Qontak WhatsApp

Cloud Call Center Software: Fitur dan Manfaatnya

Mengenal Cloud Call Center Software dan Bagaimana Memanfaatkannya?

Cloud call center software digunakan oleh bisnis untuk melayani pelanggan layaknya call center. Cloud Center Software terkoneksi dengan internet yang mengurangi pemasangan hardware berlebihan, sehingga penggunaanya lebih fleksibel dan menghemat biaya. Berbeda dengan aplikasi call center yang banyak dikeluhkan bisnis berbiaya mahal.

Cara Membuat Cloud Call Center Software Dapat Bekerja Optimal sebagai berikut:

  1. Satukan Data Pelanggan
  2. Menyusun Strategi Peningkatan Bisnis
  3. Melakukan Panggilan dari mana pun
  4. Evaluasi Kinerja Tim Support
  5. Tingkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Mengenal Cloud call center software

Apa itu Cloud Call Center Software?

Cloud Call Center software adalah aplikasi call center berbasis cloud. Aplikasi ini menggunakan sistem telepon yang dihosting, perangkat hardware serta penyimpanan panggilan telah dipindahkan ke cloud. Cara ini memudahkan bisnis melayani pelanggan dari mana saja.

Berbeda dengan Aplikasi call center yang dianggap rumit, mahal dan membutuhkan waktu lama untuk melakukan perubahan, cloud call center software jauh lebih simpel dan fleksibel. Didukung fitur-fitur canggih, aplikasi ini mampu menciptakan kepuasan pelanggan baik yang berinteraksi melalui telepon, maupun website bisnis.

Alasan pentingnya layanan call center, Baca: Layanan Call Center? Apakah Perlu?


Apa saja Fitur yang Wajib Dimiliki Cloud Call Center Software?

Implementasi cloud call center software membutuhkan dukungan fitur untuk dapat bekerja optimal. Berikut fitur-fitur yang harus dimiliki aplikasi cloud call center:

–      Interactive Voice Response (IVR)

cloud-call-center-IVR

Fitur ini menghasilkan suara artifisial yang pertama didengar pelanggan saat menghubungi bisnis. IVR dirancang agar mampu memberikan respon pelanggan setiap saat serta membantu bisnis dalam memilih pelanggan secara instan.

–      Automatic Call Distribution (ACD)

acd-cloud-call-center-software

ACD mengalihkan panggilan ke tim support secara otomatis dan tepat sehingga mengurangi waktu tunggu pelanggan. Sistem ACD ini memastikan setiap panggilan pelanggan direspon secara cepat.

–      Routing Panggilan

cloud-call-cneter-software-routing-agent

Sistem ini akan mengirimkan panggilan masuk ke tim support yang paling efektif. Fitur Routing merutekan tim karyawan berdasarkan volume panggilan masuk, waktu preferensi bahasa, atau departemen terkait untuk menyelesaikan permintaan pelanggan.

–      Akses Mobile

cloud-call-center-software-mobile-qontak

Di era modern seperti sekarang, akses mobile, sangat membantu bisnis dapat dihubungi setiap saat meski dalam jarak jauh. Dengan adanya fitur ini, aplikasi cloud call center dapat tetap menangani pelanggan menggunakan gadget dimana saja selama terkoneksi internet.

Saya Mau Coba Gratis aplikasi cloud call center Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Qontak Sekarang!

–      Integrasi CRM

contact-center-technology-cloud-call-center-software

Cloud call center yang terintegrasi perangkat lunak CRM seperti milik Qontak.com, akan memberikan informasi rinci pelanggan seperti kontak, riwayat panggilan dan lainnya. Hal ini akan membantu mereka memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Tim support dapat mengakses informasi tersebut kapanpun dibutuhkan.

–      Report

fitur ini akan memberikan laporan rinci mengenai volume panggilan pada waktu tertentu, jumlah panggilan diterima, panggilan tidak terjawab, dan informasi penting lainnya.Hal ini dibutuhkan untuk evaluasi internal dan penyusunan strategi layanan pelanggan lebih baik.


Apa Manfaat Menggunakan Cloud Call Center Software?

Cloud call center software bermanfaat untuk meningkatkan layanan pelanggan. Pasalnya pelanggan dapat menghubungi bisnis kapanpun dibutuhkan. Sementara bagi bisnis, aplikasi ini memudahkan untuk menerima panggilan pelanggan dari manapun tanpa memerlukan perangkat hardware.

Berikut manfaat lainnya yang diberikan cloud call center yang sayang dilewatkan bisnis Anda:

  • Hemat Biaya: Aplikasi cloud call center lebih terjangkau karena bisnis tidak perlu mengeluarkan biaya instalasi, perangkat keras, peningkatan dan pemeliharaan seperti aplikasi call center.
  • Bekerja jarak jauh: Anda bisa membuat tim kecil sebagai call center virtual yang bekerja dari mana saja melalui VOIP yang terkoneksi internet. Tujuannya untuk menghemat biaya.
  • Fleksibel: Aplikasi ini dirancang untuk dapat beradaptasi dengan berbagai jenis aktivitas yang dilakukan bersamaan seperti integrasi aplikasi CRM, CEM, e-commerce, solusi pemasaran dan lainnya. Hal ini menjadikan Anda memiliki platform kuat dan dapat dikonfigurasikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis.
  • Penguat Produktivitas: Aplikasi ini didukung fitur canggih yang dilengkapi laporan untuk mengukur kinerja agen, serta menunjukan catatan waktu real time durasi mereka melayani pelanggan.
  • Meningkatkan hubungan pelanggan: Kemampuan memberikan layanan pelanggan yang baik dapat meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Dengan begitu akan terbangun loyalitas pelanggan.

