Contoh CRM Untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Contoh CRM

Contoh CRM atau Customer Relationship Management  dapat dibedakan berdasarkan jenisnya, yaitu penggunaan umum, manajemen inbound lead, sales tracking, social tracking, dan sistem yang terintegrasi secara penuh. Sebagian besar solusi software ini hanya mencakup salah satu fungsi dari jenis di atas.

Dengan Qontak, semua jenis contoh software CRM ada dalam satu platform.

Sebelum berbicara lebih jauh, mari ketahui dulu apa itu CRM. CRM atau customer relationship management adalah sistem bisnis yang dirancang untuk mengelola interaksi – interaksi yang terjadi terhadap pelanggan dan calon pelanggan Anda. CRM paling banyak digunakan oleh tenaga penjualan dan pemasaran, karena sistem CRM dapat membantu perusahaan untuk merampingkan alur kerja bisnis sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Selengkapnya mengenai CRM dapat dibaca di sini.

Sebagian bisnis sekarang sudah menggunakan sistem CRM pada perusahaan mereka. Hal ini tidak mengherankan karena bisnis bergantung pada customer. Loyalitas customer adalah salah satu tolak ukur paling penting dalam bisnis. Dengan strategi CRM dan teknologi yang tepat, bisnis akan meningkat dengan memperoleh manfaat dari CRM. CRM akan memberikan otomatisasi proses yang berhubungan dengan customer, seperti pipeline management dan customer service. Dengan kata lain, CRM dapat memperbaiki customer experience secara drastis.

contoh CRM

Setelah mengetahui apa itu CRM dan manfaatnya, sekarang Anda perlu mengetahui contoh-contoh CRM yang dapat digunakan untuk perusahaan Anda. Contoh CRM di bawah ini diklasifikasi secara umum berdasarkan jenisnya sehingga dalam memilih Anda harus lebih spesifik untuk menentukan mana yang sesuai dengan bisnis Anda.

Contoh CRM berdasarkan jenisnya

  1. Inbound CRM

CRM jenis ini berfungsi untuk meningkatkan inbound marketing atau penjualan secara tradisional. Dengan kata lain, CRM ini melakukan pendekatan penjualan dan pemasaran tertentu sesuai dengan target produk.

  1. General CRM

Sebagian besar solusi bisnis yang Anda perlukan mungkin akan jatuh pada pilihan general CRM. Jenis ini meyediakan fitur standard berupa kontak dan deals yang sedang berjalan. Jenis ini bisa digunakan untuk berbagai macam industri, baik bisnis kecil maupun bisnis besar.

  1. Fully Integrated CRM

Beberapa CRM saat ini berkembang menjadi platform yang mengintegrasikan ketiga fungsi di satu tempat. Dalam sistem tersebut, tim marketing dapat mengirim email, tim sales dapat melakukan follow up deals melalui telepon, chat, atau email, sedangkan customer service dapat menjawab chat. Ini merupakan contoh fully integrated CRM

  1. Operational CRM

Operational CRM dapat mempersingkat proses bisnis. Selain fungsi dari CRM biasa, jenis ini dapat mengotomatisasi sales, marketing, dan customer service. Pada jenis ini, data yang kita masukkan dikonversi menjadi kontak dengan melihat keseluruhan detail dan menjaga hubungan pada siklus customer. CRM terbukti meningkatkan konversi sebesar 300%.

  1. Sales CRM

CRM bukanlah sekedar alat penjualan, melainkan tentang bagaimana cara menjual. Beberapa perusahaan mengutamakan penjualan, dan hal ini ideal jika pemasukan Anda sebagian besar berasal dari kemampuan tenaga sales Anda. Namun, tentu saja dibutuhkan proses sales yang efektif untuk mengoptimalkan penggunaan CRM Anda.

Qontak hadir sebagai software CRM Indonesia terbaik dan terlengkap yang mencakup keseluruhan jenis CRM yang ada. Hubungi Qontak sekarang untuk mendapat konsultasi gratis dalam meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan Anda.

Source: What Are Examples of CRM?

You may also like

× Contact Us!