Cara Mudah Menentukan & Mengelola Key Performance Indicator (KPI)

Key Performance Indicator atau KPI merupakan sebuah komponen kritikal. Komponen KPI ini sangat bervariasi dan sangat subjektif. Sebuah KPI perusahaan yang satu dan lainnya tidak pernah sama. Sama dengannya dengan pola diet yang baik, banyak persepsi mengenai pola diet yang paling ampuh. Begitu pula dengan penentuan KPI. Sehingga, penentuan sebuah KPI merupakan suatu tantangan yang berat karena KPI yang “baik” sangatlah subjektif.

Apa itu Key Performance Indicator (KPI)?

Sebelum menentukan sebuah KPI, Anda harus mengetahui definisi dari KPI itu sendiri. Key Performance Indicator (KPI) merupakan sebuah bagian penting untuk membantu memantau pelaksanaan strategi bisnis dan pengukuran hasil. KPI adalah nilai terukur yang menunjukkan seberapa efektif perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis utamanya. Indikator kinerja utama ini disepakati dan digunakan untuk menilai kinerja organisasi tersebut.

Sebagai contoh, dalam KPI sebuah penjualan, terdapat serangkaian tindakan kuantitatif yang disepakati untuk menilai kinerja tim penjualan untuk melacak efektivitas kegiatan penjualan yang relevan dalam suatu perusahaan. KPI ini dapat membantu dan mengoptimalkan kinerja penjualan Anda, saluran penjualan dan panjang siklus penjualan Anda.

Bagaimanakah Cara Menentukan Key Performance Indicator (KPI)?

Dengan mengukur KPI yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan proses penjualan dan memastikan Anda dan tim Anda memprioritaskan aktivitas yang tepat untuk mendapatkan kesuksesan. Dalam penetapan sebuah KPI, ada 5 hal utama yang harus dipastikan. Apakah KPI Anda sudah SMART?

  1. SPECIFIC – KPI harus jelas tentang apa yang akan diukur dan mengapa hal tersebut penting.
  2. MEASURABLE – KPI harus dapat diukur dengan standar yang ditentukan.
  3. ACHIEVABLE – KPI harus dapat dipenuhi.
  4. RELEVANT- KPI harus mengukur sesuatu yang penting dan meningkatkan kinerja.
  5. TIME-BOUND – KPI dapat dicapai dalam kerangka waktu yang disepakati.

Pengukuran KPI juga dapat dilakukan dalam tingkat keseluruhan organisasi Anda, keseluruhan tim Anda, atau tim individu. Menentukan tujuan karyawan dengan KPI organisasi dapat memastikan bahwa kegiatan sehari-hari mereka sesuai dengan tujuan dari organisasi. Hal ini merupakan hal yang krusial antara kinerja karyawan dan kesuksesan organisasi.

Bagaimanakah Cara Mengelola KPI?

Setelah Anda berhasil menentukan KPI mana yang akan diatur, Anda harus dapat merencanakan bagaimana Anda akan menangkap dan mengolah informasi yang Anda butuhkan. Jika sebuah KPI dapat dipecah menjadi beberapa komponen dan komponen tersebut dapat dinilai secara konsisten, kemungkinan KPI dapat memenuhi penilaian tersebut akan meningkat.

Pengelolaan sebuah KPI dapat dibantu dengan software CRM KPI. Software KPI terbaik di Indonesia disediakan oleh Qontak. Dimana software KPI ini memiliki tampilan yang dapat disesuaikan (customize) untuk Bisnis Anda. Berikut merupakan kelebihan dari software KPI yang disediakan di Qontak, yaitu:

  • Manajemen Tugas.
Manajemen Tugas
Tampilan Manajemen Tugas di Qontak
  • Pembuatan KPI Kustom.
Key Performance Indicator
Tampilan Pembuatan KPI Kustom di Qontak
  • Pelacakan Operasional.
Key Performance Indicator
Pelacakan Operasional di Qontak
  • Pemonitoran After-sales.
Key Performance Indicator
Tampilan Pemonitoran After-Sales

Manfaat menggunakan software CRM untuk mengukur Key Performance Indicator

Untuk mengukur KPI dengan Qontak, anda dapat melihat laporan hasil yang dapat ditunjukan berupa:

  • Pendapatan untuk periode tersebut hingga hari ini.
  • Perkiraan pendapatan untuk bulan tersebut hingga hari ini.
  • Bagaimana performa Anda dibandingkan dengan perkiraan target.
  • Mengukur performa Anda dibandingkan dengan bulan lalu di periode yang sama.
  • Bagaimana performa Anda dibandingkan dengan tahun lalu di periode yang sama.

Kelebihan software CRM KPI ini dapat mempermudah penilaian dan meningkatkan produktivitas dari pekerja, sehingga dapat meningkatkan dan mengembangkan bisnis Anda. Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, Anda harus melakukan monitoring dan membandingkan hasil dengan perkiraan yang telah dilakukan. Ini dapat membuat bisnis anda berada di jalan yang tepat menuju kesuksesan.

Jika Anda tertarik untuk melakukan uji coba solusi CRM KPI, silakan klik di sini untuk mencobanya gratis sekarang. CRM Qontak adalah sebuah alat Sosial CRM terkemuka yang akan menjadi penghubung antara bisnis Anda dengan orang – orang yang paling penting bagi bisnis Anda, yaitu karyawan Anda, calon pelanggan Anda dan juga pelanggan Anda.

Untuk mempelajari CRM lebih lanjut, anda dapat membaca link dibawah ini:

You may also like

× Contact Us!