Qontak WhatsApp

Panduan Customer Record Management untuk Pemula

Panduan Customer Record Management untuk Pemula

Semua Hal yang Perlu Diketahui Dari Customer Record Management

Customer record management membantu bisnis dalam mengelola informasi pelanggan dalam platform terpadu. Pasalnya bagi bisnis, informasi pelanggan sangatlah penting untuk memahami kebutuhan pelanggan dan menjalin hubungan lebih dekat. Artinya, dengan customer record management system, bisnis dapat memberikan pelayanan lebih baik sesuai kebutuhan pelanggan.

Customer record management juga memiliki banyak manfaat seperti mendatangkan prospek, mengotomatiskan alur kerja, meningkatkan produktivitas dan banyak lainnya. Maka dari itu, banyak bisnis besar telah menggunakan aplikasi ini untuk bisa mengoptimalkan penggunaan data pelanggan.

Pelajari lebih jauh mengenai pengertian, manfaat, cara kerja customer record management dan tips meningkatkan layanan pelanggan pada artikel dibawah ini.

Semua Hal yang Perlu Diketahui Dari Customer Record Management


Apa itu Customer Record Management?

Customer record management adalah suatu sistem yang digunakan mengelola informasi pelanggan mulai dari penerimaan hingga penggunaannya untuk kepentingan bisnis. Informasi apapun yang berkaitan dengan pelanggan akan disimpan dan dicatat sebagai bukti transaksi bisnis apapun seperti laporan akhir, dokumen anggaran, neraca perusahaan, email yang merujuk pada suatu tindakan, peta misi lapangan, dan lainnya.

Tujuan utama dari record management system adalah menjaga agar informasi pelanggan mudah diakses untuk kebutuhan bisnis serta audit. Pasalnya untuk bisnis besar, tidak mungkin melacak setiap informasi pelanggan dengan bantuan spreadsheet sederhana. Mereka membutuhkan strategi dan pencatatan yang tepat untuk menjaga semuanya terorganisir dan tersedia seperti customer management software.


Kenapa Customer Record Management Penting?

Customer record management mempermudah Anda untuk mengelola data pelanggan yang kompleks. Sebab manajemen informasi yang buruk dapat menyebabkan turunnya produktivitas, biaya berlebih, kelebihan data, dan banyak lagi. Record management system adalah solusi terbaik untuk mengatasi semua masalah tersebut.

Selain informasi pelanggan, record management software juga mampu menyimpan dan mengelola data untuk setiap jenis kontak, mulai dari prospek hingga mitra bisnis. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda menambahkan aktivitas seperti tindak lanjut prospek baru, melacak riwayat interaksi pelanggan, mengelompokkan pelanggan berdasarkan kriteria tertentu dan banyak lagi.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana Cara Kerja Customer Record Management?

Customer record management membantu bisnis menghasilkan prospek yang berkualitas. Untuk mendapatkanya, aplikasi ini akan melacak tindakan calon pelanggan potensial melalui media sosial, email, dan saluran situs web. Sistem akan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang prospek, kemudian membantu Anda untuk memandu prospek melalui pipeline.

Selain mengumpulkan informasi prospek, customer record software juga mampu mengotomatisasi interaksi dengan pelanggan dan antar anggota tim, menyederhanakan proses bisnis, dan meningkatkan performance tenaga penjualan.

Record management system juga mudah dihubungkan dengan aplikasi lainnya seperti telepon, email, WhatsApp, sosial media dan lainnya. Integrasi tersebut membuat semua interaksi yang dilakukan customer service Anda dapat terekam, seperti banyaknya pelanggan hingga semua riwayat percakapan.

Baca juga: Fungsi, Cara Kerja dan Penggunaan CRM pada Bisnis


Apa Manfaat Customer Record Management?

Manfaat utama customer record management adalah mengelola informasi pelanggan yang dibutuhkan tenaga penjualan, tim pemasaran, spesialis dukungan pelanggan, dan siapa saja yang berhubungan dengan pelanggan di perusahaan. Mereka dapat dengan mudah mengakses informasi tersebut untuk menyelesaikan pekerjaanya lebih efisien.

Selain itu, masih banyak manfaat penggunaan customer record management antara lain:

– Informasi terpusat

Customer record management mengumpulkan semua informasi pelanggan seperti nomor telepon, alamat email, dan informasi perusahaan dalam satu platform. Anda dan tim dapat dengan mudah untuk mengakses dan melacak informasi tersebut. Hal ini membantu Anda memahami kebutuhan pelanggan lebih dalam sehingga bisa memberikan pelayanan pelanggan terbaik.

– Melacak tugas

Record management system mampu menyederhanakan alur kerja, sehingga bisa menghemat waktu. Meski begitu, Anda tetap dapat memantau seluruh aktivitas karyawan Anda. Hal ini untuk memastikan tidak ada pelanggan yang terabaikan.

