Daftar isi
6 min read

Fitur Unggulan CRM untuk Mendorong Pertumbuhan Bisnis

Tayang 13 April 2022
Diperbarui 13 Desember 2023
Fitur CRM yang Bermanfaat untuk Perusahaan
Fitur Unggulan CRM untuk Mendorong Pertumbuhan Bisnis

CRM (Customer Relationship Management) merupakan sistem automasi yang merampingkan seluruh proses bisnis. Sistem ini memiliki berbagai fitur CRM untuk melacak dan mengelola hubungan pelanggan dengan menyimpan seluruh data dalam satu platform.

Fitur aplikasi CRM juga membantu bisnis meningkatkan pemasaran, penjualan, hingga layanan pelanggan bisnis, agar menjadi lebih efektif dan efisien. Kemampuan ini memberikan peluang bisnis untuk terus tumbuh dan berkembang. Menarik bukan?

Pelajari selengkapnya fitur CRM di artikel berikut ini.

Baca Juga: Apa itu CRM? Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Tahapannya


Fitur Aplikasi CRM yang Menguntungkan Bisnis

Berikut contoh fitur CRM yang berguna untuk pertumbuhan bisnis adalah:

1. Fitur Manajemen Kontak

Fitur CRM Manajemen Kontak

Manajemen kontak adalah fitur aplikasi CRM yang memungkinkan Anda untuk mengelompokkan kontak ke dalam grup.  Kontak tersebut diatur dan dilengkapi dengan informasi yang lebih baik ke dalam CRM.

Dengan fitur CRM ini, Anda akan dapat mengumpulkan data pelanggan yang penting dan mendukung strategi pemasaran Anda saat memperkenalkan produk baru, dalam satu database pelanggan.

2. Manajemen Prospek untuk Menentukan Prospek Berkualitas Tinggi

Fitur CRM yang satu ini dapat memungkinkan bisnis untuk menentukan pelanggan terbaik dan menindaklanjutinya berdasarkan faktor demografis dan psikologis. Sehingga, bisnis dapat memiliki prospek berkualitas yang potensial.

3. Fitur Laporan dan Dasbor

Fitur CRM Laporan dan Dasbor

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat melihat statistik dalam perspektif yang sangat menarik secara visual yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, fitur ini juga manawarkan pembaruan data real-time dan platform yang dapat diakses dari berbagai portal. Sehingga dapat memberikan kemudahan akses untuk berbagai tingkatan pengguna.

4. Fitur KPI dan Pelacakan

Fitur CRM dapat membantu memudahkan Anda dan tim untuk membuat KPI yang cocok untuk bisnis Anda dan pantau tim Anda berdasarkan KPI tersebut.

5. Akses Seluler/Mobile App

fitur-aplikasi-crm-mobile-qontak

Saat ini mobile app menjadi salah satu hal penting untuk hampir semua aplikasi, tak terkecuali CRM.

Di mana penggunaan fitur CRM seluler dapat membantu tim lapangan untuk merampingkan tugas mereka, sehingga tim sales lapangan dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat data dan menerima notifikasi berharga di perangkat seluler masing-masing.

6. Live GPS dan Laporan Kehadiran

Dengan fitur live GPS, Anda dapat melacak tim penjualan di mana pun mereka bekerja secara real-time. Selain itu, Anda juga dapat memantau kehadiran mereka di lapangan dengan menggunakan fungsi check-in dan check-out yang tersedia dalam aplikasi CRM mobile.

7. Automasi Tenaga Penjualan

Fitur CRM Automasi Tenaga Penjualan

Salah satu fitur aplikasi CRM yang populer ialah kemampuan untuk mengotomatisasi seluruh proses penjualan Anda. Sehingga Anda dan tim tidak perlu lagi melakukan entri data secara manual dan dapat bekerja dengan lebih efektif.

8. Integrasi Email

Sekarang Anda dapat memperoleh semua otomatisasi dan mengatur email di dalam CRM Anda.

Ketika seorang pelanggan menghubungi untuk meminta bantuan, fitur CRM ini akan membuat Anda dapat dengan mudah menarik sejarah interaksi dan informasi pelanggan untuk memberi mereka pelayanan sebaik mungkin.

9. Alur Kerja dan Sistem Persetujuan

Salah satu cara perusahaan Anda untuk meningkatkan efisiensi secara instan adalah dengan mengoptimalkan alur kerja.

Fitur CRM ini dapat memfasilitasi pengoptimalan dengan mengotomatisasi proses seperti pengumpulan data, analisis data, kampanye pemasaran, dan tugas-tugas lain yang sebelumnya dilakukan secara manual.

CRM juga menyediakan laporan dan analisis untuk membantu pengguna mengidentifikasi masalah sehingga dapat diperbaiki.

10. Penyimpanan Data / File CRM

Untuk memaksimalkan manfaat data, data harus disimpan dengan benar. Salah satu fitur utama CRM adalah metode penyimpanan data yang dipatenkan sehingga pengguna dapat menarik data secara efisien.

CRM juga menawarkan perlindungan untuk melindungi dan mencadangkan data penting ini sehingga mencegah kerugian dan pelanggaran keamanan.

