Qontak WhatsApp

CRM Salesman: Pengertian, Fitur, dan Manfaatnya

CRM Salesman Pengertian, Fitur, dan Manfaatnya

Apa saja yang Perlu Anda Ketahui tentang CRM Salesman?

CRM salesman digunakan bisnis untuk mengelola dan melacak kegiatan tim penjualan dengan cara mendigitalkan alur produksi dan distribusi dari produsen ke konsumen. Semua aktivitas salesman akan direkam dan diorganisir secara rapi oleh sistem CRM (customer relationship management) termasuk data pelanggan serta prospek. Hal ini memudahkan bisnis untuk mengetahui kondisi real time bisnis.

5 Tips Penggunaan CRM Salesman untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimal:

  1. Memperbaiki Produktivitas Salesman
  2. Memaksimalkan Penggunaan Perangkat Mobile
  3. Melakukan Segmentasi Tim
  4. Mendeteksi Prospek Potensial melalui Sales Pipeline
  5. Melacak Setiap Proses dalam Sales Funnel


Apa Arti dari CRM Salesman?

CRM salesman adalah program digital untuk mengelola serta melacak aktivitas salesman saat menjalankan tugas baik saat melakukan pemasaran, penjualan maupun melayani keluhan pelanggan. Sistem ini dikenal juga dengan salesman tracking app yang membantu memantau alur penjualan berjalan baik pada sebuah bisnis.

CRM salesman memastikan alur kerja tim penjualan bekerja dengan baik untuk memenuhi target yang ditentukan. Namun apabila ada kendala saat pelaksanaan, manajer/supervisor dapat dengan mudah mendeteksi penyebabnya dan segera mengubah tugas salesman sehingga tidak akan merugikan bisnis.

Selain itu, Aplikasi monitoring salesman gratis dapat digunakan untuk menarik dan mengelola leads potensial. Setiap aktivitas leads akan dipantau progresnya hingga mencapai close deal. Solusi CRM salesman biasanya didukung dengan sistem otomatisasi dan tampilan UI bersahabat sehingga memudahkan manajer dan tim penjualan saat menggunakannya.

Baca juga: Aplikasi Penjualan Salesman: 5 Pilihan Terbaik


Apa Fitur yang Wajib Ada Pada CRM Salesman?

CRM salesman didukung fitur-fitur canggih dalam melakukan tugasnya memantau aktivitas salesman. Berikut fitur-fitur wajib yang dimiliki salesman tracking app:

– Memantau Prospek Baru

CRM salesman mampu mendeteksi dan menyimpan data prospek potensial dari berbagai saluran bisnis. Selanjutnya prospek tersebut akan ditindaklanjuti oleh tim penjualan hingga mencapai close deal.

– Sales Force

Fitur ini mampu memprediksi angka penjualan di masa depan berdasarkan data-data yang sudah ada. Dengan begitu bisnis akan lebih mudah dalam menyusun strategi seperti mengalokasikan sumber daya yang ada dan memasang target untuk tim.

– Rasio Konversi

Aplikasi monitoring salesman gratis mampu secara otomatis menghitung tingkat konversi setiap anggota tim penjualan atau sumber prospek. Bisnis dapat menggunakan matriks ini untuk menentukan strategi peningkatannya dan menemukan salesman yang secara konsisten berhasil mencapai close deal.

– Sales Funnel

Aplikasi monitoring salesman gratis memungkinkan Anda mendapat laporan secara real time interaksi tim penjualan dengan leads. Apakah sudah ada perkembangan atau ada masih sama, tim penjualan bisa menindaklanjuti leads tersebut hingga terjadi transaksi.

Pelaporan Analitik

Semua aktivitas tim penjualan dalam mencapai target harian, mingguan atau bulanan ditampilkan pada satu dashboard interaktif. Hal ini membantu manajer untuk mengevaluasi kinerja tim penjualan.

target-achievements-CRM-Salesman

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Apa Manfaat Menggunakan Aplikasi CRM Salesman?

Manfaat utama CRM salesman adalah dapat menghemat waktu tim penjualan dalam menyelesaikan laporan harian. Hal ini berdampak pada peningkatan produktivitas. Selain itu, masih banyak keuntungan yang diberikan salesman tracking app untuk bisnis, diantaranya sebagai berikut:

  1. Proses penjualan terpantau langsung: Anda hanya perlu melihatnya pada dashboard report. Setiap perubahan aktivitas salesman akan update secara otomatis saat itu juga. Misalnya jumlah stok barang sesaat setelah menyelesaikan pengiriman bahkan posisi salesman masih di lapangan.
  2. Monitoring sales lebih praktis: Bisnis dengan leluasa memantau aktivitas tim penjualan seperti lokasi mereka. Hal ini juga memberikan kemudahan untuk salesman melakukan presensi dari mana saja dan kapan saja yang menghemat waktu.
  3. Meningkatkan produktivitas: Anda bisa menambah matriks target yang diberikan kepada tim penjualan berdasarkan data laporan dari aplikasi monitoring salesman gratis. Dengan begitu produktivitas penjualan dan mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi.
  4. Sumber Informasi Terpusat: Seluruh informasi tersimpan dalam sistem CRM dengan rapi. Apabila salesman membutuhkan informasi tersebut sebagai rujukan dapat dengan mudah diakses dari mana saja. Mereka juga dapat dengan mudah memperbarui informasi terkini terkait dengan aktivitas penjualan yang ditangani.
  5. Memudahkan Komunikasi: Salesman dapat dengan mudah mengakses tugas dan memperbarui pencapaian kinerja mereka dari mana saja. Apabila ada perubahan tugas yang diberikan oleh manajer, mereka bisa langsung melihatnya salesman monitoring app. Dengan begitu tidak ada tugas yang terlewatkan.

