Chatbot WA untuk Optimalkan Bisnis Online Anda

chatbot WA

Chatbot WA (WhatsApp) mungkin masih terdengar asing bagi sebagian pebisnis online. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai alasan, mulai dari kurangnya informasi mengenai Chatbot WhatsApp sampai pilihan alat komunikasi yang berbeda. Masih banyak pebisnis online yang memilih berjualan langsung di marketplace yang menyediakan lapak gratis serta fitur yang lengkap, termasuk sarana bertukar pesan dengan para pelanggan. Melonjaknya jumlah pebisnis online di marketplace termuat dalam berita online yang menyatakan:

Terjadi peningkatan jumlah pembuatan akun baru. Khususnya akun yang menjual produk-produk kesehatan seperti masker, hand sanitizer dan vitamin meningkat hingga 250%. Ini data dari Tokopedia,” kata Teten dikutip melalui akun YouTube BNPB, Selasa (28/4/2020).”

Selain itu, di Indonesia sendiri masih banyak pebisnis online yang masih menggunakan WhatsApp Messenger biasa untuk berkomunikasi dengan para pelanggan. Transaksi dan percakapan masih dilayani secara manual. Tentu hal tersebut masih mampu dilakukan jika jumlah pelanggan belum terlampau banyak. Namun, hal tersebut bisa menjadi hambatan dalam mengembangkan bisnis jika jumlah pelanggan sudah sangat banyak sehingga tidak dapat tertangani dengan baik. Untuk itulah diperlukan sebuah otomatisasi dalam melayani pertanyaan/permintaan dari pelanggan atau prospek. Cara yang paling mudah adalah menggunakan Chatbot WA, yang merupakan software berisi kecerdasan buatan yang dijalankan di Aplikasi WhatsApp.

Manfaat Chatbot WA (WhatsApp) untuk Bisnis Online

Secara umum, penggunaan Chatbot WhatsApp dalam sebuah bisnis akan memperluas jangkauan pasar, meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis, meningkatkan pengalaman pelanggan yang akan berpengaruh pada kepuasan pelanggan, yang kemudian akan meningkatkan penjualan. Mari kita rinci manfaat lainnya dari pemakaian Chatbot WhatsApp untuk bisnis:

  • Layanan 24 jam

Chatbot WhatsApp beroperasi selama 24 jam (live chat) sehingga pelanggan akan memperoleh layanan kapanpun mereka butuhkan.

  • Otomatisasi Feedback

Anda dapat mengatur dan mengirim pesan apa saja secara otomatis sesuai dengan pertanyaan/permintaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan. Pelanggan tidak perlu bersusah payah membaca FAQ secara menyeluruh. Hal ini akan meningkatkan efisiensi pada customer service.

  • End-to-End Encryption

Semua pesan masuk dan keluar dijamin aman kerahasiaannya karena hanya pengguna yang dapat melihat isi pesan dalam Chatbot WA.

  • Broadcast dan Blast

Anda dapat mengirimkan pesan serentak kepada pelanggan dengan minat yang sama/serupa melalui WhatsApp Broadcast dan WhatsApp Blast. Pesan tersebut dapat berupa diskon, kupon belanja, promosi produk/jasa terbaru, dan sebagainya.

  • Personalisasi

Sistem pada Chatbot WA dapat merekam data berupa minat pelanggan yang akan diolah menjadi wawasan (insight) pelanggan yang digunakan untuk menyusun strategi dalam mempromosikan produk/jasa sesuai dengan minat pelanggan.

  • Mudah dalam Berbelanja

Pelanggan dapat dengan mudah melihat produk/jasa apa saja yang ditawarkan melalui katalog pada akun WhatsApp Penjual tanpa harus melihatnya di aplikasi yang berbeda. Pelanggan dapat langsung melakukan pemesanan, mendapat info pengiriman barang dan hal penting lainnya langsung dari WhatsApp.

  • Hemat Biaya

Dengan semua yang serba lengkap dan otomatis, maka pebisnis dapat menghemat biaya lain-lain, terutama menghemat biaya customer service.

  • Mengumpulkan Feedback

Dengan fitur yang dapat berbagi foto dan video langsung pada WhatsApp, tim support dapat lebih mudah meminta feedback langsung dari para pelanggan. Feedback tersebut juga dapat langsung dibagikan kepada pelanggan/prospek lain untuk memperoleh dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis tersebut.

Baca Juga: 6 Manfaat API WhatsApp untuk Industri Retail

chatbot WA

Cara Mengoptimalkan Bisnis Online Menggunakan Chatbot WA (WhatsApp)

Dengan berbagai manfaat dari Chatbot WA pada bisnis online yang telah dipaparkan di atas, maka Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan bisnis online dengan Chatbot WA. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Lengkapi semua informasi yang terkait dengan bisnis Anda, seperti: nama toko, branding, merk, produk/jasa apa saja yang ditawarkan, keterangan produk/jasa, harga, lokasi, jam buka dan tutup, dan lain-lain.
  2. Formulasikan semua jawaban atas FAQ (pertanyaan yang akan sering diajukan) oleh prospek/pelanggan Anda. Hal ini akan sangat membantu Anda dan tim support Anda.
  3. Jangan lewatkan fitur broadcast dan blast pada Chatbot WhatsApp karena hal ini dapat menarik minat pelanggan lama Anda untuk membeli kembali. Lakukan riset sederhana tentang promosi apa yang kira-kira sesuai dan menarik untuk diberikan. Manfaatkan insight dari data yang direkam oleh sistem Chatbot WA.
  4. Jangan lupa untuk memanfaatkan fitur berbagi foto dan video dari para pelanggan Anda. Semakin banyak testimoni baik yang masuk, maka prospek Anda mungkin akan tertarik juga untuk mencoba produk/jasa yang Anda tawarkan.

Lalu, bagaimana cara memperoleh Chatbot WhatsApp? Anda terlebih dulu harus memiliki WhatsApp API. Apakah itu? Bedakah dengan WhatsApp Messenger/WhatsApp Business?

Apa itu WhatsApp API?

WhatsApp API atau WhatsApp Bisnis API merupakan sebuah pengembangan fitur oleh WhatsApp yang khusus dirancang bagi pengguna yang memiliki bisnis. WhatsApp Bisnis API berbeda dengan WhatsApp Messenger biasa dan WhatsApp Business yang telah kita ketahui sebelumnya. API sendiri merupakan singkatan dari Application Programming Interface yang berarti pengembang dapat mengintegrasikan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. Integrasi inilah yang akan memberikan dampak positif bagi sebuah bisnis, dimana tujuannya adalah memiliki otomatisasi yang menghasilkan efisiensi dalam bisnis.

Sayangnya WhatsApp Bisnis API tidak dapat diperoleh dengan mudah seperti mendownload aplikasi lainnya. Namun, kabar baiknya adalah bisnis yang menggunakan WhatsApp Bisnis API ini sudah dipercaya dan dipastikan merupakan bisnis yang real dan resmi karena bisnis tersebut harus memiliki izin/ berbadan hukum serta telah memenuhi persyaratan lainnya. Salah satu ciri dari bisnis yang menggunakan WhatsApp Bisnis API adalah adanya centang hijau pada akun WhatsApp bisnis tersebut. Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan WhatsApp Bisnis API? Anda dapat membacanya disini.

Baca Juga: WA Bisnis API: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

chatbot WA qontak

Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti mengharapkan bisnis yang meningkat pesat dari waktu ke waktu. Inilah kesempatan yang baik bagi Anda untuk mengembangkan bisnis online Anda ke level yang lebih tinggi dengan menggunakan Chatbot WA. Anda dapat memperolehnya dengan mudah dari Qontak sebagai official business partner untuk WhatsApp API di Indonesia. Optimalkan bisnis online Anda dengan Chatbot WhatsApp, tim dari Qontak siap membantu Anda!

You may also like