Fitur-penyimapanan-Data

Baca Juga: Customer Data Platform (CDP): Definisi, Jenis, dan Contoh Penerapannya

11. Sinkronisasi Data

Aplikasi CRM berfungsi sebagai platform sinkronisasi untuk banyak program yang Anda gunakan. Unggah email dari Outlook, sinkronkan dengan Google Drive, impor spreadsheet, dan lain-lain. Dengan fitur sinkronisasi CRM ini, Anda dapat melihat semua fitur Anda dalam satu platform.

12. Manajemen Kinerja Penjualan

Fitur CRM kinerja penjualan

Di antara fitur aplikasi CRM lainnya, manajemen kinerja penjualan menawarkan berbagai manfaat bagi tim penjualan. Manajer dapat dengan mudah melihat aspek apa dari tim penjualan yang berkinerja baik dan mana yang perlu diperbaiki.

Data dapat diatur oleh perwakilan penjualan atau oleh penanggung jawab terkait lainnya.

Anda dapat mengelola kinerja mitra penjualan dari platform untuk memastikan tim Anda berkinerja terbaik. Dengan mengidentifikasi bidang-bidang masalah dengan data konkret, hal tersebut dapat ditangani secara lebih efisien.

Baca Juga: 13 KPI Sales yang Perlu Diukur Bisnis

13. Integrasi Automasi Pemasaran

Integrasi-Pemasaran

Otomatisasi pemasaran memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens yang mungkin tertarik pada produk Anda dengan lebih efisien dan strategis. Platform CRM yang baik akan memungkinkan Anda untuk mengontrol ketentuan otomatisasi program pemasaran Anda secara selektif.

14. Fitur Integrasi Obrolan

fitur-crm-integrasi-dengan-whatsapp-qontak

Fitur obrolan dalam CRM sangat penting bagi pengguna modern. Dengan mengintegrasikan program obrolan seperti WhatsApp ke sistem CRM Anda, Anda dapat melakukan percakapan dengan karyawan, mitra, dan memberikan dukungan pelanggan, semuanya dari 1 platform yang sama.

15. Fitur Automasi dan Integrasi Call Center

Salah satu fitur utama CRM adalah kemampuan untuk mengendalikan call center Anda dari sistem CRM Anda dan mengintegrasikan program pihak ketiga apa pun ke dalam satu platform.

Semakin sedikit sistem yang harus Anda buka, semakin kecil kemungkinan Anda akan bingung dan kehilangan informasi melalui terjemahan atau transfer.

16. Fitur Basis Data Produk

Sistem CRM seharusnya memiliki fitur yang berfungsi sebagai data inventori untuk produk Anda. Lacak seluruh proses dari produk-produk yang Anda jual.

Cari tahu produk mana yang berkinerja baik dengan pelanggan dan kapan penjualan gagal. Akses informasi ini dari perangkat seluler, desktop, dan lainnya.

Fitur CRM Basis Data Produk

17. Izin dan Akses Keamanan

Untuk keamanan tambahan, Anda dapat membatasi akses karyawan Anda berdasarkan peran mereka dalam organisasi dengan manfaat CRM ini. Kontrol apa yang dilihat oleh pengguna berbeda dalam CRM Anda untuk mencegah kebocoran data dan pelanggaran keamanan.

Ini memungkinkan Anda untuk mengelola aktivitas karyawan Anda berdasarkan hierarki dalam perusahaan dan menjaga data pelanggan Anda agar tetap aman.

18. Integrasi Pihak ke-3

Tidak ada daftar proses CRM yang akan lengkap tanpa menyebutkan integrasi. Jika Anda menggunakan perangkat lunak jenis apa pun – ERP, BI, HR – Anda harus mengintegrasikannya dengan CRM Anda.

Mengintegrasikan program lain ke software CRM Anda memungkinkan fungsionalitas tambahan dan menyederhanakan alur kerja.

19. Opsi Kustomisasi

Kustomisasi

Kustomisasi adalah salah satu sistem CRM yang mendasar, tetapi memiliki implikasi yang luas. Semakin banyak penyesuaian, semakin fleksibel CRM yang Anda gunakan.

Sangat penting untuk mengetahui kebutuhan Anda saat melakukan penyesuaian ketika Anda mulai menggunakan sistem CRM.

20. Fitur CRM untuk Membuat Dokumen Otomatis

fitur-aplikasi-crm-qontak-doc

CRM yang berkualitas memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengunggah template dokumen Anda ke sistem kami sehingga Anda dapat segera menghasilkan dokumen dengan satu klik.

Baca Juga: 6 Penggunaan CRM Untuk Bisnis Kecil atau UMKM


Dapatkan Fitur CRM Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang!

Bagaimana, ada banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh fitur CRM bukan? Namun, semua keuntungan tersebut hanya bisa Anda dapatkan melalui CRM terbaik seperti aplikasi CRM Mekari Qontak.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang memiliki fitur canggih untuk otomatisasi bisnis Anda. Selain itu, Anda bisa mengintegrasikannya dengan sistem omnichannel dan WhatsApp API untuk memeroleh kemudahan bisnis secara menyeluruh.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk mengelola bisnis dan hubungan pelanggan mereka. Dan yang terpenting, Mekari Qontak telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, COBA DEMO Aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari!

Kategori : BisnisCRM
WhatsApp WhatsApp Sales