Qontak WhatsApp

Mengenal Manfaat dan Contoh Implementasi CRM Dalam Bisnis

Kunci Sukses Implementasi CRM

Panduan Manfaat dan Contoh Keberhasilan Implementasi CRM

Pernahkan Anda merasa kewalahan mengelola administrasi bisnis yang terkait prosepek dan pelanggan? Atau kesulitan dalam meningkatkan penjualan dan membangun loyalitas pelanggan? Mungkin ini sudah saatnya Anda perlu Implementasi CRM (Customer Relationship Management).

CRM adalah manajemen hubungan antara bisnis dengan para pelanggannya. Dimana didalamnya  melibatkan sumber daya manusia (karyawan). Selain itu juga melibatkan proses bisnis dimulai dari sejak prospek mulai berkenalan, menjadi pelanggan, hingga tercipta loyality costumer. Teknologi seperti Aplikasi CRM juga berperan dalam mendukung implementasi CRM di perusahaan.

7 contoh keberhasilan implementasi CRM sebagai berikut:

  1. Pilih sistem yang tepat
  2. Petakan proses penjualan dan pemasaran
  3. Buatlah solusi end-to-end
  4. Dapatkan feedback dari tim Anda
  5. Kembangkan project plan
  6. Pastikan sistem dapat berfungsi
  7. Memilih partner yang tepat

kunci-sukses-implementasi-crm


Apa itu CRM?

CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi dalam mengelola pelanggan. Dimana strategi yang disusun meliputi bagaimana mendapatkan pelanggan, menjadikannya pelanggan yang setia, dan banyak lagi.

Saat ini, perusahaan yang sadar akan pentingnya efektivitas sebuah proses bisnis telah menerapkan sistem CRM untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran mereka. Penggunaan aplikasi CRM dapat meningkatkan produktivitas penjualan Anda dengan berbagai keuntungan CRM, antara lain terciptanya komunikasi dengan pelanggan yang terjadwal, terotomatisasi, dan tertarget.

Sayangnya, berbagai kelebihan ini akan sia-sia jika tidak diimplementasikan dengan baik. Menurut majalah CIO, sepertiga dari sistem CRM mengalami kegagalan. Beberapa perusahaan mengalami kendala bahwa tim penjualan mereka sulit untuk menggunakan sistem CRM atau tidak paham dengan cara implementasi CRM. Memang, untuk penerapan suatu sistem baru seperti CRM pada perusahaan diperlukan kedisiplinan yang tingg

Tonton video mengenai aplikasi CRM berikut ini untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut:


Apa Tujuan Implementasi CRM?

Implementasi CRM bertujuan supaya tercipta hubungan pelanggan dan bisnis yang baik. Dengan begitu akan terbangun customer loyality pada produk yang Anda tawarkan. Selain itu terdapat  tiga tujuan utama dari implementasi CRM adalah sebagai berikut:

  1. Menambah para pelanggan baru sehingga meningkatkan penjualan. Implementasi CRM membantu dan mempermudah melakukan konversi para calon pelanggan atau prospek menjadi pelanggan.
  2. Meningkatkan kualitas hubungan bisnis dengan pelanggan yang sudah ada.
  3. Mempertahankan pelanggan lama dan meningkatkan loyalitas mereka atau customer loyalty.

Implementasi CRM-Sales-Report


 Apa Manfaat Implementasi CRM dalam Bisnis?

Pada akhirnya manfaat utama implementasi CRM adalah mendorong perolehan profit yang tinggi bagi bisnis yang Anda kelola. Dimana tips bisnis CRM yang efektif akan mampu mendukung proses penjualan dan memangkas biaya operasional. Selain itu, masih ada banyak manfaat penerapan CRM yang akan Anda peroleh, diantaranya:

