Qontak WhatsApp

Customer Service Software: 6 Solusi Layanan Pelanggan Terbaik

customer service software dan cloud telephone

Customer Service software Solusi Terbaik untuk Layanan Pelanggan

Bagi sebuah perusahan, layanan kepada pelanggan atau customer service merupakan hal yang sangat penting. Dimana manajemen customer service yang buruk bisa membuat pelanggan kapok dan beralih ke pesaing. Untuk memaksimalkan sekaligus mempermudah pelayanan kepada pelanggan, perusahaan biasanya memiliki customer service software tersendiri.

Top 6 customer service software terbaik untuk perusahaan Anda adalah:

  1. Qontak.com
  2. Zendesk
  3. Olark
  4. Freshworks
  5. Nicereply
  6. Jira Service Desk

Apa itu Customer Service software?

Customer service software adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan merespon saluran komunikasi seperti email, chat, dan pesan. Dengan software ini, perusahaan dapat mengotomatisasi beberapa proses dalam layanan pelanggan. Hal ini membantu bisnis dalam melacak seluruh permintaan dan memberikan respon pelanggan lebih cepat.

Ada beberapa jenis aplikasi untuk customer service, di antaranya sistem chat dan pesan seperti Whatsapp, software CRM, hingga call center. Biasanya perusahaan besar memiliki lebih dari satu jenis aplikasi customer service agar pelanggan dapat memilih media mana yang paling nyaman bagi mereka. Selain itu, adanya beberapa jenis layanan pelanggan dalam perusahaan juga dapat membagi beban kerja tim CS.

customer-service-software-terbaik


Bagaimana Customer Service Software Bekerja?

Sebagian besar sistem software customer service bekerja secara otomatis. Hal ini memudahkan tim CS dalam melayani pelanggan. Selain itu, mereka juga bisa fokus mengerjakan hal yang lebih penting, sehingga meningkatkan layanan pelanggan.

Pelanggan yang memiliki pertanyaan atau permintaan akan menghubungi perusahaan melalui channel yang disediakan perusahaan. Setiap pesan/panggilan call center yang dari pelanggan dianggap sebagai interaksi. Kemudian Interaksi tersebut akan otomatis diubah menjadi tiket dan disimpan dalam sistem customer service.

Selanjutnya agen CS akan me-follow up ticket tersebut dengan menanyakan langsung pelanggan. Percakapan antara pelanggan dan CS berlangsung hingga ditemukan solusi. Pelanggan akan merasa puas apabila permasalahanya berhasil diselesaikan. semua data atau riwayat interaksi dengan pelanggan akan otomatis disimpan dalam aplikasi customer service. Data tersebut dapat diakses dengan mudah saat dibutuhkan untuk meningkatkan pelayanan atau memahami pelanggan lebih baik.


Apa saja Jenis Customer Service Software?

Software Customer Service memiliki berbagai jenis sesuai dengan manfaat dan kegunaanya masing-masing. Perusahaan bisa menentukan jenis customer service mana yang paling tepat untuk digunakan.

Berikut jenis-jenis customer service software adalah

– Helpdesk

customer-service-software-qontak

Aplikasi untuk customer service jenis ini bisa digunakan oleh beberapa orang sekaligus. Selain itu aplikasi ini memiliki fitur tambahan yang dapat mengumpulkan, mengelola, serta melaporkan komunikasi yang terjadi dengan para pelanggan dan beberapa CS sekaligus. Software ini biasanya diintegrasikan dengan Aplikasi CRM agar dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.

– Chatting (Perpesanan)

customer-service-software-qontak-omnichannel-chat

Sistem chat dan pesan populer digunakan oleh bisnis dan perusahaan saat ini sebagai customer service. Salah satu contohnya adalah live chat atau chatbot melalui WhatsApp Chatbot, Facebook messenger, Instagram API dan lainnya. Sistem customer service jenis ini mampu membantu perusahaan menyediakan layanan pelanggan 24/7.

– Call Center

customer-service-software-call-center-by-qontak

Call center merupakan aplikasi customer service paling populer yang hampir pasti ada di perusahaan besar. Seiring dengan perkembangan zaman, call center berubah menjadi berbasis VoIP atau Voice over Internet Provider. Hal tersebut memungkinkan perusahaan untuk memasang software telepon pada server dan menghubungkannya melalui jaringan IP seperti layanan IP CRM call center.

