Qontak WhatsApp

Cara Menggunakan WhatsApp Business Multiple Users

whatsapp-business-multiple-users-cara-mendapatkannya

WhatsApp Business Multiple Users, Bagaimana Cara Menggunakannya?

WhatsApp Business Multiple Users merupakan fitur terbaru keluaran WhatsApp. Fitur ini berguna untuk mengkoneksikan satu akun WA untuk banyak agen sekaligus. Sebelumnya WhatsApp biasa hanya bisa digunakan untuk 2 device/users.

Padahal menurut faq.whatsapp.com bahwa akun WhatsApp akan diblokir saat verifikasi ulang, setelah terlalu sering berpindah perangkat berbeda. Oleh karenanya, WhatsApp Anda perlu ditingkatkan menjadi WhatsApp Business API yang dapat digunakan oleh admin tak terbatas atau WhatsApp multiple device.

6 cara mudah menggunakan WhatsApp Business Multiple Users, sebagai berikut:

  1. Daftar akun Facebook Business Manager
  2. Pilih Partner Resmi WhatsApp API (Qontak.com)
  3. Tentukan nomor WA API dan Lengkapi Profil
  4. Login kei Chat Panel Qontak.com
  5. Setting Chat Assignment
  6. Uji Coba WhatsApp Multiple User

Informasi lengkap mengenai WhatsApp Multiple Device, baca: WhatsApp Multiple Device: Ini yang Perlu Kamu Tahu!

cara-mendapatkan-whatsapp-business-multiple-users


Apa itu WhatsApp Business Multiple Users?

WhatsApp Business Multiple Users adalah penggunaan satu nomor WhatsApp untuk banyak admin atau agen. Artinya Anda dapat menambah agen tak terbatas melalui perangkat berbeda sehingga dapat merespon pelanggan lebih cepat.

WhatsApp Business Multiple Users memiliki kemampuan untuk menyimpan data percakapan secara otomatis meski perangkat utama tidak terkoneksi internet. Data yang masuk akan tersimpan dalam satu panel terpadu. Selain itu, WhatsApp Multiple Device tidak memerlukan izin verifikasi ulang ke perangkat utama setiap akan digunakan di perangkat berbeda.

Kemampuan WhatsApp Multiple Device tersebut dapat dirasakan dengan meningkatkan akun WA Business Anda menjadi WhatsApp API. WhatsApp Business API memiliki banyak fitur keunggulan lainnya, seperti WhatsApp Business Multiple Agents yang dapat terintegrasi dengan aplikasi messenger lainnya. Riwayat percakapan dari aplikasi chatting lain terkoneksi otomatis, sehingga tidak perlu mengulang pertanyaan sama.

Perbedaan WhatsApp Business biasa dengan WhatsApp Business API, diantaranya:

WhatsApp Business Biasa

WhatsApp Business API

Hanya bisa digunakan untuk 2 admin (1 HP & 1 Laptop)

Jumlah admin tak terbatas

Sinkronisasi & menyimpan riwayat chat manual

Otomatis menyinkronkan & menyimpan riwayat chat

Menyimpan nomor secara manual

Nomor dan nama otomatis tersimpan

Tidak bisa mengirimkan pesan blast

Dapat mengirimkan pesan blast

Koneksi terputus saat perangkat utama offline

Akun WhatsApp selalu aktif selama nomor masih aktif

Tidak bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain

Bisa integrasi dengan aplikasi lain

Tidak ada centang hijau

Ada centang hijau

Tonton video dibawah ini untuk mempelajari WhatsApp Business API lebih lengkap:


Mengapa Perusahaan Membutuhkan WhatsApp Business Multiple Users?

Alasan perusahaan perlu menggunakan WA multi user memungkinkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dengan pelanggan hanya dari satu nomor. Pelanggan juga lebih mudah menemukan cara menghubungi bisnis Anda.

Selain itu, ada beberapa alasan lainnya bisnis Anda wajib menggunakan WhatsApp Business, diantaranya:

Anda mungkin saja membutuhkan aplikasi ini jika Anda berada dalam salah satu kondisi di bawah ini:

  • Solusi cepat membalas semua pesan yang masuk Anda dengan banyak admin atau agen customer service yang aktif bersamaan.
  • Agen atau customer service dapat menawarkan langsung kepada pelanggan produk-produk yang Anda miliki sebagai solusi masalah mereka. Cara ini cukup efektif dan hemat biaya.
  • Admin yang bertugas dapat mengirim pesan pengingat kepada pelanggan untuk melanjutkan percakapan, pembayaran atau tahapan lainnya yang tertunda sebelum expired.
  • Sebelum mengakhiri percakapan dengan pelanggan, agen dapat menanyakan beberapa pertanyaan, seperti penilaian terhadap kualitas layanan atau masukkan lainnya tanpa repot. Feedback yang terkumpul akan membantu Anda dalam menyusun strategi bisnis.
  • Akun WhatsApp Business multiple agents yang dapat digunakan oleh banyak CS dalam waktu bersamaan. Artinya semakin banyak permintaan pelanggan yang terselesaikan, termasuk transaksi jual beli.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Baca juga: 6 Alasan Menggunakan WhatsApp Business API


Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Business Multiple Users/Agents

Cara menggunakan WhatsApp Business Multiple Device yang utama hanya dengan WhatsApp API (WhatsApp Official Business Account).

Berikut adalah cara mendapatkan WhatsApp Business Multiple Users dengan WhatsApp API:

Step 1. Daftar akun Facebook Business Manager

Verifikasi facebook manager

Terdapat proses verifikasi data yang harus dilewati untuk membuktikan bahwa bisnis tersebut legal serta memenuhi persyaratan lainnya yang telah ditentukan oleh pihak WhatsApp. Beberapa data tersebut adalah nama perusahaan, Website url, Industri, Daerah Operasional, serta memiliki Facebook Business Manager.

Qontak.com dapat membantu Anda untuk mengunggah dokumen-dokumen tersebut untuk proses registrasi perusahaan. Setelah seluruh syarat terpenuhi, maka Qontak.com dapat mendaftarkan bisnis Anda langsung ke WhatsApp.

Step 2. Bermitra Partner Resmi WhatsApp API (Qontak.com)

WhatsApp-Business-Multiple-Users-BSP

Salah satu WhatsApp Official Business Partner terbaik di Indonesia adalah Qontak.com Qontak.com dapat membantu Anda memperoleh green tick WhatsApp atau centang hijau WhatsApp dengan mudah.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Step 3. Tentukan nomor  dan Lengkapi Profil

Aktifkan-Nomor-untuk-WhatsApp-Business-Multiple-Users

Anda dapat menggunakan nomor existing atau nomor baru yang Anda inginkan. Qontak.com akan mendaftarkannya menjadi WhatsApp API. Selanjutnya lengkapi profil bisnis sedetail mungkin yang memudahkan pelanggan mengenali bisnis Anda.

Step 4. Login kei Chat Panel Qontak.com

login-panel-Qontak

Setelah berhasil menjadi WA API, Qontak.com akan memberikan credentials yang digunakan untuk masuk ke chat panel. Tampilan menu panel chat antara agen dan manajer berbeda. Dimana agen hanya dapat membalas pesan, sementara manajer dapat melakukan pengaturan dan pemantauan pesan masuk.

Step 5. Setting Chat Assignment

Uji-Coba-WhatsApp Business Multiple Users

Agen dapat mengatur status online nya dari bagian atas panel. Status ini akan digunakan untuk menjalankan fungsi Auto Agent Allocation atau Custom Agent Allocation. Apabila permintaan pelanggan  telah diselesaikan, maka agen dapat menutupnya dengan klik Resolve. Artinya pesan tidak dapat diedit atau diteruskan meski sesi belum berakhir (expired) dan langsung tersimpan dalam menu Resolved.

step 6.  Uji Coba WhatsApp Business Multiple Users

menggunakan-Whatsapp-API-bisnis

WhatsApp multiple users dapat Anda gunakan. Sebaiknya sebelum mulai berinteraksi dengan pelanggan, uji coba dulu WhatsApp business multiple agents. Hal ini penting untuk memastikan bahwa WhatsApp multiple device berfungsi sebagaimana mestinya.

Tutorial menggunakan WhatsApp API untuk bisnis, baca: Cara Menggunakan WhatsApp API, Ini 6 langkahnya!

Apa Keuntungan Menggunakan WhatsApp Business Multiple Users

whatsapp-business-multiple-users-qontak

Keuntungan menggunakan WhatsApp Business Multiple Users adalah mampu melayani banyak pelanggan lebih cepat. Selain itu juga memudahkan pelanggan untuk menghubungi bisnis karena hanya menyediakan satu nomor layanan pelanggan.

