Qontak WhatsApp

CRM Online Shop: 6 Manfaat Penting Aplikasi CRM

Aplikasi CRM Online Shop sebagai Jembatan Komunikasi

CRM untuk online shop merupakan sebuah pengembangan lanjutan dari sistem CRM umum yang telah disesuaikan untuk memfasilitasi bisnis online yang terus bermunculan. Dalam hal ini, CRM online shop menjembatani komunikasi antara sebuah bisnis online (salah satunya, tim penjualan dan tim marketing) dengan prospek dan pelanggannya. CRM sendiri adalah singkatan dari Customer Relationship Management, sebuah teknologi yang dirancang untuk mengelola hubungan serta interaksi antara beberapa pihak untuk mengoptimalkan bisnis online yang didapat dari fitur Aplikasi CRM yang digunakan. Selain itu, aplikasi ini digunakan untuk mengatasi berbagai kendala yang akan dihadapi oleh online shop yang tidak menggunakan CRM.  Oleh karenanya, Aplikasi CRM ini kemudian menjadi perangkat penting untuk digunakan dalam online shop.

Rekomendasi Artikel: 10 Aplikasi Wajib untuk Online Shop


Mengapa Aplikasi CRM Penting untuk Online Shop

CRM (customer relationship management) untuk online shop adalah sebuah aplikasi manajemen database dan perjalanan berbelanja pelanggan dalam online shop. Aplikasi CRM untuk online shop dapat merekam semua data kontak, riwayat pembelian, seluruh journey pelanggan dengan toko online Anda, bahkan performa tim toko online Anda.

Telah disampaikan di artikel sebelumnya, bahwa CRM untuk online shop memiliki banyak manfaat dalam sebuah bisnis, salah satunya adalah bisnis online. Mulai dari sulitnya mengelola pelayanan konsumen (seperti customer service dan call center), sulitnya mengelola data pelanggan yang begitu banyak, serta kesulitan atau hambatan bisnis online lainnya. Selain itu, fitur Aplikasi CRM yang menjalankan sistem otomatisasi dapat digunakan untuk menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik bisnis. Dalam Harvard Business Review tertulis:

Biaya penjualan dan pemasaran rata-rata adalah mencapai 15% -35% dari total biaya perusahaan. Jadi, upaya otomatisasi agar penjualan lebih efisien sangatlah penting. Dalam kasus yang ditinjau, peningkatan penjualan karena teknologi CRM yang canggih berkisar dari 10% hingga lebih dari 30%.

Ulasan tersebut secara tidak langsung menunjukkan bahwa Aplikasi CRM merupakan hal yang penting bagi online shop karena manfaat-manfaat yang diberikannya.

Baca Juga: Aplikasi CRM Terbaik untuk UMKM


Apa Saja Manfaat Menggunakan Aplikasi CRM untuk Online Shop?

Dibalik kelebihan dan kekurangannya, Aplikasi CRM dapat memberikan banyak manfaat untuk online shop Anda. Manfaat-manfaat yang akan diperoleh oleh bisnis online dari penggunaan CRM untuk online shop tidak lepas dari adanya fitur Aplikasi CRM yang dimiliki. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai manfaat dari fitur Aplikasi CRM untuk bisnis online:

1. Mengelola Data Prospek dan Pelanggan

Aplikasi CRM dapat menyimpan seluruh data dari prospek dan pelanggan Anda, mulai dari nama, alamat rumah, alamat email, nomor telepon, media sosial yang mereka gunakan, dan sebagainya. Semua disimpan secara otomatis dalam satu lokasi penyimpanan.

2. Memberikan Analisis Pelanggan

CRM untuk online shop dapat terintegrasi dengan berbagai situs dan saluran, salah satunya marketplace. Oleh karenanya Aplikasi CRM dapat melacak kebiasaan belanja prospek dan pelanggan Anda. Data akan berisi informasi mengenai produk apa yang prospek atau pelanggan Anda masukkan dalam keranjang belanja, produk apa yang sering mereka beli dan sukai, seberapa sering mereka berbelanja, dan lain-lain. Hal ini dapat membantu Anda memilih promosi seperti apa yang tepat bagi mereka.

3. Menyajikan Data Penjualan Lengkap secara Real Time

Anda dapat melihat riwayat transaksi yang terjadi dalam bisnis online Anda sejak awal bisnis berlangsung, profit yang diperoleh, serta laporan sales lain yang lengkap dan akurat. Anda dapat menggunakan analisis data ini sebagai rujukan dalam membuat perencanaan bisnis selanjutnya.

4. Meningkatkan Kerjasama Tim dalam Pelayanan Pelanggan

CRM online shop dapat meningkatkan efisiensi kerja serta meminimalisir kesalahan dalam kerjasama tim. Anda dapat mengalihkan seorang pelanggan dengan permintaan tertentu ke bagian pelayanan terkait dengan mudah. Tim yang menangani pelanggan tersebut dapat mengetahui apa yang harus dilakukan tanpa bertanya lagi karena semua data yang diperlukan telah tercantum dalam sistem. Hebatnya lagi, Anda dapat memantau semua interaksi yang terjadi dalam bisnis online Anda.