– Membuka peluang penjualan lebih luas

Customer record system dapat melacak pola pembelian dan memberikan wawasan tentang tema dan tren yang digemari pelanggan. Analisis semacam itu dapat membantu mengembangkan rencana dan strategi pengembangan bisnis untuk mendorong lebih banyak penjualan pada periode waktu tertentu.

– Personalisasi komunikasi

Data yang dikumpulkan record management system dapat dimanfaatkan untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan yang dipersonalisasi. Pasalnya menurut sebuah studi oleh Infosys sekitar 86% pelanggan mengatakan personalisasi berperan dalam keputusan pembelian mereka. Anda bisa mulai menyapa pelanggan dengan nama depan mereka di email email atau media personalized marketing lainnya.

– Meningkatkan Retensi

Cara lain customer record system dapat meningkatkan retensi di antara pelanggan Anda yang sudah ada. Dengan kemampuannya mengumpulkan informasi perilaku pelanggan. Memiliki wawasan tentang perilaku pelanggan dapat membantu Anda mengembangkan rencana atau program untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada.


Bagaimana Cara Customer Record Management System Meningkatkan Customer Service?

Sebagai pebisnis, Anda tentu ingin memberikan layanan terbaik untuk pelanggan. Sebab jika tidak, Anda beresiko akan kehilangan pelanggan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan customer record software untuk membantu meningkatkan pengalaman pelanggan. Aplikasi ini memastikan bahwa karyawan perusahaan memiliki akses ke informasi yang akurat secara tepat waktu dan hemat biaya.

Berikut tips penggunaan record management system untuk meningkatkan customer service:

1. Menyimpan informasi pelanggan

Customer record management akan secara otomatis informasi pelanggan mulai dari kontak, riwayat interaksi hingga perilaku mereka. Pada saat yang sama, informasi tersebut akan dikategorikan ke dalam catatan publik dan pribadi. Aplikasi ini juga membantu melindungi data sensitif dan rahasia dengan memberikan akses hanya kepada pengguna yang berwenang.

Data pelanggan-customer record management

2. Tingkatkan waktu respon

Cobalah untuk merespon pelanggan secepat mungkin atau Anda akan kehilangan mereka. Sebab sebagian besar penelepon menutup telepon setelah 1 menit 55 detik menunggu, 34% tidak akan menelepon kembali. Semakin lama menunggu, semakin buruk customer experience. Dengan customer record software, Anda memiliki informasi pelanggan lengkap. Hal ini membantu menangani pertanyaan pelanggan dengan lebih cepat.

tingkatkan waktu respon- customer record management

3. Akses ke data yang relevan

Karyawan tidak hanya perlu menanggapi pertanyaan pelanggan dengan cepat, tetapi mereka juga membutuhkan informasi yang akurat dan terkini. Ketanggapan yang ditingkatkan memungkinkan karyawan untuk fokus menyelesaikan masalah pelanggan. Semakin banyak mereka tahu, semakin cepat layanannya, semakin baik customer experience. Hal tersebut tidak dapat Anda lakukan tanpa menggunakan record management system.

akses data pelanggan-customer record management

4. Integrasi berbagai sistem

Teknologi record management system dapat dengan mudah dihubungkan dengan aplikasi lain yang ada. Integrasi tersebut dapat mempermudah akses informasi atau menjawab pertanyaan dengan segera. Sebab semua informasi pelanggan dari berbagai aplikasi tersimpan pada satu platform.

Integrasi berbagai sistem

5. Meningkatkan produktivitas

Kesalahan pengelolaan catatan dan sistem informasi yang tidak terorganisir sering mengakibatkan hilangnya data penting. Hal tersebut tidak akan terjadi lagi setelah menggunakan record management system. Aplikasi ini mampu mengotomatiskan sebagian alur kerja. Jadi kesalahan yang disebabkan human error dapat diminimalisir. Selain itu, sistem otomatisasi juga mendorong peningkatan produktivitas karyawan.

Meningkatkan produktivitas

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Rekomendasi: 10 Aplikasi Customer Service Terbaik di Indonesia


Tingkatkan Layanan Pelanggan dengan Customer Record Management Sekarang!

Aplikasi CRM Qontak

Customer record management system telah banyak digunakan bisnis untuk mengelola informasi pelanggan yang kompleks. Pasalnya informasi pelanggan sangatlah penting untuk memahami pelanggan sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan atau menyusun strategi bisnis yang lebih efektif dan efisien.

Banyaknya kemampuan tersebut tidak lepas dari dukungan fitur canggih yang dimiliki customer record software. Qontak.com menyediakan aplikasi CRM yang berfungsi sebagai customer record management yang memiliki fitur lengkap. Fitur tersebut dapat mempermudah Anda untuk menyimpan, mengelola, dan melacak informasi pelanggan.

Kelebihan aplikasi CRM Qontak.com juga dapat dihubungkan dengan aplikasi bisnis lainnya. Hal ini membuat semua informasi pelanggan Anda akan disimpan secara otomatis pada satu platform. Jadi Anda dapat dengan mudah mengakses informasi tersebut untuk memberikan layanan pelanggan terbaik, bahkan melalui perangkat mobile.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

0 comments

By