Daftar isi
6 min read

CRM Salesman: Solusi Terbaik untuk Tingkatkan Penjualan

Tayang 18 April 2022
Diperbarui 13 Desember 2023
CRM Salesman History
CRM Salesman: Solusi Terbaik untuk Tingkatkan Penjualan

CRM salesman umumnya digunakan bisnis untuk mengelola dan melacak perfoma tim penjualan. di mana semua aktivitas sales akan disimpan dan diorganisir secara rapi oleh sistem CRM (Customer Relationship Management), termasuk data pelanggan serta prospek. Hal ini tentunya akan memudahkan bisnis untuk mengetahui serta memantau kinerja sales secara real-time.

Selain itu, CRM salesman juga dapat digunakan untuk membantu tim sales dalam menyelesaikan tugas berulang secara otomatis. Tidak hanya itu saja, sistem CRM salesman umumnya berbasis cloud sehingga mudah diakses dari mana saja, bahkan saat tim sales bekerja di lapangan sekalipun.  Lalu bagaimana cara menggunakan sales CRM?

Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan lengkap tentang CRM salesman berikut ini!


Apa itu CRM Salesman?

CRM salesman adalah aplikasi untuk mengelola serta melacak aktivitas sales saat menjalankan tugas, baik saat melakukan pemasaran, penjualan maupun melayani keluhan pelanggan. Sistem ini dikenal juga dengan salesman tracking app yang membantu memantau alur penjualan berjalan baik pada sebuah bisnis.

Dengan menggunakan CRM salesman, Anda dapat memastikan alur kerja tim penjualan dengan baik, sehingga dapat memenuhi target yang ditentukan.

Namun apabila ada kendala saat pelaksanaan, manajer atau supervisor dapat dengan mudah mendeteksi penyebabnya dan segera mengubah tugas salesman sehingga tidak akan merugikan bisnis.

Baca juga: 14 Aplikasi Kunjungan Sales Terbaik untuk Salesman


Apa Fitur yang Wajib Ada Pada CRM Salesman?

CRM salesman didukung fitur-fitur canggih dalam melakukan tugasnya memantau aktivitas salesman. Berikut adalah fitur-fitur wajib yang dimiliki salesman tracking app:

– Memantau Prospek Baru

CRM salesman mampu mendeteksi dan menyimpan data prospek potensial dari berbagai saluran bisnis. Selanjutnya prospek tersebut akan ditindaklanjuti oleh tim penjualan hingga mencapai close deal.

Sales Force

Sales CRM memiliki fitur yang mampu memprediksi angka penjualan di masa depan berdasarkan data-data yang sudah ada. Dengan begitu bisnis akan lebih mudah dalam menyusun strategi seperti mengalokasikan sumber daya yang ada dan memasang target untuk tim.

– Rasio Konversi

Aplikasi sales CRM mampu secara otomatis menghitung tingkat konversi setiap anggota tim penjualan atau sumber prospek. Bisnis dapat menggunakan matriks ini untuk menentukan strategi peningkatannya dan menemukan salesman yang secara konsisten berhasil mencapai close deal.

Sales Funnel

Aplikasi sales CRM juga memungkinkan Anda mendapat laporan secara real time interaksi tim penjualan dengan leads. Apakah sudah ada perkembangan atau ada masih sama, tim penjualan bisa menindaklanjuti leads tersebut hingga terjadi transaksi.

– Pelaporan Analitik

Semua aktivitas tim penjualan dalam mencapai target harian, mingguan atau bulanan ditampilkan pada satu dashboard interaktif. Hal ini membantu manajer untuk mengevaluasi kinerja tim penjualan.

target-achievements-CRM-Salesman


Apa Manfaat Menggunakan Aplikasi CRM Salesman?

Manfaat utama CRM salesman adalah dapat menghemat waktu tim penjualan dalam menyelesaikan laporan harian. Hal ini berdampak pada peningkatan produktivitas. Selain itu, masih banyak keuntungan yang diberikan salesman tracking app untuk bisnis, diantaranya sebagai berikut:

  1. Proses penjualan terpantau langsung: Anda hanya perlu melihatnya pada dashboard report. Setiap perubahan aktivitas salesman akan update secara otomatis saat itu juga. Misalnya jumlah stok barang sesaat setelah menyelesaikan pengiriman bahkan posisi salesman masih di lapangan.
  2. Monitoring sales lebih praktis: Bisnis dengan leluasa memantau aktivitas tim penjualan seperti lokasi mereka. Hal ini juga memberikan kemudahan untuk salesman melakukan presensi dari mana saja dan kapan saja yang menghemat waktu.
  3. Meningkatkan produktivitas: Anda bisa menambah matriks target yang diberikan kepada tim penjualan berdasarkan data laporan dari aplikasi monitoring salesman gratis. Dengan begitu produktivitas penjualan dan mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi.
  4. Sumber informasi terpusat: Seluruh informasi tersimpan dalam sistem CRM dengan rapi. Apabila salesman membutuhkan informasi tersebut sebagai rujukan dapat dengan mudah diakses dari mana saja. Mereka juga dapat dengan mudah memperbarui informasi terkini terkait dengan aktivitas penjualan yang ditangani.
  5. Memudahkan komunikasi: Salesman dapat dengan mudah mengakses tugas dan memperbarui pencapaian kinerja mereka dari mana saja. Apabila ada perubahan tugas yang diberikan oleh manajer, mereka bisa langsung melihatnya salesman monitoring app. Dengan begitu tidak ada lagi tugas yang terlewatkan.

crm-salesman-report-rinci

Baca juga: Manfaat Sistem CRM Bagi Bisnis 


Siapa Saja yang Membutuhkan CRM Salesman?

