Qontak WhatsApp

CRM dalam Pemasaran: 10 Tips Memaksimalkannya

Penggunaan CRM dalam Pemasaran Bisnis di Indonesia

CRM dalam pemasaran sangat penting dalam meningkatkan penjualan di sebuah bisnis. Peranan CRM dalam pemasaran berada di seluruh tahap atau proses pemasaran, mulai dari mengelola prospek dan pelanggan, mengelola tim pemasar (marketing), dan seterusnya. Di Indonesia, menerapkan CRM diharapkan supaya bisnis dapat berumur panjang.

Nah, ini dia 10 tips dan strategi CRM dalam pemasaran:

1. Manajemen Proyek
2. Sentralisasi Data
3. Analisis Informasi Pelanggan
4. Mengoptimalkan Kinerja Tim
5. Melacak Pipeline pada CRM dalam Pemasaran
6. Integrasi dengan Saluran Bisnis Lainnya
7. Penargetan Terfokus
8. Segmentasi Menggunakan CRM dalam Pemasaran
9. Konten Personal
10. Strategi Berulang


Apa Arti CRM dalam Pemasaran?

Arti CRM dalam pemasaran adalah sebuah strategi bisnis yang dijalankan pada bidang pemasaran dengan memadukan proses, SDM, dan teknologi. Jika dilakukan dengan tepat dan optimal, maka CRM dalam marketing dapat membantu menarik prospek penjualan, mengubah prospek menjadi pelanggan, serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Jika diperhatikan dari arti CRM dalam pemasaran di atas, maka kita dapat menyimpulkan bahwa semua komponen dalam bagian pemasaran harus bekerjasama dengan baik. CRM (Customer Relationship Management) sendiri tidak hanya berperan dalam bidang pemasaran saja, namun juga sangat dibutuhkan dalam bidang penjualan dan layanan pelanggan.


Apa Hubungan Antara CRM dan Proses Pemasaran?

Kampanye pemasaran yang tidak jelas serta prospek yang tidak tertarget tidak dapat meningkatkan penjualan. Sehingga ada begitu banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan proses pemasaran. Beberapa di antaranya tidak mudah untuk dilakukan tanpa adanya data valid mengenai profil prospek dan pelanggan. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem CRM dalam marketing.

CRM dalam pemasaran membantu tim marketing Anda untuk mengetahui sebanyak mungkin informasi tentang kebutuhan, perilaku, dan profil prospek atau pelanggan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa salah satu hubungan antara CRM dan proses pemasaran ini dapat menjadi dasar dalam menentukan strategi CRM dalam pemasaran.


Apa Fungsi CRM dalam Pemasaran?

Berikut ini merupakan beberapa fungsi CRM dalam marketing yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja:

– Mengetahui profil pelanggan

Tim marketing Anda dapat mengetahui dengan siapa mereka berinteraksi. Profil pelanggan tersimpan dengan lengkap dan jelas pada sistem CRM. Tim marketing Anda dapat melacak setiap perubahan yang terjadi saat bisnis Anda terus tumbuh dan berkembang.

– Membuat konten yang menarik dan tepat

Kampanye atau promosi yang diterima oleh setiap orang dapat banyak sekali jumlahnya, untuk itu tim marketing Anda harus dapat membuat konten yang menarik sehingga akan menarik perhatian penerimanya. Tak hanya menarik, konten pemasaran yang disajikan haruslah tepat atau sesuai dengan kebutuhan si penerima. Waktu pengiriman konten yang tepat juga dapat berpengaruh, orang yang sedang sibuk tidak akan mempunyai waktu untuk mengklik email pemasaran yang Anda kirimkan.

– Memperoleh prospek tertarget

Setiap produk atau jasa memiliki pangsa pasarnya masing-masing. Untuk itu, sangatlah penting bagi Anda untuk menentukan prospek yang sesuai dengan target Anda, seperti: lokasi, usia, jenis kelamin, hobi, pekerjaan, dan lain-lain.

– Mengetahui cara terbaik dalam berkomunikasi

Strategi pelaku bisnis dalam mendekati prospek dan pelanggan tidaklah sama, misalnya saluran apa yang harus digunakan, kapan saat terbaik melakukan kampanye, bahasa apa yang seharusnya digunakan, dan sebagainya. CRM dalam marketing dapat membantu tim Anda untuk menentukan cara terbaik dalam mendekati dan berkomunikasi dengan prospek tertarget Anda.

