Fitur Emotion Baru pada Facebook dan Cara Pemanfaatan Marketingnya

Facebook Reaction

Sudahkah Anda mencoba fitur emotion baru yang diperkenalkan oleh Facebook hanya selang seminggu yang lalu? Fitur terbaru ini termasuk ke dalam beberapa tampilan dan user experience baru yang Facebook luncurkan di awal tahun 2016 ini, menunjukkan adanya ambisi besar dari raksasa media sosial ini untuk menjadi yang terdepan dalam menghubungkan para penggunanya.

Penambahan fitur reaksi berdasarkan emosi ini diperkirakan akan mengubah penggunaan platform media sosial ini secara personal dan profesional, dan dalam hal penggunaan profesionalnya, Anda yang terbiasa melakukan marketing via media sosial ini harus mulai melakukan adaptasi yang dibutuhkan bisnis Anda. Berikut ini beberapa manfaat dari fitur terbaru Facebook Reaction ini:

  1. Facebook reactions dapat membantu meningkatkan interaksi Anda dengan customer Anda

Bagi brand dengan Facebook page yang aktif, adanya Facebook Reaction ini dapat menambah frekuensi dan mempemudah terjadinya interaksi dengan customer Anda. Anda dapat meminta pendapat, mengajak customer untuk melakukan voting, atau bahkan mengetahui konten seperti apa yang disukai dan tidak disukai oleh customer Anda lewat Facebook Reaction. Dengan melakukan hal ini, Anda sudah mendapatkan feedback berharga dari customer Anda untuk memperbaiki konten serta memposisikan brand Anda di mata customer.

Facebook Reaction
Sumber gambar: techforhunt.com
  1. Meningkatkan jumlah shares yang didapatkan di Facebook page Anda

Anda dapat memotivasi mereka yang sudah menjadi fans dari page Anda untuk melakukan share dengan memberikan reaksi emosi berupa like, love, haha, wow, sad atau angry terhadap konten yang Anda berikan. Reaksi ini mewakili respon mereka terhadap sesuatu, biasanya berkaitan dengan suatu isu yang Anda angkat dan Anda kaitkan dengan brand Anda, dan biasanya juga, para customer yang aktif berpartisipasi memberikan komentar akan dengan senang hati melakukan share jika mereka memang peduli pada isu tersebut dan mengemukakan pendapat mereka dengan mempostingkannya di akun Facebook pribadi mereka. Cara ini akan menambah trafik dan jumlah likes pada page Anda jika banyak orang lain melihat postingan share tersebut.

Facebook Reaction
Sumber gambar: thehackednews.com
  1. Cara untuk membuat kesan brand Anda up-to-date

Karena fitur ini masih tergolong baru, jika Anda dengan cepat memanfaatkan momentum yang masih ‘hangat’ ini dengan mengajak para fans page Anda untuk memberikan reaksi mereka. Cara ini secara tidak langsung akan membentuk persepsi mereka yang sudah menjadi followers page Anda akan tanggapnya brand Anda terhadap hal-hal terkini dan yang sedang trending. Secara tidak langsung pula, cara ini dapat membantu mereka untuk berpikir bahwa brand dan konten-konten yang Anda sajikan pasti terkait dengan tren terkini, membuat potensi mereka mengklik link yang Anda share semakin tinggi serta membuat mereka berulangkali kembali ke page Anda.

Dengan terus menyesuaikan diri akan perubahan yang terjadi di masing-masing social platform yang Anda gunakan sebagai alat distribusi konten Anda, evolusi brand Anda hingga relevansi yang ditangkap oleh para fans brand Anda akan tetap terjaga sekaligus membantu Anda mendapatkan followers yang berpotensi menjadi prospek terbaru brand Anda.

You may also like

× Contact Us!