Daftar isi
8 min read

WhatsApp Clone: Cara Kloning WhatsApp di HP Android

Tayang 06 Maret 2023
Diperbarui 26 Maret 2024
WhatsApp Clone: Cara Kloning WhatsApp di HP Android

WhatsApp clone adalah salah satu cara untuk menggunakan lebih dari satu aku WhatsApp pada satu HP. Umumnya satu ponsel hanya mengizinkan untuk menggunakan satu akun WhatsApp.

Namun bagi sebagian pengguna hal ini tidaklah cukup, terlebih pelaku bisnis. Sebab dengan hanya satu akun pada ponsel tidak akan efektif untuk merespon pesan pelanggan. Berbeda halnya apa bila Anda bisa kloning WA atau menggunakan WhatsApp clone.

Dengan adanya kloning WA ini, Anda bisa menggunakan dua akun WhatsApp berbeda dalam satu HP. Hal ini sangat membantu Anda yang memiliki banyak keperluan. Misalnya pelaku bisnis yang memiliki banyak pelanggan. Mereka dapat memisahkan dua akun WA untuk keperluan berbeda. Dengan begitu, bisnis bisa membalas pesan pelanggan lebih cepat.

Lalu bagaimana cara kloning WA? Yuk, temukan jawabanya dibawah ini.


Apa itu WhatsApp Clone?

WhatsApp Clone adalah fitur WhatsApp yang memungkinkan untuk adanya dua nomor WA atau lebih pada satu perangkat ponsel yang sama. Jadi dengan WhatsApp cloning, Anda bisa menggunakan dual akun WhatsApp dengan berbagai keperluan dalam satu HP.

WhatsApp clone memiliki fitur yang sama dengan WhatsApp pada umumnya, seperti mengirimkan pesan teks, foto, video, serta berbagai macam file. Implementasi Aplikasi WhatsApp clone dinilai lebih praktis dan ekonomis karena tidak perlu membeli HP baru untuk menggunakan akun WhatsApp yang berbeda.

Baca juga: 15 Aplikasi WhatsApp Clone Terbaru Tahun 2023


Cara Kloning WA di Ponsel Android

Setelah mengetahui keunggulan WhatsApp Clone, mungkin Anda tertarik untuk menggunakannya. Namun, cara kloning WA di ponsel Android berbeda-beda tergantung pada brand yang digunakan.

Berikut cara kloning WA berdasarkan brand ponsel yang digunakan adalah

– Vivo

Cara kloning WA pada ponsel Vivo adalah

  • Download WhatsApp clone di Playstore
  • Buka menu “Settings”
  • Lalu gulir ke bawah pilih “App Clone”
  • Geser ke kanan pada tombol kloning untuk mengaktifkan.
  • Kembali ke halaman depan atau home screen untuk melihat daftar aplikasi
  • Tekan dan tahan pada aplikasi WhatsApp sampai muncul icon hapus (x) dan tambah (+)
  • Pilih tambah (+), maka akan muncul aplikasi WhatsApp yang kedua.

– Samsung

Cara kloning WA pada ponsel Samsung adalah

  • Download Dual Messenger  di Playstore
  • Buka menu “Setting”
  • Kemudian gulir ke bawah cari menu “Advance Feature”
  • Pilih opsi “Dual Messenger” untuk menggandakan WhatsApp dalam satu smartphone
  • Setelah selesai, kembali ke halaman depan
  • Cari aplikasi WhatsApp yang baru dikloning, buka dan lakukan verifikasi untuk menggunakannya

– Xiaomi

Cara kloning WA pada ponsel Xiaomi adalah

  • Buka fitur Dual Apps pada sistem MIUI
  • Buuka menu “Setting”
  • Pilih “Apps”, lalu ketuk “Dual Apps”.
  • Cari aplikasi WhatsApp, lalu tekan untuk aktifkan
  • Klik “Turn On” untuk memprosesnya
  • Setelah selesai, kembali ke halaman depan
  • Cari aplikasi WhatsApp yang baru dikloning, buka dan lakukan verifikasi untuk menggunakannya.

– Asus

Cara kloning WA pada ponsel Asus adalah

  • Unduh Twin Apps pada playstore
  • Buka “Settings”
  • Pilih “Advanced”
  • Klik “Twin Apps”
  • Pilih WhatsApp, tunggu sampai ada notifikasi berhasil dalam beberapa detik.

– Huawei dan Honor

Cara kloning WA pada ponsel Huawei dan Honor adalah

  • Download App Twin pada Playstore.
  • Buka “Settings”,
  • Pilih “Apps & notifications”
  • Klik “App Twin”. Pilih WhatsApp
  • Lalu geser tombol sampai berwarna biru, dan tunggu beberapa saat hingga ada notifikasi berhasil.

