Daftar isi
8 min read

Cara Membuat E-commerce Chat di Website Toko Online

Tayang 09 Februari 2021
Diperbarui 13 Desember 2023
dahsboard customer service agent routing
Cara Membuat E-commerce Chat di Website Toko Online

E-commerce chat bukan merupakan hal baru lagi pelaku bisnis saat ini. Terbukti tidak hanya website perusahaan besar saja, namun toko online dalam skala kecil pun telah mengenal tools live chat tersebut. Maka wajar apabila commerce chat  telah menjadi salah satu bagian penting yang wajib dimiliki oleh sebuah website bisnis atau toko online.

Website toko online biasanya menggunakan WhatsApp chat widget. Metode ini terbukti mmaampu meningkatkan pelayanan pelanggan sehingga akan berdampak besar pada penjualan. Oleh karena itu, banyak bisnis menghubungkanwebsite dengan WhatsApp toko online. Simak cara pembuatan WhatsApp toko online di Website selengkapnya di bawah ini.


Apa itu E-Commerce Chat?

E-commerce chat atau web chat application adalah chat widget gratis yang biasanya terletak di sebelah kanan bawah pada sebuah website. Live chat tersebut biasanya diwakili dengan ikon berbentuk gelembung percakapan kecil yang akan muncul dan menyapa Anda sebagai pengunjung website tersebut.

Commerce chat ini banyak dijumpai pada website toko online, sehingga pengunjung website toko online tersebut dapat langsung mengobrol atau bertanya secara langsung dengan tim customer service yang tersedia selama 24/7. Terlebih website yang terhubung dengan WhatsApp toko online memudahkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan. Sebab pelanggan bisa beralih ke WhatsApp Messengger untuk berkomunikasi lebih nyaman.


Kenapa E-Commerce Chat Efektif meningkatkan Penjualan Toko Online?

E-Commerce chat memungkinkan bisnis untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan. Hal ini menguntungkan bisnis, dimana Riset Facebook dan Boston Consulting Group menyatakan 91% Indonesia masyarakat lebih berminat untuk belanja atau meningkatkan transaksinya setelah mereka melakukan percakapan dengan penjual melalui chat commerce. Artinya secara tidak langsung percakapan pada e-commerce dengan WhatsApp toko online dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Berikut alasan lainnya mengapa toko online Anda perlu menggunakan E-Commerce chat, diantaranya:

  • Meningkatkan Keyakinan dan Kepercayaan Konsumen. Melalui chat commerce, memungkinkan bisnis memberikan informasi dan penawaran secara lebih personal sehingga bisa lebih meyakinkan calon pembeli.
  • Terhubung langsung dengan pelanggan, artinya bisnis dapat menjawab pertanyaan seputar produk yang dijual, sekaligus meningkatkan customer journey
  • Otomatisasi pesan pada chat commerce dapat menghemat waktu pelanggan juga bisnis.
  • Proses Pesanan pemesanan secara langsung karena database produk terhubung langsung dengan chat commerce.
  • Tidak perlu repot-repot memeriksa stok dan harga produk karena semuanya bisa kamu akses tanpa perlu keluar dari aplikasi messaging.

Rekomendasi : 19 Aplikasi CRM Terbaik


Apa Manfaat Website Toko Online Menggunakan E-Commerce Chat?

Seperti yang telah disinggung di atas, e-commerce chat memiliki banyak manfaat bagi website toko online yang menggunakannya. Manfaat-manfaatnya adalah:

– Bebas dalam mendekorasi toko sesuai keinginan

Dengan memakai live chat, Anda tentu harus memiliki website toko online terlebih dahulu. Dalam hal ini, Anda memiliki kebebasan dalam menentukan tampilan toko Anda sesuai kreativitas Anda, sehingga Anda dapat sekaligus membangun branding Anda.

– Otomatisasi dalam Melayani Pelanggan

Dengan menggunakan web chat application, pelanggan atau pengunjung website toko online Anda dapat dilayani secara otomatis melalui sistem chatbot. Sistem tersebut dapat menjawab pertanyaan berulang yang mereka berikan kepada tim customer service Anda. Misalnya informasi mengenai stok, pengiriman, dan lain-lain.

