Qontak WhatsApp

ChatBot WhatsApp Business: Cara Simpel Buat Bot

chatbot-whatsapp-business-Indonesia

Mengenal ChatBot WhatsApp Business dan Cara Membuatnya

ChatBot WhatsApp Business merupakan program digital berbasis AI (Artificial Intelligence) yang dapat melakukan percakapan layaknya manusia pada platform WhatsApp. Sistem Bot ini dapat memahami, memproses permintaan pelanggan dan memberi jawaban yang relevan setiap pertanyaan pelanggan dalam hitungan detik.

ChatBot WhatsApp telah banyak digunakan bisnis untuk meningkatkan dan menghemat biaya layanan pelanggan. Seperti yang dilaporkan Forbes bahwa sekitar 80% dari live chat support milik perusahaan di dunia diambil alih oleh ChatBot karena terbukti mampu meningkatkan customer experience dan mendatangkan keuntungan.

6 Cara Membuat ChatBot WhatsApp Business:

Step 1. Bermitra dengan WhatsApp Official Partner Indonesia Qontak.com

Step 2. Verifikasi Akun Business
Step 3. Aktifkan Nomor WhatsApp dan Isi Profil
Step 4. Menyusun Template Alur Percakapan ChatBot<
Step 5. Submit Template Percakapan ke Qontak.com
Step 6. Coba WhatApp ChatBot Business

chatbot whatsapp business


Apa itu Chatbot WhatsApp Business?

ChatBot WhatsApp Business adalah layanan obrolan virtual terintegrasi dengan WhatsApp API yang digunakan untuk berkomunikasi dengan customer. ChatBot WhatsApp Business dapat secara otomatis merespon chat dari pelanggan tanpa batas waktu baik melalui pesan suara, obrolan teks, maupun keduanya.

ChatBot WhatsApp bekerja dengan cara memindai keywords yang dikirimkan oleh pelanggan. Kemudian robot ini akan membalas dengan keywords yang paling cocok atau dengan pola kata yang paling mirip dari database tekstual yang tersimpan dalam bentuk teks maupun audio.

Baca juga: Apa itu ChatBot WhatsApp dan Bagaimana Memulainya

Tonton penjelasan singkat mengenai Chatbot Whatsapp Business API melalui video berikut ini:

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Apa Perbedaan WhatsApp Business Biasa dan API WhatsApp Business?

WA merupakan aplikasi paling banyak digunakan di dunia termasuk untuk urusan bisnis. Pihak WhatsApp pun secara khusus mendukung kegiatan bisnis di platformnya dengan meluncurkan WhatsApp Business dan API WhatsApp Business.

WA Business dirancang untuk mempermudah bisnis kecil berjualan. Cara penggunaannya pun sama persis dengan WA biasa, namun dilengkapi dengan pesan otomatis dan pengaturan pesan. Anda juga bisa memasukkan profil bisnis seperti email, website dan alamat.

Sayangnya, WA Business saja kurang efektif untuk membantu sebuah bisnis. Anda perlu meningkatkannya menjadi API WhatsApp Business untuk meningkatkan pelayanan. WhatsApp API Business dirancang agar bisnis dapat berkomunikasi lebih efisien dan mudah dengan pelanggan melalui fitur-fitur yang disediakan.

Perbedaan WhatsApp Business Biasa dan API WhatsApp Business ada pada fitur yang tersedia. Fitur ChatBot yang ada pada API WhatsApp Business mampu membantu Live Agent / Customer Service dalam merespon pertanyaan atau permintaan pelanggan. Fitur ini membuat bisnis Anda dapat dihubungi kapan saja oleh pelanggan dan membuat mereka merasakan kehadiran bisnis Anda kapanpun mereka membutuhkannya.

WhatsApp Business Biasa

WhatsApp Business API

Hanya bisa digunakan untuk 2 admin (1 HP & 1 Laptop)

Jumlah admin tak terbatas

Sinkronisasi & menyimpan riwayat chat manual

Otomatis menyinkronkan & menyimpan riwayat chat

Menyimpan nomor secara manual

Nomor dan nama otomatis tersimpan

Tidak bisa mengirimkan pesan blast

Dapat mengirimkan pesan blast

Koneksi terputus saat perangkat utama offline

Akun WhatsApp selalu aktif selama nomor masih aktif

Tidak bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain

Bisa integrasi dengan aplikasi lain

Tidak ada centang hijau

Ada centang hijau


Apa Saja yang Dilakukan ChatBot WhatsApp Business?