– Cloud Telephone

customer-service-software-cloud-call-center

Cloud telephone merupakan sebuah inovasi sistem penelponan/call center berbasis cloud. Sistem cloud phone adalah platform telepon untuk bisnis berbasis Voice over IP (VoIP) yang disediakan oleh provider pihak ketiga. Sistem ini menggunakan internet dan bersifat fleksibel serta mobile bagi penggunanya. Sebelum ada sistem cloud, perangkat call center harus dipasang di kantor. Selain biaya lebih mahal dan memerlukan waktu untuk memasangnya, sistem call center on premise juga tidak fleksibel. Berbeda dengan cloud telephone yang biasanya menggunakan layanan IP CRM call center.

Beberapa kelebihan dari sistem cloud telephone yaitu:

  • API block untuk alur kerja yang dapat disesuaikan
  • Integrasi ke CRM atau sistem ticketing
  • Text-to-Speech
  • Rekaman panggilan
  • Analitik dan pelaporan

– CRM (Customer Relationship Management)

customer-service-software-crm-manajemen-kontak

Software CRM merupakan aplikasi yang bagus untuk customer service karena tugas utamanya adalah membangun dan menggunakan database informasi pelanggan yang dapat mempertahankan pelanggan serta meningkatkan penjualan. Dengan adanya sistem CRM yang dijalankan pada perusahaan, perusahaan tersebut akan memperoleh banyak manfaat serta menghindari berbagai kendala bisnis yang umum terjadi pada sebuah bisnis.Software jenis ini dapat digunakan sebagai call center atau layanan IP CRM call center. Selain itu juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi lainnya seperti chatting, helpdesk dan lainnya.


Apa Manfaat Menggunakan Customer Service Software?

Customer Service software bermanfaat untuk meningkatkan layanan pelanggan jauh lebih baik. Pasalnya hampir seluruh proses layanan telah diotomatiskan. Pelanggan tidak perlu lagi menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan dari berbagai saluran. Sebab tim customer service hanya fokus memberikan layanan pelanggan terbaik.

Berikut manfaat yang akan dirasakan perusahaan apabila menggunakan customer service software:

– CAPEX to OPEX

Software CS menghindari perusahaan dari biaya CAPEX atau capital expenditure dan mengubahnya menjadi OPEX atau operational expenditure. Hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan, terutama perusahaan kecil menengah maupun startup karena tidak perlu mengeluarkan biaya investasi besar di awal.

– Hemat biaya hingga 60%

Manfaat utama dari memilih aplikasi customer service adalah mengurangi waktu dan biaya jika dibandingkan harus menjalankan sistem call center sendiri. Perusahaan tidak perlu membeli server untuk meng-hosting sistem aplikasi customer service dan melakukan konfigurasi, pembaruan, maupun keamanan.

– Tidak memerlukan perangkat keras

Dengan software, perusahaan tidak perlu repot untuk memasang dan mengeluarkan biaya untuk perangkat keras untuk instalasi aplikasi customer service.

– Customer service software mudah disesuaikan

Software bersifat sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang beragam, mulai dari perusahaan kecil dan menengah hingga perusahaan besar. Ketika terjadi perubahan di pertengah, sistem cloud dapat disesuaikan hanya dengan beberapa klik saja. Berbeda dengan sistem on-premise yang memerlukan ahli IT serta konfigurasi yang rumit.

– Modular

Sistem sudah siap digunakan dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang beragam. Hal ini membuat pemasangan dapat dilakukan lebih cepat.

– API ready

Adanya API memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan call center mereka dengan customer service software lainnya, seperti email, media sosial, Whatsapp, maupun ChatBot ke dalam satu sistem CRM (customer relationship management). Integrasi ini sering juga disebut aplikasi omnichannel customer service. Melalui integrasi aplikasi call center dengan CRM atau layanan IP CRM call center, seluruh data layanan pelanggan dari berbagai saluran dapat tersimpan dan terkelola dengan baik dalam satu sistem. Hal ini menjadi salah satu faktor kesuksesan bagi perusahaan yang ingin memajukan sistem layanan pelanggan mereka.

– Pemasangan customer service software cepat

Aplikasi call center tidak memerlukan perangkat keras dan modular sehingga pemasangan software untuk aplikasi customer service dapat dilakukan dengan cepat, bahkan hanya dalam satu jam saja.


