Qontak WhatsApp

Customer Relationship Management: Pengertian, Manfaat dan Penggunaanya

mengelola-data-dengan-customer-relationship-management-qontak

Mengenal Customer Relationship Management dan Manfaatnya bagi Bisnis!

Saat ini banyak bisnis menggunakan customer relationship management (CRM) untuk mengelola semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan. Hal yang dikelola CRM meliputi pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service). Semua aktivitas tersebut akan disimpan dan diorganisir dengan baik dalam satu sistem CRM database.

5 Contoh penggunaan customer relationship management diantaranya sebagai berikut:

  1. Fokus terhadap pemakaian
  2. Mengintegrasikan sistem
  3. Membatasi user permission
  4. Selektif terhadap data yang disimpan
  5. Menggunakan Software CRM

Apa Itu Customer Relationship Management?

Customer Relationship Management (CRM) adalah sistem bisnis yang dirancang untuk mengelola interaksi-interaksi yang terjadi terhadap pelanggan dan calon pelanggan. CRM berfungsi untuk membantu bisnis mengembangkan hubungan dengan pelanggan, mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Saat ini, kita hidup di era berbasis data. Bisnis dengan berbagai ukuran dan jenis industri menghadapi kendala yang sama ketika mengelola data, terutama data pelanggan. Database customer merupakan data yang penting, namun seringkali bisnis kewalahan dalam mengelolanya. Lalu bagaimana cara perusahaan saat ini mengelola seluruh data pelanggan mereka secara efektif? Jawabannya adalah dengan software pengelolaan customer atau customer relationship management.

Menerapkan sistem CRM database customer merupakan langkah yang penting. Oleh karena itu semakin banyak perusahaan yang mengambil langkah strategis dalam mengelola dan memasukkan data pelanggan mereka secara proaktif melalui software CRM database.

Tonton penjelasan singkat mengenai customer relationship management (CRM) Qontak.com pada video berikut ini:


Apa Tujuan Bisnis Menggunakan Customer Relationship Management?

Ada empat tujuan penggunaan customer relationship management yang perlu Anda ketahui di antaranya adalah:

  • Meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan sehingga pendapatan bisnis Anda bertambah.
  • Menyampaikan informasi secara konsisten yang disimpan pada CRM
  • Memahami kebutuhan pelanggan berdasarkan informasi yang diberikan sebelumnya pada CRM database.
  • Informasi yang lengkap pada CRM database menjadi sarana paling baik untuk meningkatkan penjualan. Baik dari up selling maupun cross selling.

Saya Mau Coba Gratis Aplikasi CRM Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Apa Manfaat Mengelola Customer Relationship Management?

Manfaat utama CRM adalah membantu bisnis mengelola data interaksi pelanggan secara terpadu dalam CRM database. Pengelolaan data secara efektif memberikan informasi detail progress yang telah dicapai terhadap tujuan bisnis dan menjadikan perusahaan yang berbasis data. CRM database ini akan memudahkan bisnis dalam menyusun strategi peningkatan penjualan.

Sebaliknya, ketika perusahaan tidak mengelola data customer secara efektif, tim akan sulit untuk bekerja secara maksimal. Waktu mereka akan habis untuk mencari informasi ketimbang berhubungan langsung dengan pelanggan.

Selain itu, customer relationship management juga memberikan manfaat lain untuk perusahaan seperti berikut:

  • Akses yang cepat dan mudah terhadap informasi customer yang relevan
  • Sumber data terpercaya untuk kerja sama internal tim
  • Pelaporan yang transparan untuk meningkatkan akuntabilitas
  • Mengurangi sistem yang tumpang tindih
  • Melakukan campaign secara akurat dan relevan terhadap penjualan
  • Menuntun calon pelanggan melewati proses sales
  • Membantu memahami keluhan pelanggan

Bagaimana Cara Efektif Mengelola Hubungan Pelanggan dengan Customer Relationship Management?

Menggunakan aplikasi CRM akan membantu menstandarisasi data secara terstruktur. Namun, terkadang banyak terjadi kendala yang menyebabkan fungsi CRM tidak berjalan maksimal. Untuk mencegah hal tersebut, berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan:

1. Fokus terhadap pemakaian

Customer Relationship Management-Pengguna

Salah satu penyebab kegagalan utama fungsi CRM adalah kurangnya pemakaian pengguna. Hal tersebut memang tidak dapat dicapai dalam waktu singkat. Perusahaan harus meluangkan waktu memberikan pelatihan yang cukup untuk memaksimalkan penggunaan sistem CRM dan memastikan pengguna mengelola data dengan seharusnya.

2. Mengintegrasikan sistem

Customer Relationship Management-Integrasi

Melakukan integrasi CRM dapat meningkatkan alur data pelanggan dan mengurangi kendala administrasi pada end user. Salah satu integrasi yang sering dilakukan adalah dengan WhatsApp, atau sering disebut dengan WhatsApp CRM. Integrasi ini memudahkan otomatisasi penyimpanan data yang berasal dari WhatsApp, mulai dari kontak hingga riwayat percakapan dengan pelanggan.

3. Membatasi user permission

Beberapa data yang bersifat sensitif tidak perlu bisa diakses untuk pegawai dari seluruh departemen. Software CRM yang baik memiliki pengaturan siapa saja yang bisa mengakses data tersebut. Perusahaan harus selektif siapa saja yang bisa mengakses dan mengubah data-data yang penting.

4. Selektif terhadap data yang disimpan

Tentu tidak semua data pelanggan harus disimpan. Menyimpan dan mengelola database customer tidak sama dengan menimbun data. Perusahaan harus dapat memilah mana saja data yang penting untuk disimpan dan mana yang tidak. Hal ini untuk memastikan data terkelola dengan rapi dan selaras dengan pertumbuhan perusahaan.

5. Menggunakan Software CRM

Customer Relationship Management Software

Salah satu cara paling efektif adalah dengan menggunakan software CRM seperti Qontak.com. Software CRM memberikan gambaran utuh pelanggan secara 360° dari satu layar dalam perspektif yang statis dan dinamis. Qontak.com membuat perusahaan memiliki detail informasi pelanggan, mulai dari percakapan, deal (dalam proses, menang, atau kalah), riwayat kontak dengan perusahaan, serta task dan jadwal janji temu klien.

Selain itu, sales pipeline CRM database membantu perusahaan melihat tahapan proses sales tiap pelanggan dalam tampilan metode kanban. Dengan fitur-fitur tersebut, perusahaan dapat menyimpan dan mengelola data selaras dengan funnel pelanggan.

Saya Mau Coba Gratis Aplikasi CRM Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Tingkatkan Hubungan Pelanggan dengan Customer Relationship Management!

Proses dan sistem pengelolaan data mungkin tidak dapat meningkatkan sales atau mengurangi cost perusahaan dalam waktu singkat. Namun, jika dilakukan dengan tepat, mengelola data dengan cermat dapat memberikan dampak jangka panjang bagi perusahaan. Hal ini terutama jika perusahaan ingin menskalakan operasional bisnis dan melayani lebih banyak pelanggan.

Ingin mengelola data pelanggan Anda lebih baik?

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By