Daftar isi
6 min read

5 Cara Meningkatkan Penjualan di WhatsApp

Tayang 19 Oktober 2021
Diperbarui 12 Desember 2023
Panduan Cara Meningkatkan Penjualan di WhatsApp
5 Cara Meningkatkan Penjualan di WhatsApp

Cara meningkatkan penjualan lewat WhatsApp banyak diadopsi bisnis online saat ini. Sebab WhatsApp adalah media efektif untuk menghubungi pelanggan dibandingkan metode lainnya.

Sayangnya tidak mudah untuk meyakinkan pelanggan untuk bertransaksi hanya melalui pesan WhatsApp. Terlebih saat ini banyak oknum yang memanfaatkan WhatsApp untuk kejahatan. Lalu bagaimana cara bisnis online lewat WhatsApp ini agar bisa laris manis?


Apa Peran WhatsApp dalam Meningkatkan Penjualan Bisnis?

WhatsApp (WA) dapat mempermudah transaksi penjualan online Anda. Melalui WA, pebisnis dapat menawarkan produk ke pelanggan tanpa perlu menyimpan nomor mereka. Cara bisnis online lewat WhatsApp ini sering disebut juga dengan WhatsApp blast.

Selain itu, banyak cara lain meningkatkan penjualan di WhatsApp. Hal tersebut tidak lepas dari banyaknya peran yang bisa dikerjakan WA untuk bisnis Anda, di antaranya sebagai berikut:

  • Memberikan informasi detail tentang lokasi pelanggan melalui fitur ‘share location’. Hal ini memudahkan dan mempercepat kurir mengirimkan produk ke pelanggan dengan biaya operasional lebih hemat.
  • Menjalin hubungan dengan pelanggan lebih dekat.
  • Membantu Anda untuk menjangkau pelanggan lebih cepat dengan cara yang efisien.
  • Mendorong pemasaran lebih mudah dengan mengirimkan pesan menawarkan produk Anda ke banyak kontak sekaligus.

Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis di WhatsApp?

Dengan cara menawarkan produk lewat WA, secara tidak langsung WhatsApp juga mendorong peningkatan penjualan pada bisnis. Untuk memaksimalkan penggunaan WhatsApp, Anda perlu memperhatikan beberapa cara efektif meningkatkan penjualan di WhatsApp berikut ini:

1. Tampilkan profil yang profesional

Cara bisnis online lewat WhatsApp pertama adalah Anda harus menampilkan profil profesianal untuk meyakinkan pelanggan bahwa bisnis Anda kredibel. Gunakan foto profil WhatsApp dengan logo brand atau produk yang Anda tawarkan. Foto yang Anda gunakan harus memiliki kualitas terbaik, sehingga pelanggan dapat dengan jelas produk yang dijual.

Untuk Anda yang sudah menggunakan WhatsApp Business API, Anda tidak perlu khawatir. Sebab centang hijau dan nama bisnis Anda akan terlihat pada pesan yang Anda kirim ke pelanggan. Tanda ini menunjukan akun resmi, pelanggan juga tidak akan ragu keaslian akun WhatsApp Business Anda.

2. Kirimkan pesan blast secara proporsional

Pesan broadcast WA dapat Anda manfaatkan sebagai media marketing yang menawarkan produk ke pelanggan. Sayangnya, cara bisnis online lewat WhatsApp ini dapat terdeteksi sebagai pesan spam. WhatsApp tidak akan ragu untuk memblokir akun yang disinyalir mengirimkan pesan spam.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa beralih menggunakan WhatsApp Business API. Pasalnya setiap pesan blast yang dikirimkan melalui WhatsApp API akan direview terlebih dahulu oleh pihak WhatsApp. Selain itu, WhatsApp API juga merupakan versi resmi yang dikeluarkan oleh WhatsApp khusus untuk meningkatkan penjualan bisnis.

3. Manfaatkan balas pesan otomatis (Chatbot)

Selain mengirimkan pesan WhatsApp broadcast, Anda juga perlu mengaktifkan fitur WhatsApp Chatbot. Fitur ini akan memberikan balasan otomatis untuk setiap pesan yang dikirimkan pelanggan dalam hitungan detik. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi kerepotan membalas pesan pelanggan yang masuk dari pelanggan setelah mendapatkan pesan broadcast.

4. Integrasikan WhatsApp dengan aplikasi lainnya

Cara bisnis online lewat WhatsApp ini memberikan opsi pelanggan untuk berpindah dari saluran bisnis lainya secara instan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan menambahkan WhatsApp link ke paltform lainnya. Dengan adanya integrasi ini, memberikan pengalaman konsiten pelanggan meski mereka berpindah-pindah aplikasi.

5. Lacak dan Evaluasi

Cara bisnis online lewat WhatsApp terakhir adalah melacak semua pesan yang Anda kirimkan ke pelanggan. Seperti jumlah pesan yang terkirim, telah dibaca hingga gagal terkirim. Identifikasi apabila tim Anda mengalami kendala dan segera perbaiki.

Baca Juga: Cara Mendapatkan WhatsApp Business API


Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan Lewat WhatsApp Blast?

Seperti diketahui, WhatsApp dapat dimanfaatkan untuk menawarkan produk ke pelanggan. Dimana dengan WhatsApp, Anda bisa mengirimkan pesan massal (WhatsApp blast) berisi promosi ke banyak pelanggan sekaligus. Hal ini merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan di WhatsApp.