– Oppo dan Realme

Cara kloning WA pada ponsel Oppo dan Realme adalah

  • Dowload WhatsApp Clone di Playstore
  • Buka menu “Settings”
  • Kemudiangulir ke bawah cari menu “Clone Apps”
  • Di dalam halaman “Clone Apps”, pilih aplikasi WhatsApp dan geser tombol di opsi “Enable App Cloning”.
  • Jika perlu, ganti nama aplikasi kedua dengan mengetuk bagian “Rename Clone App”.

Bagaimana Cara Membuat WhatsApp Clone Resmi?

Seperti yang diketahui, melakukan clone WhatsApp sangat rentan untuk diblokir oleh pihak WhatsApp. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan WhatsApp clone resmi atau WhatsApp Business API.

WhatsApp Business API merupakan cara kloning WA tanpa aplikasi yang mudah dan aman. Jadi, Anda tidak perlu mendownload aplikasi tambahan lagi. Salah satu yang penyedia aplikasi dual WhatsApp terbaik adalah Business Solution Provider (BSP).

Berikut ini cara kloning WA terbaik secara resmi:

Step 1. Daftar ke Official Partner WhatsApp API

WhatsApp API Mekari Qontak

Salah satu partner resmi WhatsApp Business API terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak. Partner resmi akan membantu mengajukan Bisnis Anda menjadi WhatsApp Business API. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan fitur yang dimiliki WA API termasuk clone.

Step 2. Buat Akun Facebook Business Manager

Langkah kedua membuat WhatsApp Clone adalah buat akun FBM

Mekari Qontak akan membantu Anda membuat akun Facebook Business Manager. Namun Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan cara berikut.

  • Login Facebook Business Manager menggunakan akun Facebook Anda.
  • Buat akun baru
  • Tulis nama bisnis, selanjutnya klik opsi “Lanjutkan”
  • Tulis nama Anda dan email bisnis Anda, kemudian pilih opsi “Selesai”
  • Atur akun Facebook Business Manager Anda dengan menambahkan Page, Add Account, dan People

Step 3. Verifikasi Akun

Langkah ketiga membuat WhatsApp Clone adalah verifikasi akun FBM

Izinkan BSP Mekari Qontak memgirimkan pesan ke Facebook atas nama Anda. Caranya terlebih dahulu Anda perlu mengirimkan email berisi 16 digit BIMD kepada Qontak. BIMD (ID Manajer Bisnis) terdapat pada bagian “Pengaturan Bisnis – Info Bisnis (di bawah nama akun Manajer Bisnis).

Kemudian, BSP akan membutuhkan persetujuan Anda untuk mengirimkan pesan atas nama Anda. Untuk memberikan persetujuan, Anda perlu menerima permintaan pada opsi “Pengaturan Bisnis” melalui email dan Business Manager.

Selanjutnya Qontak akan membantu Anda mengajukan verifikasi bisnis ke Facebook. Biasanya proses verifikasi bisnis dapat membutuhkan waktu selama kurang lebih tiga hari kerja.

Step 4. Mengatur Akun WhatsApp Business

Langkah keempat membuat WhatsApp Clone adalah Mengatur Akun

Hal pertama untuk mengatur akun Anda adalah dengan mengajukan display name. Proses ini membutuhkan waktu selama satu hari kerja. Nama bisnis harus sesuai dengan kebijakan Perdagangan dan Bisnis yang telah ditentukan oleh pihak WhatsApp. Anda tidak dapat mengganti nama bisnis yang telah Anda pilih sebelumnya.

Selanjutnya Anda perlu menunggu selama satu hari kerja sampai approval akun WhatsApp keluar. Sementara untuk proses setup dan live juga membutuhkan waktu selama satu hari kerja.

Step 5. Pengajuan WhatsApp Business API

Langkah kelima membuat WhatsApp Clone adalah Pengajuan WhatsApp Business API

Tahapan ini membutuhkan waktu sekitar 3 hari kerja. Jika pengajuan akun WhatsApp bisnis resmi (Official Business Account) ini disetujui, maka proses pembuatan WhatsApp Business API selesai dan akun WhatsApp bisnis Anda akan memiliki centang hijau.

Step 6. Ajukan Nomor tambahan

Langkah keenam membuat WhatsApp Clone adalah Ajukan Nomor tambahan kepada Qontak.com

Terakhir, Anda dapat mendaftarkan nomor telepon tambahan melalui BSP agar dapat aktif menjadi nomor bisnis Anda juga. Selanjutnya, WA Clone bisa Anda gunakan. Anda juga bisa menambahkan agen tak terbatas untuk mengembangkan bisnis Anda lebih baik.


Apa saja Fitur-fitur WhatsApp Clone Apk Resmi?

