Qontak WhatsApp

Centang Biru WhatsApp: 6 Cara Mendapatkannya

centang biru whatsapp

Centang Biru WhatsApp, Apa Itu?

Centang biru WhatsApp merupakan penanda bahwa penerima telah membaca pesan yang Anda kirimkan kepadanya. Tidak hanya untuk pesan individual, namun hal ini juga berlaku dalam grup. Anda akan memperoleh centang biru saat semua anggota dalam grup telah membaca pesan yang Anda kirim dalam grup. Ini merupakan cara memeriksa laporan dibaca pada WhatsApp.


Apa Perbedaan Centang Biru dengan Centang Hijau WhatsApp?

Centang biru WhatsApp merupakan setelan dasar yang otomatis diperoleh oleh seluruh pengguna WhatsApp, namun centang hijau WhatsApp hanya dapat diperoleh oleh akun bisnis resmi yang telah memenuhi beberapa persyaratan dari WhatsApp terlebih dahulu. Centang hijau pada akun bisnis WhatsApp (WhatsApp API) menandakan bahwa akun tersebut terverifikasi sebagai akun bisnis perusahaan yang bersangkutan.

Untuk mendapatkan centang hijau, perlu pengajuan pada pihak WhatsApp melalui official partner WhatsApp di negara yang bersangkutan.

Baca Juga: Centang Hijau WhatsApp: Cara Mendapatkannya


Bagaimana Cara Mendapatkan Centang Biru WhatsApp?

Cara membuat centang biru di WhatsApp cukup mudah dengan 6 langkah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Pilih menu dengan mengklik tiga titik di pojok kanan atas (jika handphone berbasis Android)
  3. Klik Setting (Setelan)
  4. Pilih opsi Account (Akun)
  5. Tekan opsi Privacy (Privasi)
  6. Aktifkan opsi Read Receipt (Laporan Dibaca) dengan mengklik toggle hingga menjadi hijau (on)

Fitur centang biru WhatsApp ini sebenarnya sudah otomatis hidup ketika kita pertama kali menggunakan WhatsApp. Oleh karena itu, kita tidak perlu mencari cara membuat centang biru di WA kecuali jika kita pernah mematikan fitur tersebut. Jika Anda justru merasa terganggu dengan adanya fitur tersebut, Anda bisa mematikan fitur laporan dibaca tersebut.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan centang biru di WhatsApp? Caranya tidak jauh beda dengan cara membuat centang biru di WA. Ikuti saja langkah-langkah yang sama saat membuat centang biru. Namun, bedanya Anda hanya perlu mengubah toggle pada opsi ‘Laporan Dibaca’ ke arah kiri hingga menjadi off.

centang biru whatsapp


Bagaimana Cara Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp?

  • Miliki Facebook Business Manager yang terverifikasi.

Bisnis perlu memiliki NPWP dan SIUP, serta tidak menjual produk ilegal. Kebijakan perdagangan di WhatsApp lebih lengkapnya dapat dibaca disini.

  • Daftarkan Nomor WhatsApp Business API melalui Business Solution Provider (BSP) Resmi WhatsApp.

Untuk memperolehnya, Anda perlu bekerja sama dengan Official Business Partner WhatsApp (BSP) yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Qontak.com.

  • BSP mengajukan Official Business Account untuk Anda.

Setelah memperoleh WhatsApp API, WhatsApp tidak mengijinkan semua perusahaan untuk memiliki akun resmi. Oleh karenanya, BSP harus mengirimkan pengajuan untuk setiap bisnis.

Centang biru pada WhatsApp memang dapat diperoleh dengan mudah, sedangkan centang hijau WhatsApp harus diupayakan terlebih dahulu. Pastinya kedua tanda tersebut memiliki manfaat bagi bisnis Anda. Percayakan urusan akun bisnis WhatsApp Anda kepada Qontak.com.

Qontak.com menyediakan solusi end-to-end yang dapat menghubungkan WhatsApp API dengan aplikasi lainnya, sehingga disebut sebagai solusi omnichannel yang menggunakan sistem CRM (Customer Relationship Management). Teknologi yang ditawarkan Qontak.com telah membantu perusahaan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Jika Anda tertarik untuk memperoleh WhatsApp API agar mendapatkan centang hijau, tim Qontak.com selalu siap membantu Anda. Klik disini untuk berkonsultasi dahulu atau langsung mencobanya GRATIS sekarang juga!

centang biru whatsapp

Rekomendasi Artikel:

6 Alasan Menggunakan WhatsApp Business API

5 Cara Meningkatkan Bisnis dengan WhatsApp Bot API

3 Keuntungan API WhatsApp Business di New Normal

By