Contoh Customer Relationship Management di Industri Kesehatan

contoh customer relationship

Bagaimana penerapan contoh customer relationship management di industri kesehatan?

Industri kesehatan di Indonesia telah berkembang semakin maju. Seperti industri lainnya, industri kesehatan juga bersaing satu sama lain untuk memperoleh pasien. Selain melakukan peningkatan fasilitas dan teknologi alat kesehatan, rumah sakit juga meningkatkan pelayanan mereka terhadap pasien. Salah satu cara peningkatan layanan tersebut dilakukan dengan sistem CRM. Namun, bagaimana sebenernya contoh penerapan customer relationship management (CRM) pada industri kesehatan?

CRM pada industri kesehatan digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, seperti data pasien, keuangan, hingga call center rumah sakit. Data ini digunakan untuk menyediakan informasi yang komprehensif terhadap perilaku dan akitivitas pasien. Software CRM membantu industri kesehatan untuk mengelola pasien dan seluruh catatan kesehatan mereka secara efisien.contoh customer relationship

Tujuan utama penerapan sistem CRM pada industri kesehatan adalah:

  • Menjalin hubungan yang baik dengan pasien
  • Memperoleh pasien baru
  • Mempertahankan pasien yang sudah ada

Contoh Modul Customer Relationship Managemenet pada Industri Kesehatan

Tiap software CRM memiliki fitur atau modul CRM yang berbeda-beda. Penerapan fitur/modul tersebut pada tiap jenis industri juga berbeda. Berikut ini adalah contoh modul customer relationship management yang biasanya digunakan pada industri kesehatan:

  1. Modul komunikasi

Modul ini digunakan untuk melakukan penjadwalan, menginisiasi, dan melacak interaksi dengan pasien. Fitur ini juga dapat digunakan sebagai reminder dan konfirmasi janji dengan pasien.

  1. Manajemen tugas

Modul ini dapat digunakan oleh staff untuk menambahkan tugas, mendelegasikan tugas tersebut, melihat dan melakukan update, serta melacak progress, deadline, prioritas, dan status penyelesainnya.

Baca juga: Apa itu Software Manajemen Tugas?

  1. Modul pelaporan

Dengan modul ini, rumah sakit dapat memperoleh laporan yang bisa di-customize sesuai kebutuhan, misalnya berapa jumlah pasien yang ditangani per bulan.

contoh customer relationship

  1. Manajemen pasien

Modul ini membantu staff untuk menambahkan atau melakukan update terhadap catatan pasien, melakukan segmentasi pasien untuk membuat grup target berdasarkan kondisi pasien, dan berkomunikasi secara efektif dengan pasien

Contoh manfaat customer relationship management pada industri kesehatan

CRM memiliki banyak sekali manfaat dan keuntungan bagi perusahaan, demikian juga pada industri kesehatan. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh rumah sakit dari penerapan CRM yaitu:

  1. Meningkatkan customer experience

Rumah sakit menghadapi ratusan pasien setiap harinya. Sistem CRM dapat membantu mengelola janji dengan pasien maupun data pasien, seperti nama dan kondisi kesehatan mereka. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pasien secara keseluruhan melalui perbaikan pelayanan yang dilakukan oleh sistem CRM.

Melalui integrasi sistem CRM dengan Whatsapp API seperti yang dimiliki Qontak, rumah sakit dapat meningkatkan efisiensi jadwal dokter dengan mengingatkan janji temu kepada pasien terlebih dahulu. Integrasi Whatsapp CRM juga memfasilitasi komunikasi antara pasien dan staff medis, seperti menyampaikan informasi medis pasien.

  1. Mengurangi kesalahan administrasi

Survey menunjukkan bahwa 74% pasien melaporkan mereka harus memberikan informasi yang sama kepada dokter yang berbeda berkali-kali.

Sistem CRM membantu mengurangi kesalahan administrasi dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pasien. Hal ini dilakukan dengan mengotomatisasi proses administrasi yang sering menjadi kendala dalam rumah sakit.

CRM juga menyimpan seluruh informasi tiap pasien, termasuk catatan medis mereka, sehingga pasien tidak perlu mengulang kondisi mereka ketika berobat di rumah sakit yang sama.

  1. Melacak pasien rujukan

Pasien rujukan seringkali sulit dilacak tanpa menggunakan aplikasi CRM. CRM membantu dokter dalam mengelola pasien rujukan secara efektif dan menyimpan seluruh informasi yang relevan dalam satu platform untuk mempercepat akses.

  1. Memasilitasi komunikasi inbound dan outbound

Sistem CRM membantu memfasilitasi komunikasi antara dokter dengan pasien, dokter dengan dokter, rumah sakit dengan pasien, dan rumah sakit dengan partner.

  1. Memastikan keamanan data

Dengan sistem CRM, rumah sakit dapat membangun mekanisme keamanan untuk menjaga kerahasiaan data pasien. Hal ini dilakukan di antaranya dengan data encryption, autentikasi berlapis, penggunaan tanda tangan digital, maupun akses pengguna multi-level ke database.

Kesimpulan

Seiring dengan semakin ketatnya persaingan antara industri kesehatan, CRM memegang peranan penting dalam berbagai hal untuk rumah sakit. Dengan contoh customer relationship management pada industri kesehatan di atas, dapat dilihat bahwa CRM memberikan banyak manfaat bagi rumah sakit.

Software CRM Qontak telah membantu berbagai industri kesehatan di Indonesia dalam mengelola pasien dan seluruh catatan kesehatan mereka secara efisien. Mereka telah berhasil memperbaiki layanan mereka kepada pasien dan meningkatkan loyalitas pasien.

Miliki hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dan kembangkan bisnis Anda bersama kami.

× Contact Us!