Qontak WhatsApp

CRM Integration: Definisi, Cara Kerja & Tools Terbaik

All About CRM Integration

Kenali lebih jauh Mengenai CRM Integration untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Bagi sebagian bisnis, CRM (Customer Relationship Management) bukan hal yang asing lagi. Pasalnya telah banyak bisnis menggunakannya untuk mempermudah kinerja bisnis terutama dalam sales, marketing dan customer service. Salah satu kemudahan yang ditawarkan adalah CRM integration dengan aplikasi lainnya.

CRM Integration memberikan tampilan tunggal, sehingga Anda tidak perlu repot berpindah aplikasi untuk sekedar menyinkronkan data pelanggan. Mungkin Anda masih bingung, apa itu CRM integration? dan aplikasi apa saja yang bisa diintegrasikan dengan CRM? yuk, temukan jawabannya pada ulasan di bawah ini.

Berikut 6 Tools/Aplikasi yang dapat dihubungkan dengan CRM Integration, diantaranya:

  1. Email
  2. Live Chat
  3. Aplikasi Chatting
  4. Social Media Integrations
  5. Ecommerce Integrations
  6. Call Center Software Integrations

Apa itu CRM Integration?

CRM integration (Customer Relationship Management) adalah konektivitas tanpa batas antara aplikasi CRM dengan aplikasi lainnya. Integrasi CRM ini akan mengotomatiskan sistem yang akan memperluas fungsionalitas aplikasi CRM, seperti bertukar data tanpa perlu berpindah platform. Dengan begitu, Anda akan memiliki data yang lengkap dan akurat dari seluruh aplikasi bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga mendapatkan gambaran lengkap tentang interaksi pelanggan dari seluruh saluran bisnis yang Anda gunakan. Integrasi CRM dapat dilakukan selama sistem yang Anda gunakan itu memiliki API (Application Programming Interface).


Bagaimana Cara Kerja CRM Integration?

CRM integration memungkinkan bisnis memiliki tampilanhalaman pelanggan secara tunggal. Pasalnya integrasi CRM menghubungkan beberapa aplikasi atau sistem yang digunakan bisnis dalam satu platform terpadu. Termasuk juga untuk penyimpanan dan mengelola data pelanggan, sementara untuk pengoperasiannya hanya dari satu platform saja.

CRM Integration merupakan solusi bisnis dimana menyatukan data dari sumber yang berbeda. Tanpa CRM integration, bisnis Anda akan kesulitan dalam melacak data dan interaksi pelanggan secara lengkap. CRM Integration dapat diperoleh dengan cara mendaftar ke perusahaan penyedia API (Application Programming Interface) seperti Qontak.com. API memiliki kemampuan dapat mengintegrasikan aplikasi dan sistem bisnis yang ada (dan yang akan datang) dengan cepat.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Apa saja Tools yang dapat Dihubungkan dengan CRM Integration?

CRM integration menghubungkan aplikasi CRM dengan aplikasi lain dalam satu tampilan pelanggan tunggal. Pada umumnya hampir semua aplikasi dapat dihubungkan melalui CRM integrasi. Namun sebagian bisnis menghubungkan aplikasi CRM dengan tools atau aplikasi berikut:

1. Email

email blast crm integration

Email merupakan salah satu sarana komunikasi yang cukup penting bagi bisnis baik untuk mengirimkan penawaran, berbagi data dengan tim internal Anda, atau menjawab pertanyaan calon pelanggan,dan masih banyak lainnya. Mengintegrasikan email dengan aplikasi CRM dapat membantu Anda mencatat dan menyimpan semua email pada platform yang sama. Selain itu, Anda juga bisa mengaksesnya lebih mudah tanpa berpindah aplikasi.

2. Live Chat

Live Chat-Intgration

Live chat merupakan sarana komunikasi langsung dengan pelanggan yang disediakan pada website bisnis. Memiliki integrasi live chat yang terhubung ke CRM Anda dapat membuat pelanggan yang terlibat dengan live chat di situs web Anda ditangkap sebagai prospek. Selain itu, tools ini juga memungkinkan Anda untuk menangkap informasi kontak dan riwayat percakapan pada live chat dengan mudah, sehingga Anda siap saat terlibat dengan prospek lebih dalam dari berbagai aplikasi lainnya.

