Qontak WhatsApp

Cara Promosi di Instagram dengan Instagram Ads

Panduan Lengkap Cara Promosi di Instagram Dengan Instagram Ads untuk Online Shop

Popularitas penggunaan Instagram ads sebagai media beriklan online shop saat ini, tak tertandingi. Pasalnya, cara promosi di Instagram ini terbukti meningkatkan brand exposure, traffic website, dan menarik leads bagi bisnis online. Hal ini wajar mengingat jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai 85 juta orang. Lalu, bagaimana cara mudah promosi di Instagram?

Berikut 7 cara promosi di Instagram menggunakan Instagram Ads:

  1. Login ke Facebook Ads Manager
  2. Tentukan Tujuan Iklan
  3. Beri Judul Iklan
  4. Pilih Target Audiens
  5. Tentukan Jadwal dan Penempatan
  6. Pilih Format Iklan
  7. Lakukan Pembayaran

Cara-Promosi-di-Instagram


Apa itu Instagram Ads?

Instagram ads adalah salah platform beriklan di Instagram untuk menjangkau prospek yang lebih luas. Platform ini mengandalkan visual berupa  gambar atau video untuk menarik perhatian prospek. Instagram ads juga bisa memilih target pasar lebih spesifik.

Selain digunakan untuk berjualan di toko Instagram, IG ads juga dapat membantu meningkatkan exposure untuk brand Anda. Caranya adalah dengan mengunggah konten iklan di feed Instagram dan Instagram stories. Agar mendapatkan keuntungan maksimal dari platform ini, Anda bisa meningkatkannya menjadi instagram API.


Apakah Cara Promosi di Instagram dengan Instagram Ads Efektif?

Promosi menggunakan Instagram ads cukup efektif untuk berjualan di toko Instagram. Facebook Inc mengungkapkan 62% pengguna makin tertarik dengan suatu merek atau produk setelah melihatnya di stories Instagram. Maka dari itu,  penting bagi Anda untuk menerapkan cara promosi di Instagram yang benar untuk toko online Anda.

Salah satu cara promosi di Instagram yang efektif adalah dengan memanfaatkan Instagram ads. Hal ini akan memberikan beberapa manfaat yang sangat baik bagi bisnis online Anda, di antaranya:

Meningkatkan Brand Awareness yang membangun kepercayaan pelanggan, mendorong loyalitas pelanggan, serta mempermudah mendapatkan prospek yang lebih banyak

Memperoleh Informasi pengguna Instagram secara spesifik yang didapatkan melalui fitur “insight”, data tersebut mempermudah Anda dalam menyusun strategi promosi atau penjualan yang lebih efektif

Format iklan beragam yakni berupa gambar, video, dan beberapa gambar di dalam satu postingan. Hal ini akan membuat para pengguna tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Mereka juga akan memberikan like, komentar, atau bahkan mengikuti (follow) akun online shop Anda.


Bagaimana Cara Praktis Promosi Iklan di Instagram?

Cara promosi iklan di instagram cukup mudah. Syarat utama Anda harus memiliki toko online di Instagram. Cara membuat toko di Instagram bisa Anda pelajari disini. Selanjutnya Anda bisa mengikuti cara promosi di Instagram berikut ini:

Step 1. Login ke Facebook Ads Manager

Langkah 1 Cara-Mudah-Promosi-di-Instagram

Bukalah laman Facebook Ads Manager dari browser Anda. Setelah itu, login menggunakan akun Facebook Anda dan pilih Pembuatan Iklan Terpadu. Kemudian, klik buat iklan pada menu kampanye. Facebook akan memberikan dua opsi yaitu Pembuatan Iklan Terpadu dan Pembuatan Iklan cepat.

