Daftar isi
6 min read

Contoh Customer Relationship Management yang Baik

Tayang 02 Mei 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
contoh customer relationship
Contoh Customer Relationship Management yang Baik

Bagi bisnis, membangun customer relationship management sangatlah penting untuk mengembangkan perusahaan. Meskipun tidak mudah, banyak contoh bisnis berhasil membangun customer relationship yang baik.

Mereka yang berhasil menerapkan customer relationship management (CRM) yang baik, berhasil meningkatkan penjualan.

Pada artikel ini akan menjelaskan pengertian dan apa pentingnya customer relationship managemet untuk bisnis? Serta contoh customer relationship yang baik pada bisnis. Yuk pelajari selengkapnya di bawah ini.


Apa itu Customer Relationship Management?

Customer Relationship Management adalah sebuah sistem yang mengelola hubungan pelanggan. Implementasi CRM membantu bisnis membangun hubungan pelanggan lebih mendalam, sehingga meningkatkan layanan pelanggan dan penjualan.

Misalnya contoh penerapan customer relationship pada industri perhotelan. Bisnis tersebut menggunakan tools seperti Aplikasi CRM untuk mengumpulkan data pelanggan dari berbagai sumber, seperti riwayat pemesanan, hingga layanan pelanggan.

Baca juga: Mengenal Apa itu CRM: Tujuan, Manfaat dan Fungsinya


Contoh CRM Berdasarkan Jenisnya

  1. Inbound CRM

CRM jenis ini berfungsi untuk meningkatkan inbound marketing atau penjualan secara tradisional.

Dengan kata lain, CRM ini melakukan pendekatan penjualan dan pemasaran tertentu sesuai dengan target produk.

  1. General CRM

Sebagian besar solusi bisnis yang Anda perlukan mungkin akan jatuh pada pilihan general CRM.

Jenis ini meyediakan fitur standard berupa kontak dan deals yang sedang berjalan. Jenis ini bisa digunakan untuk berbagai macam industri, baik bisnis kecil maupun bisnis besar.

  1. Fully Integrated CRM

Beberapa CRM saat ini berkembang menjadi platform yang mengintegrasikan ketiga fungsi di satu tempat.

Dalam sistem tersebut, tim marketing dapat mengirim email, tim sales dapat melakukan follow up deals melalui telepon, chat, atau email, sedangkan customer service dapat menjawab chat. Ini merupakan contoh fully integrated CRM pada perusahaan.

  1. Operational CRM

Operational CRM dapat mempersingkat proses bisnis. Selain fungsi dari CRM biasa, jenis ini dapat mengotomatisasi sales, marketing, dan customer service.

Pada jenis ini, data yang kita masukkan dikonversi menjadi kontak dengan melihat keseluruhan detail dan menjaga hubungan pada siklus customer. CRM terbukti meningkatkan konversi sebesar 300%.

  1. Sales CRM

CRM bukanlah sekedar alat penjualan, melainkan tentang bagaimana cara menjual.

Beberapa perusahaan mengutamakan penjualan, dan hal ini ideal jika pemasukan Anda sebagian besar berasal dari kemampuan tenaga sales Anda.

Namun, tentu saja dibutuhkan proses sales yang efektif untuk mengoptimalkan penggunaan CRM Anda.

Rekomendasi: 19 Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia Tahun 2023


Contoh Menerapkan Customer Relationship Management yang Baik

Contoh customer relationship pada setiap bisnis berbeda-beda. Memilih CRM yang tepat dapat membantu bisnis mengelola hubungan dengan pelanggan secara lebih efisien.

Berikut adalah contoh penerapan customer relationship management:

1. Kumpulkan Informasi Pelanggan

contoh customer relationship management-Mengumpulkan Informasi Pelanggan

Informasi pelanggan sangat penting bagi bisnis untuk memahami kebutuhan atau tren pasar. Dari informasi pelanggan tersebut, Anda juga dapat dengan mudah mengetahui aktivitas mereka selama berinteraksi.

Misalnya produk yang sering dilihat, produk yang dipesan, total belanjaan mereka hinggan preferensi produk yang mereka inginkan. Informasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyusun strategi pengembangan bisnis lebih baik.

2. Mendorong Loyalitas dengan Program Reward

Mendorong Loyalitas dengan Program Reword

CRM dapat Anda manfaatkan untuk memilih pelanggan setia melalui riwayat interaksi mereka.

Untuk meningkatkan loyalitas mereka, Anda bisa memberikan reward sebagai bentuk terimakasih. Reward yang diberikan bisa berupa potongan harga atau voucher gratis.

Selain itu, juga mendorong mereka untuk menjadi lebih loyal bahkan mempromosikan brand Anda ke kolega mereka. Hal ini tentu menguntungkan Anda kerena meningkatkan penjualan serta pendapatan Anda.

