Qontak WhatsApp

Mengenal Chatbot, Fungsi, Cara kerja dan Kegunaanya

Chatbot-Jenis-Cara-Kerja-dan-Manfaatnya

Kenali Pentingnya Robot Virtual Chatbot Bagi Bisnis Anda!

ChatBot memiliki peran penting bagi bisnis sebagai asisten virtual yang melayani pelanggan. Chatbot adalah robot virtual yang mampu merespon sebuah percakapan percakapan layaknya manusia dengan cepat. Bahkan Bot mampu menyelesaikan permintaan sederhana pelanggan.

Mungkin Anda pernah menghubungi admin dari sebuah toko online, kemudian Anda langsung memperoleh respon dengan sangat cepat. Biasanya respon tersebut berupa ucapan selamat datang serta perkenalan diri dari tim helpdesk toko online tersebut. Anda mungkin juga disuguhkan opsi keyword seputar FAQ untuk Anda pilih. Ya, itulah salah satu contoh dari penggunaan Bot.

Sebenarnya Apa itu Chatbot? Bagaimana cara kerja Bot? Apa saja kegunaan ChatBot bagi bisnis? Baca penjelasan mengenai Chatbot secara singkat pada presentasi slide di bawah ini:


Apa yang Dimaksud dengan ChatBot?

Chatbot adalah robot vitual dengan kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligent). Robot ini mampu menirukan percakapan manusia dalam bentuk pesan teks atau suara. Chatbot melakukan percakapan dengan menggunakan bahasa yang natural yang mudah dimengerti melalui aplikasi pesan, website, atau aplikasi mobile.

Pengguna dibuat seolah-olah sedang berbicara dengan manusia atau admin CS pada umumnya, bukan dengan sebuah robot atau program ChatBot. Penggunaan Bot memungkinkan sebuah bisnis untuk memulai percakapan dan mengelola keluhan pelanggan dengan lebih cepat. Selain itu, Chatbot juga menjadi sarana dalam memberikan customer support dan merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Panduan Lengkap Chatbot


Apa Fungsi Chatbot?

Pada umumnya fungsi Chatbot adalah sebagai customer service yang melayani pelanggan. Namun terlepas dari itu, Bot juga memiliki fungsi lainnya, seperti:

  • Mengirimkan pengingat dan notifikasi ke pelanggan.
  • Merespon keluhan dan pertanyaan pelanggan dengan cepat.
  • Mengenalkan katalog produk kepada pelanggan.
  • Mengirimkan status tiket dan penyelesaiannya.
  • Mengumpulkan feedback pelanggan.

Kenapa Chatbot Penting Bagi Bisnis?

Chatbot sangat penting bagi bisnis karena bisa menggantikan peran customer service. Hal ini dikarenakan Bot mampu menyelesaikan permintaan sederhana pelanggan. Selain itu alasan pentingnya Chatbot adalah di bawah ini:

  • Terdapat keterbatasan waktu dalam melayani pelanggan. Manusia biasa tidak bisa menjawab pertanyaan atau melayani permintaan pelanggan setiap waktu.
  • Anda memang dapat memprediksi jam-jam ramai pada toko Anda. Namun waktu senggang yang dimiliki prospek atau pelanggan untuk menghubungi Anda tidaklah sama. Anda tentu saja ingin melayani mereka secepat dan sebaik mungkin.
  • Anda tidak perlu repot-repot mengulang jawaban atas pertanyaan umum yang sering ditanyakan. Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga Anda atau karyawan Anda.
  • Semua hal yang disebutkan di atas dapat membantu Anda untuk lebih fokus dalam mengerjakan hal lainnya serta dapat meningkatkan kepuasan pelanggan Anda, yang pada ujungnya adalah dapat meningkatkan penjualan pada bisnis Anda.

Bagaimana Cara Kerja Chatbot?

Cara kerja Chatbot dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Misalnya Anda dapat mengatur bot untuk memberikan jawaban atas pertanyaan pelanggan melalui pesan teks ataupun suara. Tidak hanya itu, teknologi ini juga mampu melakukan transaksi berdasarkan perintah yang diberikan sehingga sangat cocok digunakan dalam bisnis.

Terdapat 3 macam sistem operasional (pola kerja) Chatbot untuk membalas pesan pelanggan, yaitu:

– Pattern Matching (Penyesuaian Pola)

Chatbot Pattern Matching (Penyesuaian Pola)

Bot ini bekerja dengan cara memindai kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna, kemudian akan ditanggapi dengan jawaban yang paling sesuai dengan kata kunci yang dipilih (dapat berupa pola kata yang paling mirip). Namun jika ada pertanyaan diluar pola kata kunci, maka Bot tidak akan mampu memberikan jawaban yang sesuai.

– Decision Tree-Based

Chatbot Decision Tree-Based

Walaupun memiliki tingkat kerumitan yang rendah serta lebih cepat, namun cara kerja Bot yang satu ini dinilai kurang ramah bagi para penggunanya karena pengguna harus mengikuti urutan jawaban yang sudah terprogram. Cara kerja inilah yang sering dijumpai pada Bot yang memberikan opsi pertanyaan di awal percakapan. Anda hanya dapat memilih pertanyaan yang telah disediakan oleh sistem. Dan jika tidak ada yang sesuai dengan keinginan Anda, biasanya Anda akan diarahkan untuk menghubungi call center.

– Contextual

Chatbot Contextual

Metode ini menggunakan sistem kecerdasan buatan Machine Learning agar Bot dapat merespon menggunakan bahasa yang alami. Dalam hal ini pengembang membutuhkan perencanaan yang strategis dan terarah, yaitu merancang database yang cukup luas agar dapat mencakup segala bentuk pertanyaan dan permintaan pengguna. Anda bisa mengumpulkan data pelanggan dan transkrip obrolan pada fitur live chat atau ChatBot WhatsApp. Semakin banyak data yang terkumpul, maka kapasitas dari Bot akan semakin berkembang dalam memberikan respon.


Apa Saja Jenis – Jenis ChatBot?

wa-chatbot

 

Setelah mengetahui cara kerja ChatBot, Anda juga harus jenis-jenis Bot sebelum memutuskan menggunakannya. Jenis-jenis Chatbot adalah sebagai berikut:

1. Chatbot Berbasis Linguistik

Chatbot ini dapat memberikan kontrol yang dirancang dengan baik dan memiliki tingkat fleksibilitas yang tidak terdapat di AI Chatbot. Jenis ini dapat memikirkan dan mengolah jawaban yang benar untuk sebuah pertanyaan serta merancang pengujian otomatis untuk memeriksa kualitas dan konsistensi sistem. Jenis ini menggunakan metode penyesuaian pola (pattern matching).

2. AI ChatBot (Machine Learning)

Jenis ini menggunakan teknologi yang didukung oleh software Artificial Intelligence. Teknologi Bot ini lebih kompleks karena lebih komunikatif, berdasarkan data, dan prediktif. Jenis teknologi yang digunakan pada Bot ini umumnya lebih canggih, interaktif, dan mudah dipersonalisasi daripada Bot berbasis linguistik. Teknologi yang digunakan dalam jenis Bot ini adalah Teknologi Natural Language Understanding (NLU) agar dapat disesuaikan dengan penggunanya. Metode yang digunakan dalam Bot jenis ini adalah contextual. Salah satu contoh jenis ini adalah Chatbot WhatsApp Qontak.com.

3. Model Hybrid

Jenis Bot ini menggabungkan dua teknologi, yaitu Linguistik dan Artificial Intelligence sehingga mampu memberikan solusi percakapan yang lebih rinci. Sistem percakapan pada Bot hybrid ini bahkan dapat dibentuk tanpa menggunakan data sehingga akan mampu meningkatkan kekuatan perusahaan, yaitu menjadi lebih fleksibel dan cepat.

4. Model Voice Command

Bot jenis ini memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan melalui perintah suara, dimana hal ini dirasakan lebih praktis bagi pelanggan yang menggunakannya. Bot ini dapat menangkap dan merespon pembicaraan dengan suara.


Apa Kegunaan Chatbot dalam Bisnis?

Kegunaan utama Chatbot adalah merespon cepat setiap permintaan pelanggan baik melalui pesan instan atau suara. Hal ini dibutuhkan bisnis yang memerlukan ketepatan, kejelian, dan kecepatan dalam pelaksanaannya. Alasan ini pula yang membuat Bot menjadi sangat populer dalam dunia bisnis.

Berikut ini merupakan kegunaan/manfaat yang akan Anda dapatkan setelah menggunakan Chatbot adalah:

– Tersedia selama 24/7

Tidak seperti manusia yang memiliki jam kerja dan butuh istirahat, bot dapat bekerja sepanjang waktu. Pelanggan Anda dapat bertanya atau menghubungi Anda kapanpun mereka mau.

– Menghemat Waktu Pelanggan

Karena tersedia setiap saat, pelanggan tidak membutuhkan banyak waktu untuk memperoleh tanggapan.

