Daftar isi
5 min read

Contoh Sukses Penerapan Aplikasi CRM dalam Industri Konstruksi

Tayang 24 Januari 2024
Diperbarui 25 Januari 2024
Contoh Penerapan Aplikasi CRM dalam Industri Konstruksi
Contoh Sukses Penerapan Aplikasi CRM dalam Industri Konstruksi

Operasional perusahaan konstruksi memiliki alur yang kompleks dan melibatkan banyak sekali stakeholder, mulai dari kontraktor, subkontraktor, arsitek, supplier, klien, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk mengelola dan melacak kinerja mereka sangat mereka.

Solusi terbaik untuk permasalahan perusahaan konstruksi adalah dengan transformasi digital menggunakan aplikasi CRM. Aplikasi CRM berfungsi untuk mengelola hubungan dengan pelanggan dan berbagai pemangku kepentingan yang terlibat.

Contoh penerapan aplikasi CRM dalam industri konstruksi yang paling mudah adalah menyimpan data pelanggan. Berdasarkan data tersebut, perusahaan bisa mengetahui kebutuhan pelanggan mereka. Kemudian bisa diwujudkan dalam proyek yang akan mereka kerjakan

Pelajari selengkapnya contoh penerapan aplikasi CRM dalam industri konstruksi pada artikel di bawah ini.


Mengapa industri konstruksi membutuhkan CRM?

Menggunakan aplikasi CRM sangat penting bagi semua perusahaan konstuksi.  Berdasarkan penelitian Journal of Building Engineering, dengan sampel 2.700 proyek konstruksi yang diteliti, terungkap bahwa margin keuntungan dalam industri ini mengalami penurunan selama beberapa tahun.

Penelitian Journal of Building Engineering, juga menemukan bahwa hanya sedikit kontraktor yang mampu memprediksi margin dengan akurat.

Berdasarkan fakta tersebut menunjukkan bahawa perusahan konstruksi sangat sulit memantau progress pekerjaan proyek mereka dengan teliti. Hal ini meningkatkan meningkatkan risiko terhadap masalah arus kas, dan berpotensi menghadapi kegagalan bisnis.

Sementara itu, aplikasi CRM menjadi salah satu solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Aplikasi CRM memungkinkan perusahaan untuk melacak dan memantau proses proyek secara real time.

Dengan kemampuan tersebut, Anda dapat mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana proyek Anda berjalan dan seberapa efisien sumber daya Anda digunakan. Data ini dapat membantu Anda dalam membuat estimasi biaya dan penawaran yang lebih akurat kepada klien atau pelanggan potensial.

Selain itu, Anda dapat merencanakan keuangan perusahaan lebih baik, seperti pembayaran pelanggan yang tertunda atau biaya proyek yang lebih tinggi dari yang diperkirakan. Dengan begitu, Anda dapat menghindari potensi kegagalan yang dapat merugikan bisnis Anda secara keseluruhan.

Baca juga: Manfaat CRM (Customer Relationship Management) Bagi Perusahaan


Contoh Penerapan Aplikasi CRM dalam Industri Konstruksi

Setelah mengetahui pentingnya penggunaan aplikasi CRM, kini saatnya untuk menyimak contoh sukses penggunaan CRM dalam industri konstruksi. Diharapkan bisa menjadi inspirasi Anda nantinya saat menggunakan aplikasi CRM pada perusahaan konstruksi Anda.

Berikut contoh penerapan CRM pada industri konstuksi adalah

1. Manajemen Proyek

Dalam pelaksanaan proyek, proses mendapatkan suatu barang meliputi beberapa supplier dan subkontraktor untuk memperoleh harga termurah dengan kualitas terbaik.

Belum lagi kontraktor harus menyesuaikannya dengan spesifikasi yang dimiliki klien.

Untuk merampingkan keseluruhan proses tersebut menjadi lebih efisien, aplikasi CRM dapat membantu memetakan dan melacak siapa saja yang terlibat.

CRM dapat berfungsi sebagai aplikasi manajemen proyek atau project management software yang memudahkan manajer proyek untuk mengetahui apa saja yang sedang dikerjakan tiap individu, serta tugas apa yang masih harus diselesaikan.