Step 2. Tentukan Tujuan Iklan

Langkah 2 Cara-Mudah-Promosi-di-Instagram

Pastikan setiap iklan yang akan Anda buat memiliki tujuan (objectives) tertentu. Dengan begitu, iklan akan lebih terarah atau fokus. Facebook menyediakan pilihan format iklan, bidding options dan auto-optimization yang bisa disesuaikan dengan iklan Anda. Daftar campaign objectives yang disediakan Facebook Ads Manager yang bisa Anda pilih untuk beriklan di Instagram Anda, meliputi:

  • Brand awareness
  • Local awareness
  • Reach
  • Traffic
  • Engagement
  • All installs
  • Video views
  • Lead generation
  • Conversions
  • Product catalog sales
  • Store visits

Step 3. Beri Judul Iklan

Langkah 3. Cara-Mudah-Promosi-di-Instagram

Tulis nama iklan Anda untuk memudahkan pengecekan performa iklan di Instagram ads. Kemudian tentukan tujuan traffic Anda lebih mengarah traffic atau lalu lintas website, aplikasi, Messenger atau WhatsApp. Apabila bisnis Anda sedang ada promo produk, maka tampilkan dengan centang pilihan promo.

Step 4. Pilih Target Audiens

Langkah 4 Cara-Mudah-Promosi-di-Instagram

Menentukan target audiens adalah salah satu elemen penting dalam memasang sebuah iklan. Hal ini berpengaruh pada efektivitas iklan serta biaya iklan yang Anda keluarkan. Anda bisa menggunakan target audiens yang sudah ada sebelumnya atau membuat baru setiap akan beriklan.

Step 5. Tentukan Jadwal dan Penempatan

Langkah 5. Cara-Mudah-Promosi-di-Instagram

Tentukan berapa lama iklan Anda akan ditampilkan. Facebook akan otomatis menampilkan iklan Anda di semua aplikasi yang bekerjasama seperti Facebook, Instagram dan lainnya. Namun Anda bisa memilih dimana letak iklan nantinya dari opsi berikut:

  • Facebook News Feed (mobile dan desktop)
  • Sebelah kanan halaman Facebook
  • Instagram
  • Audience Network
  • Instant Articles
  • In-stream Video

Step 6. Pilih Format Iklan

Langkah 6.Cara-Promosi-di-Instagram

Pilih format Instagram ads yang diinginkan, jangan lupa mengisi detail iklan seperti headline, teks dan tombol CTA. Gunakan Ad Preview Tool untuk melihat bagaimana Instagram ads nantinya akan muncul. Klik place order untuk mengirimkan iklan ke pihak Facebook. Instagram menyediakan 7 format iklan yang bisa Anda pilih sebagai berikut:

  • Instagram carousel ads: Memungkinkan Anda memilih gambar dan video hingga 10 slide
  • Single image ads: Iklan yang menampilkan sebuah gambar, caption gambar dan call-to-action (CTA)
  • Slideshow ads: Menampilkan hingga 10 gambar dengan tambahan musik untuk membuat video yang diputar berulang (loop)
  • Instagram video ads: Menampilkan iklan dalam bentuk video atau GIF
  • Instagram lead ads: Mengumpulkan informasi prospek tanpa berpindah platform. Saat iklan Anda di klik, prospek akan diarahkan ke laman baru dengan formulir berisi pertanyaan informasi leads serta privacy policy yang meyakinkan keamanan data leads
  • Instagram stories ads: fitur ini dapat menampilkan foto atau video berdurasi 15 detik

Step 7. Lakukan Pembayaran

Langkah 7. Cara-Mudah-Promosi-di-Instagram

Pembayaran bisa melalui kartu kredit atau kartu debit. Setelah berhasil, Facebook akan mereview iklan Anda dan mempublikasikannya apabila memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.


Berapa Biaya Promosi atau Iklan toko di Instagram?

Pihak Instagram tidak mematok besaran biaya iklan. Namun, berdasarkan kabar beredar pada tahun 2020, pemilik bisnis bisa memilih anggaran dana mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 10.000.000 per hari. Apabila Anda mengalokasikan dana Rp 10.00 per hari, maka total audiens yang bisa dijangkau 1.300 hingga 3.400 orang. Besaran dana yang dikeluarkan juga tergantung durasi tayangan iklan selama beberapa hari, mulai dari 1-30 hari. Semakin besar anggaran iklan Anda, maka total audiens yang dapat dijangkau semakin besar pula.