Sedangkan pelayanan yang lebih rumit akan ditangani oleh tim helpdesk Anda. Otomatisasi ini dapat membuat pelanggan Anda berbelanja kapanpun mereka suka tanpa terbatas waktu (sales automation). Hal ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan serta meningkatkan tingkat penjualan di website toko online Anda.

– Efektif dalam Waktu dan Biaya

Penggunaan e-commerce chat ini dapat mengurangi biaya tim customer service karena beberapa tugas mereka telah digantikan dengan adanya sistem otomatisasi chatbot yang telah dijelaskan di atas. Selain itu, aplikasi ini dapat melayani banyak pelanggan sekaligus dalam satu waktu. Hal ini tentu juga dapat menghemat waktu dan tenaga Anda.

– Memiliki Akses Database Pelanggan

Database pelanggan berisikan data-data seperti email, no hp, alamat, dan lain-lain. Anda dapat memanfaatkannya untuk kepentingan pemasaran lanjutan. Misalnya, Anda dapat mengirimkan e-mail kepada mereka berupa voucher pembelanjaan atau newsletter dan langsung diarahkan ke website toko online Anda.

– Meningkatkan Traffic Website dan Ranking SEO

Metode pemasaran yang mengarahkan pelanggan Anda ke website toko online Anda dapat meningkatkan traffic pada website toko online Anda, serta meningkatkan ranking SEO nya di search engine.

– Memberikan Customer Insight (Wawasan Pelanggan)

Web chat application ini juga merekam perilaku customer Anda dalam berbelanja. Misalnya produk apa yang mereka sukai, produk apa yang mereka cari, dan sebagainya.

Setelah memahami manfaat-manfaat dari live chat, dapat disimpulkan bahwa website toko online perlu menggunakan e-commerce chat seperti WhatsApp. Untuk itu, Anda perlu mengetahui fitur-fitur wajib yang harus dimiliki oleh sebuah web chat application yang baik.


Bagaimana Cara Membuat E-Commerce Chat Website dengan WhatsApp Toko Online?

7 Cara Membuat WhatsApp Toko Online pada Website sebagai berikut:

1. Login ke situs WordPress Anda
2. Pilih “Plugins”, kemudian pilih “Add new”
3. Cari plugin berjudul “Header and Footer Scripts”
4. Klik “Install Now” dan aktifkan plugin
5. Pilih “Setting”, kemudian pilih “Header and Footer Scripts”
6. Tempelkan pixel script dari penyedia WhatsApp web widget pada kotak “Scripts in header”
7. Tekan “Save” maka WhatsApp WordPress Anda siap digunakan!


Apa saja Fitur yang Dimiliki E-Commerce Chat untuk  Meningkatkan Sales?

1. Chat Greetings

chat-greetings-ecommerce-chat

Anda dapat menyapa para pengunjung website toko online Anda menggunakan e-commerce chat. Akan sangat baik jika sapaan untuk mereka dapat dikustomisasi sesuai keinginan Anda. Sapaan yang disesuaikan dengan pengunjung dapat menciptakan ikatan emosional antara bisnis Anda dengan mereka karena mereka merasa lebih diperhatikan.

Baca Laporan Penelitian: Chat Greetings Efficiency Report

2. Chat Routing

Chat routing e-commerce chat pada aplikasi Qontak.com

Tidak semua tim customer service memiliki pengetahuan yang sama, karena mereka dapat berasal dari divisi yang berbeda. Dengan adanya fitur chat routing ini, Anda dapat membantu tim helpdesk dalam mengelola pekerjaannya dengan cara membuat perutean obrolan yang memungkinkan pelanggan untuk diarahkan ke operator yang tepat bagi kebutuhan mereka.

Anda juga dapat menambahkan opsi departemen di awal obrolan agar pelanggan dapat memilih departemen mana yang ingin mereka hubungi. Fitur ini dapat Anda temukan di Qontak.com yang menyediakan customer service panel.

