Cara Sederhana Memperbaiki Reputasi Brand yang Tercemar

Online Brand Reputation

Memiliki bisnis atau menjadi advokat dari bisnis Anda yang berhadapan dengan wajah publik secara langsung seperti profesi dari Anda yang kebanyakan adalah marketer maupun salesperson merupakan hal yang sangat berisiko karena berhubungan dengan persepsi yang terbentuk oleh publik mengenai brand Anda. Beban Anda tentu tidak mudah, terutama kapanpun itu Anda harus melakukan penjualan dan pengenalan produk, mendekati dan menjelaskan pada prospek mengenai brand Anda. Anda sebaiknya tidak melakukan kesalahan dalam merepresentasi brand Anda.

Terkadang, reputasi brand Anda bisa tercemar hanya karena adanya hal-hal remeh yang berlangsung di dunia maya, seperti kurang tanggapnya pihak customer service, postingan atau komentar negatif dari orang yang mengikuti brand Anda secara online, produk yang sudah dibeli namun belum juga sampai ke tangan pembeli karena adanya keterlambatan dari jasa pengiriman yang Anda gunakan atau adanya informasi yang salah diberikan. Saat reputasi online Anda tercemar, berikut ini cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya.

  1. Setelah terjadi pencemaran terhadap reputasi online Anda, jadikan hal ini pembelajaran berharga

Lakukan monitor khusus terhadap reputasi Anda, segera respon apapun komentar dari para fans dan followers brand Anda di dunia maya. Berikan feedback, hubungi secara pribadi dan selalulah update dengan mention dan review terbaru yang menyebutkan nama brand Anda. Jangan sampai ada yang terlewatkan, dan lakukan analisa mengenai seberapa berbahayanya komentar online tersebut terhadap penjualan bisnis Anda untuk segera mengatasinya.

Online Brand Reputation
Sumber gambar: creativeclickmedia.com
  1. Bangunlah hubungan dengan customer Anda

Saat reputasi online sudah tercemar, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbaiki hubungan Anda dengan customer serta menambah interaksi positif dengan customer. Lakukan pengecekan akan bagaimana pengalaman yang mereka dapatkan setelah mencoba produk atau jasa Anda sebagai jembatan komunikasi dan tabungan review positif bagi brand Anda. Customer juga akan merasa dihargai dan didengarkan sehingga nyaman untuk berbelanja kembali. Semakin banyak review positif yang Anda kumpulkan, semakin terlupakan reputasi Anda yang sempat tercemar.

Online Brand Reputation
Sumber gambar: organizein.com
  1. Seperti yang sempat disebutkan di poin sebelumnya, kubur dalam-dalam review yang negatif dengan memperbanyak review positif

Fokuslah dalam hal mengubur review yang bernada negatif dengan tindakan terukur yang sudah Anda rencanakan, seperti mengeluarkan press release dan menambah lebih banyak lagi berita bernada positif di berbagai media massa yang bisa diakses oleh calon customer Anda. Anda juga harus tetap rutin mengupdate konten Anda sebagai usaha inbound marketing serta sebagai pembalik keadaan negatif dari reputasi Anda menjadi lebih baik dan lebih terjangkau publik lewat SEO.

Reputasi negatif yang tidak segera ditangani akan berakibat buruk bagi kelangsungan brand dan bisnis yang Anda wakili di jangka panjang, jadi, selalu waspadalah!

You may also like