Cara bisnis online lewat WhatsApp blast adalah dengan mengikuti langkah berikut:

Step 1. Daftar ke Official Partner WhatsApp Business API Qontak.com

WhatsApp Business API Mekari Qontak

Syarat utama untuk mengirimkan pesan blast adalah bermitra dengan official partner WhatsApp Business API terbaik di Indonesia Qontak.com. Selanjutnya Qontak.com akan membantu Anda, beralih dari WhatsApp Business biasa ke WhatsApp API. Setelah itu, Anda bisa memanfaatkan fitur unggulan dari WhatsApp API seperti Blast/Bulk.

Step 2. Verifikasi akun Facebook Business Managger

verifikasi WhatsApp API-Cara Meningkatkan Penjualan di WhatsApp

Langkah kedua cara bisnis online lewat WhatsApp blast, Anda perlu verifikasi akun Facebook Business Managger. Caranya cukup dengan login menggunakan akun Facebook Messenger Anda. Setelah itu, siapkan berkas-berkas bisnis untuk proses verifikasi. Berkas yang digunakan meliputi:

  • Nama perusahaan,
  • Website URL,
  • Email domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

Tahapan ini cukup memakan waktu dan tidak semuanya disetujui oleh pihak Facebook. Pasalnya Facebook perlu memastikan bisnis Anda tidak melanggar kebijakan perdagangan yang diterapkan WhatsApp. Meski begitu, tidak perlu khawatir karena Qontak.com akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi.

Step 3. Lengkapi profil dan aktifkan nomor

Lengkapi Profil- Cara Meningkatkan Penjualan di WhatsApp

Setelah diverifikasi Facebook, perbarui profil WhatsApp API dengan informasi detail bisnis seperti alamat, jam operasional dan sebagainya. Tujuannya agar memudahkan pelanggan mengenali bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga perlu menentukan nomor telepon yang akan Anda gunakan sebagai kontak WhatsApp Business API Anda. Nomor ini bersifat abadi, artinya tidak dapat diganti seterusnya. Selanjutnya nama bisnis dan centang hijau otomatis akan terlihat pada layar pelanggan meski mereka belum menyimpan kontak Anda.

Step 4. Login ke Chat Panel Qontak.com

Chat panel Qontak- Cara Meningkatkan Penjualan di WhatsApp

Sebelum mulai mengirimkan pesan blast, Anda harus login ke chat panel Qontak.com. Anda akan mendapatkan password dan username saat kerjasama dengan Qontak.com.

Step 5. Buat Daftar Kontak yang akan di Blast

membuat daftar kontak- Cara Meningkatkan Penjualan di WhatsApp

Langkah selanjutnya cara bisnis online lewat WhatsApp blast, Anda perlu membuat daftar nomor-nomor yang ingin Anda kirim pesan blast. Anda bisa membuat daftarnya satu persatu atau langsung mengunggahnya ke sistem dalam format excel atau csv.

Step 6. Submit Template Pesan

Buat template- Cara Meningkatkan Penjualan di WhatsApp

Buatlah template pesan blast yang berisi penawaran produk Anda ke pelanggan. Namun, Anda tidak bisa langsung mengirimkan template tersebut. Alasannya WhatsApp perlu waktu 1×24 jam untuk mereview isi pesan tersebut.

WhatsApp tidak mengizinkan isi pesan blast yang mengandung hard selling seperti menggunakan kata-kata diskon, promo, buy 1 get 1. Hal ini merupakan aturan mutlak pihak WhatsApp yang tidak dapat diganggu gugat.

Step 7. Kirim Pesan Blast ke Pelanggan

Step 7. Kirim Pesan Blast ke Pelanggan

Setelah template blast Anda disetujui WhatsApp, kirimkan ke daftar kontak sekaligus. Dalam selang beberapa waktu, pesan akan diterima pelanggan secara bersamaan. Ulangi cara jualan bisnis online lewat WhatsApp blast ke 4-7 setiap kali Anda ingin pesan berisi penawaran produk.


Tingkatkan Penjualan Bisnis Anda di WhatsApp Sekarang juga!

Seperti yang dibahas cara bisnis online lewat WhatsApp sebelumnya, WhatsApp dapat membantu bisnis meningkatkan penjualan bisnis. Salah satu cara meningkatkan penjualan di WhatsApp adalah dengan mengirimkan pesan blast berisi penawaran produk ke banyak pelanggan sekaligus.

Cara meningkatkan penjualan whatsapp dengan blast dinilai efektif dibandingkan metode lainnya. Namun pengiriman pesan broadcast tidak resmi sangat rentan diblokir oleh WhatsApp. Oleh karena itu, disarankan agar Anda beralih menggunakan WhatsApp API yang dapat diperoleh dari partner resminya seperti Qontak.com.

Qontak.com menyediakan solusi end-to-end WhatsApp API yang mudah disesuaikan dengan bisnis Anda dan  terintegrasi dengan sistem Omnichannel CRM. Fitur lengkap WhatsApp API dari Qontak.com tidak hanya membantu menawarkan produk ke pelanggan, tapi juga meningkatkan penjualan serta layanan pelanggan. Terlebih Qontak.com telah membantu +1000 bisnis untuk mengembangkan usahanya.

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales