Qontak WhatsApp

Chatbot WA: Semua Hal Tentang Bot WhatsApp

mengoptimalkan-bisnis-online-dengan-chatbot-WA

Pelajari Semua Hal tentang Chatbot WA

Chatbot WA mulai digemari pemilik bisnis sekarang karena dapat membantu pekerjaan customer service. Memiliki bot WhatsApp juga akan meningkatkan customer experience karena chatbot WA ini dapat melayani pelanggan dengan cepat dan 24 jam. Pelajari semua hal dari pengertian, manfaat, dan cara membuat chatbot WA.

Secara singkat, cara membuat chatbot WA adalah sebagai berikut:

  1. Bermitra dengan Partner Resmi WhatsApp di Indonesia (Qontak.com)
  2. Verifikasi akun Facebook Business Manager
  3. Aktifkan nomor WhatsApp dan lengkapi profil
  4. Buat alur percakapan Chatbot WA
  5. Qontak akan membuatkan Chatbot WA anda

semua hal yang tentu yang perlu anda ketahui tentang chatbot wa


Apa itu Chatbot WA?

Chatbot WA (WhatsApp) adalah perangkat lunak otomatis yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) dan berjalan di platform WhatsApp. Orang-orang berkomunikasi dengan chatbot WA melalui chat, seperti melakukan obrolan biasa dengan orang sungguhan.

Chatbot WA mungkin masih terdengar asing bagi sebagian pebisnis online. Hal tersebut karena kurangnya informasi mengenai bot WhatsApp sampai pilihan alat komunikasi yang berbeda. Masih banyak pebisnis online yang memilih berjualan langsung di marketplace yang menyediakan lapak gratis serta fitur yang lengkap, termasuk sarana bertukar pesan dengan para pelanggan.

Chatbot Qontak


Apa Manfaat Chatbot WA (WhatsApp) untuk Bisnis?

Secara umum, penggunaan Chatbot WhatsApp dalam sebuah bisnis akan memperluas jangkauan pasar, meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis, meningkatkan pengalaman pelanggan yang akan berpengaruh pada kepuasan pelanggan, yang kemudian akan meningkatkan penjualan. Mari kita rinci manfaat lainnya dari pemakaian Chatbot WhatsApp untuk bisnis:

1. Layanan 24 jam

Chatbot WhatsApp beroperasi selama 24 jam (live chat) sehingga pelanggan akan memperoleh layanan kapanpun mereka butuhkan.

2. Otomatisasi Feedback

Anda dapat mengatur dan mengirim pesan apa saja secara otomatis sesuai dengan pertanyaan/permintaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan. Pelanggan tidak perlu bersusah payah membaca FAQ secara menyeluruh. Hal ini akan meningkatkan efisiensi pada customer service.

3. End-to-End Encryption

Semua pesan masuk dan keluar dijamin aman kerahasiaannya karena hanya pengguna yang dapat melihat isi pesan dalam Chatbot WA.

4. Broadcast dan Blast

Anda dapat mengirimkan pesan serentak kepada pelanggan dengan minat yang sama/serupa melalui WhatsApp Broadcast dan WhatsApp Blast. Pesan tersebut dapat berupa diskon, kupon belanja, promosi produk/jasa terbaru, dan sebagainya.

5. Personalisasi Chatbot WA

Sistem pada bot WhatsApp dapat merekam data berupa minat pelanggan yang akan diolah menjadi wawasan (insight) pelanggan yang digunakan untuk menyusun strategi dalam mempromosikan produk/jasa sesuai dengan minat pelanggan.

6. Mudah dalam Berbelanja

Pelanggan dapat dengan mudah melihat produk/jasa apa saja yang ditawarkan melalui katalog pada akun WhatsApp Penjual tanpa harus melihatnya di aplikasi yang berbeda. Pelanggan dapat langsung melakukan pemesanan, mendapat info pengiriman barang dan hal penting lainnya langsung dari WhatsApp.

7. Hemat Biaya

Dengan semua yang serba lengkap dan otomatis, maka pebisnis dapat menghemat biaya lain-lain, terutama menghemat biaya customer service.

8. Mengumpulkan Feedback

Dengan fitur yang dapat berbagi foto dan video langsung pada WhatsApp, tim support dapat lebih mudah meminta feedback langsung dari para pelanggan. Feedback tersebut juga dapat langsung dibagikan kepada pelanggan/prospek lain untuk memperoleh dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis tersebut.

