Ini Dia Tren Teknologi Paling Relevan untuk Pemilik Bisnis Kecil

Small Business Technology Trend

Perubahan di dunia teknologi tentunya buka hal baru, namun tetap saja bisa menyulitkan para pemili usaha sendiri. Jika Anda pemilik usaha kecil, besar kemungkinan Anda pun melakukan beberapa pekerjaan dalam memastikan bisnis berjalan dengan lancar seorang diri. Jika sudah demikian, akan sulit bagi Anda untuk mempelajari tren terkini dan mengadaptasinya. Meski begitu, tidak semuanya harus Anda ketahui dan kuasai, dan beberapa di antaranya yang cukup penting untuk kelangsungan bisnis Anda meliputi:

1. Penggunaan aplikasi mobile phone bagi tim sales

Diperkirakan, penggunaan aplikasi berbasis smartphone untuk memperlancar penjualan dan urusan bisnis serta transaksi akan mengalami pertumbuhan hingga sebesar 140% dalam dua tahun mendatang. Semakin terjangkaunya harga smartphone, berpadu dengan semakin cepatnya proses pembangunan aplikasi pada mobile phone membuat usaha kecilpun sudah mulai menyesuaikan dengan tren ini karena mudahnya segala sesuatu yang dikontrol dari sebuah smartphone. Dalam hal sales, saat semuanya bisa dilakukan dalam smartphone dari mana saja, bisnis pun dapat berjalan semaksimal mungkin dan hampir tanpa batasan.

Small Business Technology Trend
Sumber Gambar: huffingtonpost.com

 

2. Pemilik usaha kecil mulai menggunakan aplikasi smartphone untuk mendukung kegiatan customer service

Peningkatan penggunaan dan aktivitas layanan customer menggunakan mobile apps akan meningkat hingga sebanyak 219% dalam dua tahun ke depan. Tidak hanya tim sales yang menggunakan aplikasi dalam smartphone, aktivitas interaksi dengan customer pun juga mulai mengadaptasi penggunaan aplikasi. Solusi berupa koneksi dengan customer untuk memastikan kepuasan customer, akses ke Customer Relationship Management atau CRM serta sistem inventaris customer berupa informasi kecenderungan dan analitik mengenai customer dapat diakses oleh para pelayan customer. Dengan demikian, bisnis modern yang bisa menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan customer pun juga tersedia untuk bisnis kecil.

3. Aplikasi untuk melakukan promosi dan marketing

Sebanyak 62% peningkatan penggunaan aplikasi otomasi marketing dan promosi untuk para pemilik bisnis kecil digadang-gadang akan menjadi tren selanjutnya di dunia bisnis. Marketer di zaman serba digital seperti ini memiliki banyak sekali tuntutan karena channel marketing yang tidak lagi hanya satu, serta adanya tanggung jawab untuk mendatangkan leads-leads atau potensi customer yang akan melakukan transaksi. Tidak hanya itu, marketer zaman sekarang juga perlu memikirkan strategi mengkomunikasikan bisnisnya, dan hal itu tidak luput juga dari perhatian bisnis kecil. Otomasi marketing dengan aplikasi membantu bisnis kecil memasarkan bisnis mereka dengan se-efisian dan se-efektif mungkin. Otomasi marketing juga makin diperlukan karena adanya sinkronisasi dengan Customer Relation Management serta sales yang saling berkolaborasi sehingga dapat menciptakan pengalaman terbaik untuk customer.

Small Business Technology Trend
Sumber Gambar: emmazanti.net

 

4. Penggunaan analitik prediksi bagi bisnis kecil

Pertumbuhan sebesar 139% akan diprediksi terjadi bagi para pemilik bisnis kecil dalam hal penggunaan analitik. Bisnis yang ingin bertahan, baik masih kecil ataupun sudah besar dengan jangkauan luas, pasti mengintegrasikan analitik ke dalam bisnis sehingga semuanya terekam dan didasarkan oleh data yang akurat. Tim sales maupun tim layanan akan menggunakan data anilitik demi mengumpulkan insights atau masukan yang berguna untuk menganalisa kebutuhan customer dan prediksi arah bisnis serta strategi yang tepat untuk memenuhi keperluan customer.

Apakah bisnis kecil Anda juga sudah mengadaptasi keempat tren berikut?

You may also like