Berikut manfaat lainnya menggunakan WhatsApp Business Multiple Agents, seperti:

– Dapat Menjadi Sistem Customer Service

WhatsApp Business Multiple Agents hanya menggunakan satu nomor untuk berbagai kebutuhan, mulai dari ticketing customer service, pengingat dan konfirmasi pembayaran, OTP, melacak pembelian dan pengiriman barang, serta notifikasi lainnya. Hal ini sangat berguna untuk CS dalam melayani pelanggan. Pelanggan juga tidak perlu bingung untuk menentukan nomor mana yang harus dihubungi bisnis.

– Cepat Melayani Customer

WhatsApp Multiple Device solusi terbaik untuk bisnis yang memiliki banyak pelanggan. Bisnis dapat menambahkan admin CS tidak terbatas dengan WhatsApp Business Multiple Agents, sehingga respon yang diberikan lebih cepat. Pesan yang masuk juga akan terpusat dalam satu platform yang mengurangi tumpang tindih permintaan yang sama.

– Pembagian yang Adil antara Admin

WhatsApp Multiple Device akan menyalurkan pesan yang masuk ke multi-channel chat panel. Kemudian pesan tersebut akan diterima agen customer service. Pengaturan alokasi agen dilakukan secara adil sesuai kemampuannya baik secara manual atau otomatis melalui round robin. Dengan begitu tidak ada agen yang kewalahan menangani pesan yang masuk.

– Otomatisasi Database

WhatsApp API Multiple Users dilengkapi fitur canggih seperti pesan yang masuk akan tersimpan secara otomatis. Mereka tidak perlu melakukan backup data atau sinkronisasi riwayat percakapan antara satu dengan lainnya.

– Laporan Kinerja Agen dan Pesan

WhatsApp Business Multiple Users otomatis memperbarui data secara real time seperti total percakapan yang dilakukan, rata-rata waktu respon agen dan sebagainya. Hal ini mempermudah bisnis untuk menilai KPI customer service, kinerja tiap agen dan menyusun strategi meningkatkan percakapan lebih baik.

report-pada-whatsapp-business-multiple-users

– Kemudahan Integrasi

WhatsApp Business Multiple agents dapat dihubungkan dengan aplikasi chatting populer lainnya, seperti Telegram, Line dan Facebook Messenger. Hal ini membantu bisnis menciptakan interaksi yang mulus dengan pelanggan. Seluruh percakapan keduanya dapat dilihat pada dashboard interaktif yang saling terhubung.


Bagaimana Mendapatkan WhatsApp Business Multiple Users?

Keuntungan WhatsApp Business Multiple Users dapat dinikmati setelah bisnis memiliki WhatsApp Business API terlebih dahulu. Caranya melalui kerjasama dengan mitra resmi WhatsApp API Indonesia seperti Qontak. Sebagai official partner business WhatsApp API, Qontak membantu bisnis memperoleh WhatsApp Business API dengan mudah. Qontak juga terintegrasi dengan omnichannel CRM yang menghubungkan dengan teknologi lainnya. Hal ini membantu WhatsApp Business Multiple Agents Anda dapat bekerja mulus dalam memberikan pelayanan pelanggan.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form coba gratis di samping kanan!


Frequently Asked Question tentang WhatsApp Bot Indonesia

Mengapa saya membutuhkan API untuk membuat WhatsApp bot Indonesia?
    • Untuk mendapatkan fitur bot yang lebih canggih bagi bisnis, Anda memerlukan API. Qontak.com akan membantu proses pendaftaran dan juga mengupgrade akun Anda, sehingga Anda tidak perlu repot melakukannya.
Apa perbedaan antara WhatsApp Business dan WhatsApp bot API?
    • Tidak ada bot di WhatsApp Business biasa. Anda tidak dapat mengintegrasikan WhatsApp Anda dengan sistem lain atau melakukan otomatisasi apa pun di dalam WhatsApp Business. Sedangkan dengan API, Anda dapat mengintegrasikannya dan memiliki sistem bot yang lebih baik.
Dapatkah saya melakukan upgrade dari WhatsApp Business saya ke WhatsApp bot Indonesia?
    • Ya, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan nomor yang sudah Anda punya.
Bisakah saya melakukan promosi dengan WhatsApp bot Indonesia?
    • Anda hanya diizinkan untuk memberikan info promosi / kampanye ketika diminta oleh pelanggan.

You may also like

By