Baca Juga: 6 Manfaat API WhatsApp untuk Industri Retail


4 Cara Mengoptimalkan Bisnis Online Menggunakan Chatbot WA

Dengan berbagai manfaat dari Chatbot WA pada bisnis online yang telah dipaparkan di atas, maka Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan bisnis online dengan Chatbot WA. Beberapa diantaranya adalah:

  • Lengkapi semua informasi yang terkait dengan bisnis Anda, seperti: nama toko, branding, merk, produk/jasa apa saja yang ditawarkan, keterangan produk/jasa, harga, lokasi, jam buka dan tutup, dan lain-lain.
  • Formulasikan semua jawaban atas FAQ (pertanyaan yang akan sering diajukan) oleh prospek/pelanggan Anda. Hal ini akan sangat membantu Anda dan tim support
  • Jangan lewatkan fitur broadcast dan blast pada Chatbot WhatsApp karena hal ini dapat menarik minat pelanggan lama Anda untuk membeli kembali. Lakukan riset sederhana tentang promosi apa yang kira-kira sesuai dan menarik untuk diberikan. Manfaatkan insight dari data yang direkam oleh sistem Chatbot WA.
  • Jangan lupa untuk memanfaatkan fitur berbagi foto dan video dari para pelanggan Anda. Semakin banyak testimoni baik yang masuk, maka prospek Anda mungkin akan tertarik juga untuk mencoba produk/jasa yang Anda tawarkan.

Lalu, bagaimana cara memperoleh Chatbot WhatsApp? Anda terlebih dulu harus memiliki WhatsApp API. Apakah itu? Bedakah dengan WhatsApp Messenger/WhatsApp Business?


Bagaimana Cara Membuat Chatbot WA (WhatsApp)?

Chatbot WA dibuat dengan WhatsApp API atau WhatsApp Bisnis API yang merupakan sebuah pengembangan fitur oleh WhatsApp yang khusus dirancang bagi pengguna yang memiliki bisnis. WhatsApp Bisnis API berbeda dengan WhatsApp Messenger biasa dan WhatsApp Business yang telah kita ketahui sebelumnya.

Berikut adalah cara membuat Chatbot WA:

Step 1: Bermitra dengan Partner Resmi WhatsApp di Indonesia (Qontak.com)

chatbot wa whatsapp business BSP

Untuk membuat bot WhatsApp, Anda perlu menggunakan WhatsApp Business API. WhatsApp Business API hanya bisa didapatkan melalui partner resmi WhatsApp di Indonesia atau Business Solution Provider (BSP) WhatsApp.

Qontak.com adalah BSP WhatsApp Tier 1 di Indonesia. Qontak.com memiliki client pengguna WhatsApp Business API terbanyak di Indonesia dibanding BSP lainnya. Anda bisa mendaftar di Qontak.com untuk mendapatkan WhatsApp Business API.

Step 2: Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Chatbot wa whatsapp business verifikasi

Setelah mendaftar pada BSP, Anda harus melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager (FBM) Anda. Untuk melakukan verifikasi Anda memerlukan:

  • Nama perusahaan
  • Website URL
  • Email berdomain sama dengan website
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

Hal ini dilakukan karena penggunaan WhatsApp Business API memang khusus untuk bisnis.

Step 3: Aktifkan Nomor WhatsApp dan Lengkapi Profil

Setelah terverifikasi, Anda dapat mendaftarkan nomor WhatsApp yang ingin Anda gunakan ke BSP. BSP akan mendaftarkan nomor tersebut ke WhatsApp agar berubah menjadi WhatsApp Business API.

Setelah pendaftaran nomor selesai dan berhasil, Anda dapat melengkapi profil nomor WhatsApp Anda.

Step 4: Buat Alur Percakapan Bot WhatsApp

Anda bisa mulai menyusun alur percakapan yang akan terjadi antara Chatbot dengan pelanggan Anda. Caranya adalah dengan membayangkan bagaimana Chatbot akan melakukan percakapan, termasuk ketika ada pertanyaan yang tidak terdaftar pada alur. Anda juga perlu memastikan bahwa setiap pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan akan mendapatkan respon baik dari Chatbot.

Alur percakapan ini dapat dikonsultasikan dengan BSP yang menyediakan layanan chatbot seperti Qontak.com. Konsultasi ini dapat membantu Anda menyusun alur serta memilih alur agar bot WhatsApp dapat berfungsi secara maksimal.

Contoh penggunaan chatbot

Step 5: Qontak Merancang Sistem Chatbot WA Anda

Setelah alur percakapan sudah terfinalisasi, maka BSP yang menyediakan layanan chatbot seperti Qontak.com akan membuatkan untuk Anda. Sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot membuat chatbot sendiri. Setelah selesai, Anda dapat menggunakan chatbot tersebut.

Baca Juga: WA Bisnis API: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?


Buat Chatbot WA Anda dengan Mudah Sekarang!

Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti mengharapkan bisnis yang meningkat pesat dari waktu ke waktu. Ini lah kesempatan yang baik bagi Anda untuk mengembangkan bisnis online Anda ke level yang lebih tinggi dengan menggunakan chatbot WA. Anda dapat memperolehnya dengan mudah dari Qontak.com sebagai official business partner untuk WhatsApp API di Indonesia. Optimalkan bisnis online Anda dengan Chatbot WhatsApp

Coba GRATIS sekarang juga, tim kami siap membantu Anda!

Tonton penjelasan singkat mengenai WhatsApp Business API pada video berikut ini:

You may also like

By