– Meningkatkan Kualitas Pengalaman Pelanggan (Customer Experience)

Respon yang tepat dan cepat tentu dapat memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan Anda. Hal ini juga dapat meraih kepuasan pelanggan (customer satisfaction)

TIPS!: 5 Taktik Mengoptimalkan Customer Service untuk Kepuasan Pelanggan

– Meningkatkan Jumlah Penjualan

Dengan semua peningkatan serta efisiensi dalam melayani pelanggan, Anda dapat memperoleh peningkatan dalam jumlah penjualan. Semakin pelanggan nyaman berbelanja di toko online Anda, semakin mereka akan loyal pada bisnis Anda.

– Menghemat Biaya

Tidak hanya pelanggan yang memperoleh manfaat dari Bot, namun juga pebisnis. Pebisnis dapat menekan biaya pengeluaran jika menggunakan fitur ini, salah satunya adalah tidak perlu merekrut banyak customer service dalam melayani pelanggan.

– Mendukung Lead Generation

Anda dapat memperoleh konversi dari setiap pengunjung yang datang ke website Anda. Bot dapat digunakan untuk mengumpulkan data penting terkait setiap pengunjung website, seperti: email, nomor telepon, produk yang dicari, produk yang disukai, dan sebagainya. Anda bisa memanfaatkan ini untuk merancang strategi pemasaran berikutnya.


7 Rekomendasi Platform ChatBot Terbaik yang bisa Anda Gunakan!

7 Platform ChatBot terbaik untuk bisnis Anda adalah

  1. Qontak.com
  2. ChatBot
  3. MobileMonkey
  4. Octane AI
  5. Botsify
  6. Engati
  7. Morph.AI

1. Qontak.com

Chatbot-Qontak

Qontak.com menyediakan Chatbot WhatsApp atau ChatBot WA dengan metode contextual dan didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) canggih, interaktif yang dapat dipersonalisasikan sehingga dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Selain itu, sebagai Official Partner WhatsApp API di Indonesia, Qontak.com juga menyediakan Aplikasi CRM.

Harga berlangganan Qontak.com mulai dari Rp 200.000 per bulan.

Fitur yang dimiliki Qontak.com adalah sebagai berikut:

  • Rotator
  • Automation
  • Auto Reply
  • Bulk and Broadcast
  • Integrasi
  • Report analyst

2. ChatBot

Chatbot adalah salah satu platform menyediakan Bot multifungsi. Melalui platform ini, Anda bisa mengintegrasikan Chatbot pada berbagai platform pesan singkat seperti Slack, Facebook Messenger, LiveChat, Skype, Twitter, hingga YouTube.

Harga berlangganan Chatbot adalah $ 42 perbulan

Fitur yang dimiliki Chatbot adalah:

  • Kustomisasi template
  • Fitur drag and drop
  • Visual chatbots builder
  • Terintegrasi dengan segala macam bahasa

3. MobileMonkey

Chatbot-mobilemonkey

MobileMonkey adalah platform ChatBot yang biasanya digunakan pada Facebook Messenger, website dan SMS. Teknologi bot dari platform ini  dapat dihubungkan dengan ad campaign, drip marketing, list kontak pelanggan dan tools pesan broadcast.

Harga MobileMonkey mulai dari $149 per bulan.

Fitur yang dimiliki MobileMonkey adalah

  • Akses mobile
  • drag and drop,
  • Widgets,
  • Tools visual campaign

4. Octane AI

Chatbot-octane-ai

Octane AI merupakan platform Chatbot yang digunakan pada Shopify dan Facebook Messenger. Platform Octane AI tidak membutuhkan keterampilan tidak coding sama sekali untuk menggunakannya.

Harga Octane AI mulai dari $ 29 per bulan

Fitur yang dimiliki Octane AI meliputi:

  • Tool analytics
  • Notifikasi shipping dan receipt order
  • Campaign di halaman Facebook
  • Automation flows

5. Botsify

Botsify adalah platform ChatBot yang dapat diintegrasikan dengan Facebook Messenger, Slack dan website. Penggunaan Botsify cukup sederhana tapi mampu merespon pesan pelanggan yang kompleks. Selain itu, bot ini akan mengarahkan pesan yang tidak bisa ditangani ke pihak customer service Anda secara otomatis.

Harga berlangganan Botsify: $50 per bulan

Fitur yang dimiliki Botsify adalah

  • Terintegrasi lebih dari 1000 platforms
  • CMS
  • Tools analytics
  • Fitur hybrid

6. Engati

Engati adalah salah satu platform yang menyediakan ChatBot untuk bisnis Anda. Bot Engati terintegrasi dengan aneka platform chatting seperti Facebook Messenger, Telegram, LINE, Viber, Skype, atau Slack, website dan blog.

Harga Engati mulai dari $ 79 per bulan.