ChatBots WhatsApp Business sangat penting untuk bisnis dan online shop dikarenakan memudahkan operasional bisnis, sekaligus menghemat biaya customer service. Robot ini memungkinkan Anda untuk bisa menjawab segala jenis pertanyaan ataupun komplain pelanggan secara cepat dan tepat.

Berikut hal yang dapat dilakukan ChatBot WhatsApp Business untuk bisnis dan online shop:

1. Merespon pelanggan dengan cepat

ChatBot memungkinkan merespon setiap pertanyaan atau komplain pelanggan dalam selang waktu beberapa detik. Dikutip dari Fonolo bahwa sebanyak 82% pelanggan menilai faktor paling penting dari customer service adalah kecepatan sebuah bisnis dalam menyelesaikan masalah mereka. Sementara sekitar 70% pelanggan akan kembali bertransaksi apabila permasalahan mereka berhasil diselesaikan.

2. Melayani 24 jam

Online shop Anda dapat melayani pelanggan 24 jam nonstop dengan adanya ChatBot selama 7 hari penuh. Hal ini tentu tidak bisa diberikan bila Anda hanya merekrut karyawan untuk memberikan pelayanan. Padahal sebanyak 68% pelanggan akan berpindah ke kompetitor, apabila Anda tidak melayani mereka dengan cekatan.

3. Mengirimkan pengingat dan notifikasi

WA memudahkan Anda dalam mengirimkan pengingat atau notifikasi serentak kepada pelanggan dengan minat yang sama atau serupa melalui WA Broadcast dan WA Blast. Notifikasi tersebut dapat berupa diskon, kupon belanja, promosi produk/jasa terbaru, dan sebagainya. Pelanggan juga tak mungkin untuk melewatkan notifikasi itu karena akan muncul pada tempat yang sering dilihat yaitu handphone.

4. Mengumpulkan feedback

ChatBot memudahkan bisnis untuk mengumpulkan feedback pelanggan dengan mengajukan sejumlah pertanyaan, seperti penilaian terhadap kualitas layanan atau masukkan lainnya. Memberikan pertanyaan langsung melalui ChatBot dapat mendorong tingkat respon dari pelanggan. Dikarenakan pelanggan tidak perlu bersusah payah membaca FAQ secara menyeluruh.

5. Personalisasi Percakapan

Sistem pada ChatBot WhatsApp Business memungkinkan untuk merekam data pelanggan secara otomatis. Data ini akan diolah menjadi wawasan (insight) pelanggan yang digunakan saat dibutuhkan dan memahami pelanggan. Informasi ini akan membantu customer service membangun percakapan dengan pelanggan lebih personal.

Ingin mengoptimalkan bisnis atau online shop Anda, baca juga: Chatbot WA untuk Optimalkan Bisnis Online

WA Business fitur

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Apa Manfaat ChatBot WhatsApp Business?

ChatBot WhatsApp Business untuk bisnis dan online shop sangatlah penting karena memiliki berbagai keuntungan terutama dalam melayani pelanggan. Selain berbagai macam manfaat seperti yang disebutkan di atas, ChatBot WA untuk bisnis dan online shop juga memiliki manfaat sebagai berikut:

– Memberikan kemudahan kepada pelanggan

Pelanggan tidak perlu mengunduh aplikasi terpisah untuk dapat berkomunikasi dengan bisnis atau online shop Anda. Pelanggan hanya perlu berinteraksi melalui Chatbot WhatsApp Business, melalui akun WA miliknya layaknya mengirim pesan kepada orang lain. Dengan begitu, pelanggan dapat langsung melakukan pemesanan dan mendapatkan informasi seputar produk Anda langsung dari WA.

– Meningkatkan kualitas customer experience

ChatBot memungkinkan untuk membangun percakapan responsif dan proaktif dengan pelanggan melalui rekomendasi dan bantuan yang ditawarkan sehingga mereka merasa terbantu. Hal ini juga membuat pelanggan betah bertransaksi dengan bisnis dan online shop Anda.

– Meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam melayani pelanggan

Rata-rata seorang admin customer service memakan waktu sekitar 5-8 menit hanya untuk melayani satu pelanggan. ChatBot WhatsApp Business dapat menangani lebih dari 1000 pelanggan dalam waktu yang sama, bahkan bisa lebih singkat. Dengan ChatBot, tim CS dapat menangani pelanggan dengan pertanyaan yang lebih kompleks sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama.

