Daftar isi
12 min read

10 Customer Management Software Terbaik untuk Bisnis

Tayang 18 April 2022
Diperbarui 31 Januari 2024
Agile-customer management software
10 Customer Management Software Terbaik untuk Bisnis

Customer management software banyak digunakan bisnis saat ini untuk mengelola interaksi pelanggan. Aplikasi ini berperan penting dalam membangun bisnis dengan menjalin hubungan baik dengan pelanggan.

Customer management software memungkan Anda untuk menjalin hubungan pelanggan secara mendalam dengan mengelola semua detail informasi pelanggan.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan customer management software selain menjalin interaksi pelanggan. Misalnya mengatur jadwal pertemuan, membuat laporan secara real time, mencatat penjualan dan banyak lagi. Semua aktivitas tersebut bisa Anda lakukan hanya dari satu aplikasi saja.

Dengan menggunakan aplikasi CRM, Anda bisa melakukan pengelolaan terhadap berbagai aspek penting yang berkaitan dengan data konsumen, seperti jadwal pertemuan, laporan, pengiriman email, penambahan catatan, dan Public Relation (PR). Semua bisa dilakukan hanya dengan satu aplikasi saja.

Sayangnya, banyaknya pilihan customer management system ini, membuat sebagian bisnis ragu untuk membuat keputusan. Apakah aplikasi yang dipilih merupakan yang terbaik atau sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka? Pada artikel ini kami merangkum dan membahas 10 aplikasi customer management terbaik yang bisa Anda coba.


Apa itu Customer Management Software?

Customer management software adalah tools yang digunakan untuk mengelola hubungan pelanggan yang efektif. Aplikasi ini juga memudahkan bisnis memahami pelanggan dengan lebih baik dan menggunakan informasi pelanggan untuk memberikan pengalaman pelanggan sebaik mungkin.

Customer management system ini mampu menyederhanakan perjalanan penjualan yang rumit. Bahkan, aplikasi ini mampu menyimpan semua informasi pelanggan dari berbagai saluran bisnis dalam satu platform. Hal ini mampu meningkatkan performance karyawan serta melakukan penjualan lebih banyak.

Baca juga: Apa itu CRM? Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Tahapannya


Apa saja Jenis Customer Management Software?

Customer management software terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan kegunaannya. Berikut beberapa jenis customer management system adalah:

– Kolaboratif

Customer management process memastikan semua tim memiliki akses ke data pelanggan terbaru yang sama. Aplikasi ini tidak hanya mengumpulkan semua informasi pemasaran dan tim penjualan saja, tetapi juga data interaksi pelanggan yang terjadi melalui email, call center dan saluran customer service lainnya.

Integrasi antara departemen dan saluran itu menyelamatkan pelanggan dari pengalaman mengerikan seperti mengulang pertanyaan seperti saat berkomunikasi dengan bisnis pertama kali. S

etiap karyawan yang berinteraksi dengan mereka dapat dengan cepat dan mudah menarik catatan semua riwayat interaksi pelanggan untuk berkonsultasi dan mempelajari semua detail yang relevan.

– Operasional

Customer management system membantu menyederhanakan proses bisnis untuk menciptakan hubungan pelanggan yang efektif. Aplikasi ini mampu memvisualisasikan dengan lebih baik dan lebih efisien menangani perjalanan pelanggan.

Dimulai dari interaksi pertama, kemudian melalui seluruh proses manajemen atau saat melewati sales pipeline, dan berlanjut dengan aktivitas setelah menjadi pelanggan.

Customer management software dilengkapi dengan sistem otomatisasi untuk aktivitas pemasaran, penjualan, dan layanan. Hal ini tentu meringankan kerja tim, sehingga mereka bisa fokus untuk menyelesaikan pekerjaan lebih penting. Dengan begitu, mampu mendorong bisnis untuk berkembang lebih baik.