Seorang project manager harus mampu menciptakan alur kerja yang fleksibel dalam memberikan tanggung jawab, mendelegasikan tugas dan deadline untuk tiap individu, serta berkomunikasi antar anggota tim dengan mudah.

Salah satu penyebab tidak tercapainya deadline adalah kurangnya akuntabilitas dan miskomunikasi.

Dengan menggunakan CRM seperti Mekari Qontak untuk mengelola proyek, project manager dapat menentukan prioritas tugas, mendelegasikannya pada orang yang tepat, dan memastikan mereka memperoleh informasi terbaru yang dibutuhkan.

2. Sentralisasi data

Data dalam sebuah proyek sangatlah banyak dan biasanya tersebar di berbagai tempat. Bagi yang pernah terlibat dalam proyek tentu pernah merasakan sulitnya untuk menemukan dan menerima informasi yang tepat dengan cepat. Belum lagi kemungkinan terjadinya miskomunikasi dan kesalahan lainnya.

Untuk menjaga dan meningkatkan hubungan dengan klien, seluruh informasi yang mereka miliki harus dijaga dengan baik dan tersimpan dalam satu platform yang dapat diakses dengan mudah oleh siapa pun ketika diperlukan.

Aplikasi CRM membantu melakukan sentralisasi data sehingga tiap orang dapat berfokus pada hal yang lebih penting dalam proyek.

3. Melacak pipeline

Salah satu kendala kontraktor adalah mereka tidak memiliki sistem yang dapat memberikan visibilitas dan informasi yang diperlukan untuk mengelola sales pipeline. Biasanya kendala yang dihadapi kontraktor meliputi:

  • Mengejar proyek yang memiliki kemungkinan kecil untuk menang
  • Gagal untuk melakukan follow up pada proyek yang memiliki kesempatan untuk menang karena kurangnya informasi

Untuk mengatasi hal tersebut, kontraktor biasanya menggunakan program seperti Outlook atau Excel.

Penggunaan software CRM dapat menjadi solusi yang lebih baik. Aplikasi CRM membantu bisnis untuk memberikan tampilan 360 derajat terhadap calon klien potensial, klien saat ini, maupun bidding yang sedang berlangsung.

4. Memetakan jaringan kerja

Menjalin hubungan kerja dengan rekanan merupakan hal yang sangat penting dalam industri konstruksi.

Informasi mengenai proyek baru biasanya diperoleh dari mulut ke mulut.

Selain itu, memiliki jaringan yang luas akan memudahkan kontraktor dalam memilih supplier terbaik yang sesuai dengan spesifikasi teknis serta keputusan penting lainnya.

Untuk menjalin hubungan yang baik dengan tiap orang yang terlibat dalam proyek, software CRM dapat membantu memetakan dan merekam seluruh kontak mereka, yaitu klien, rekanan, konsultan, dan subkontraktor.

5. Memudahkan akses informasi dengan Mobile CRM

Adanya aplikasi mobile CRM semakin mempermudah akses informasi yang diperlukan kapan pun dan di mana pun dibutuhkan.

Aplikasi mobile CRM membantu dalam mengelola, mencari, dan menyaring kontak, perusahaan, dan proyek yang sedang berlangsung dengan mudah menggunakan smartphone.

Baca juga: Contoh Implementasi CRM pada Perusahaan Besar di Indonesia


Terapkan Aplikasi CRM di Perusahaan Konstruksi Anda

Contoh penerapan aplikasi CRM dalam Industri konstruksi di atas menunjukkan bahwa software CRM dapat digunakan untuk berbagai macam industri.

Software CRM membantu perusahaan kontruksi untuk mengelola proyek dan hubungan dengan berbagai pemangku kepentingan dengan lebih efisien.

Miliki hubungan yang lebih baik dengan klien dan alur kerja yang lebih baik dengan software CRM Indonesia terbaik Mekari Qontak. Mekari Qontak dipercaya lebih dari 3500+ perusahaan di Indonesia. Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

YukDapatkan FREE TRIAL Aplikasi CRM Mekari Qontak  selama 14 hari atau Konsultasi Gratis dengan tim Mekari Qontak sekarang!

Kategori : BisnisCRM
WhatsApp WhatsApp Sales