helpdesk yang ditawarkan nya.

Kemampuan IT helpdesk nya untuk memudahkan bisnis dalam menciptakan customer experience yang lebih baik kepada para pelanggan tidak perlu diragukan, karena Qontak.com telah dipercaya oleh lebih dari 1000 perusahaan dalam mengotomatiskan bisnisnya. Qontak.com juga menyediakan solusi end–to–end yang dapat menghubungkan atau mengintegrasikan berbagai aplikasi bisnis pada satu platform menggunakan sistem CRM Omnichannel yang dimilikinya.

Jika Anda tertarik menggunakan software IT helpdesk, hubungi tim Qontak.com untuk berkonsultasi atau memanfaatkan free trial aplikasi IT helpdesk yang ditawarkan sebelum berlangganan. Klik opsi di bawah ini:

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Atau dengan mengisi form di bawah:

0 comments

By