Fitur & Fungsi CRM pada Perusahaan

Solusi CRM membuka peluang luar biasa bagi bisnis kecil dan perusahaan besar untuk tumbuh. Saat ini, bisnis perlu secara ahli mengelola prospek dan pelanggan yang ada dengan sangat hati-hati. Menggunakan sistem CRM terbaik adalah bagian penting dari strategi itu, jadi kami menyusun daftar fungsi CRM untuk membantu Anda memulai perubahan.

Bandingkan Fitur CRM & Fungsi CRM Terkemuka

Setelah menganalisis banyak CRM yang berbeda – dan mewawancarai lebih dari 500 perusahaan tentang kebutuhan CRM mereka – kami tahu secara langsung bahwa ada banyak fungsi dan fitur CRM yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli dan menerapkan sistem CRM (klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa itu CRM). Lihatlah hasil survei pemilihan CRM kami untuk mengetahui lebih lanjut.

Fungsi CRM Dalam Perusahaan

Fitur dan fungsi software CRM teratas meliputi:

  • Manajemen Kontak. Manajemen kontak adalah elemen CRM yang terkadang dipakai menggunakan sistem perangkat lunak Manajemen Pelanggan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengelompokkan kontak ke dalam grup untuk diatur dan dilengkapi dengan informasi yang lebih baik. Dengan fitur ini, Anda akan dapat mengumpulkan data pelanggan yang penting dan mendukung strategi pemasaran Anda saat memperkenalkan produk baru.
  • Manajemen Prospek untuk Menentukan Prospek Berkualitas Tinggi. Fitur CRM tidak akan lengkap tanpa menyebutkan manajemen  Fitur ini memungkinkan bisnis untuk menentukan pelanggan terbaik untuk ditindaklanjuti berdasarkan faktor demografis dan psikografis.
  • Laporan dan Dasbor. Setelah diturunkan ke perangkat business intelligence, BI, pelaporan, dan dasbor telah menjadi beberapa fitur CRM teratas. Pengguna dapat melihat statistik dalam perspektif yang sangat menarik secara visual dengan menggunakan laporan dan dasbor sesuai kebutuhan. Mereka menawarkan pembaruan data real-time dan platform yang dapat diakses dari berbagai portal, meningkatkan kemudahan akses untuk berbagai tingkatan pengguna.
  • KPI dan Pelacakan yang Dapat Disesuaikan. Buat KPI yang cocok untuk bisnis Anda dan pantau tim Anda berdasarkan KPI ini.
  • CRM Seluler. Saat ini semua orang memiliki smartphone, sehingga perusahaan harus memanfaatkan teknologi di dalamnya untuk menguntungkan bisnis Anda. Dapatkan data secara langsung dari tim lapangan menggunakan aplikasi CRM seluler. Staf dapat melihat data dan menerima notifikasi berharga di perangkat seluler masing-masing. Di Indonesia, aplikasi seluler yang dapat bekerja tanpa jaringan (offline) sangat penting.
  • Pelacakan GPS langsung dengan Laporan Kehadiran.  Lacak tim penjualan Anda di mana pun mereka bekerja dan pantau kehadiran mereka di lapangan dengan fungsi Check-in dan Check-out.
  • Otomasi Tenaga Penjualan. Salah satu fungsi aplikasi CRM adalah kemampuan untuk mengotomatisasi aspek-aspek tertentu dari proses penjualan Anda untuk mengurangi entri manual.
  • Integrasi Email. Sekarang Anda dapat memperoleh semua otomatisasi dan mengatur email di dalam CRM Anda. Jangan bergantung pada Outlook atau catatan IBM – temukan CRM yang akan melakukan tugas ganda untuk Anda. Ketika seorang pelanggan menghubungi untuk meminta bantuan, Anda dapat dengan mudah menarik sejarah interaksi dan informasi pelanggan untuk memberi mereka pelayanan sebaik mungkin.
  • Alur Kerja dan Sistem Persetujuan. Salah satu cara perusahaan Anda untuk meningkatkan efisiensi secara instan adalah dengan mengoptimalkan alur kerja. CRM dapat memfasilitasi pengoptimalan dengan mengotomatisasi proses seperti pengumpulan data, analisis data, kampanye pemasaran, dan tugas-tugas lain yang sebelumnya dilakukan secara manual. CRM juga menyediakan laporan dan analisis untuk membantu pengguna mengidentifikasi masalah sehingga dapat diperbaiki.
