Contoh Aplikasi CRM dalam Industri Konstruksi

contoh aplikasi crm

Bagaimana contoh aplikasi CRM dalam industri konstruksi?

Pelaksanaan proyek pada industri konstruksi merupakan suatu proses yang panjang dan kompleks serta melibatkan banyak sekali kontak, mulai dari kontraktor, subkontraktor, arsitek, supplier, klien, dan lain sebagainya. Suatu kontrak proyek bukanlah sekedar mengetahui siapa kontraktornya, melainkan bagaimana mengelola hubungan dengan berbagai pemangku kepentingan yang terlibat. Mari simak bagaimana contoh aplikasi CRM dapat membantu dalam industri konstruksi.

Seperti namanya, CRM atau customer relationship management membantu bisnis dalam mengelola hubungannya dengan pelanggan. Dalam industri konstruksi, menjalin hubungan yang baik dengan rekanan merupakan cara utama dalam mencari proyek baru. Oleh sebab itu, mengumpulkan dan merekam informasi yang tepat mengenai klien adalah hal yang sangat penting.

Klien akan memberikan proyek dengan nilai tinggi pada kontraktor yang mereka percaya. Tiap komunikasi dengan klien sangat berpengaruh pada kepercayaan yang mereka miliki. Ketika industri konstruksi semakin kompetitif, semakin banyak perusahaan yang menggunakan software CRM untuk membantu bisnis mereka.

Mengapa industri konstruksi membutuhkan CRM?

Pada sebagian besar industri, mengembangkan penjualan dan bisnis terdiri dari 2 tahapan. Tahap pertama, perusahaan mengidentifikasi adanya calon pelanggan potensial atau lead. Pada tahap kedua, lead akan menjadi opportunities, yaitu ketika produk terjual atau close deal.

Bagi perusahaan konstruksi, yang mereka jual adalah pengalaman dan proyek. Secara umum, proses dalam industri konstruksi terdiri dari 3 tahapan. Tahap pertama yaitu adanya informasi tentang suatu proyek. Selanjutnya tahap kedua, kontraktor mengirimkan proposal dan melakukan bidding. Tahap ketika yaitu mereka memenangkan proyek tersebut. Proyek tersebut akan digunakan oleh kontraktor sebagai modal untuk memenangkan proyek lainnya.

Tahapan-tahapan tersebut melibatkan banyak data dan hubungan dengan orang lain. CRM membantu industri konstruksi dalam merekam informasi yang dibutuhkan serta mengelolanya. Salah satu keuntungan dari software CRM adalah meningkatkan nilai kepada pelanggan. Hal ini dilakukan dengan merampingkan tugas dan pekerjaan dalam proyek.

Selengkapnya: Mengapa Aplikasi Manajemen Proyek Penting?

Lalu bagaimana sebenarnya contoh aplikasi CRM dalam industri konstruksi?

Contoh Aplikasi CRM dalam Industri Konstruksi

  1. Manajemen Proyek

Dalam pelaksanaan proyek, proses mendapatkan suatu barang meliputi beberapa supplier dan subkontraktor untuk memperoleh harga termurah dengan kualitas terbaik. Belum lagi kontraktor harus menyesuaikannya dengan spesifikasi yang dimiliki klien.

Untuk merampingkan keseluruhan proses tersebut menjadi lebih efisien, CRM dapat membantu memetakan dan melacak siapa saja yang terlibat.

CRM dapat berfungsi sebagai aplikasi manajemen proyek atau project management software yang memudahkan manajer proyek untuk mengetahui apa saja yang sedang dikerjakan tiap individu, serta tugas apa yang masih harus diselesaikan.

contoh aplikasi crm

Seorang project manager harus mampu menciptakan alur kerja yang fleksibel dalam memberikan tanggung jawab, mendelegasikan tugas dan deadline untuk tiap individu, serta berkomunikasi antar anggota tim dengan mudah.

Salah satu penyebab tidak tercapainya deadline adalah kurangnya akuntabilitas dan miskomunikasi. Dengan menggunakan CRM seperti Qontak untuk mengelola proyek, project manager dapat menentukan prioritas tugas, mendelegasikannya pada orang yang tepat, dan memastikan mereka memperoleh informasi terbaru yang dibutuhkan.

Selengkapnya: 9 Manfaat Utama Aplikasi Project Management

  1. Sentralisasi data

Data dalam sebuah proyek sangatlah banyak dan biasanya tersebar di berbagai tempat. Bagi yang pernah terlibat dalam proyek tentu pernah merasakan sulitnya untuk menemukan dan menerima informasi yang tepat dengan cepat. Belum lagi kemungkinan terjadinya miskomunikasi dan kesalahan lainnya.

Untuk menjaga dan meningkatkan hubungan dengan klien, seluruh informasi yang mereka miliki harus dijaga dengan baik dan tersimpan dalam satu platform yang dapat diakses dengan mudah oleh siapa pun ketika diperlukan.

CRM membantu melakukan sentralisasi data sehingga tiap orang dapat berfokus pada hal yang lebih penting dalam proyek.

  1. Melacak pipeline

Salah satu kendala kontraktor adalah mereka tidak memiliki sistem yang dapat memberikan visibilitas dan informasi yang diperlukan untuk mengelola sales pipeline. Biasanya kendala yang dihadapi kontraktor meliputi:

  • Mengejar proyek yang memiliki kemungkinan kecil untuk menang
  • Gagal untuk melakukan follow up pada proyek yang memiliki kesempatan untuk menang karena kurangnya informasi

Untuk mengatasi hal tersebut, kontraktor biasanya menggunakan program seperti Outlook atau Excel. Penggunaan software CRM dapat menjadi solusi yang lebih baik. CRM membantu bisnis untuk memberikan tampilan 360 derajat terhadap calon klien potensial, klien saat ini, maupun bidding yang sedang berlangsung.

contoh aplikasi CRM

  1. Memetakan jaringan kerja

Menjalin hubungan kerja dengan rekanan merupakan hal yang sangat penting dalam industri konstruksi. Informasi mengenai proyek baru biasanya diperoleh dari mulut ke mulut. Selain itu, memiliki jaringan yang luas akan memudahkan kontraktor dalam memilih supplier terbaik yang sesuai dengan spesifikasi teknis serta keputusan penting lainnya.

Untuk menjalin hubungan yang baik dengan tiap orang yang terlibat dalam proyek, software CRM dapat membantu memetakan dan merekam seluruh kontak mereka, yaitu klien, rekanan, konsultan, dan subkontraktor.

contoh aplikasi crm

  1. Memudahkan akses informasi dengan Mobile CRM

Adanya mobile CRM semakin mempermudah akses informasi yang diperlukan kapan pun dan di mana pun dibutuhkan. Mobile CRM membantu dalam mengelola, mencari, dan menyaring kontak, perusahaan, dan proyek yang sedang berlangsung dengan mudah menggunakan smartphone.

Kesimpulan

Contoh aplikasi CRM dalam Industri konstruksi di atas menunjukkan bahwa software CRM dapat digunakan untuk berbagai macam industri. Software CRM membantu perusahaan kontruksi untuk mengelola proyek dan hubungan dengan berbagai pemangku kepentingan dengan lebih efisien.

Miliki hubungan yang lebih baik dengan klien dan alur kerja yang lebih baik dengan software CRM Indonesia terbaik Qontak. Dapatkan free trial sekarang dan kembangkan bisnis Anda dengan CRM.

 

× Contact Us!