Qontak WhatsApp

Chatbot CRM: Pentingnya Menggunakan Bot CRM

Pentingnya Menggunakan Chatbot CRM

Chatbot CRM Membantu Mengotomatiskan Respon untuk Pelanggan, Pelajari Selengkapnya!

Chatbot CRM dapat menggantikan tugas-tugas manual yang biasa dikerjakan oleh customer support dan agen marketing dan sales. Dengan chatbot CRM, Anda dapat membuat pelanggan menjadi loyal pada bisnis Anda karena chatbot CRM dapat membantu mengotomatiskan respon untuk pelanggan Anda. Hal tersebut akan meningkatkan kepuasan mereka terhadap bisnis.

Chatbot CRM Dapat Membantu Mengotomatiskan Respon untuk Pelanggan


Apa Itu Chatbot CRM?

Chatbot CRM (Customer Relationship Management) adalah layanan obrolan berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligent) yang terintegrasi dengan sistem CRM. CRM bot dapat merespon pesan pelanggan dengan personalisasi nama dan informasi riwayat pelanggan lainnya sehingga percakapan menjadi lebih natural layaknya berbicara dengan manusia.

Proses penginputan data secara manual membuat proses pelayanan pelanggan dan penjualan menjadi lambat. Salah satu cara efektif untuk mengatasi hal tersebut dengan mudah adalah dengan mengintegrasikan chatbot dengan sistem CRM Anda. Chatbot CRM dapat mengotomatisasi dan menyederhanakan entri data, menyediakan akses data yang lebih cepat, meningkatkan customer experience, serta meningkatkan produktivitas tim sales dan customer service.

Saya Mau Coba Gratis Chatbot CRM Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Chatbot CRM Sekarang!


Apa Manfaat Chatbot CRM bagi Perusahaan?

Karena memiliki banyak manfaat yang positif, CRM bot mulai banyak diterapkan pada beberapa bisnis atau perusahaan. Beberapa manfaat CRM bot tersebut adalah sebagai berikut:

– Chatbot CRM mengotomatisasi pemrosesan data

Chatbot CRM mengotomatiskan banyak hal pada bisnis, seperti menyapa pelanggan serta menanyakan masalah yang pelanggan hadapi sebelum berbicara langsung dengan agen customer service. Dengan demikian, CRM bot membantu Anda untuk mendapatkan keynotes, wawasan, serta semua informasi pelanggan seperti biaya, anggaran, tantangan, dan keluhan terkait produk atau layanan apa pun kemudian secara otomatis memasukkan informasi tersebut ke dalam sistem CRM.

– Akses data lebih cepat melalui obrolan

Tak hanya untuk website saja, namun CRM bot telah banyak digunakan pada aplikasi obrolan, seperti WhatsApp, agar dapat mengakses data dengan lebih cepat dan mudah. WhatsApp chatbot integration memungkinkan pengguna atau agen penjualan untuk dapat mengajukan pertanyaan menggunakan bahasa alami.

– Menyederhanakan entri lebih lanjut

Dengan menerapkan chatbot CRM untuk customer service, pembaruan catatan dapat dibuat lebih sederhana dan lebih cepat bahkan tanpa perlu masuk ke sistem CRM setiap saat. Pengguna dapat  dapat berinteraksi dengan pelanggan menggunakan input teks atau suara untuk memperbarui catatan sesuai kebutuhan.

– Akurat dan efisien

Sebuah chatbot CRM untuk customer service dapat menemukan data yang akurat dari database pelanggan. Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk menentukan alur obrolan chatbot customer servicenya sesuai dengan keinginan, kebutuhan, serta harapan dari pelanggannya. CRM bot dapat mengurangi pemborosan waktu dan meminimalisir kesalahan serta membantu membangun hubungan pelanggan yang lebih sehat.

– Hemat biaya

CRM bot memiliki kecerdasan yang dirancang dengan baik bagi customer service sehingga mampu mengurangi pengeluaran bisnis secara signifikan. Dengan menggunakan CRM bot Anda dapat mengabaikan pengeluaran yang tidak perlu, sebaliknya Anda dapat berinvestasi di sektor lainnya yang lebih penting sehingga dapat membantu Anda mendapatkan keuntungan tambahan dengan cara yang lebih baik.