Bagaimana Cara Memaksimalkan Promosi Iklan di Instagram?

Jika cara membuat toko di Instagram berjalan baik, Anda perlu memaksimalkan promosi. Karena saat ini banyak bisnis berjualan di toko Instagram berebut pelanggan. Instagram ads merupakan salah satu cara mengiklankan produk Anda agar dikenal pasar yang lebih luas di Instagram.

Berikut cara membuat toko di Instagram Anda mendatangkan keuntungan maksimal:

– Berpindah ke akun Instagram Business API

Berbeda dengan akun personal, akun Instagram API memiliki lebih banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha, termasuk melakukan promosi. Menerapkan Instagram API pada online shop Anda, dapat membuat interaksi yang lebih efisien antara pelanggan dengan para pemilik bisnis. Cara membuat toko di Instagram API, Anda harus bermitra dengan provider Instagram API terbaik bagi bisnis Anda.

Baca juga: 12 Contoh Penggunaan API Instagram untuk Bisnis

– Posting Konten yang Menarik

Pastikan konten dengan visual unik agar bisa menarik perhatian calon konsumen. Gunakan tema bahasan yang relevan dengan target pasar serta produk. Selain itu juga diperlukan konsistensi dari konten tersebut baik dari segi desain, gaya komunikasi, sampai jadwal unggah dari konten. Anda bisa memanfaatkan tools Instagram untuk menghasilkan konten menarik.

– Beriklan dengan Instagram Ads

Fitur promote Instagram ads salah satu elemen penting agar dapat beriklan di Instagram. Biaya yang dikeluarkan pun relatif terjangkau. Instagram ads membantu Anda menjangkau target pasar lebih luas.

– Manfaatkan Hastag

Cara promosi produk di Instagram juga bisa dilakukan dengan mengoptimalkan hashtag atau tanda pagar. Cukup dengan mencantumkan hashtag tertentu yang terkait dengan produk tersebut, pengguna Instagram bisa terhubung dengan produk-produk yang Anda jual. Melalui hashtag pula, audien dapat menemukan akun serta produk yang dijual di Instagram.

– Cara Promosi di Instagram dengan Memberikan Giveaway

Manfaatkan giveaway untuk mempromosikan produk anda. Giveaway dianggap lebih efektif karena memungkinkan pelanggan untuk mengenal dan mencoba produk secara gratis. Pelanggan yang merasa puas, tidak akan segan-segan untuk melakukan repeat order, bahkan mempromosikan produk bahkan tanpa Anda minta.

– Bagikan testimoni pelanggan

Membagikan testimoni pelanggan sebagai upaya meyakinkan prospek terhadap kualitas produk Anda. Gunakan kesempatan ini dengan menanyakan pengalaman pelanggan setelah mencoba produk Anda. Jangan ragu untuk membagikannya atau repost ke Instagram toko online Anda.

– Membangun interaksi dengan Audiens

Manfaatkan stiker lucu untuk memancing interaksi dengan audiens. Gunakan stiker pertanyaan, stiker pilihan jawaban, polling, dan sebagainya pada bagian Instagram Story.


Bagaimana Cara Promosi yang Tepat Online Shop Anda di Instagram?

Cara Mudah Promosi dengan Instagram API by Qontak

Selain menggunakan Instagram ads, cara promosi di Instagram yang lain dengan meningkatkan akun menjadi Instagram API. Paduan kedua cara ini membuat toko di Instagram Anda meraup penjualan maksimal.

Instagram API terbaik hanya dapat Anda peroleh melalui Qontak.com. Instagram API yang Qontak.com sediakan dapat terintegrasi dengan alur kerja sistem lain yang sudah ada pada bisnis Anda seperti aplikasi CRM (Customer Relationship Management) yang didukung dengan sistem Omnichannel. Selain itu, Anda juga menambahkan WhatsApp Business API yang mendungkung Anda berjualan di Instagram.

Anda juga dapat memanfaatkan FREE TRIAL yang disediakan sebelum berlangganan serta dapat berkonsultasi lebih dulu dengan tim Qontak.com.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

 

You may also like

0 comments

By