5. Mudah dan Tepat dalam Melakukan Promosi

Promosi yang tidak tepat sasaran akan memberikan hasil yang tidak maksimal. Aplikasi CRM menyediakan fitur email marketing yang dapat digunakan untuk mengirimkan promosi langsung tanpa aplikasi tambahan kepada prospek atau pelanggan yang telah tersimpan rapi datanya dalam sistem. Isi dari promosi tersebut juga dapat disesuaikan dengan prospek atau pelanggan yang ditargetkan. Hal tersebut dapat menarik minat dari penerimanya sehingga dapat meningkatkan sales.


Apa Aplikasi CRM Terbaik untuk Online Shop?

Qontak.com

Penyedia Aplikasi CRM terbaik di Indonesia untuk online shop adalah Qontak.com. Walaupun Qontak.com merupakan pengembang software lokal, namun software atau aplikasi yang mereka tawarkan tidak kalah dari pengembang software asing. Kami merekomendasikan Qontak.com karena selain memberikan pelayanan optimal bagi konsumen, Qontak.com juga menawarkan Aplikasi CRM untuk online shop dengan fitur yang lengkap.

Baca Juga : Top 10 Aplikasi CRM di Indonesia untuk Bisnis Anda, No. 1 Wajib!

Fitur Aplikasi CRM Qontak.com

  • Sales Tracking

Anda dapat melacak penjualan pada bisnis online Anda dalam tahap yang mana saja. Semua laporan penjualan terangkum dengan lengkap pada sistem Aplikasi CRM Qontak.com

  • KPI tracking

Bisnis online dapat dilakukan dari mana saja, begitu pula dengan pelacakan atau monitoringnya. Anda dapat melacak KPI pada online shop Anda melalui smartphone Anda. Salah satu contoh pelacakan KPI yang dilakukan termasuk pelayanan yang diberikan oleh tim customer service Anda kepada prospek dan pelanggan (monitoring dan tracking karyawan).

Aplikasi CRM pada Qontak.com terintegrasi dengan berbagai saluran, salah satunya adalah email. Fitur Aplikasi CRM ini memungkinkan Anda mengirimkan email blast secara otomatis kepada prospek dan pelanggan Anda dengan personalisasi nama maupun data-data yang tersedia di database pelanggan Anda.

Fitur marketing automation penting dimiliki aplikasi CRM untuk online shop. Tersedia pada aplikasi CRM Qontak.com

Aplikasi CRM Qontak.com memiliki fitur Omnichannel chat, yaitu terintegrasi dengan berbagai aplikasi chatting, seperti: WhatsApp Business API, telegram, LINE, Facebook Messenger, dan lain-lain. Selain itu CRM untuk online shop ini menyediakan fitur live chat. Fitur ini diletakkan dalam situs online shop Anda agar memudahkan prospek dan pelanggan yang ingin bertanya langsung kepada tim customer service.

Qontak.com menyediakan fitur omnichannel chat di dalam aplikasi CRM untuk online shopnya

  • Otomatisasi Penyimpanan dan Pengelolaan Dokumen

Banyaknya dokumen yang masuk dan keluar pasti membuat Anda pusing. Invoice dan dokumen penting lainnya perlu dibuat dan disimpan dengan rapi dan sesuai dengan kategorinya. Namun hal tersebut tidak perlu dilakukan jika Anda menggunakan Aplikasi CRM karena terdapat sistem otomatisasi yang dapat membantu Anda membuat invoice secara otomatis kepada setiap pelanggan.

Otomatisasi dokumen sangat penting dalam aplikasi CRM untuk online shop

  • Katalog Belanja

Prospek dan pelanggan Anda tidak perlu membuka aplikasi lainnya untuk melihat barang dan jasa yang Anda tawarkan karena mereka bisa melihatnya di katalog yang terdapat melalui WhatsApp Business API Anda. Anda dapat mengatur keyword terhadap pertanyaan yang biasanya akan mereka tanyakan. Anda dapat mengaturnya dalam opsi-opsi yang bisa mereka pilih, dimana jawaban dari keyword yang mereka pilih juga telah Anda sediakan sebelumnya. Hal ini dapat menciptakan efisiensi kerja dalam online shop Anda. Fitur Aplikasi CRM ini biasanya dipakai dalam chatbot WhatsApp.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Centang Hijau pada WhatsApp API


Dapatkan Aplikasi CRM untuk Online Shop Anda, Sekarang!

Itulah 6 manfaat penting yang dapat Anda peroleh lewat fitur Aplikasi CRM dari Qontak.com. Qontak.com sudah menyediakan aplikasi CRM yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API untuk kemudahaan bisnis mulai dari perusahaan besar hingga UMKM.

Cobalah secara GRATIS Aplikasi CRM untuk online shop mu sekarang juga dengan cara klik tombol Get Started Free.

You may also like

By