3. Report dan Analytics

ecommerce-chat-reporting

Melalui fitur WhatsApp toko online ini, Anda dapat dengan mudah melacak dan memantau segala sesuatu yang berkaitan dengan interaksi pelanggan pada live chat tersebut melalui laporan analisis. Fitur ini memungkinkan Anda untuk:

  • Memantau peringkat masing-masing operator
  • Mengetahui berapa banyak obrolan yang tidak terjawab atau terlewatkan
  • Menghitung waktu respons rata-rata
  • Melacak pertumbuhan traffic pada website
  • Memantau transkrip obrolan

Anda dapat memperoleh fitur ini melalui Aplikasi Omnichannel CRM yang disediakan oleh Qontak.com. Aplikasi CRM Qontak.com memiliki fitur yang lengkap serta mudah digunakan. Salah satunya adalah menghubungkan Website bisnis dengan WhatsApp toko online Anda.

4. E-Commerce Chat Customization

Tidak jauh berbeda dengan fitur di poin pertama, chat yang bisa dikustomisasi akan memberikan pengalaman pelanggan (customer experience) yang baik bagi bisnis online Anda (customer satisfaction). Kustomisasi tersebut tidak hanya memanggil nama pengunjung website, namun juga seperti bahasa yang mereka gunakan.

Jika live chat Anda hanya menyediakan satu bahasa tertentu, hal ini akan menyulitkan untuk pengunjung yang tidak menggunakan bahasa itu. Sehingga, pengunjung Anda menjadi terbatasi. Fitur chat customization ini bisa didapatkan melalui chatbot WhatsApp yang disediakan oleh Qontak.com. Chatbot akan menjawab semua pesan pelanggan yang masuk ke WhatsApp toko online.


Bagaimana Contoh Terbaik Penggunaan Live Chat pada Website E-Commerce?

Berikut contoh penggunaan WhtasApp toko online yang sudah dihubungkan dengan website E-commerce Anda :

– Sambut Pengunjung dan Tawarkan Bantuan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyambut/menyapa pengunjung website Anda. Beritahu mereka bahwa tim CS Anda selalu siap untuk membantu mereka jika mereka memiliki pertanyaan. Hal ini dapat membantu mereka menemukan kotak obrolan dengan mudah jika mereka memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan.

ecommerce-chat-greetings

– Informasi mengenai Promo atau Diskon

Dengan fitur ini Anda juga dapat menginformasikan produk yang sedang promo atau diskon. Semua orang tertarik pada diskon. Anda dapat meningkatkan penjualan menggunakan cara ini.

e-commerce-chat-promo

– Informasi tentang Produk Spesial

Biasanya ada masa dimana orang akan banyak berbelanja kebutuhannya, tidak hanya untuk mereka namun juga untuk keluarganya (sebagai hadiah). Hari-hari tersebut biasanya merupakan hari libur besar, seperti Idul Fitri, Natal, dan sebagainya. Anda dapat menjual produk-produk spesial yang biasa dicari oleh mereka yang merayakan hari spesial. Produk ini juga dapat diinformasikan melalui live chat.

– Ajak Pengunjung Mengisi Data

Ajak pengunjung website Anda untuk mengisi data atau membuat akun di website toko online Anda. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah menjangkau mereka untuk berbelanja kembali. Mereka akan memperoleh notifikasi jika ada produk atau info terbaru dari toko Anda, info tersebut langsung dikirimkan ke e-mail mereka.

ecommerce-chat-data

– Minta Feedback

Di akhir sesi, minta pendapat mereka tentang layanan yang tim helpdesk Anda berikan. Berikan cara termudah untuk mereka, misalnya menggunakan emoticon yang mewakili pengalaman mereka saat dilayani oleh tim Anda. Buatlah yang sesederhana mungkin agar mereka tidak perlu bersusah payah untuk melakukannya bagi Anda.

Baca Juga: 10 Aplikasi Toko Online Terbaik untuk Berjualan lebih mudah


Segera Tingkatkan Sales dengan E-Commerce Chat Bisnis Anda!

Sampai ke bagian ini, tentu Anda lebih paham tentang apa itu e-commerce chat serta manfaat dan fiturnya. Jadi, sudah siapkah Anda untuk meningkatkan sales dengan e-commerce chat? Jika iya, Anda dapat langsung menghubungi Qontak.com yang merupakan official partner untuk WhatsApp API di Indonesia. Qontak.com akan membantu Anda untuk menghubungkan WhatsApp toko online dengan website Anda.

WhatsApp WhatsApp Sales