– Analytical

Analytical memiliki fokus utama untuk membantu menganalisis data pelanggan yang Anda miliki untuk mendapatkan insight penting. Customer management system menyediakan fitur yang membantu menggunakan data yang Anda miliki untuk melihat tren perilaku pelanggan.

Dengan informasi tersebut, Anda dapat lebih mudah memahami langkah-langkah apa yang paling berhasil menghasilkan penjualan, yang meningkatkan retensi pelanggan, dan apa masalah yang paling umum dihadapi pelanggan serta bagaimana solusinya.


Apa Manfaat Bisnis Menggunakan Customer Management Software?

Manfaat utama yang akan didapatkan bisnis dengan menggunakan tools customer management process adalah mengelola data pelanggan secara otomatis. Dimana data ini dapat digunakan untuk menjalin hubungan pelanggan lebih baik.

Selain itu, masih ada keuntungan lainnya dengan menggunakan customer management software adalah:

  • Menyimpan dan mengelola informasi pelanggan dalam satu platform
  • Memprediksi penjualan di masa mendatang berdasarkan data penjualan sebelumnya
  • Merampingkan proses penjualan dan memotong langkah-langkah yang tidak perlu
  • Otomatiskan alur kerja Anda seperti entri data dan tugas administratif
  • Meminimalkan potensi kesalahan yang disebabkan manusia dalam input data
  • Melacak informasi pelanggan untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi unik setiap pelanggan

Fitur yang Wajib Dimiliki Customer Management Software

Agar Anda dapat manfaat sebelumnya, Customer management software memiliki fitur-fitur berikut:

– Otomatisasi workflow

Otomatisasi alur kerja (workflow) menyederhanakan proses bisnis dengan mengotomatiskan tugas berulang. Misalnya, aplikasi akan secara otomatis mengirim pesan ke perwakilan penjualan setiap kali pelanggan mengisi formulir di situs web Anda.

Fitur ini akan memindahkan prosedur dan data tertentu di dalam program Anda, sehingga meringankan beban kerja tim Anda.

– Reporting

Laporan CRM memudahkan Anda untuk menganalisis prospek, memahami perilaku pelanggan, mengetahui jumlah panggilan keluar yang dilakukan tim Anda, dan metrik pemasaran penting lainnya.

Beberapa CRM menawarkan lebih banyak jenis laporan daripada yang lain untuk menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda.

– Customer Data Management

Memahami pelanggan Anda adalah langkah pertama dalam menjalankan bisnis yang sukses. Alat manajemen data pelanggan memungkinkan Anda mengatur data pelanggan dengan jelas, membantu Anda meningkatkan hubungan pelanggan.

– Kustomisasi

Customer management software dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ketika sebuah program dapat disesuaikan, Anda dapat memilih fitur yang Anda inginkan seperti bentuk kontak, dasbor, laporan, ekstensi, dan plugin untuk mendukung kebutuhan dan anggaran Anda.

– Integrasi CRM

Anda dapat menghubungkan CRM ke aplikasi lainnya, seperti email marketing atau perangkat lunak akuntansi Anda.

Hal ini menghindari Anda untuk memasukkan data secara manual, terus-menerus beralih di satu aplikasi ke aplikasi lainnya, dan menghabiskan uang untuk alat tambahan untuk CRM Anda.


10 Customer Management Software Terbaik

1. Mekari Qontak

customer-management-software-Qontak

Mekari Qontak menyediakan customer management software terbaik di Indonesia. Aplikasi Qontak dilengkapi dengan sistem otomatisasi yang menyederhanakan proses marketing, sales dan customer service. Qontak.con juga membantu proses memantau penjualan secara real time melalui dashboard analitik.

