Cara Mengubah Review Negatif Menjadi Kesempatan Sales

Negative Review

Dalam praktek berbisnis, mendapatkan review jasa atau produk yang buruk dari customer bisa menjadi mimpi buruk dan batu sandungan bagi bisnis Anda. Orang lain yang seharusnya berpotensi menjadi customer Anda dapat melihat review buruk ini dan mengurungkan niat mereka untuk bertransaksi dengan Anda. Anda mungkin berpikir, satu saja review negatif tidak akan berpengaruh apapun. Namun, pada kenyataannya, review negatif sangat mudah mempengaruhi persepsi orang yang membacanya.

Salah satu cara untuk memanfaatkan review negatif yang diperoleh adalah berusaha merubahnya menjadi kesempatan untuk melakukan sales. Dengan demikian, Anda justru menciptakan lebih banyak kesempatan bagi bisnis Anda bahkan dari hal yang tidak terpikirkan sebelumnya. Berpikirlah kreatif, dan ikutilah beberapa tips berikut.

  1. Sadarilah nilai dari bisnis Anda

Pertama-tama, Anda perlu mengenal nilai bisnis Anda dan bagaimana karakter yang ingin bisnis Anda tampilkan di depan target market. Kontrol perolehan review negatif dan seimbangkanlah dengan berbagai review positif yang Anda terima. Customer menjadi semakin pintar di zaman serba teknologi seperti sekarang ini dan cenderung menganggap banyaknya review positif dan tidak adanya review negatif sama sekali merupakan review palsu. Mereka lebih nyaman mempercayai adanya variasi review yang diterima, yang bisa juga dilihat dari jumlah rating bintang yang diberikan oleh customer Anda.

  1. Ambillah langkah pencegahan

Review terburuk yang bisa diterima sebuah bisnis adalah ketika customer mengklaim bahwa bisnis Anda tidak peduli akan feedback dan keluhan pelanggan. Hal ini harus segera Anda tindak lanjuti dengan langkah nyata di mana semua customer dapat merasa Anda mendengar dan melakukan follow up bagi setiap keluhan mereka. Saat customer Anda tidak senang dengan apa yang mereka peroleh dari bisnis Anda, jangan segan menawarkan adanya refund penuh atau item gratis agar pengalaman buruk mereka dengan bisnis Anda dapat diubah menjadi pengalaman positif.

Negative Review
Sumber Gambar: business2community.com
  1. Kenalilah statistik atau data yang Anda miliki mengenai customer Anda

Jika Anda bergerak di bisnis jual beli produk dan Anda selalu siap sedia menindaklanjuti keluhan customer, kemungkinan Anda menerima review negatif secara otomatis juga menurun. Cara ini dapat membuat rasio komentar dan review negatif yang Anda terima terpudarkan dengan banyaknya rating 4 atau 5 bintang yang bisnis Anda peroleh.

  1. Tunjukkan pada customer Anda bahwa Anda sangat terbuka akan review mereka, entah itu berupa kritik maupun saran

Transparansi seperti ini akan membuat customer merasa diikutsertakan dan merasa bahwa opini mereka penting. Berikan akses bagi customer untuk lebih mudah memberikan review bagi bisnis Anda, entah itu dengan share links di mana mereka bisa langsung menuliskan review atau dengan berinteraksi secara langsung saat transaksi baru saja terjadi. Jika Anda mendapatkan review dari salah satu customer Anda yang paling loyal, bisnis Anda dijamin akan memperoleh review yang terbaik dan dapat dipercaya. Mintalah customer untuk memberikan review, di manapun Anda menyediakan aksesnya. Dengan demikian, Anda turut berkontribusi memperkuat keberadaan bisnis Anda di dunia online, sehingga semakin banyak orang mengenal bisnis Anda.

Negative Review
Sumber Gambar: msauret.com
  1. Jangan menunda memberikan feedback

Begitu Anda mendapatkan komentar atau review dari customer Anda, jangan pernah terlambat memberikan respon. Anda dapat mengucapkan terima kasih atas opini dan feedback yang mereka berikan, dan untuk membuat Anda selalu awas akan komentar yang diberikan mengenai bisnis Anda secara online, pasang notifikasi yang akan mengabari Anda kapanpun nama brand Anda disebut.

  1. Lakukan tindakan eksekutif

Saat Anda memperoleh review negatif, mengambil alih dan bertindak dalam kapasitas sebagai level eksekutif terkadang perlu dilakukan. Mintalah maaf secara langsung kepada customer dengan pengalaman tidak menyenangkan tersebut dan sebutkan peran Anda selaku perwakilan dari perusahaan. Terkadang, pendekatan ini dapat mengubah persepsi customer, terutama jika mereka mendapatkan ganti untuk ketidaknyamanan yang mereka terima.

Jangan patah semangat saat Anda memperoleh review negatif mengenai bisnis Anda. Selalu ada cara untuk mengubahnya menjadi review positif selama Anda terus berpikir kreatif dan memandangnya sebagai kesempatan untuk memperbaiki performa layanan customer Anda.

You may also like