Baca juga: Aplikasi Contact Center: Pengertian dan Manfaatnya

cloud-call-center-software-integrasi


Bagaimana Contoh Penerapan Cloud Call Center Software pada Bisnis?

Cloud call center software telah banyak digunakan oleh bisnis yang melakukan digitalisasi layanan pelanggan. Cara ini terbukti lebih efektif dan efisien seperti yang dilakukan POS Indonesia. Bisnis yang bergerak dibidang jasa pengiriman itu menggunakan sistem ini tidak hanya untuk pengaduan komplain pelanggan namun juga banyak inovasi lainnya seperti menyediakan informasi untuk agen POS.

Selain POS Indonesia, saat ini telah banyak bisnis yang mengadopsi teknologi call center baru ini seperti perbankan, perusahaan asuransi, distributor dan perusahaan skala menengah hingga Industri yang melayani banyak pelanggan setiap harinya. Mereka membuktikan cloud call center menjadi solusi layanan pelanggan terbaik karena mudah, berbasis VOIP (Voice over Internet Protocol), dan dapat disesuaikan. Terlebih aplikasi ini  tidak memerlukan pemasangan hardware di kantor Anda, sehingga tim support tetap dapat bekerja diluar kantor.

Saya Mau Coba Gratis aplikasi cloud call center Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Qontak Sekarang!

 


Bagaimana Cara Menggunakan Cloud Call Center Software Agar Bekerja Optimal?

Cloud call center software terintegrasi dengan sistem CRM akan menyimpan seluruh interaksi pelanggan seperti kontak, percakapan, pemesanan dan lainnya dari berbagai saluran. Hal ini memastikan tidak ada satupun informasi mengenai pelanggan terlewatkan. Tim support dapat menggunakan informasi tersebut untuk lebih memahami dan personalisasi pelanggan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan cloud call center software dengan cara berikut ini untuk mendapatkan keuntungan optimal:

1.   Satukan Data Pelanggan

Aplikasi cloud call center akan menyimpan seluruh interaksi pelanggan tersebut dalam satu kontak pelanggan. Hal ini membantu tim support mengetahui siapa yang mereka hadapi dan bagaimana riwayat di masa lalu, sehingga dapat melayani pelanggan lebih personal.

360-degree-customer-view-cloud-call-center-software

2.   Menyusun Strategi Peningkatan Bisnis

Aplikasi ini memiliki fitur yang menampilkan laporan dan analisis canggih. Bisnis dapat memanfaatkannya untuk memantau jumlah panggilan dan statistik. Berdasarkan data tersebut, manajer dapat menyusun strategi untuk mendapatkan prospek baru, mempertahankan pelanggan dan meningkatkan penjualan.

3.   Melakukan Panggilan dari mana pun

Cloud call center tidak membatasi ruang gerak tim support untuk menghubungi pelanggan dari mana saja baik melalui browser maupun ponsel. Anda dapat memaksimalkan fungsi ini untuk tetap terhubung dengan pelanggan saat mereka butuhkan.

4.   Evaluasi Kinerja Tim Support

Aplikasi ini dilengkapi dengan laporan analitik terhadap kinerja tim support, seperti jumlah panggilan per agen, durasi percakapan dan pencapaian KPI call center lainnya. Laporan ini dapat digunakan manajer untuk memantau siapa saja bekerja dengan baik atau memerlukan pelatihan lebih lanjut.

phone-activity-reports-pada-cloud-call-center-software

5.   Tingkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Melalui integrasi CRM, akan terjalin koordinasi antar departemen dalam satu sistem terpusat. Hal ini menghindarkan perusahaan menggunakan banyak aplikasi hanya untuk mengumpulkan informasi pelanggan. Sistem ini dapat menemukan informasi pelanggan lebih cepat, sehingga dapat meningkatkan produktivitas tim support.


Bagaimana Cara Mendapatkan Cloud Call Center Softwares untuk Bisnis Anda?

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk dapat menggunakan aplikasi cloud call center adalah harus bergabung dengan penyedia aplikasi call center berbasis cloud. Pilihlah penyedia call center software yang memiliki banyak pengalaman serta fleksibel dapat disesuaikan bisnis Anda seperti Qontak.com.

Qontak.com memiliki fitur canggih yang terintegrasi dengan sistem CRM mudah digunakan bisnis Anda untuk melayani pelanggan jauh lebih baik. cloud call center dari Qontak.com akan didesain sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Hubungi Kami apabila Anda ingin berkonsultasi gratis atau langsung mencoba gratis cloud call center software disini!

cloud-call-center-software-omnichannel-qontak

You may also like

0 comments

By