Harga yang berlangganan Qontak.com relatif terjangkau mulai dari Rp. 200.000 per bulan dengan uji coba gratis selama 14 hari

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh Qontak adalah:

  • Customization: Tampilan yang bisa di-custom sesuai kebutuhan. CRM dapat diubah secara instan agar cocok dengan perspektif bisnis para pelanggannya.
  • 360 View and Analytical Reporting: Menyajikan data yang lengkap, meliputi monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung, serta pelaporan dan analisis untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
  • Live GPS and Mobile Application: Memiliki fitur Live GPS yaitu pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya walaupun tanpa koneksi internet sekalipun.
  • KPI Tracking and Task Management: Memiliki fitur pelacakan KPI dan task management yang dapat dikostumisasi secara penuh sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai dengan kebutuhan mereka. Percepat KPI dan kinerja bisnis Anda sekarang.
  • WhatsApp Omnichannel Integration: Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, e-commerce dan VOIP call center pada customer service.
  • Document Optimization: Memberikan otomatisasi dokumen serta dukungan/layanan penuh terhadap penggunanya.
  • Marketing Initiation: Terhubung dengan aplikasi marketing sehingga dapat melakukan otomatisasi dengan CRM untuk kampanye marketing.
  • Dedicated Support: Mendapatkan support khusus untuk setiap pengguna serta harga yang terjangkau.
  • Live Chat and Web Chat Feature: Dapat terintegrasi dengan fitur Live Chat dan Web Chat sehingga menambah kemudahan untuk pelanggan dalam menghubungi kontak bisnis Anda.

2. Freshsales

freshsales-

Freshsales adalah menyediakan solusi otomatisasi yang dibutuhkan tenaga penjual. Tools ini membantu mereka untuk menarik prospek berkualitas, terlibat dalam percakapan kontekstual, mendorong kesepakatan, dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan.

Freshsales mendorong tim untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk menjual. Hal ini membantu dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas karyawan.

Biaya berlangganan Freshsales mulai dari $ 15.00 per bulan

Fitur yang dimiliki oleh Freshsales adalah

  • Audience Targeting
  • Calendar Management
  • Case Notes
  • Cataloging/Categorization
  • Chat/Messaging
  • Collaboration Tools

3. Pipedrive

Pipedrive

Pipedrive adalah solusi customer management process berbasis cloud yang memungkinkan bisnis merencanakan aktivitas penjualan dan memantau transaksi.

Aplikasi ini dapat diakses dari mana saja 24×7 menggunakan browser web atau mobile apps. Pipedrive memberikan visibilitas penuh tahapan kemajuan untuk setiap transaksi dengan detail lengkap untuk item yang dapat ditindaklanjuti berikutnya.

Pipedrive juga menawarkan fitur pelaporan penjualan khusus untuk memantau target individu dan tim, menganalisis data penjualan, dan menghasilkan laporan visual.

Harga berlangganan Pipedrive mulai dari $ 12.50 per bulan.

Fitur yang ditawarkan Pipedrive diantaranya:

  • Business Card/Badge Scanning
  • Calendar Management
  • Call Management
  • Campaign Management
  • Churn Management
  • Client Tracking
  • Collaboration Tools

4. Bitrix24

Bitrix24-customer-management-software

Bitrix24 adalah customer management software yang digunakan oleh lebih dari 8 juta perusahaan di seluruh dunia. Aplikasi ini membantu Anda memantau krospek, kesepakatan, kontak, faktur, dan penjadwalan janji temu yang tidak terbatas.

Bitrix24 dilengkapi dengan sistem otomatisasi penjualan dan pemasaran, SMS massal, manajemen kampanye, dan dukungan untuk banyak saluran. Tersedia dalam 18 bahasa yang berbeda.

Biaya yang dikenakan Bitrix24 mulai dari $ 49.00 per bulan

Fitur yang akan didapatkan dengan berlangganan Bitrix24 antara lain:

  • Access Controls/Permissions
  • Activity Tracking
  • Analytics/ROI Tracking
  • Appointment Management
  • Approval Workflow
  • Assignment Management
  • Attendee Management

5. Nimble

Nimble-Sales Adminsitration software

Nimble menyediakan customer management software yang dapat diintegrasikan dengan aplikasi lainnya. Dengan integrasi tersebut, aplikasi Nimble mampu menyimpan data dalam satu platform, sehingga memudahkan dalam pengelolaan data pelanggan dan penjualan Anda.