Fitur yang dimiliki Engati, yaitu:

  • Akses mobile.
  • Terintegrasi lebih dari 14 platform media sosial
  • Automasi broadcast dan campaign
  • Tools analytics

7. Morph.AI

Morph.AI adalah platform penyedia chatbot yang dapat diintegrasikan dengan situs web Anda. Bot Morph.ai juga memungkinkan penggunanya untuk mengirim pengumuman, pemberitahuan, iklan, dan konten lainnya ke pelanggan.

Harga Morph.AI mulai dari $ 47 per bulan.

Fitur yang dimiliki Morph.AI meliputi:

  • Chat Flow Builder
  • Chat AI/Intelligence
  • Nurturing / Notifications
  • Audience / CRM
  • Analytics

Bagaimana Contoh Penggunaan ChatBot pada Bisnis?

Sebenarnya tanpa kita sadari Chatbot telah berada di sekitar kita cukup lama, namun mungkin saja kita tidak menyadarinya. Dikutip detik.com bahwa bank swasta Indonesia menggunakan Bot untuk menyebarkan informasi mengenai produk baru, kurs, layanan pelanggan, mencari lokasi ATM terdekat dan info lainnya. Hal ini membuat layana pelangganmereka lebih praktis dan interaktif.

Contoh bisnis atau industri yang menerapkan Chatbot adalah sebagai berikut:

  • Website dari perusahaan yang menjual produk atau jasa, seperti pemilihan dan pemesanan bahan makanan (Grocery Bot).
  • Layanan pelanggan (customer service) pada marketplace.
  • Toko online pada marketplace.
  • Media penyaluran informasi, seperti: informasi cuaca (Weather Bot)
  • Chatbot WhatsApp, dan lain-lain.

Bagaimana Cara Menggunakan ChatBot untuk WhatsApp?

ChatBot paling banyak digunakan melalui aplikasi WhatsApp atau Bot WhatsApp. Ini adalah hal yang wajar, mengingat aplikasi obrolan instan ini memiliki pengguna paling banyak di dunia.Anda dapat lebih mudah dalam menghubungi pelanggan melalui WhatsApp.

Berikut ini merupakan cara mudah dalam membuat Chatbot di WhatsApp untuk bisnis Anda:

Step 1. Pilih Business Solution Provider (BSP) WhatsApp di Indonesia (Qontak.com)

Chatbot Business Solution Provider WhatsApp Qontak.com

Anda perlu untuk bermitra dengan partner resmi WhatsApp Indonesia seperti Qontak.com. Mereka akan membantu bisnis Anda untuk mendapatkan WhatsApp API yang menyediakan fitur Bot WA.

Step 2. Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Chatbot Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Qontak.com akan membantu verifikasi akun Anda ke Facebook Business Manager lebih cepat. Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama perusahaan
  • Website URL
  • Email berdomain sama dengan website
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

Step 3. Tentukan Nomor WhatsApp dan Lengkapi Profil

Chatbot Nomor dan Profil WhatsApp API

Pilih satu nomor yang khusus akan digunakan sebagai nomor WhatsApp bisnis Anda selamanya. Nomor ini tidak bisa diganti atau digunakan untuk WA pribadi. Setelah tersebut Anda bisa melengkapi profil WhatsApp Business yang terverifikasi. Isi profil tersebut selengkap mungkin seperti website, jam operasional, katalog dan lainnya.

Step 4. Buat Alur Percakapan Chatbot WhatsApp

whatsapp chatbot qontak

Susun alur percakapan yang Anda inginkan terjadi antara Bot dengan pelanggan. Caranya dengan memperkirakan pertanyaan yang akan ditanyakan pelanggan dan jawaban yang akan diberikan Bot. Anda juga harus memperkirakan apabila ada pertanyaan yang tidak terdaftar pada alur. Anda bisa mengkonsultasikan alur percakapan ini ke Qontak.com, sehingga dapat berfungsi maksimal.

Step 5. ChatBot WA Siap Digunakan

Chatbot Salam

Setelah alur percakapan telah selesai, Qontak.com akan membuatkan ChatBot untuk Anda. Sehingga Anda tidak perlu repot membuatnya sendiri. Bot WhatsApp bisa langsung Anda gunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan.


Dapatkan ChatBot Terbaik untuk Bisnis Anda!

Qontak.com by Mekari

Jika Anda telah sampai pada bagian ini, Anda tentu sudah memahami tentang pengertian, cara kerja, manfaat, serta jenis-jenis Bot. Memiliki Bot untuk bisnis Anda sendiri akan sangat menguntungkan, untuk itu lah Anda perlu memilih ChatBot terbaik dan yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Salah satu penyedia aplikasi sales terbaik di Indonesia adalah Qontak.com. Bersama Qontak.com ada lebih dari 1000+ bisnis yang terbantu meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS dibawah ini:

You may also like

By