CRM salesman sangat dibutuhkan oleh bisnis yang memiliki banyak permintaan dari pelanggan dan prospek baru setiap harinya. Misalnya seperti bank BNI yang telah berhasil menerapkan sistem CRM untuk me-monitoring seluruh aktivitas pelanggannya yang melakukan interaksi online, termasuk aktivitas karyawan mereka.

Selain itu, bisnis yang membutuhkan CRM salesman lainnya adalah bisnis yang memiliki banyak karyawan terlebih yang bekerja dilapangan seperti distributor, retail, F&B dan lainnya. Namun pada umumnya semua bisnis membutuhkan CRM salesman untuk mengefisiensikan operasional bisnis dan menghemat cost.

Bantuan aplikasi sales CRM memudahkan manajer/supervisor memantau kinerja tim penjualan secara real-time. Hal ini sangat membantu dalam evaluasi internal dan menyusun strategi peningkatan penjualan. Komunikasi dengan anggota tim tentang perubahan tugas atau kendala di lapang juga lebih mudah.

Bagi salesman, kehadiran salesman tracking app memudahkan kerja untuk mencapai target seperti mengakses informasi pelanggan, tugas, melaporkan kendala dan lainnya bahkan dari handphone. Hampir semua alur penjualan juga dilakukan secara otomatis yang sangat membantu salesman membuat laporan. Mereka bisa fokus untuk melakukan penjualan sebanyak mungkin.

kpi-salesman-dalam-CRM-sales-pipeline


Bagaimana Tips Agar CRM Salesman dapat Bekerja Optimal?

Memonitor Kinerja salesman akan lebih mudah  dengan bantuan CRM salesman. Pasalnya, sales CRM dapat memberikan pandangan pelanggan dengan perspektif 360 derajat, sehingga aktivitas memantau lebih jelas serta memfasilitasi aktivitas tim sales.

Pada dasarnya Aplikasi sales CRM berfungsi membantu tim penjualan agar tidak perlu melakukan tugas administrasi manual, sehingga mereka bisa fokus melakukan penjualan. Berikut tips memanfaatkan CRM salesman agar mendapatkan keuntungan maksimal:

1. Memperbaiki Produktivitas Salesman

crm-salesman-manajemen-kontak

 

Tugas utama salesman adalah mencari prospek, mempelajarinya dan menindaklanjutinya sampai terjadi transaksi jual beli. Salesman tracking app membantu mereka mengakses data prospek untuk mempercepat kesepakatan

2. Memaksimalkan Penggunaan Perangkat Mobile

crm-salesman-mobile-app

Kelebihan aplikasi sales CRM seperti Mekari Qontak adalah dapat diakses perangkat smartphone, meski offline. Sementara data akan otomatis diperbarui saat internet aktif. Salesman juga dapat mengakses seluruh data  yang dibutuhkan cukup melalui hendphone.

3. Melakukan Segmentasi Tim

CRM-Salesman-memantau-sales-qontak

Salesman tracking app seperti yang dimiliki Mekari Qontakdapat mengelompokkan tim sales berdasarkan letak geografi, divisi produk dan lainnya. Tujuannya agar bisnis bisa memaksimalkan area yang berpotensi menghasilkan penjualan terbesar

4. Mendeteksi Prospek Potensial melalui Sales Pipeline

chatbox-crm-integration

Setiap interaksi bisnis otomatis disimpan dalam sistem CRM yang terintegrasi dengan sales pipeline. Hal ini membantu salesman mengenali prospek potensial, mereka langsung bisa menambahkan aktivitas follow up ke sales pipeline tersebut

5. Melacak setiap Proses dalam Sales Funnel

crm-salesman-di-salesfunnel

CRM salesman akan otomatis mengingatkan tim penjualan, pelanggan atau meeting mana saja yang harus dihadiri. Hal ini untuk memastikan tidak ada pelanggan yang terlewat akibat data hilang atau terlewatkan.


Dapatkan CRM Salesman Terbaik Disini!

 

CRM salesman memiliki banyak manfaat yang dapat menguntungkan bisnis, khusnysa bagi bisnis dengan tim sales yang memiliki mobilitas tinggi.  Dengan menggunakan aplikasi sales CRM, Anda dan tim dapat memiliki berbagai fitur canggih yang dapat mendukung produktivitas dan kinerja bisnis Anda secara keseluruhan.

Salah satu penyedia aplikasi sales CRM terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak. Aplikasi sales CRM Mekari Qontak dapat Anda gunakan sebagai CRM salesman yang mendukung berbagai operasional bisnis dan kegiatan saleman di lapangan. Selain itu, Anda juga dapat mengintegrasikan aplikasi CRM dengan omnichannel dan WhatsApp API dalam satu platform terpadu. Sangat menarik bukan?

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk menangani penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan mereka. Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Kategori : CRMSales
WhatsApp WhatsApp Sales