WhatsApp clone yang diperoleh secara resmi memiliki fitur tambahan yang menguntungkan bisnis Anda. Hal ini berbeda dengan aplikasi kloning WhatsApp tidak resmi yang hanya memiliki fitur bawaan dari WhatsApp. Berikut fitur yang dimiliki clone WA resmi terbaik, di antaranya:

Asisten Virtual Chatbot

Chatbot memiliki peran penting sebagai asisten virtual. Dimana chatbot WhatsApp mampu membalas banyak pesan WA secara otomatis bersamaan. Balasan yang diberikan chatbot dibuat senatural mungkin layaknya manusia, bukan robot. Bahkan chatbot bisa menyelesaikan permintaan sederhana dari pelanggan dan otomatis meneruskan ke agen untuk pertanyaan kompleks.

Integrasi WhatsApp CRM

Fitur unggulan dari clone wa resmi adalah dapat dihubungkan dengan aplikasi bisnis lainnya seperti CRM. Integrasi WhatsApp dengan CRM akan membantu bisnis dalam menjalin hubungan dengan pelanggan dengan mengelola seluruh informasi tentang mereka.

Otomatisasi WhatsApp

Clone WA berbasis API memiliki fitur otmatisasi. Dimana fitur ini akan menyimpan dan mengunduh semua interaksi pelanggan dengan bisnis dalam sistem database terpadu.

WhatsApp Multi User

Selain menggandakan akun tak terbatas, clone resmi juga tidak membatasi Anda untuk menambah agen (multi user). Hal ini membantu bisnis merespon pelanggan lebih cepat dengan adanya banyak admin.

Rotator

Keunggulan clone resmi adalah Anda tidak perlu repot untuk memilah pesan pelanggan akan diselesaikan agen mana. Sebab fitur rotator akan meneruskan pesan pelanggan secara otomatis dan adil ke tim support seperti yang telah diatur.

– Centang hijau (green tick)

Centang menandakan bahwa akun WhatsApp telah terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis, sehingga meningkatkan kredibilitas di mata pelanggan. Tanda centang hijau ini akan otomatis muncul di samping nama bisnis Anda pada layar pelanggan, meski mereka tidak menyimpan nomor Anda.

Lebih lanjut: Cara Mudah Mendapat Verified Badge di WhatsApp

– WhatsApp Blast atau Bulk

Fitur blast mampu mengirimkan pesan dalam jumlah yang tak terbatas secara bersamaan tanpa harus menyimpan nomor penerima pesan. Hal ini cukup efektif untuk aktivitas marketing, seperti mengirim pesan promo langsung ke banyak pelanggan.

– Laporan Analitik

WhatsApp Clone resmi juga didukung dengan fitur laporan analitik. Fitur ini akan menampilkan pencapaian kinerja tim, tren penjualan hingga data pelanggan yang digunakan tim CS untuk memberikan layanan pelanggan lebih baik.


Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Clone yang Tepat?

WhatsApp clone yang resmi memiliki banyak fitur canggih yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan bisnis. Berikut tips cara menggunakan fitur aplikasi dual WhatsApp terbaik untuk mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda:

  • Pisahkan penggunaan akun WhatsApp untuk keperluan berbeda misalnya sales, marketing dan customer service. Dengan begitu, Anda tidak akun kerepotan dalam mengelola akun tersebut.
  • Aktifkan chatbot untuk membalas pesan otomatis setiap pesan pelanggan lebih cepat.
  • Integrasikan WhatsApp Anda dengan aplikasi CRM dan saluran omnichannel lainnya, sehingga memudahkan Anda dalam memantau semua interaksi.
  • Otomatiskan rotator yang akan meneruskan pesan pelanggan secara otomatis kepada agen yang bertugas.
  • Kirimkan pesan blast secara berkala untuk menarik lebih banyak pelanggan membeli produk Anda.
  • Gunakan dashboard report untuk memantau seluruh aktivitas yang ada pada WhatsApp.

Logo Mekari Qontak

Clone WhatsApp terbaik memungkinkan Anda menggunakan satu perangkat dengan banyak akun WA. Bagi bisnis, aplikasi dual WhatsApp terbaik ini salah satu cara menggandakan WA tanpa aplikasi tambahan.

Cara kloning WA yang aman digunakan adalah menggunakan WhatsApp business API.

Mekari Qontak merupakan salah satu BSP resmi WhatsApp clone berbasis API.

Selain layanan pembuatan WhatsApp API, Qontak juga menyediakan Aplikasi CRM Omnichannel. Aplikasi CRM Qontak dapat terintegrasi dengan WhatsApp API Anda untuk mengoptimalkan proses bisnis Anda.

Qontak tidak memungut biaya tambahan untuk jasa setup WhatsApp clone berbasis API. Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000 perusahaan dan Qontak tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Kategori : WhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales