Definisi & Cara Kerja Manajemen Hubungan Pelanggan

Manajemen hubungan pelanggan / CRM merupakan strategi perusahaan untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan, mengurangi pengeluaran dan meningkatkan kesetiaan pelanggan. Prinsip yang digunakan dalam manajemen hubungan pelanggan / CRM hanya satu yaitu:

perusahaan harus mementingkan kebutuhan pelanggan

Dengan mementingkan kebutuhan pelanggan Anda dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, sehingga dapat meningkatkan kesetiaan pelanggan kepada perusahaan Anda.

Penggunaan manajemen hubungan pelanggan (CRM) dari sebuah perusahaan memiliki sudut pandang yang berbeda ketika datang ke pelanggan. Pandangan yang berbeda ini didorong dari satu prinsip yang dipegang dalam manajemen hubungan pelanggan, sehingga tujuan dan sasaran perusahaan yang menggunakan manajemen hubungan pelanggan pun lebih jelas. Perusahaan yang menggunakan CRM mengasah nilai pelanggan, nilai seumur hidup pelanggan, ekuitas pelanggan, dan prioritas pelanggan.

Dalam menentukan manajemen hubungan pelanggan (CRM) perusahaan harus mengetahui nilai dalam pelanggan mereka, sehingga mereka dapat menggunakan manajemen hubungan pelanggan untuk dapat meningkatkan bisnis mereka. Manajemen hubungan pelanggan adalah ketika perusahaan menggunakan teknik dan strategi untuk melacak interaksi dan data pelanggan. Perusahaan yang banyak fokus pada pelanggan mereka memiliki pandangan yang berbeda tentang pelanggan mereka yang memberi mereka tujuan dan sasaran yang berbeda dari perusahaan yang tidak menggunakan manajemen hubungan pelanggan.

Perusahaan yang tidak menggunakan manajemen hubungan pelanggan mementingkan nilai pasar daripada nilai pelanggan. Sedangkan, perusahaan yang menggunakan manajemen hubungan pelanggan mementingkan nilai pelanggan dibandingkan nilai pasar. Mementingkan nilai pelanggan dengan menjaga pelanggan yang sudah dimiliki saat ini dan juga diiringi dengan upaya untuk menemukan pelanggan baru.
Di sinilah CRM berperan; ini membantu untuk fokus pada tren dan kebutuhan pelanggan Anda saat ini alih-alih menemukan pelanggan baru. Jika Anda dapat mempertahankan dan menarik pelanggan Anda saat ini, ini akan terbukti lebih menguntungkan bagi Anda daripada menghabiskan waktu mencoba menarik satu pelanggan baru.

Bagaimana cara kerja dari Manajemen Hubungan Pelanggan?

Manajemen hubungan pelanggan lebih dari sebuah teknologi – tidak ada teknologi, seberapa canggih teknologi tersebut – dapat sukses tanpa strategi dan tata cara untuk implementasi penggunaannya. Strategi bisnis dan teknologi harus bekerja bersama untuk dapat merealisasikan strategi bisnis yang terpusat kepada pelanggan.

1. Mendukung strategi yang terpusat kepada pelanggan

Sistem dari program manajemen hubungan pelanggan mengutamakan pelanggan di segala aspek yang Anda lakukan. Perusahaan dan organisasi yang serius dengan desain manajemen hubungan pelanggan dapat menjaga kualitas dari pengalaman pelanggan, karena mereka menyadari pentingnya dari pengalaman pelanggan yang dapat menghasilkan loyalitas kepada perusahaan Anda.

2. Sentralisasi data pelanggan

Program manajemen hubungan pelanggan menggabungkan semua penjualan, marketing dan informasi customer service di dalam satu database terpusat.

3. Atomisasi proses customer-facing business

Proses bisnis yang berhubungan langsung dengan pelanggan dapat berjalan dengan lebih efisien dengan penggunaan program manajemen hubungan pelanggan (CRM). Marketing, penjualan, dan customer service dapat memberikan pengalaman lebih baik dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Semua berawal dengan prospek – dan berakhir kepada pelanggan.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai CRM / Manajemen Hubungan Pelanggan, Anda dapat mengunjungi link dibawah ini:

Apa itu CRM?

Atau hubungi kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang CRM / Manajemen Hubungan Pelanggan.

Hubungi Kami

You may also like