3. Aplikasi Chatting

APlikasi Chatting- CRM integration

Saat ini banyak aplikasi chatting yang dimanfaatkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Salah satu aplikasi pesan yang paling populer adalah WhatsApp. CRM Integration dengan WhatsApp sangat membantu bisnis dalam banyak hal baik dalam penjualan, pemasaran maupun customer service. Maka banyak perusahaan penyedia software sistem CRM Indonesia telah mengintegrasikan teknologi sistem CRM nya dengan WhatsApp, salah satunya Qontak.com. Sebagai WhatsApp Business Official atau WhatsApp API, Integrasi WhatsApp CRM Qontak.com memiliki fitur canggih yang akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis.

4. Integrasi Omnichannel (Media Sosial)

Sosial Media-CRM Integration

Media sosial adalah alat penjualan penting untuk hampir setiap bisnis. Mengintegrasikan akun media sosial perusahaan Anda dengan CRM dapat membantu Anda mendapatkan data dan wawasan berharga tentang prospek atau pelanggan Anda. Selain itu, integrasi CRM dengan media sosial akan merampingkan dan mengotomatiskan database aplikasi CRM dengan platform sosmed populer seperti Instagram, Facebook, Telegram, Twitter, dan LinkedIn.

5. Ecommerce Integrations

crm integration deal ecommerce

Integrasi ini wajib bagi bisnis yang menjual produknya di berbagai ecommerce. Dengan integrasi CRM ecommerce, Anda dapat secara otomatis menyinkronkan produk, kontak, dan pesanan sehingga Anda memiliki akses ke informasi pelanggan terkait. Selain itu, Integration CRM ini memungkinkan Anda untuk menambahkan kontak baru yang menerima penawaran secara otomatis dan semakin memudahkan pelanggan untuk membayar faktur dan pesanan pembelian secara langsung tanpa berpindah-pindah platform.

6. Call Center Software Integrations

Sistem CRM juga banyak diintegrasikan dengan teknologi contact center VoIP. Teknologi VoIP atau Voice over Internet Protocol berarti melakukan panggilan suara melalui internet. Dengan teknologi ini, penanganan keluhan pelanggan oleh call center menjadi lebih mudah dimanapun lokasinya tanpa khawatir soal biaya.

Qontak.com menyediakan software CRM terbaik di Indonesia yang terintegrasi dengan sistem PBX. Integrasi ini memungkinkan untuk melakukan panggilan keluar dan menerima panggilan masuk (call center). Sistem Qontak.com akan secara otomatis menyimpan percakapan saat panggilan contact center di dalam database CRM.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana CRM Integration Meningkatkan Bisnis Anda?

Keunggulan CRM integration adalah memastikan Anda mendapatkan pandangan 360 derajat tentang pelanggan dan mencegah tim Anda untuk berpindah ke beberapa platform untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Hal ini akan mendorong meningkatkan produktivitas karyawan, serta menciptakan pengalaman pelanggan yang menyenangkan.

Selain diatas, Integration CRM juga membantu bisnis dalam banyak hal, diantaranya sebagai berikut:

– Memahami kebutuhan pelanggan

Dengan memiliki tampilan pelanggan tunggal, maka semua data pelanggan tersimpan pada satu database. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam mencari strategi terbaik untuk memberi kepuasan kepada pelanggan lebih baik. Kemudian bisnis akan berupaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk dan jasa yang mereka tawarkan.

– Memberitahu bisnis terkait trend yang sedang berlangsung

Data yang selalu diperbarui secara otomatis, membuat bisnis menjadi lebih kreatif dalam mencari celah agar produk yang ditawarkan dapat unggul dari kompetitor dan memenangkan persaingan di pasar.

– Meningkatkan produktivitas dalam bisnis

Integrasi CRM dapat mendorong bisnis menjadi lebih produktif. Pasalnya karyawan tidak perlu lagi melakukan tugas berulang seperti menyinkronkan data. Hal ini tentunya akan berdampak pada meningkatnya penjualan dan memperoleh keuntungan bagi perusahaan.


Manfaatkan CRM Integration untuk Meningkatkan Bisnis Anda Sekarang!

Penggunaan aplikasi CRM terbukti memberikan banyak manfaat bagi bisnis. Terlebih dengan adanya integrasi CRM dengan aplikasi lainnya, kinerja software CRM menjadi lebih efektif dan berfungsi lebih maksimal. Hal ini dapat menjadi strategi meningkatkan bisnis lebih baik.

Qontak.com menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Dimana CRM Qontak.com terintegrasi dengan sistem Omnichannel yang menghubungkan berbagai saluran seperti WhatsApp, Live Chat, Media Sosial, Telepon, Email dan masih banyak lagi. Qontak.com juga memberikan tampilan 360 derajat data pelanggan yang memudahkan Anda dalam penjualan, pemasaran dan melayani pelanggan.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

0 comments

By