E-Commerce Chat: Fitur Penting Website Toko Online

E-Commerce Chat Fitur Penting Website Toko Online

E-Commerce Chat Penting dalam Website Toko Online

E-commerce chat bukan merupakan hal asing lagi saat ini. Telah banyak website yang menggunakannya. Tidak hanya website perusahaan besar saja, namun bisnis online dalam skala kecil pun telah mengenal live chat tersebut. Web chat application mau tidak mau telah menjadi salah satu bagian penting yang wajib ada dalam sebuah website, terutama website toko online. Website toko online yang menggunakan chat widget gratis akan mampu meningkatkan pelayanan pelanggan sehingga akan berdampak besar pada penjualan. Dapat dikatakan bahwa e-commerce chat erat kaitannya dengan website toko online. Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.


Apa itu E-Commerce Chat?

E-commerce chat atau web chat application merupakan chat widget gratis yang biasanya terletak di sebelah kanan bawah pada sebuah website. Live chat tersebut biasanya diwakili dengan ikon berbentuk gelembung percakapan kecil yang akan muncul dan menyapa Anda sebagai pengunjung website tersebut. E-commerce chat ini banyak dijumpai pada website toko online, sehingga pengunjung website toko online tersebut dapat langsung mengobrol atau bertanya secara langsung dengan tim customer service yang tersedia selama 24/7. Dengan adanya live chat ini, website toko online dapat memperoleh banyak manfaat, apa saja manfaatnya?

Baca Juga: 5 Aplikasi Web Chat Terbaik untuk Bisnis


Apakah Website Toko Online perlu Menggunakan E-Commerce Chat? Apa Manfaatnya?

Seperti yang telah disinggung di atas, e-commerce chat memiliki banyak manfaat bagi website toko online yang menggunakannya. Manfaat-manfaatnya adalah:

  1. Bebas dalam mendekorasi toko sesuai keinginan

Dengan memakai live chat, Anda tentu harus memiliki website toko online terlebih dahulu. Dalam hal ini, Anda memiliki kebebasan dalam menentukan tampilan toko Anda sesuai kreativitas Anda, sehingga Anda dapat sekaligus membangun branding Anda.

  1. Otomatisasi dalam Melayani Pelanggan

Dengan menggunakan web chat application, pelanggan atau pengunjung website toko online Anda dapat dilayani secara otomatis melalui sistem chatbot. Sistem tersebut dapat menjawab pertanyaan berulang yang mereka berikan kepada tim customer service Anda, seperti informasi mengenai stok, pengiriman, dan lain-lain. Sedangkan pelayanan yang lebih rumit akan ditangani oleh tim helpdesk Anda. Otomatisasi ini dapat membuat pelanggan Anda berbelanja kapanpun mereka suka tanpa terbatas waktu (sales automation). Hal ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan serta meningkatkan tingkat penjualan di website toko online Anda.

  1. Efektif dalam Waktu dan Biaya

Penggunaan e-commerce chat ini dapat mengurangi biaya tim customer service karena beberapa tugas mereka telah digantikan dengan adanya sistem otomatisasi chatbot yang telah dijelaskan di atas. Selain itu, aplikasi ini dapat melayani banyak pelanggan sekaligus dalam satu waktu. Hal ini tentu juga dapat menghemat waktu dan tenaga Anda.

  1. Memiliki Akses Database Pelanggan

Database pelanggan berisikan data-data seperti e-mail, no hp, alamat, dan lain-lain. Anda dapat memanfaatkannya untuk kepentingan pemasaran lanjutan. Misalnya, Anda dapat mengirimkan e-mail kepada mereka berupa voucher pembelanjaan atau newsletter dan langsung diarahkan ke website toko online Anda.

  1. Meningkatkan Traffic Website dan Ranking SEO

Metode pemasaran yang mengarahkan pelanggan Anda ke website toko online Anda dapat meningkatkan traffic pada website toko online Anda, serta meningkatkan ranking SEO nya di search engine.

  1. Memberikan Customer Insight (Wawasan Pelanggan)

Web chat application ini juga merekam perilaku customer Anda dalam berbelanja. Misalnya produk apa yang mereka sukai, produk apa yang mereka cari, dan sebagainya.

Setelah memahami manfaat-manfaat dari live chat, dapat disimpulkan bahwa website toko online perlu menggunakan e-commerce chat. Untuk itu, Anda perlu mengetahui fitur-fitur wajib yang harus dimiliki oleh sebuah web chat application yang baik.

Baca Juga: Omnichannel Chat untuk Bisnis Online


Fitur E-Commerce Chat yang dapat Meningkatkan Sales

  1. Chat Greetings

Anda dapat menyapa para pengunjung website toko online Anda menggunakan e-commerce chat. Akan sangat baik jika sapaan untuk mereka dapat dikustomisasi sesuai keinginan Anda. Sapaan yang disesuaikan dengan pengunjung dapat menciptakan ikatan emosional antara bisnis Anda dengan mereka karena mereka merasa lebih diperhatikan.