Bagaimana Contoh Penerapan Chatbot CRM?

Berikut ini merupakan beberapa contoh penerapan chatbot CRM yang dibagikan oleh salah satu penyedia CRM bot berpengalaman di Indonesia, yaitu Qontak.com. Beberapa contoh penerapannya adalah sebagai berikut:

1. Menerima pesanan atau keluhan pelanggan

Pelanggan yang ingin memesan atau menyampaikan keluhannya, dapat dengan mudah melakukannya melalui WhatsApp chatbot integration. CRM bot akan melakukan data entry serta membuat sebuah deal (jika terjadi pemesanan) atau ticket (jika terdapat keluhan) pada CRM secara otomatis. Melalui satu platform CRM tersebutlah tim customer service atau tim sales dapat melacak dan memantau semua proses penyelesaiannya.

2. Informasi mengenai status pesanan dan tiket

WhatsApp chatbot integration memungkinkan pelanggan untuk menghubungi tim customer service melalui obrolan WhatsApp untuk menanyakan status pesanannya dengan mudah. CRM bot kemudian akan menanyakan nomor tiket yang akan dilacak dan dikirimkan statusnya kepada pelanggan secara otomatis.

3. Otomatis mengirimkan notifikasi pada WhatsApp pelanggan

Selain berfungsi untuk menerima pesanan atau keluhan dari pelanggan melalui WhatsApp chatbot integration, aplikasi ini akan mengirimkan pesan atau notifikasi pada WhatsApp pelanggan. Notifikasi tersebut dikirimkan secara otomatis untuk setiap perubahan yang terjadi dalam pesanan atau keluhan tanpa perlu ditanyakan terlebih dulu oleh pelanggan yang bersangkutan.

4. Menyimpan data pelanggan secara otomatis

Semua pesan yang masuk pada CRM bot, termasuk profil pelanggan (nama, nomor telepon) dan riwayat percakapan akan otomatis tersimpan pada CRM. Semua data tersebut dapat dimanfaatkan untuk keperluan upselling, cross-selling, segmentasi, customer loyalty program, dan sebagainya.

5. Eskalasi dan memberikan pesan ke tim terkait

Dengan CRM bot, semua pesan yang perlu di eskalasi atau diteruskan kepada tim terkait dapat dilakukan secara otomatis. Selain itu, CRM bot juga memiliki sistem notifikasi yang dapat mengingatkan tim terkait secara otomatis.


Dapatkan Chatbot CRM Terbaik untuk Perusahaan Anda Sekarang!

Customer Service CRM Qontak.com

Anda bisa mendapatkan chatbot CRM terbaik dengan mudah hanya di Qontak.com. Mengapa? Karena Qontak.com merupakan salah satu penyedia aplikasi CRM terbaik dengan fitur yang lengkap. Selain itu, Qontak.com telah dipercaya oleh lebih dari 1000 perusahaan ternama di Indonesia dalam merampingkan proses bisnisnya menggunakan sistem CRM yang ditawarkannya.

Sistem CRM Qontak.com bersifat Omnichannel sehingga dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi bisnis lain yang Anda butuhkan, seperti aplikasi obrolan WhatsApp. Tak hanya itu, Qontak.com juga merupakan partner resmi Facebook yang dapat membantu Anda memperoleh WhatsApp API untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan penjualan pada bisnis Anda.

Melalui Qontak.com, Anda dapat memiliki WhatsApp chatbot integration dengan mudah tanpa perlu repot mencari penyedia atau pengembang lainnya. Jika Anda masih ragu atau bingung, silahkan berkonsultasi dengan tim Qontak.com yang akan membantu Anda dengan senang hati atau manfaatkan free trial yang diberikan oleh Qontak.com sebelum Anda berlangganan. Klik opsi dibawah ini:

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Atau dengan mengisi form di bawah:

0 comments

By