Baca Juga: Fungsi dan Fitur CRM yang Wajib Dimiliki Perusahaan


Apa Saja Strategi CRM dalam Pemasaran yang Dapat Anda Terapkan?

Ini dia tips dan strategi CRM dalam pemasaran yang dapat Anda lakukan. Namun, penting untuk Anda sebagai pelaku bisnis yang menggunakan sistem CRM untuk terlebih dahulu mengetahui 6 langkah membangun strategi CRM yang baik.

1. Manajemen Proyek

Agar tujuan sebuah bisnis tercapai, maka semua tim yang terlibat harus memiliki manajemen kerja yang berimbang dan saling mendukung. Demikian pula dalam tim marketing, setiap tenaga pemasar harus mengerti dengan baik apa saja tugas mereka dan tugas mana yang harus diselesaikan lebih dulu.

CRM dalam Pemasaran

2. Sentralisasi Data

CRM pemasaran akan melakukan sentralisasi data pelanggan secara otomatis. Data pelanggan tersebut meliputi segala informasi yang berkaitan dengan pelanggan tersebut, mulai dari profil pelanggan, saluran bisnis mana yang membawanya ke dalam bisnis Anda (leads), riwayat transaksi pelanggan dengan tim bisnis Anda, dan masih banyak lagi. Semua data tersebut disimpan secara sistematis dalam satu dashboard pemasaran.

CRM dalam Pemasaran

3. Analisis Informasi Pelanggan

Informasi yang berkaitan dengan pelanggan yang telah disimpan tadi akan dianalisis secara otomatis oleh sistem CRM. Analisis informasi pelanggan tersebut akan menyajikan data tentang apa yang disukai pelanggan, kebutuhan pelanggan, layanan pelanggan mana yang harus ditingkatkan dalam pemasaran dan lain-lain. Informasi ini penting bagi kemajuan bisnis di masa mendatang.

CRM dalam Pemasaran

4. Mengoptimalkan Kinerja Tim

Kinerja tim pemasaran yang optimal dan meningkat merupakan salah satu contoh CRM dalam marketing yang berhasil diterapkan dengan baik. Adanya sistem otomatisasi dalam penyimpanan, pelacakan, dan analisis data sangat membantu tim bisnis Anda untuk fokus ke tugas pemasaran lainnya yang perlu penanganan secara khusus.

CRM dalam Pemasaran

5. Melacak Pipeline pada CRM dalam Pemasaran

CRM pemasaran membantu tim marketing untuk mengetahui apa yang sedang terjadi dalam jalur pemasaran. Status setiap prospek dan pelanggan dapat dilacak mulai dari awal sampai akhir proses pemasaran. Visibilitas ini penting untuk perbaikan kualitas marketing di masa mendatang.

CRM dalam Pemasaran

6. Integrasi dengan Saluran Bisnis Lainnya

Jarang sekali pemasaran bisnis yang hanya dijalankan menggunakan satu saluran bisnis saja. Paling tidak, sebuah bisnis memerlukan situs web, aplikasi obrolan (ChatBot untuk membalas pesan konsumen), dan media sosial untuk memasarkan produk atau jasa yang ditawarkannya. Untuk itu, aktivitas pemasaran CRM yang terakhir adalah integrasi dengan saluran bisnis lainnya sehingga memudahkan tim Anda untuk mengakses informasi.

CRM dalam Pemasaran

7. Penargetan Terfokus

CRM dapat membantu tim marketing untuk menyaring kontak serta menargetkan pelanggan yang kemungkinan besar akan membeli atau memesan jasa dari bisnis Anda. Hal itu merupakan salah satu fungsi CRM pemasaran yang berisi berbagai informasi tentang perilaku dan preferensi pelanggan.

CRM dalam Pemasaran

8. Segmentasi Menggunakan CRM dalam Pemasaran

Seorang tenaga marketing yang handal harus dapat melakukan segmentasi prospek berdasarkan pekerjaan, aktivitas terkini, tanggapan yang diberikan, suka dan tidak suka, produk yang sudah dibeli, jenis email yang dibuka, balasan email yang diberikan, bahkan aktivitas media sosial prospek. Semakin tajam profil pelanggan potensial yang dimiliki, maka semakin besar pula peluang untuk mengubah prospek menjadi pelanggan.