  • Penyimpanan Data / File CRM. Untuk memaksimalkan manfaat data, data harus disimpan dengan benar. Salah satu fitur utama CRM adalah metode penyimpanan data yang dipatenkan sehingga pengguna dapat menarik data secara efisien. CRM juga menawarkan perlindungan untuk melindungi dan mencadangkan data penting ini sehingga mencegah kerugian dan pelanggaran keamanan.
  • Sinkronisasi Data. Aplikasi CRM berfungsi sebagai platform sinkronisasi untuk banyak program yang Anda gunakan. Unggah email dari Outlook, sinkronkan dengan Google Drive, impor spreadsheet, dan lain-lain. Dengan fitur sinkronisasi CRM ini, Anda dapat melihat semua fitur Anda dalam satu platform.
  • Manajemen Kinerja Penjualan. Di antara fitur sistem CRM lainnya, manajemen kinerja penjualan menawarkan berbagai manfaat bagi tim penjualan. Manajer dapat dengan mudah melihat aspek apa dari tim penjualan yang berkinerja baik dan mana yang perlu diperbaiki. Data dapat diatur oleh perwakilan penjualan atau oleh penanggung jawab terkait lainnya. Anda dapat mengelola kinerja mitra penjualan dari platform untuk memastikan tim Anda berkinerja terbaik. Dengan mengidentifikasi bidang-bidang masalah dengan data konkret, hal tersebut dapat ditangani secara lebih efisien.
  • Integrasi Otomasi Pemasaran. Otomatisasi pemasaran memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens yang mungkin tertarik pada produk Anda dengan lebih efisien dan strategis. Platform CRM yang baik akan memungkinkan Anda untuk mengontrol ketentuan otomatisasi program pemasaran Anda secara selektif.
  • Integrasi Obrolan. Fitur obrolan sangat penting bagi pengguna modern. Dengan mengintegrasikan program obrolan seperti Whatsapp ke sistem CRM Anda, Anda dapat melakukan percakapan dengan karyawan, mitra, dan memberikan dukungan pelanggan, semuanya dari 1 platform yang sama.
  • Otomasi dan Integrasi Call Center. Salah satu fitur utama CRM adalah kemampuan untuk mengendalikan call center Anda dari sistem CRM Anda dan mengintegrasikan program pihak ketiga apa pun ke dalam satu platform. Semakin sedikit sistem yang harus Anda buka, semakin kecil kemungkinan Anda akan bingung dan kehilangan informasi melalui terjemahan atau transfer.
  • Basis Data Produk. Sistem CRM berfungsi sebagai data inventori untuk produk Anda. Lacak seluruh proses dari produk-produk yang Anda jual. Cari tahu produk mana yang berkinerja baik dengan pelanggan dan kapan penjualan gagal dibuat. Akses informasi ini dari perangkat seluler, desktop, dan lainnya.
  • Izin dan Akses Keamanan. Untuk keamanan tambahan, Anda dapat membatasi akses karyawan Anda berdasarkan peran mereka dalam organisasi. Kontrol apa yang dilihat oleh pengguna berbeda dalam CRM Anda untuk mencegah kebocoran data dan pelanggaran keamanan. Ini memungkinkan Anda untuk mengelola aktivitas karyawan Anda berdasarkan hierarki dalam perusahaan dan menjaga data pelanggan Anda agar tetap aman.
  • Integrasi Pihak ke-3. Tidak ada daftar proses CRM yang akan lengkap tanpa menyebutkan integrasi. Jika Anda menggunakan perangkat lunak jenis apa pun – ERP, BI, HR – Anda harus mengintegrasikannya dengan CRM Anda. Mengintegrasikan program lain ke software CRM Anda memungkinkan fungsionalitas tambahan dan menyederhanakan alur kerja.
  • Opsi Kustomisasi. Kustomisasi adalah salah satu fitur sistem CRM yang mendasar, tetapi memiliki implikasi yang luas. Semakin banyak penyesuaian, semakin fleksibel CRM yang Anda gunakan. Sangat penting untuk mengetahui kebutuhan Anda saat melakukan penyesuaian ketika Anda mulai menggunakan sistem CRM.
  • Dokumen Otomatis. CRM yang berkualitas memungkinkan Anda untuk mengunggah templat dokumen Anda ke sistem kami sehingga Anda dapat segera menghasilkan dokumen yang dibutuhkan dengan satu klik.

Jika Anda mencari sistem yang mudah untuk memenuhi semua kebutuhan ini, jangan ragu untuk menghubungi Qontak CRM untuk uji coba 14 hari gratis.

You may also like

× Contact Us!