Apa Saja Software Customer Service Terbaik di Indonesia

Saat ini banyak berkembang varian aplikasi untuk customer service dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lalu mana Aplikasi CS yang terbaik? Kami merangkum 6 aplikasi customer service terbaik yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

1. Qontak.com

customer-service-software-helpdesk-berbasis-web-qontak

Qontak.com merupan penyedia Aplikasi CS lokal dengan variasi fitur canggih yang akan membantu Anda memberikan layanan pelanggan lebih baik. Software customer service dari Qontak.com juga mudah diintegrasikan dengan aplikasi lain, sehingga perusahaan Anda dapat dihubungi dari saluran apa saja. Beberapa fitur Aplikasi KPI Customer Service dari Qontak.com adalah:

  • Software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan proses bisnis Anda. Aplikasi call center Qontak.com dapat terintegrasi dengan software CRM dan Live Chat.
  • Aplikasi mobile dan GPS offline. Anda dapat melacak lokasi GPS sales lapangan Anda walaupun tanpa koneksi internet. Aplikasi sales ini akan berguna untuk perusahaan Anda.
  • Dashboard helpdesk laporan yang berisi analisis dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, misalnya diatur per tenaga sales atau untuk periode tertentu.
  • Software KPI dan manajemen tugas untuk melacak kinerja tim dengan metrik yang kustomable agar dapat meningkatkan sales dan operasional bisnis.
  • Otomatisasi dokumen yang memudahkan mengunggah template spreadsheet dan word secara instan agar menghemat waktu dan biaya.
  • Aplikasi CS terintegrasi dengan WhatsApp, Chat, dan Call Center untuk dapat merekam percakapan dengan pelanggan secara instan.
  • Memiliki sales pipeline yang jelas sehingga mudah dipahami agar setiap tahapan prospek dapat diketahui dengan baik.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

2. Zendesk

support zendesk

Zendesk merupakan penyedia Aplikasi CS asal negeri paman sam yang berkantor pusat di San Francisco, California, Amerika Serikat. Salah satu produk Zendesk menangani layanan pelanggan. Aplikasi layanan pelanggan Zendesk mudah untuk digunakan karena dapat disesuaikan untuk kebutuhan bisnis yang berbeda.

3. Olark

customer-service-software-olark

Customer service tools Olark merupakan perangkat lunak customer service. Customer support tools Olark memungkinkan Anda untuk menyesuaikan kotak obrolan untuk dipersonalisasi, serta mendorong pelanggan untuk berinteraksi dengan tim CS berdasarkan alur kerja yang telah ditentukan sebelumnya. Personalisasi tidak terletak hanya pada tampilan, namun juga pada bahasa yang digunakan serta pada avatar yang digunakan untuk menciptakan obrolan yang terasa alami dan manusiawi.

CloudTalk-Freshdesk-customer-service-software

Freshworks terbentuk karena kecewa pendirinya dengan layanan pelanggan yang dialami. Perusahaan yang pertama kali didirikan di Chennai India ini, kini telah berkantor pusat di San Mateo California, Amerika Serikat. Setelah sukses dengan aplikasi customer service Freshdesk, produk kedua yang diluncurkan bernama Freshsales. Kemudian PT Freshdesk merubah nama perusahaannya menjadi PT Freshworks untuk mencerminkan evolusinya sebagai platform produk.

5. Nicereply

customer-service-software-nicereply

Sebagai customer service tools, Nicereply merupakan sebuah solusi yang hebat untuk mendapatkan umpan balik dari pelanggan pada waktu yang tepat. Anda dapat membuat survei yang sesuai dengan estetika perusahaan Anda dan menyesuaikan pertanyaan di dalamnya yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Anda juga dapat mengotomatiskan distribusi survei tersebut, yaitu mengirimkannya pada waktu yang Anda inginkan. Nicereply juga menyediakan analisis mendalam sehingga Anda dapat memperoleh hasil maksimal dari umpan balik yang diberikan pelanggan Anda. Customer support tools Nicereply juga dapat terintegrasi dengan banyak perangkat lunak layanan pelanggan yang berbeda.

6. Jira Service Desk

customer-Service-software-JIRA-Service-Desk

Aplikasi CS yang memungkinkan tim support untuk memberikan pelayanan/tanggapan yang mudah dan cepat kepada pelanggannya. Dengan memakai Aplikasi CS ini, agen customer service dapat mengorganisir dan memprioritaskan pertanyaan/permintaan dari pelanggan.


Dapatkan Solusi Customer Service Software Terbaik Sekarang!

Memiliki customer service software yang tepat dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Selain efisiensi proses dan penghematan biaya, tujuan dari penggunaannya tentu saja adalah memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan. Hal inilah yang membuat pelanggan bertahan dan menjadi loyal customer.

Qontak.com akan membantu Anda mendapatkan Aplikasi customer service terbaik untuk meningkatkan layanan pelanggan Anda. Software customer service dari Qontak.com terkoneksi dengan CRM yang dapat dijadikan juga layanan ip crm call center. Selain itu masih banyak fitur canggih lainnya yang mudah untuk dioperasionalkan oleh Anda dan tim support.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

software-untuk-customer-service-qontak-crm

You may also like

By