Chatbot Whatsapp untuk Customer Service: Apa Manfaatnya?

chatbot whatsapp

Apa saja manfaat Chatbot Whatsapp bagi customer service suatu perusahaan?

Whatsapp sebagai platform pesan singkat paling populer di dunia telah meluncurkan Whatsapp Business API. Aplikasi ini membantu bisnis untuk bisa hadir secara online sehingga mempermudah komunikasi dengan pelanggan dan membantu bisnis bertumbuh. Melalui Whatsapp API, perusahaan dapat membuat Chatbot Whatsapp agar bisnis dapat lebih mudah diakses. Hal ini memudahkan bisnis untuk tetap terhubung dan menjalin komunikasi secara real-time dengan pelanggan.

API Whatsapp bersifat fleksibel sehingga dapat diintegrasikan dengan aplikasi lainnya, salah satunya adalah software CRM dan Sales. Integrasi Whatsapp atau Whatsapp Integration dengan software CRM sering juga disebut Whatsapp CRM. Integrasi Whatsapp dengan CRM dapat memberikan berbagai manfaat bagi bisnis, di antaranya mengidentifikasi nama pelanggan serta detail riwayat interaksi dan pembelian yang mereka lakukan.

Chatbot Whatsapp yang dapat dibuat melalui API Whatsapp juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi CRM. Dengen mengintegrasikan bot Whatsapp ke dalam CRM, bisnis dapat mengelola hubungan pelanggan dengan lebih baik.

Bagaimana Chatbot Whatsapp bekerja?

Whatsapp Bot dapat dimiliki dengan terlebih dahulu memiliki API Whatsapp. Baca di sini untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana memulai Whatsapp API. Anda dapat menggunakan Whatsapp Chatbot partner seperti Qontak untuk memudahkan.

Setelah itu, mulailah dengan menyusun alur percakapan yang akan terjadi. Pikirkan bagaimana chatbot akan melakukan percakapan, termasuk ketika ada pertanyaan yang tidak terdaftar pada alur. Pastikan setiap pertanyaan memiliki respon yang baik.

chatbot whatsapp

Bot akan menjawab pertanyaan pelanggan yang masuk ke Whatsapp sesuai dengan alur yang telah didesain. Selanjutnya percakapan antara bot dengan pelanggan akan terjadi secara natural layaknya berkomunikasi dengan admin customer service.

Seluruh percakapan yang terjadi antara bot dengan pelanggan akan terekam pada sistem sehingga bisnis dapat dengan mudah melihat statistik chatbot, seperti berapa jumlah interaksi yang terjadi.

Manfaat Chatbot Whatsapp Bagi Customer Service

Whatsapp Bot API didesain untuk dapat terintegrasi dengan sistem lain yang terdapat pada bisnis, seperti CRM, sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi yang mulus antara bisnis dengan pelanggan.

chatbot whatsapp

Respon yang cepat dari chatbot membuat pelanggan tidak harus menunggu lama untuk memperoleh jawab atas pertanyaan mereka. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Whatsapp chatbot dapat membantu customer service perusahaan dalam melakukan berbagai tugas, seperti:

  • Mengirimkan pengingat dan notifikasi

Memberikan notifikasi kepada pelanggan melalui Whatsapp jauh lebih efektif dan bisa langsung dilihat oleh pelanggan dibandingkan melalui media lainnya seperti email. Mengapa? Karena notifikasi Whatsapp akan muncul pada tempat yang sering dilihat oleh pelanggan, yaitu handpdhone.

Dengan demikian pelanggan tidak akan melewatkan notifikasi yang penting dari bisnis Anda.

  • Merespon keluhan dan pertanyaan pelanggan dengan cepat secara real time

Menjalankan operasional customer service selama 24/7 dapat menjadi sangat mahal jika harus memperkerjakan seorang admin. Belum lagi harus membayar lebih untuk uang lembur.

Chatbot mungkin tidak dapat menangani seluruh permintaan pelanggan, namun dengan Whatsapp chatbot Anda dapat dengan mudah menyediakan customer support yang terus tersedia.

Whatsapp chatbot dapat melayani permintaan pelanggan untuk menjawab pertanyaan repetitif, seperti ketersediaan barang, informasi produk, pesanan baru, maupun pengiriman.

Dengan demikian bisnis dapat meningkatkan customer experience dengan biaya yang rendah.

chatbot whatsapp

  • Mengenalkan katalog produk kepada pelanggan

  • Mengirimkan status ticket dan penyelesaiannya

  • Mengumpulkan feedback pelanggan

Memahami kebutuhan pelanggan sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas produk dan jasa yang diberikan bisnis. Namun, seringkali pelanggan malas untuk mengisi form feedback.

Whatsapp dapat memudahkan bisnis untuk mengumpulkan feedback pelanggan. Chatbot dapat digunakan untuk mengajukan beberapa pertanyaan, seperti penilaian terhadap kualitas layanan maupun masukkan lainnya. Memberikan pertanyaan langsung melalui chatbot dapat mendorong tingkat respon dari pelanggan.

  • Menawarkan kemudahan akes kepada pelanggan

Dengan Whatsapp chatbot, pelanggan tidak perlu mengunduh aplikasi terpisah untuk dapat memperoleh informasi tentang bisnis yang ingin dihubungi. Pelanggan hanya perlu berinteraksi melalui bot di Whatsapp, layaknya kita mengirim pesan kepada orang lain.

Kesimpulan

Chatbot Whatsapp merupakan salah satu cara terbaik untuk berhubungan dengan pelanggan pada media yang selalui mereka gunakan setiap hari. Dengan menggunakan Whatsapp chatbot, perusahaan dapat memperoleh berbagai manfaat untuk meningkatkan customer service dan customer experience secara keseluruhan.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Whatsapp Bot untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada customer, Qontak merupakan partner yang tepat bagi bisnis Anda. Silakan hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut.

× Contact Us!