Qontak WhatsApp

CRM Marketing: 5 Metode CRM untuk Marketing Bisnis

CRM Marketing-5 metode pemasaran bisnis

Begini Cara Efektif Menggunakan CRM Marketing untuk Memasarkan Bisnis!

Saat ini, pelaku bisnis semakin sadar pentingnya membangun hubungan dengan pelanggan. Oleh karena itu program CRM (customer relationship management) makin dilirik oleh banyak pelaku bisnis. Selain untuk mengelola hubungan dengan pelanggan, program CRM berkembang juga sebagai media pemasaran yang efektif atau CRM marketing. lalu apa yang dimaksud dengan CRM marketing, dan apakah bisnis Anda membutuhkannya? dan bagaimana cara menggunakannya?

5 Metode penggunaan CRM untuk marketing Bisnis sebagai berikut:

  1. Melakukan pendekatan personal dan segmentasi pelanggan
  2. Menjaga hubungan dengan pelanggan
  3. Menjalin interaksi pelanggan yang lebih bermakna
  4. Otomatisasi email marketing
  5. CRM marketing dapat melakukan analisis terprediksi

Apa yang dimaksud CRM Marketing?

CRM Marketing adalah strategi dan taktik, serta teknologi yang mendukung pelaksanaan marketing. Fitur WhatsApp Business API ini berguna untuk mengelola hubungan dengan pelanggan mereka di sepanjang siklus hidup pelanggan.

Sementara itu, tujuan CRM marketing adalah untuk meningkatkan dan mengoptimalkan hubungan pelanggan, mendorong loyalitas pelanggan, retensi, meningkatkan pendapatan, dan nilai umur pelanggan. Tentunya untuk mengimplementasikan CRM marketing, Anda tidak perlu repot karena sekarang sudah ada program sales marketing, yaitu software sales dan marketing yang sudah terintegrasi.


Mengapa perlu menggunakan CRM Marketing?

CRM Marketing memiliki berbagai kegunaan dan keuntungan bagi kesuksesan bisnis Anda. Metode CRM atau customer relationship management adalah suatu sistem bisnis yang dirancang untuk mengelola interaksi-interaksi yang terjadi terhadap pelanggan dan calon pelanggan Anda. CRM banyak digunakan oleh tenaga penjualan karena membantu perusahaan untuk merampingkan alur kerja bisnis sehingga meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Selain itu, software CRM juga banyak digunakan oleh tim customer service untuk mengelola layanan pasca penjualan.

Namun, perusahaan tidak hanya menggunakan program sales marketing/CRM untuk meningkatkan penjualan maupun customer service, tetapi juga untuk mengatur marketing mereka. Sebanyak 60% perusahaan menghabiskan biaya lebih untuk email marketing. Saat ini, beberapa aplikasi CRM sudah terintegrasi dengan aplikasi marketing, bahkan memiliki bergabung menjadi aplikasi sales marketing, seperti Qontak.com.

Menurut SuperOffice, CRM telah berkembang menjadi software marketing terbesar di dunia. Pada tahun 2017, software CRM memperoleh pendapatan sebesar 36 juta US dollar, dan diperkirakan akan terus meningkat hingga 80 juta US dollar hingga tahun 2025.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Apa saja Manfaat Menggunakan CRM Marketing?

Penggunaan CRM marketing pada bisnis mendatangkan beberapa manfaat untuk bisnis. Manfaat tersebut diantaranya sebagai berikut:

– Mendapatkan pelanggan baru

Program CRM memberikan pengalaman menyenangkan pada pelanggan. Dengan begitu meninggalkan kesan yang baik dimata pelanggan. Misalnya, Anda berusaha untuk memberi ketepatan waktu dalam pengiriman barang yang mereka pesan. Pelanggan yang puas akan ‘mengajak’ pelanggan baru untuk bergabung.

– Menambah Nilai Bisnis Dimata Pelanggan

Perusahaan harus bisa menciptakan hubungan yang baik dengan para pelanggan. Caranya dengan menawarkan produk yang sama namun kualitasnya lebih baik. Selain itu, bisa juga menawarkan produk pelengkap terhadap barang yang telah dimiliki oleh pelanggan.

– Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Program CRM, selain menangkap pelanggan baru, juga mempertahankan loyalitas pelanggan yang sudah ada. Caranya dengan selalu memberi pelayanan terbaik agar mereka tetap menaruh kepercayaan pada produk Anda. Anda juga perlu melayani ketidakpuasan pelanggan akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


5 Metode CRM Marketing untuk Meningkatkan Bisnis!

CRM dapat digunakan sebagai strategi marketing terbaru Anda. Masih menurut SuperOffice, software CRM dapat membantu marketing dalam banyak hal, di antaranya adalah manajemen call center, sales force automation, marketing automation, dan customer service.

Berikut 5 strategi penggunaan CRM sebagai marketing bisnis, sebagai berikut ini:

1. Melakukan pendekatan personal dan segmentasi pelanggan

CRM Marketing Segmentasi Pasar

Program CRM dapat melakukan segmentasi pelanggan secara spesifik. Insight yang Anda peroleh dari data-data di aplikasi CRM sangat bermanfaat untuk meningkatkan calon pelanggan sehingga Anda dapat melihat perjalanan hingga mereka berubah menjadi pelanggan setia Anda.

