Qontak WhatsApp

Customer Monitoring: Manfaat dan Cara Melakukannya

Manfaat Customer Monitoring dan Cara Melakukannya

Customer Monitoring Penting untuk Memantau Kepuasan Pelanggan, Pelajari Selengkapnya!

Customer monitoring memiliki beberapa manfaat bagi perkembangan bisnis, beberapa diantaranya adalah untuk memperoleh serta memantau kepuasan pelanggan. Dengan menerapkan customer monitoring pada bisnis artinya Anda juga meningkatkan kualitas customer service pada bisnis Anda. Anda tentu tahu bukan bahwa customer service merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah bisnis?!

Sebagai garda terdepan dalam melayani pelanggan, Anda perlu mempelajari beberapa cara untuk menerapkan customer monitoring pada bisnis Anda, yaitu:

  1. Manajemen Database yang Baik
  2. Mangatur Penjualan atau Tiket
  3. Manajemen Performa Agen dan KPI
  4. Manajemen Tugas
  5. Mengatur Pesan
  6. Pengisian Customer Satisfaction Survey

Pelajari Cara untuk Memantau Kepuasan Pelanggan


Apa Itu Customer Monitoring?

Customer monitoring adalah sebuah sistem yang berguna untuk melacak aktivitas pelanggan pada sebuah bisnis. Dengan melacak aktivitas pelanggan menggunakan sistem ini artinya Anda juga dapat merespon, mengelola, menyimpan riwayat dan menganalisis layanan pelanggan. Sehingga customer monitoring ini juga dapat disebut sebagai customer service monitoring tools.

Bisnis yang menggunakan customer monitoring akan lebih mudah dalam mengontrol dan mendeteksi permasalahan yang mungkin dihadapi oleh tim customer support saat melayani pelanggan. Selain itu, sistem ini juga memudahkan tim bisnis dalam memantau aktivitas pelanggan sehingga dapat lebih memahami kebutuhan pelanggan. Dengan begitu, tim bisnis dapat lebih mudah menyusun strategi yang tepat untuk meningkatkan bisnis secara keseluruhan.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat Sales Monitoring dan 3 Software untuk Customer Service Terbaik


Apa Manfaat Menerapkan Customer Monitoring?

Dibawah ini merupakan beberapa manfaat dari penerapan customer monitoring yang sayang sekali jika tidak Anda dapatkan untuk bisnis Anda:

  • Mempertahankan pelanggan untuk loyal pada bisnis Anda.
  • Sistem ini dapat meningkatkan retensi pelanggan.
  • Mengurangi tingkat customer churn.
  • Membangun merek (branding) yang baik melalui rekomendasi dari mulut ke mulut.
  • Memiliki sistem untuk memantau tingkat kepuasan pelanggan akan membantu mengidentifikasi akar penyebab masalah yang dihadapi pembeli.
  • Customer service monitoring tools dapat memberikan wawasan (insights) kepada perusahaan tentang cara terbaik untuk meningkatkan produk dan layanan mereka.

Bagaimana Cara Melakukan Customer Monitoring?

Beberapa manfaat dari customer monitoring system yang telah kami sebutkan diatas dapat Anda peroleh jika Anda menerapkannya dengan cara yang tepat. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memantau pelanggan pada bisnis Anda, yaitu:

– Manajemen Database yang Baik

Customer Monitoring Manajemen Database yang Baik

Untuk melakukan customer monitoring yg baik, Anda perlu memiliki sistem database pelanggan. Database pelanggan ini berfungsi untuk menyimpan seluruh informasi penting terkait pelanggan serta customer journey dari pelanggan tersebut. Dengan mengetahuinya, Anda dapat melihat kebutuhan pelanggan dan seluruh riwayat bisnis yang terjadi. Qontak.com memiliki aplikasi Omnichannel CRM dengan fitur manajemen database pelanggan yang komprehensif. Manajemen database Qontak.com membantu Anda menyimpan seluruh data pelanggan dari awal yaitu ketika pelanggan melakukan kontak dengan perusahaan Anda hingga proses setelah penjualan (after sales).