9. Konten Personal

Setelah melakukan tips-tips diatas, inilah saat yang tepat untuk mengirimkan konten pemasaran yang telah dipersonalisasi, seperti menyebutkan nama prospek, menyesuaikan dengan apa yang prospek sukai, atau menggunakan bahasa yang sesuai dengan profil prospek tertarget. Semakin personal konten yang dikirimkan, maka semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan respon yang baik.

10. Strategi Berulang

Jika strategi CRM dalam marketing tersebut telah membawa bisnis Anda ke level yang lebih baik, maka akan lebih baik jika Anda menerapkan strategi CRM dalam pemasaran yang serupa di waktu yang akan datang. Hal tersebut akan lebih baik daripada memulai segala sesuatunya dari awal.

Baca juga contoh CRM dalam berbagai industri, seperti berikut ini:

Contoh CRM di Indonesia: CRM pada Industri Hotel

Perapan Aplikasi CRM dalam Industri Konstruksi

Contoh Customer Relationship Management di Industri Kesehatan


Bagaimana Cara Memilih CRM dalam Pemasaran yang Tepat bagi Bisnis Anda?

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat Anda gunakan dalam memilih CRM dalam pemasaran yang tepat bagi bisnis Anda:

• Kelengkapan fitur yang dimiliki untuk penggunanya

CRM biasanya tidak hanya digunakan oleh tim marketing saja, namun juga oleh customer service, call center, dan tim sales. Karena semuanya saling terhubung, maka akan lebih baik jika memiliki CRM dengan fitur yang lengkap.

Fitur yang lengkap dapat membantu dalam mengoptimalkan kinerja tim marketing karena semua yang mereka butuhkan tersedia. Dengan fitur yang lengkap pula, Anda dapat memperoleh manfaat yang maksimal bagi bisnis Anda.

• Mudah digunakan dan dikustomisasi

Tim marketing Anda mungkin bukanlah seorang ahli dalam teknologi, bahkan mungkin masih awam dalam menggunakan berbagai aplikasi. Oleh karenanya, pilihlah sistem CRM yang mudah digunakan (user friendly) serta dapat dikustomisasi dengan mudah sesuai kebutuhan bisnis Anda.

• Saluran bisnis apa saja yang Anda perlukan

Mengelola banyak saluran bisnis dalam waktu bersamaan tidaklah mudah, namun sistem CRM bisa melakukannya untuk Anda. Jika bisnis Anda membutuhkan banyak saluran bisnis, maka penting bagi Anda untuk menemukan aplikasi CRM yang memiliki sistem Omnichannel sehingga Anda dapat mengintegrasikannya satu sama lain serta mengelolanya dalam satu platform.

• Sesuai dengan segala macam kondisi

Sistem CRM yang rumit di awal pemakaian akan menyusahkan penggunanya, namun sistem CRM yang terlalu sederhana (tidak memiliki fitur yang dibutuhkan atau tidak up to date) juga tidak akan sesuai dengan bisnis yang telah berkembang pesat atau membutuhkan sistem yang lebih kompleks. Maka Anda perlu mempertimbangkan penyedia mana yang dapat membantu Anda mengatasi kebutuhan ini.

CRM dalam Pemasaran

Rekomendasi Artikel: 10 Aplikasi Pemasaran Produk untuk Bisnis


Manfaatkan CRM dalam Pemasaran Bisnis Anda Sekarang

Jika Anda telah sampai di bagian ini, Anda telah mengetahui lebih dalam tentang CRM dalam pemasaran. Aplikasi CRM untuk marketing yang terbaik di Indonesia dapat Anda peroleh hanya melalui Qontak.com. Mengapa? Qontak.com merupakan penyedia aplikasi CRM yang menawarkan fitur pemasaran yang lengkap bagi bisnis Anda. Aplikasinya mudah digunakan serta dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan Anda dengan mudah.

Selain itu, aplikasi CRM Qontak.com dikenal sebagai aplikasi CRM Omnichannel karena memiliki kemampuan untuk mengintegrasi bermacam-macam saluran atau aplikasi bisnis penting lainnya dalam satu platform. Semua hal tersebut dapat memudahkan tugas tim marketing Anda sehingga penjualan pada bisnis Anda akan meningkat.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Baca Juga: 10 Tantangan dan Kendala Bisnis tanpa Aplikasi CRM


Tonton penjelasan singkat mengenai aplikasi CRM Qontak.com untuk pemasaran Anda melalui video berikut ini:

You may also like

0 comments

By