Program sales marketing membantu menuntun calon pelanggan Anda melewati tiap tahapan customer journey. Anda dapat mengirim email maupun konten lainnya untuk meningkatkan awareness pelanggan, menciptakan hubungan baik, hingga akhirnya mendorong mereka untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Kunci untuk memastikan calon pelanggan berubah menjadi pelanggan setia Anda adalah satu: pendekatan personal.

Menurut Harvard Business Review, pelanggan menghargai marketing yang dilakukan secara personal.

Hal simple yang dapat Anda lakukan adalah mengingat nama calon pelanggan Anda dan kebutuhan mereka. Program CRM dapat membantu mencatat semua data pelanggan Anda secara lengkap. Gunakan data tersebut sebagai alat untuk melakukan pendekatan personal pada calon pelanggan Anda.

2. Menjaga hubungan dengan pelanggan

CRM Marketing-Menjalin Hubungan Baik

Selain mencari calon pelanggan potensial, Anda juga harus menjaga pelanggan yang sudah ada. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dengan strategi CRM marketing. Pertama adalah dengan penggunaan aplikasi sales marketing itu sendiri. Anda dapat mengakses data pelanggan dengan mudah kapanpun dan dimanapun dibutuhkan. Program CRM dapat melakukan update data pelanggan, atau berhubungan kembali dengan pelanggan lama Anda melalui email marketing yang personal.

Tim marketing Anda juga dapat melacak interaksi dengan pelanggan dari awal hingga akhir. Program sales marketing dapat memberikan pandangan 360o terhadap pelanggan Anda. Dengan demikian Anda dapat menentukan siapa pelanggan paling loyal dan yang memungkinkan untuk didekati kembali.

3. Menjalin interaksi pelanggan yang lebih bermakna

Strategi marketing ini penting untuk customer service. Salah satu cara untuk membuat pelanggan senang adalah dengan menjawab pertanyaan mereka. Sayangnya, menurut data dari perusahaan call service Yonyx, sebanyak 55% bisnis gagal untuk memberikan respon terhadap feedback pelanggan melalui social CRM.

Hal ini sangat disayangkan melihat bahwa 17% pelanggan mencari layanan pelanggan melalui media sosial. Sementara itu, 20% pelanggan mengambil keputusan untuk membeli melalui sosial media. Data ini merupakan data tahun 2014. Dengan pesatnya perkembangan media sosial saat ini, tentu angkanya akan jauh lebih besar.

Menggunakan aplikasi CRM dapat meningkatkan customer experience yang lebih baik. Anda dapat menangani keluhan pelanggan secara terorganisir dan terdokumentasi.

4. Otomatisasi email marketing

Dengan aplikasi sales marketing, Anda dapat mengintegrasikan email marketing untuk menciptakan pemasaran yang lebih komprehensif. Semua email Anda akan otomatis terekam. Anda juga dapat membuat notifikasi untuk follow up email yang harus dilakukan. Buatlah template email yang interaktif sehingga pelanggan tertarik untuk membelinya. Ini adalah salah satu contoh marketing automation.

Email marketing memberikan return of investment (ROI) terbesar dibandingkan cara marketing lainnya. Email sangatlah cost-effective dalam mempromosikan produk, berkomunikasi dengan pelanggan, dan meraih tujuan bisnis Anda.

5. CRM marketing dapat melakukan analisis terprediksi

Kemampuan software marketing dalam melakukan analisis terprediksi adalah salah satu aset yang paling berharga. Para pelaku marketing berharap dapat melihat dan memprediksi masa depan. Program sales marketing dapat membuat trend list dan prediksi selama setahun ke depan.

Software sales dan marketing menggunakan data real yang didapat dari calon pelanggan dan pelanggan Anda. Data ini dapat memprediksi mana yang harus dikembangkan dan mana yang Anda unggul. Dengan analisis detail yang dilakukan oleh aplikasi sales marketing, keduanya dapat memberikan gambaran komprehensif terhadap strategi marketing yang Anda butuhkan. Dengan demikian, Anda dapat meraih kesuksesan dan mendekati calon pelanggan dengan cara yang sesuai.

Penggunaan software sales dan marketing dalam strategi marketing berfokus untuk meningkatkan penjualan pada bisnis Anda. Jika Anda ingin meningkatkan strategi marketing Anda, maka metode CRM marketing adalah jawaban yang tepat.


Dapatkan CRM Marketing Anda Sekarang!

CRM Qontak.com

Qontak.com menyediakan solusi end-to-end melalui aplikasi sales marketing yang dapat terhubung ke WhatsApp API dan omnichannel lainnya. Qontak.com telah menangani lebih dari +1000 bisnis dengan berbagai skala perusahaan dari beragam jenis industri. Teknologi yang ditawarkan Qontak.com telah membantu perusahaan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

&nbsp

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By