Harga berlangganan Nimble mulai dari $25/bulan untuk setiap pengguna.

Fitur yang dimiliki oleh Nimble, meliputi:

  • Otomatisasi Sales Force
  • Otomatisasi Pemasaran
  • Dukungan Pelanggan
  • Mobile & Social
  • Laporan dan Analisis Data
  • Ketersediaan Data Kontak
  • Akurasi Data

6. Glue Up

Glue-Up-customer-management-software

Glue Up adalah platform manajemen pelanggan berbasis cloud untuk organisasi nirlaba. A

plikasi Glue Up mengintegrasikan manajemen acara, manajemen keanggotaan, manajemen hubungan pelanggan (CRM), pemasaran email, pemrosesan pembayaran, dan aplikasi seluler khusus ke dalam satu platform. Glue Up juga dilengkapi dengan dua aplikasi terpisah yang tersedia untuk perangkat iOS dan Android.

Biaya berlangganan Glue Up mulai dari $ 125.00 per bulan

Fitur yang ditawarkan oleh Glue Up antara lain:

  • Application Management
  • Attendee Management
  • Badge Management
    Budgeting/Forecasting
  • Calendar/Reminder System
  • Chapter Management
  • Committee Management

7. Chatabox

Chatabox-customer-management-software

Chatabox adalah solusi manajemen hubungan pelanggan yang memungkinkan bisnis mengelola prospek, klien, detail kontak, kampanye pemasaran, janji temu, dan banyak lagi.

Platform ini membantu organisasi merancang alur kerja khusus, menambahkan catatan publik/pribadi, dan membuat serta berbagi beberapa proyek dengan tim melalui portal terpadu.

Selain itu, dasbor Chatabox memungkinkan manajer memantau tugas, penjualan, kampanye pemasaran, peluang, dan metrik lainnya.

Harga yang ditawarkan Chatabox mulai dari $ 35.00 per bulan

Fitur yang akan didapatkan dari Chatabox sebagai berikut:

  • Calendar/Reminder System
  • Document Storage
  • Internal Chat Integration
  • Lead Generation
  • Quotes/Estimates
  • Territory Management

8. EngageBay

EngageBay-customer-management-software

EngageBay adalah solusi pemasaran, penjualan, customer service yang dirancang untuk membantu perusahaan kecil hingga menengah. Platform berbasis cloud ini memungkinkan bisnis menggunakan alat pemasaran untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan dan mempertahankan loyalitas mereka.

EngageBay memungkinkan Anda untuk mengelola dan melacak semua aktivitas pelanggan, prospek, dan kesepakatan saat mereka melanjutkan melalui pipeline.

Harga tersedia untuk langganan bulanan ditawarkan mulai dari $10.79 per bulan

Fitur yang ditawarkan EngageBay meliputi:

  • Account Alerts
  • Activity Tracking
  • Analytics/ROI Tracking
  • Auto-Responders
  • Automated Routing
  • Automated Scheduling

9. TOCA

TOCA-customer-management-software

TOCA adalah customer management software seluler intuitif yang dirancang untuk memaksimalkan efektivitas pembaruan informasi klien. Sebagai solusi all-in-one, pengguna memiliki akses ke semua alat manajemen pelanggan yang diperlukan yang diperlukan untuk operasi sehari-hari di jari mereka.

TOCA memberikan gambaran harian tentang semua akun yang lewat jatuh tempo, selesai, dan tidak terjadwal sehingga pengguna tahu akun mana yang harus difokuskan dalam siklus penjualan harian mereka.

Harga yang harus dibayarkan untuk berlangganan TOCA mulai dari $ 69.00 per bulan

Fitur yang dimiliki TOCA sebagai berikut:

  • Calendar/Reminder System
  • Mobile Access
  • Task Management

10. Agile

Agile-customer-management-software

Agile membantu tim customer service dengan alat canggih untuk menutup tiket lebih cepat, memastikan pelanggan berhasil menggunakan produk Anda.

