Internet Marketing dan Bisnis

internet marketing

Apakah Anda pemilik bisnis? Atau bekerja di bidang sales marketing?

Jika ya namun Anda belum memanfaatkan internet sebagai media pemasaran, maka sekaranglah saat terbaik untuk memulai internet marketing.

Bisnis apa saja yang bisa kita pasarkan melalui internet? Semua jenis bisnis bisa kita promosikan melalui media internet, tentunya Anda harus membidik target market yang potensial untuk bisnis Anda. Lalu, bagaimana cara memasarkan atau mempromosikan bisnis offline Anda melalui internet?

4 Metode Marketing Bisnis Melalui Media Internet:

1.Website untuk bisnis maupun pekerjaan Anda

Jika Anda punya bisnis offline dan ingin mempromosikannya melalui internet, maka langkah pertama yang HARUS dilakukan adalah membuat sebuah website. Jika Anda kesulitan membuat website, Anda bisa menyewa jasa seseorang yang bisa membuatkannya untuk Anda.

Hindari fasilitas gratis untuk website jika Anda memang serius menjalankan bisnis ini. Gunakan fasilitas berbayar untuk domain unik dan hosting sendiri. Berbayar bukan berarti harus mahal, ada banyak layanan pembuatan website yang cukup terjangkau. Biasanya layanan tersebut sudah termasuk biaya sewa hosting dan domain.

2. Memanfaatkan Media Sosial

Setelah website bisnis, langkah selanjutnya adalah mempromosikan website bisnis tersebut di berbagai media sosial. Jaman sekarang semua orang menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Google plus, dan sebagainya. Tentunya media sosial ini sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda nantinya.

Di media sosial, kita bisa membangun komunitas sehingga akan semakin banyak orang yang mengenal bisnis Anda dan menjadi pelanggan.

3. Gunakan Ads Platform

Sebagus apapun produk yang Anda miliki bila tidak didukung oleh pemasaran yang baik, maka hasil penjualannya kurang maksimal. Salah satu cara terbaik untuk memasarkan produk atau bisnis Anda adalah memanfaatkan situs periklanan. Sebenarnya ada banyak media periklanan online yang bisa kita manfaatkan, tapi sebaiknya kita gunakan media yang paling efektif saja menyesuaikan dompet.

Banyak social media yang memiliki Ads Platform dan budget yang lebih terjangkau. Jangan lupa Adsword dari Google cukup membantu agar bisnis Anda lebih dikenal pasar.

4. Optimalkan Search Engine Marketing

Mengoptimalkan situs bisnis Anda pada search engine akan memberikan keuntungan jangka panjang. Jika website bisnis Anda berada di halaman utama hasil pencarian untuk kata kunci tertentu, kemungkinan besar pengunjung website Anda akan meningkat pesat. Tentu saja ini akan memberikan keuntungan bagi bisnis.

Sayangnya, untuk membuat website bisnis Anda berada di halaman utama search engine bukanlah perkara sepele. Dibutuhkan teknik khusus yaitu dengan SEO (Search Engine Optimization) yang tidak semua orang bisa melakukannya. Boleh dibilang teknik ini agak sulit, tapi bukan berarti tidak bisa kita kuasai.

Masih banyak cara lainnya yang bisa kita turunkan dari 4 langkah dasar di atas. Tetap belajar dan ikuti perkembangan teknologi jika tidak ingin tertinggal dengan kompetitor.

Otomatisasi Marketing Internet Anda!

Terlepas dari teknik atau strategi marketing internet yang Anda gunakan, lebih baik jika Anda bisa mengotomasi setiap strateginya dengan bantuan sebuah aplikasi atau software marketing yang tepat. Marketing automation telah berkembang dan menjadi sangat populer dengan berbagai manfaatnya. Dengan mengotomasi kegiatan marketing, Anda dapat menghasilkan calon pelanggan, melakukan kampanye untuk menjaga pelanggan, dan juga melakukan marketing berbasis akun.

Penggunaan aplikasi marketing berfokus untuk meningkatkan penjualan pada bisnis Anda. Pastikan aplikasi marketing yang dipilih mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan sesuai dengan budget. Anda dapat memulai dengan metode CRM marketing. Aplikasi CRM Qontak.com dapat membantu Anda melakukan marketing automation melalui email campaigns. Kampanye email ini dapat difilter berdasarkan jabatan, departemen, industri, ukuran perusahaan, dan lainnya.

Konsultasikan strategi marketing internet Anda kepada tim Qontak.com atau coba GRATIS aplikasi CRM Marketing sekarang juga!

You may also like