Dapatkan Pelanggan Loyal Tanpa Harus Beriklan Dengan 4 Cara Ini

Loyal Customer

Beriklan atau melakukan kampanye berbayar biasanya akan dilakukan bagi sebuah bisnis atau merek yang baru berdiri. Tujuannya satu, yakni memperkenalkan produknya ke masyarakat luas dan mendapatkan pelanggan.

Tapi beriklan bukan satu-satunya cara agar sebuah merek dapat menemukan pelanggannya. Karena di beberapa tempat budget iklan tergolong mahal. Untuk itu kita harus melakukan berbagai upaya guna mendapatkan pelanggan tanpa harus beriklan.

Bagikan Produk Anda Cuma-Cuma

Salah satu cara klasik tapi terbilang tetap ampuh untuk mendatangkan pelanggan adalah dengan membagikan produk Anda cuma-cuma, alias gratis. Tapi tentunya Anda tidak bisa sembarangan memberikan produk Anda begitu saja. Apalagi sudah pasti untuk melakukan hal ini Anda harus siap rugi besar di awal. Tentu Anda harus memastikan lebih dulu bahwa produk yang Anda berikan secara gratis itu benar jatuh ke target pasar Anda.

Bagaimana caranya?

Anda bisa mengadakan sayembara atau lomba yang sekiranya memiliki korelasi dengan target pasar Anda. Misal, Anda berbisnis di bidang kuliner seperti camilan online, maka Anda bisa membuat sayembara berupa foto kontes cara makan camilan favorit. Tapi untuk menentukan pemenang Anda perlu jeli agar yang terpilih nanti bukanlah kuis hunter yang bukan termasuk target pasar Anda.

Apa cara ini sudah terbukti berhasil?

Cara seperti ini sebetulnya banyak dilakukan oleh merek-merek besar di awal kemunculannya. Dari beberapa sumber menyebutkan seperti Hootsuite, Dropbox, Skype, Spotivy dan Evernote melakukan hal serupa di awal kemunculannya. Sampai akhirnya mereka mampu memiliki pelanggan setia berjumlah 3 juta lebih pengguna.

Tapi ada beberapa hal yang perlu Anda tentukan lebih dulu untuk melakukan hal ini.

1. Tentukan Target

Tentukan target pasar yang harus menerima produk gratis Anda dalam periode tertentu. Bila belum tercapai artinya Anda harus tetap melanjutkan penggratisan tersebut. Namun bila sudah tercapai, maka Anda harus segera menghentikan program penggratisan ini.

Loyal Customer
Sumber Gambar: covesideband.com

2. Mintalah Testimoni, Kritik & Saran

Testimoni sangat berguna untuk brand image di mata target pasar Anda nantinya. Karena itu mintalah testimoni kepada mereka yang sudah mendapatkan produk Anda secara gratis. Selain itu minta juga kritik dan saran karena testimoni biasanya bersifat yang membanggakan, lain hal dengan kritik dan saran.

Dari kritik dan saran itulah Anda bisa mengevaluasi produk Anda. Sudah bisa memuaskan pelanggan atau belum. Atau sudah bisa menggaet target pasar untuk ke depannya atau belum. Bila masih banyak kekurangan maka ada baiknya untuk mengembangkan produk Anda lagi sebelum memilih menjualnya langsung. Karena bisa jadi justru komplain yang terus berdatangan atau produk Anda akan terasingkan.

3. Maksimalkan Media Sosial

Untuk hal satu ini bukan sesuatu yang asing lagi. Memaksimalkan media sosial untuk memasarkan produk dan mendapatkan pelanggan sudah menjadi keharusan. Tapi memang tak mudah untuk bisa melakukannya. Karena itu Anda perlu aktif mengikuti perkembanga media sosial dan menjalankan berbagai tips mengelola media sosial untuk kepentingan komersil.

4. Optimalkan Blog/Website

Memiliki website atau minimal blog bagi sebuah bisnis sudah menjadi keharusan di era yang serba digital ini. Selain berguna untuk pusat informasi, website atau blog juga berguna sebagai kanal pemasaran Anda. Dengan memiliki website atau blog yang sudah tertanam search engine optimization (SEO) atau sudah dipenuhi oleh artikel yang human friendly, maka bukan hal mustahil bila kanal Anda tersebut berada di halaman 1 pencarian Google.

Loyal Customer
Sumber Gambar: theatlantic.com

5. Utamakan Kepuasan Pelanggan

Dari seluruh upaya yang sudah disebutkan di atas jangan lupakan keutamaan dalam berbisnis, yakni kepuasan pelanggan. Pastikan Anda dapat memuaskan pelanggan Anda agar bisnis tidak bangkrut. Karena mau menggunakan cara apa pun untuk mendapatkan pelanggan, bila pelayanan maupun produk Anda tidak sanggup memuaskan pelanggan, maka jangan harap bisnis Anda dapat bertahan lama.

Kepuasan pelanggan adalah hal utama. Karena bila sudah begitu Anda tidak perlu repot-repot lagi beriklan demi mendatangkan pelanggan. Dengan senang hati pelanggan Anda akan mereferensikan produk Anda kepada teman dan kerabatnya bila mereka merasa terpuaskan.

Selain keempat hal di atas, jangan lupakan bahwa dalam bisnis dibutuhkan inovasi dan konsistensi. Jangan sampai pelanggan Anda lari ke kompetitor karena produk Anda yang monoton dan tak memiliki inovasi dari waktu ke waktu. Atau jangan sampai pelanggan Anda kehilangan kepercayaan seiring layanan maupun kualitas produk Anda yang menurun dari waktu ke waktu. Bagaimanapun pelanggan adalah raja dalam dunia bisnis. Pelangganlah yang dapat menentukan apakah bisnis Anda dapat berlanjut atau tidak.

You may also like

× Contact Us!