  • Membantu tim sales dan marketing memahami keinginan pelanggan, dengan menyuguhkan layanan yang lebih mumpuni, serta memperkuat hubungan dengan pelanggan.
  • Memperbaiki sistem dan prosedur pada administrasi penjualan.
  • Informasi pelanggan dapat dengan cepat dan mudah diakses dalam berbagai perangkat seperti via Pocket PC dan Smartphone.
  • Monitoring aktivitas penjualan dari setiap anggota tim penjualan.
  • Memungkinkan perusahaan menawarkan produk yang spesifik sesuai kebutuhan masing-masing pelanggan.
  • Mengurangi duplikasi informasi pelanggan dengan sentralisasi database yang dapat diakses oleh semua pengguna.
  • Menyimpan data penjualan perusahaan pada sistem yang aman.
  • Menyajikan laporan penjualan secara detail.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana Contoh Implementasi CRM yang Berhasil?

Forbes merangkum langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk contoh implementasi CRM yang berhasil, yakni:

1. Pilih sistem yang tepat

Sangatlah penting untuk memilih sistem CRM yang tepat bagi perusahaan Anda. Pastikan sistem CRM Anda terkonfigurasi dengan baik, memiliki mobile application, dan terjangkau. Terutama, pastikan sistem CRM yang dipilih dapat memenuhi kebutuhan perusahaan Anda.

2. Petakan proses penjualan dan pemasaran

Sistem CRM Anda tidak akan berhasil jika tidak melakukan pemetaan proses bisnis Anda per tahapan. CRM berfungsi untuk mengotomatisasi proses, dan hal tersebut tidak akan berhasil kalau proses tersebut tidak ada.

3. Buatlah solusi end-to-end

Sistem CRM dapat diintegrasikan dengan banyak hal. Mengintegrasi WhatsApp CRM adalah salah satu contoh penerapan CRM pada perusahaan Anda. Perusahaan juga dapat menghubungkan sistem CRM dengan manajemen proyek sehingga tercipta sebuah sistem yang lebih baik.

4. Dapatkan feedback dari tim Anda

Sama halnya dengan ERP (Enterprise Resource Planning), permasalahan terbesar saat implementasi adalah pengguna tidak terlibat dalam perkembangan sistem CRM. Keterlibatan tim sejak awal sistem berjalan sangatlah penting. Diperlukan masukan dari tim untuk melihat bagaimana efektivitas sistem berjalan.

5. Kembangkan project plan

Implementasi yang baik berasal dari eksekusi proyek yang memiliki tujuan, timeline, dan penyampaian yang jelas. Memiliki manajer proyek yang fokus dan dukungan dari manajemen sangatlah penting. Lakukan pendekatan CRM secara bertahap. Pertama-tama, Anda dapat memulai dari fungsi dasar CRM yaitu database kontak client dan otomatisasi dokumen. Selanjutnya, Anda dapat memaksimalkan fungsi CRM untuk mengatur deals dalam pipeline hingga mengembangkan marketing Anda.

6. Pastikan sistem dapat berfungsi

Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah tidak adanya keselarasan antara tim sales dan marketing dengan tim IT. Tim IT harus memastikan mitigasi keamanan data, integrasi sistem, dan pelatihan untuk anggota tim lain.

7. Memilih partner yang tepat

Jika Anda tidak memiliki sumber daya internal di bidang IT, Anda perlu mencari partner CRM yang menjamin sistem Anda dapat berfungsi dengan baik. Qontak dapat menjadi solusi partner Anda dalam menyediakan software CRM terbaik di Indonesia. Qontak dapat memberi konsultasi secara gratis untuk menemukan solusi yang tepat bagi perusahaan Anda. Instalasi dan pelatihan akan diberikan secara gratis.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Sukseskan Implementasi CRM dengan Qontak.com!

CRM Qontak.com

Kunci sukses implementasi CRM adalah memberikan informasi yang tepat kepada tim penjualan pada waktu yang tepat. Hal ini dipermudah lagi dengan adanya aplikasi CRM.

Aplikasi CRM membantu bisnis mengelola hubungan pelanggan lebih baik. Melalui aplikasi CRM, sebagian proses manajemen hubungan pelanggan dikelola secara otomatis. Salah satu penyedia aplikasi CRM terbaik di Indonesia adalah Qontak.com.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Atau mengisi form di bawah:

You may also like

By