Rekomendasi software untuk sales wajib coba: Software Sales: 7 Pilihan terbaik, No. 1 wajib!

crm-salesman-report-rinci


Siapa Saja yang Membutuhkan CRM Salesman?

CRM salesman sangat dibutuhkan oleh bisnis yang memiliki banyak permintaan dari pelanggan dan prospek baru setiap harinya. Misalnya seperti bank BNI yang telah berhasil menerapkan sistem CRM untuk memonitoring seluruh aktivitas pelanggannya yang melakukan interaksi online, termasuk aktivitas karyawan mereka juga. Selain itu bisnis yang memiliki banyak karyawan terlebih yang bekerja dilapangan seperti distributor, retail, F&B dan lainnya. Namun pada umumnya semua bisnis membutuhkan CRM salesman untuk mengefisiensikan operasional bisnis dan menghemat cost.

Dengan bantuan aplikasi monitoring salesman gratis memudahkan manajer/supervisor memantau kinerja tim penjualan secara real-time. Hal ini sangat membantu dalam evaluasi internal dan menyusun strategi peningkatan penjualan. Komunikasi dengan anggota tim tentang perubahan tugas atau kendala di lapang juga lebih mudah.

Bagi salesman, kehadiran salesman tracking app memudahkan kerja untuk mencapai target seperti mengakses informasi pelanggan, tugas, melaporkan kendala dan lainnya bahkan dari handphone. Hampir semua alur penjualan juga dilakukan secara otomatis yang sangat membantu salesman membuat laporan. Mereka bisa fokus untuk melakukan penjualan sebanyak mungkin.

kpi-salesman-dalam-CRM-sales-pipeline


Bagaimana Tips Agar CRM Salesman dapat Bekerja Optimal?

Memonitor Kinerja salesman akan lebih mudah  dengan bantuan CRM salesman. Pasalnya CRM dapat memberikan pandangan pelanggan dengan perspektif 360 derajat, sehingga aktivitas memantau lebih jelas serta memfasilitasi aktivitas tim sales.

Aplikasi monitoring salesman gratis ini membantu tim penjualan tidak perlu melakukan tugas administrasi manual, mereka bisa fokus melakukan penjualan. Berikut tips memanfaatkan CRM salesman agar mendapatkan keuntungan maksimal:

1. Memperbaiki Produktivitas Salesman

crm-salesman-manajemen-kontak

Tugas utama salesman adalah mencari prospek, mempelajarinya dan menindaklanjutinya sampai terjadi transaksi jual beli. Salesman tracking app membantu mereka mengakses data prospek untuk mempercepat kesepakatan

2. Memaksimalkan Penggunaan Perangkat Mobile

crm-salesman-mobile-app

Kelebihan CRM salesman Seperti Qontak.com dapat diakses perangkat smartphone, meski offline. Sementara data akan otomatis diperbarui saat internet aktif. Salesman juga dapat mengakses seluruh data  yang dibutuhkan cukup melalui hendphone.

3. Melakukan Segmentasi Tim

CRM-Salesman-memantau-sales-qontak

Salesman tracking app seperti Qontak.com dapat mengelompokkan tim sales berdasarkan letak geografi, divisi produk dan lainnya. Tujuannya agar bisnis bisa memaksimalkan area yang berpotensi menghasilkan penjualan terbesar

4. Mendeteksi Prospek Potensial melalui Sales Pipeline

crm salesman integration

Setiap interaksi bisnis otomatis disimpan dalam sistem CRM yang terintegrasi dengan sales pipeline. Hal ini membantu salesman mengenali prospek potensial, mereka langsung bisa menambahkan aktivitas follow up ke sales pipeline tersebut

5. Melacak setiap Proses dalam Sales Funnel

CRM salesman akan otomatis mengingatkan tim penjualan, pelanggan atau meeting mana saja yang harus dihadiri. Hal ini untuk memastikan tidak ada pelanggan yang terlewat akibat data hilang atau terlewatkan.


Bagaimana Cara Mendapatkan CRM Salesman?

CRM salesman memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan bisnis Anda menjadi lebih baik. Untuk mulai menggunakan aplikasi ini, Anda perlu bermitra dengan penyedia salesman app terbaik di Indonesia seperti Qontak.com.

Qontak.com memiliki fitur lengkap yang terintegrasi dengan CRM Omnichannel untuk mempermudah operasional bisnis Anda. Semua kebutuhan Anda untuk memantau pelanggan dan tim penjualan terorganisir dalam satu panel terpadu Qontak.com.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

0 comments

By