Aplikasi ini terintegrasi dengan telepon tingkat lanjut, panggilan keluar, panggilan masuk, perutean panggilan, tiket meja bantuan, panggilan berbasis tag, grup meja bantuan, perekaman panggilan, catatan panggilan, skrip panggilan, laporan panggilan dan banyak lagi.

Harga berlanggabab Agile mulai dari $ 8.99 per bulan

Fitur yang dimiliki oleh Agile diantaranya sebagai berikut:

  • Activity Dashboard
  • Archiving & Retention
  • Audience Targeting
  • Automated Routing
  • Blended Call Center
  • Calendar/Reminder System

Baca juga: 19 Aplikasi CRM Terbaik untuk Bisnis Anda


Bagaimana Cara Memilih Customer Management Software Terbaik?

Dari banyaknya pilihan customer management software dipasar, tentu Anda menginginkan yang terbaik untuk bisnis. Berikut tips memilih customer management system terbaik untuk bisnis Anda:

– Tentukan anggaran

Pada umumnya biasa tools customer management process berkisar dari gratis hingga lebih dari $ 200 per bulan. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan besarnya anggaran yang akan dikeluarkan untuk mulai berlangganan.

Hal ini memudahkan Anda untuk mempersempit pilihan dengan menghilangkan opsi yang melebih anggaran tersebut sebelum melangkah ke tahap selanjutnya.

– Ketahui fitur customer management software yang Anda butuhkan

Setiap penyedia customer management system menawarkan fitur pendukung berbeda-beda. Beberapa mungkin menawarkan fitur canggih, namun terkadang fitur tersebut tidak penting untuk bisnis Anda.

Maka dari itu, Anda perlu membuat daftar kira-kira fitur apa saja yang bisnis Anda butuhkan. Jangan sampai Anda membayar lebih untuk fitur yang sebenarnya tidak Anda butuhkan

– Kumpulkan referensi dari bisnis serupa

Di pasar teknologi penjualan yang ramai, memilih software yang tepat bisa menjadi hal yang menakutkan. Rekomendasi dari orang-orang yang memahami kebutuhan industri Anda dari dalam sangat berharga.

Dengan begitu, Anda dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap vendor sebagai bahan pertimbangan sebelum membuat keputusan.

– Amati tren pasar customer management software

Kemajuan teknologi saat ini, membuat perubahan pasar software relatif cepat, sehingga solusi profil tinggi yang pernah Anda dengar di masa lalu mungkin bukan lagi pilihan terbaik.

Situs web saran bisnis kecil dan publikasi perdagangan adalah cara terbaik untuk melihat tren pasar yang saat ini populer dan apa yang tidak.

– Baca ulasan pengguna customer management software

Saat daftar pilihan software bertambah, luangkan waktu untuk membaca ulasan pengguna lainnya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan lebih banyak wawasan tentang bagaimana kinerja masing-masing software di dunia nyata daripada yang Anda dapatkan dengan membacanya di situs web vendor.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tools CRM Terbaik untuk Bisnis Anda


Dapatkan Customer Management Software Terbaik Di Sini!

Customer management software adalah tools yang digunakan untuk mengelola informasi pelanggan dalam satu platform terpadu. Informasi tersebut dapat diakses dan dimanfaatkan untuk memberikan layanan pelanggan terbaik.

Namun saat ini banyak vendor yang menawarkan aplikasi ini dengan berbagai fitur pendukung. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati untuk memilih customer management system yang tepat sesuai kebutuhan.

Mekari Qontak menawarkan customer management software terbaik di Indonesia. Aplikasi Qontak dapat dikustomisasi dengan kebutuhan bisnis Anda, maka dari itu lebih ramah digunakan. Bahkan aplikasi Qontak.com bisa dihubungkan dengan aplikasi bisnis lainnya baik yang sudah Anda gunakan ataupun yang nanti akan Anda gunakan.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk menangani layanan pelanggan mereka. Tidak hanya itu saja, Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

WhatsApp WhatsApp Sales