– Mengatur Penjualan atau Tiket

Customer Monitoring Manajemen Penjualan atau Tiket

Selain Anda harus memonitor pelanggan Anda, Anda juga harus memperhatikan seluruh penjualan atau komplain (tiket) yang masuk dari pelanggan. Dengan memperhatikannya, Anda dapat mengetahui jika ada pesanan atau keluhan yang masuk sehingga Anda dapat mengatur prioritas. Anda dapat memonitor seluruh penjualan dan keluhan pelanggan berdasarkan jenisnya.

– Memantau Performa Agen dan KPI

Customer Monitoring Manajemen Performa Agen dan KPI

Performa atau kinerja agen bisnis harus selalu Anda pantau agar kualitas pelayanan pelanggan dapat terjaga serta tujuan bisnis Anda dapat tercapai sesuai rencana. Oleh karenanya, Anda juga perlu menetapkan, memantau, serta mengukur KPI pada bisnis Anda. KPI membantu tim bisnis Anda untuk mengetahui hal apa saja yang perlu diatur serta diupayakan untuk mencapai target bisnis yang telah ditentukan.

– Pengaturan Tugas

Customer Monitoring Manajemen Tugas

Tugas-tugas yang dibebankan kepada agen juga perlu diatur dengan baik sehingga dapat membantu agen untuk memaksimalkan kinerjanya. Salah satu contoh manajemen tugas yang perlu dilakukan adalah mengatur prioritas tugas, yaitu tugas mana yang perlu diselesaikan atau ditangani lebih dulu dan tugas mana yang perlu penanganan lanjutan. Penanganan yang baik dapat meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap bisnis Anda.

– Mengatur Pesan

Manajemen Pesan

Aplikasi customer monitoring Qontak.com dijalankan menggunakan sistem CRM Omnichannel sehingga semua pesan yang masuk melalui saluran bisnis yang berbeda dapat disimpan dan ditangani melalui satu platform secara cepat dan efisien. Selain itu, terdapat fitur routing pada chat management nya, dimana memungkinkan pesan untuk dikirimkan langsung ke agen pada divisi terkait dengan mudah.

– Pengisian Customer Satisfaction Survey

Customer Satisfaction Survey

Sangat penting bagi bisnis untuk melakukan survei pelanggan terhadap pelayanan yang mereka dapatkan. Hal tersebut dapat dilakukan menggunakan aplikasi pemantauan pelanggan Qontak.com yang menyediakan form khusus untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap bisnis Anda. Dengan memantau hal ini, Anda akan mengetahui apakah pelayanan yang tim Anda berikan sudah baik atau belum, sehingga Anda dapat melakukan perbaikan jika diperlukan.

Baca Juga: 5 Contoh Manajemen Customer Service yang Buruk


Dapatkan Aplikasi Customer Monitoring Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang!

Customer Service CRM Qontak.com

Dapat disimpulkan bahwa customer monitoring system sangat penting untuk bisnis yang ingin mencapai kesuksesan. Hal itu disebabkan karena dengan menerapkan customer service monitoring tools, tim bisnis Anda dapat menyusun strategi peningkatan layanan pelanggan dengan lebih efektif dan mudah sehingga memberikan banyak manfaat bagi pertumbuhan bisnis.

Peningkatan layanan pada customer service tersebut dapat Anda peroleh dengan mudah melalui  melalui aplikasi customer service Qontak.com. Qontak.com menyediakan aplikasi customer service yang terintegrasi dengan CRM Omnichannel. Integrasi ini memudahkan penggunanya untuk melakukan pemantauan pelanggan dari berbagai saluran bisnis.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi dari Qontak.com, Anda akan mampu merampingkan dan mengotomatiskan proses layanan pelanggan bisnis Anda. Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda sekarang atau coba free trial yang Qontak.com sediakan sebelum Anda berlangganan dengan cara klik opsi di bawah ini:

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Atau dengan mengisi form di bawah:

You may also like

0 comments

By