– Menghemat biaya pelayanan

Dengan adanya ChatBot, Anda tidak perlu mempekerjakan pegawai pendukung untuk memberikan layanan kepada pelanggan. Dengan demikian Anda dapat menghemat biaya operasional. Hal ini didukung riset Forrester Consulting yang mengungkapkan sebuah bisnis dapat menekan biaya customer service hingga 30% dengan menyediakan layanan ChatBot.

– Terjamin keamanannya

WA dilengkapi keamanan dengan enkripsi end-to-end encryption. Artinya semua pesan masuk dan keluar dijamin aman kerahasiaannya, karena hanya pengguna yang dapat melihat isi percakapan dengan ChatBot WhatsApp Business.


Bagaimana Cara Membuat ChatBot WhatsApp Business?

Terdapat 6 langkah mudah yang perlu Anda lakukan sebelum mulai menggunakan ChatBot WhatsApp Business, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Step 1. Bermitra dengan WhatsApp Official Partner Indonesia Qontak.com

BSP-Qontak

Untuk menggunakan ChatBot di WhatsApp, Anda harus bermitra dengan official partner WhatsApp API di Indonesia seperti Qontak.com. Mereka akan membantu Anda untuk mendapatkan API WhatsApp Business.

Step 2. Verifikasi Akun Business

Chatbot whatsapp business verifikasi

Facebook akan memverifikasi akun Anda untuk membuktikan bahwa bisnis Anda telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Qontak.com akan membantu Anda melewati proses ini lebih mudah dan cepat. Anda cukup menyiapkan data seperti:

  • Nama perusahaan,
  • Website URL,
  • EMail domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

Step 3. Aktifkan Nomor WhatsApp dan Isi Profil

Chatbot whatsapp business profil

Setelah terverifikasi, siapkan satu nomor telepon yang akan digunakan sebagai nomor bisnis untuk selamanya. Selanjutnya akan terlihat centang hijau di sebelah nama bisnis yang menandakan API WhatsApp Business Anda aktif.

Lengkapi profil WhatsApp Anda dengan mengisi informasi detail bisnis yang membantu pelanggan mengenali bisnis Anda. hal ini juga bisa dijadikan sebagai branding bagi bisnis Anda. Tambahkan juga informasi bisnis lainnya seperti jam operasional, katalog produk dan sebagainya.

Step 4. Menyusun Template Alur Percakapan ChatBot

Alur Percakapan bot

Anda bisa mulai menyusun alur percakapan yang akan terjadi antara Chatbot dengan pelanggan Anda. Caranya adalah dengan membayangkan bagaimana Chatbot akan melakukan percakapan, termasuk ketika ada pertanyaan yang tidak terdaftar pada alur. Anda juga perlu memastikan bahwa setiap pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan akan mendapatkan respon baik dari Chatbot.

Alur percakapan ini dapat dikonsultasikan dengan BSP yang menyediakan layanan chatbot seperti Qontak.com. Konsultasi ini dapat membantu Anda menyusun alur serta memilih alur agar bot WhatsApp dapat berfungsi secara maksimal.

Step 5. Submit Template Percakapan ke Qontak.com

chatbot-whatsapp-business-qontak-integrations

Setelah alur percakapan sudah terfinalisasi, maka BSP yang menyediakan layanan chatbot seperti Qontak.com akan membuatkan untuk Anda. Sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot membuat chatbot sendiri. Setelah selesai, Anda dapat menggunakan chatbot tersebut.

Step 6. Coba WhatApp ChatBot Business

ChatBot WhatsApp Business uji coba

Setelah seluruh proses dilakukan, WhatsApp ChatBot Business telah aktif. Anda bisa melakukan uji coba untuk memastikan berfungsi dengan baik. Caranya dengan memulai percakapan layaknya seorang pelanggan. Apabila ChatBot merespon pertanyaan/komplain Anda sesuai dengan alur yang telah didesain, berarti WA ChatBot Business Anda siap digunakan melayani pelanggan.


Buat WhatsApp Chatbot Business Anda Sekarang!

WhatsApp ChatBot Business hanya bisa Anda gunakan setelah bermitra dengan WhatsApp official partner Indonesia seperti Qontak.com. Setelah bergabung, Anda bisa mengintegrasikan WhatsApp ChatBot dengan fitur canggih yang dimiliki Qontak.com. Dengan begitu, bisnis Anda dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat dan baik tanpa kendala selama 24/7 dan memiliki hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan Anda.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

You may also like

By