Chat greetings oleh Bot pada e-commerce chat Qontak

Baca Laporan Penelitian: Chat Greetings Efficiency Report

  1. Chat Routing

Tidak semua tim customer service memiliki pengetahuan yang sama, karena mereka dapat berasal dari divisi yang berbeda. Dengan adanya fitur chat routing ini, Anda dapat membantu tim helpdesk dalam mengelola pekerjaannya dengan cara membuat perutean obrolan yang memungkinkan pelanggan untuk diarahkan ke operator yang tepat bagi kebutuhan mereka. Anda juga dapat menambahkan opsi departemen di awal obrolan agar pelanggan dapat memilih departemen mana yang ingin mereka hubungi. Fitur ini dapat Anda temukan di Qontak.com yang menyediakan customer service panel.

Chat routing e-commerce chat pada aplikasi Qontak.com

  1. Report dan Analytics

Melalui web chat application ini, Anda dapat dengan mudah melacak dan memantau segala sesuatu yang berkaitan dengan interaksi pelanggan pada live chat tersebut melalui laporan analisis. Fitur ini memungkinkan Anda untuk:

  • Memantau peringkat masing-masing operator
  • Mengetahui berapa banyak obrolan yang tidak terjawab atau terlewatkan
  • Menghitung waktu respons rata-rata
  • Melacak pertumbuhan traffic pada website
  • Memantau transkrip obrolan

Anda dapat memperoleh fitur ini melalui Aplikasi CRM yang disediakan oleh Qontak.com. Aplikasi CRM Qontak.com memiliki fitur yang lengkap serta mudah digunakan.

Reporting pada chat panel e-commerce chat Qontak

  1. E-Commerce Chat Customization

Tidak jauh berbeda dengan fitur di poin pertama, chat yang bisa dikustomisasi akan memberikan pengalaman pelanggan (customer experience) yang baik bagi bisnis online Anda (customer satisfaction). Kustomisasi tersebut tidak hanya memanggil nama pengunjung website, namun juga seperti bahasa yang mereka gunakan. Jika live chat Anda hanya menyediakan satu bahasa tertentu, hal ini akan menyulitkan untuk pengunjung yang tidak menggunakan bahasa itu. Sehingga, pengunjung Anda menjadi terbatasi. Fitur chat customization ini bisa didapatkan melalui chatbot WhatsApp yang disediakan oleh Qontak.com.


Contoh Terbaik Penggunaan Live Chat pada Website E-Commerce

Mari kita urutkan contoh penggunaan live chat yang baik pada website e-commerce:

  • Sambut Pengunjung dan Tawarkan Bantuan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyambut/menyapa pengunjung website Anda. Beritahu mereka bahwa tim CS Anda selalu siap untuk membantu mereka jika mereka memiliki pertanyaan. Hal ini dapat membantu mereka menemukan kotak obrolan dengan mudah jika mereka memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan.

Tawarkan bantuan pada e-commerce chat Qontak

  • Informasi mengenai Promo atau Diskon

Dengan fitur ini Anda juga dapat menginformasikan produk yang sedang promo atau diskon. Semua orang tertarik pada diskon. Anda dapat meningkatkan penjualan menggunakan cara ini.

  • Informasi tentang Produk Spesial

Biasanya ada masa dimana orang akan banyak berbelanja kebutuhannya, tidak hanya untuk mereka namun juga untuk keluarganya (sebagai hadiah). Hari-hari tersebut biasanya merupakan hari libur besar, seperti Idul Fitri, Natal, dan sebagainya. Anda dapat menjual produk-produk spesial yang biasa dicari oleh mereka yang merayakan hari spesial. Produk ini juga dapat diinformasikan melalui live chat.

  • Ajak Pengunjung Mengisi Data

Ajak pengunjung website Anda untuk mengisi data atau membuat akun di website toko online Anda. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah menjangkau mereka untuk berbelanja kembali. Mereka akan memperoleh notifikasi jika ada produk atau info terbaru dari toko Anda, info tersebut langsung dikirimkan ke e-mail mereka.

  • Minta Feedback

Di akhir sesi, minta pendapat mereka tentang layanan yang tim helpdesk Anda berikan. Berikan cara termudah untuk mereka, misalnya menggunakan emoticon yang mewakili pengalaman mereka saat dilayani oleh tim Anda. Buatlah yang sesederhana mungkin agar mereka tidak perlu bersusah payah untuk melakukannya bagi Anda.


Sudah Siap Tingkatkan Sales dengan E-Commerce Chat?

Sampai ke bagian ini, tentu Anda lebih paham tentang apa itu e-commerce chat serta manfaat dan fiturnya. Jadi, sudah siapkah Anda untuk meningkatkan sales dengan e-commerce chat? Jika iya, Anda dapat langsung menghubungi Qontak.com yang merupakan official partner untuk WhatsApp API di Indonesia. Qontak.com menyediakan Aplikasi Live Chat yang terintegrasi dengan Aplikasi CRM.

Rekomendasi : 5 Aplikasi CRM Terbaik dan Manfaat WhatsApp API untuk Bisnis

Coba GRATIS Aplikasi E-Commerce Chat terbaik sekarang juga atau hubungi kami disini!

You may also like