3. Pemasaran Tepat Sasaran

Pemasaran Tepat Sasaran

Selama ini, banyak bisnis menghabiskan waktu dan uang untuk melakukan pemasaran yang terkadang tidak sebanding dengan hasil yang didapatkan. Salah satu penyebabnya adalah target pasar yang tidak sesuai. Hal ini akan berbeda hasilnya apabila Anda menggunakan CRM.

Contoh penggunaan customer relationship management yang tepat adalah membantu bisnis memahami pelanggan atau target pasar bisnis Anda.

Segmentasikan pelanggan menurut demografis, riwayat pembelian, dan preferensi pribadi.

Hal ini bisa lebih memudahkan Anda dalam mengirimkan pesan ke pelanggan yang tepat.

Setelah itu, Anda dapat mengirimkan pesan promosi yang telah dipersonalisasi ke pelanggan.

4. Manfaatkan laporan Analisis CRM

contoh customer relationship management-Manfaatkan laporan Analisis CRM

CRM memiliki laporan analisis akurat secara real-time. Dari laporan tersebut, Anda dapat melihat kondisi real bisnis Anda. Hal ini memudahkan Anda untuk mengidentifikasi masalah lebih cepat dan langsung memperbaikinya.

Laporan akurat juga bisa meningkatkan kredibilitas serta transparansi bisnis Anda yang memudahkan dalam pengambilan keputusan.

5. Membangun Kolaborasi Tim

contoh customer relationship management-Membangun Kolaborasi Tim

Pada sebuah bisnis, sebuah tim tidak selamanya bisa berdiri sendiri untuk menyelesaikan masalah. Maka dari itu, butuh kolaborasi dengan tim lainnya.

CRM memudahkan tim satu dengan yang lainnya untuk berkolaborasi tanpa berpindah aplikasi.

Setiap tim dapat dengan mudah berbagi informasi dan dokumen, bahkan bisa mendistribusikan tugas hanya dengan @ mention notifikasi untuk rekan tim. Hal ini penyelesaian permasalahan pelanggan lebih cepat.


Contoh Penerapan Customer Relationship Management dalam Dunia Bisnis

Mengetai apa itu CRM saja tidak cukup untuk Anda. Mungkin Anda masih bingun bagainana penerapan CRM pada industri.

Anda tidak perlu khawatir sebab, kami memiliki beberapa contoh penerapan CRM di berbagai industri seperti berikut:

1. Industri Kesehatan

Industri kesehatan memiliki data cukup banyak seperti data pasien yang selalu update, peralatan medis, data karyawan, obat-obatan dan masih banyak lainnya.

Semua data tersebut dapat disimpan secara lengkap dan otomatis, serta dikelola dengan baik melalui aplikasi CRM.

2. Industri Retail

Aplikasi CRM dapat mengatur masalah stok barang, akuntansi, laporan penjualan dan pendapatan, dan lain-lain. Hal ini sangat diperlukan oleh industri retail yang mempunyai alur penjualan kompleks.

Implementasi sistem CRM pada bisnis retail juga untuk menghindari kesalahan umum yang biasa terjadi saat proses penjualan dilakukan secara manual.

3. Industri Konstruksi

Pemanfaatan aplikasi CRM pada industri kontruksi  adalah untuk menjalin hubungan yang baik dengan mitra bisnis. Dengan begitu menambah peluang untuk memperoleh proyek baru.

Pelanggan atau rekanan yang mempercayai seorang kontraktor cenderung memberikan proyek dengan nilai yang tinggi dan merekomendasikannya ke kolega mereka.

4. Industri Manufaktur

Aplikasi CRM banyak dilirik sebagai solusi cerdas untuk perusahaan manufaktur mengelola pelanggan lebih efisien. Hal ini karena kemampuan sistem CRM dalam melacak pipeline dan proses bisnis secara real-time serta dalam mengelola kontak pelanggan.

5. Industri Perhotelan

Kepuasan pelanggan merupakan aspek penting yang harus menjadi prioritas utama sebuah manajemen hotel. Pengelola hotel harus mampu melayani dan memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan sebaik-baiknya.


Bangun Customer Relationship yang Baik Sekarang!

Seiring dengan semakin ketatnya persaingan bisnis, CRM memegang peranan penting dalam berbagai hal untuk rumah sakit.

Penerapan customer relationship management memberikan banyak manfaat yang akan bisnis dapatkan, salah satu peningkatan layanan pelanggan dan penjualan.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang telah dipercaya lebih dari 3000+ bisnis dari berbagai kalanggan.

Teknologi CRM Qontak memiliki fitur lengkap seperti intagrasi WhatsApp Business API dan WA blast untuk membantu bisnis mengelola sales, marketing dan customer service.

Miliki hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dan kembangkan bisnis Anda bersama kami.

Kategori : BisnisCRM
WhatsApp WhatsApp Sales