Cara Menggunakan WhatsApp API, Ini 6 Langkahnya!

cara menggunakan whatsapp api ini 6 langkahnya

WhatsApp API, Aplikasi Obrolan Terbaik untuk Bisnis dan Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp API?

Bagaimana cara menggunakan WhatsApp API? WA API atau WhatsApp Business Official API adalah aplikasi yang khusus diciptakan bagi para pelaku bisnis, seiring dengan pesatnya jumlah bisnis baru yang bermunculan, dimana sebagian besarnya menggunakan aplikasi WA Messenger sebagai media komunikasi antara pelaku bisnis dengan konsumennya. WA sebagai aplikasi obrolan personal tidak memiliki fitur-fitur khusus yang dapat mendukung proses bisnis dengan baik, untuk itulah tercipta WA Business yang kemudian disempurnakan dengan adanya official API.

Bagi Anda yang telah memiliki bisnis, baik online maupun offline, pastikan agar Anda tidak melewatkan WhatsApp API Indonesia begitu saja. Dibawah ini kami akan membahas hal-hal seputar WA API, seperti cara menggunakan WA API dan cara mendapatkan WA API.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Bisnis dengan WhatsApp Bot API


Apa itu WhatsApp Business API?

Telah dibahas dalam beberapa artikel sebelumnya, WA API atau WhatsApp Business API merupakan pengembangan dari WhatsApp Messenger yang tidak hanya memiliki fitur standard saja, namun juga dapat diterapkan pada server serta memiliki API lokal yang memungkinkan penggunanya untuk berkirim pesan secara terprogram. Pesan yang terprogram dengan baik akan mampu menciptakan peningkatan hubungan pelanggan yang nantinya akan meningkatkan sales. Hal tersebut merupakan salah satu alasan dalam menggunakan WhatsApp API.

Perbedaan WhatsApp Business Biasa dan WhatsApp API

WhatsApp API dan WhatsApp Business memiliki persamaan dalam beberapa aspek, yaitu seperti: sama-sama menampilkan profil bisnis serta memiliki template pesan. Keduanya juga memungkinkan penggunaan satu nomor akun yang dapat digunakan oleh lebih dari satu agen customer service, namun WhatsApp Business membatasi hanya boleh untuk dua agen CS saja, sedangkan WhatsApp API tidak membatasi jumlah agen CS nya.

Walaupun sama-sama berangkat dari tujuan penciptaan yang sama, yaitu digunakan untuk bisnis, namun WA API berbeda dengan WhatsApp Business biasa. Ada beberapa fitur yang hanya dimiliki oleh WhatsApp Business API, yaitu:

  • Manajemen basis data pelanggan dan obrolan,
  • Pesan keluar massal,
  • Laporan kinerja,
  • Tanda centang hijau, serta
  • Integrasi CRM.

Secara singkat, berikut adalah perbedaan antara WhatsApp Business dan WhatsApp Business API:

WhatsApp Business

WhatsApp Business API

Profil Bisnis Ya Ya
Template Pesan Ya Ya
Jumlah Agen hingga 2 agen CS / 1 nomor multiple agen (lebih dari 2) dalam 1 nomor
Manajemen Basis Data Pelanggan dan Obrolan Ya
Pesan Keluar Massal Ya
Laporan Kinerja Ya
Tanda Centang Hijau Resmi Ya
Integrasi CRM Ya

Rekomendasi Artikel: Chatbot WhatsApp Business


Cara Mendapatkan WhatsApp API

Sebelum Anda tahu bagaimana cara menggunakan WhatsApp API, Anda harus memiliki WhatsApp API dulu. Namun tidak semua bisnis dapat memperoleh WhatsApp API. WA API Indonesia hanya dapat diperoleh oleh bisnis-bisnis yang telah memenuhi persyaratan yang dibuat oleh pihak WhatsApp. Inilah cara mendapatkan WA API:

WA API tidak dapat diperoleh dengan hanya mengunduh aplikasi saja, namun harus melalui partner resmi WhatsApp. Pastikan Anda memilih partner yang tepat seperti Qontak.com untuk mendapatkan pelayanan yang optimal bagi bisnis Anda.

  • Siapkan Akun WhatsApp Anda dengan Melakukan Verifikasi

Bisnis yang ingin memperoleh WA API harus melewati beberapa proses verifikasi data untuk membuktikan bahwa bisnis tersebut telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Data yang diperlukan adalah:

  1. Nama perusahaan,
  2. Website URL,
  3. Industri,
  4. Daerah operasional, dan
  5. Facebook business manager

Qontak.com dapat membantu Anda untuk mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan untuk proses registrasi perusahaan, karena mendaftarkan WhatsApp Business Account pada Facebook Business Manager kadang-kadang membingungkan.

Setelah seluruh syarat terpenuhi, maka Qontak.com akan mendaftarkan bisnis Anda langsung ke WhatsApp.

  • Aktifkan Nomor WhatsApp yang Diinginkan

Setelah proses pendaftaran telah disetujui oleh WhatsApp, Anda perlu memilih satu buah nomor telepon yang akan Anda gunakan sebagai nomor bisnis. Nomor ini tidak dapat diganti lagi, jadi pertimbangkanlah baik-baik.

Anda dapat melihat tanda centang berwarna hijau ketika WhatsApp API Anda telah aktif. Nama bisnis Anda otomatis akan muncul pada layar konsumen Anda walaupun mereka belum menyimpan kontak Anda.

Setelah proses ini, Anda dapat mengintegrasikannya dengan aplikasi CRM yang disediakan oleh Qontak.com. Aplikasi CRM Qontak.com memiliki fitur lengkap yang dapat mengembangkan bisnis Anda, salah satunya dengan memperbaiki kualitas tim customer service Anda.

  • Perbarui Profil WhatsApp Anda

Lengkapi profil bisnis Anda agar konsumen yang terhubung dengan Anda dapat mengetahui informasi seputar bisnis Anda sebelum mereka menanyakan pertanyaan lebih lanjut. Anda dapat melakukan branding serta mengatur hal-hal lain yang perlu konsumen perhatikan dalam bisnis Anda, seperti: jam operasional, katalog produk, dan sebagainya.

  • Kirim Pesan Percobaan

Setelah semua proses ini dilakukan, maka Anda dapat melakukan uji coba. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala teknis, Anda dapat menghubungi kembali tim dari Qontak.com yang akan membantu Anda dengan senang hati.

Baca Selengkapnya: Cara Membuat WhatsApp API


Cara Menggunakan WhatsApp API

Setelah berhasil mendapatkan WA API melalui Qontak.com, Anda perlu mempelajari cara menggunakan WA API dengan benar. Hal ini bertujuan agar Anda dapat berkomunikasi dengan konsumen Anda sehingga bisnis online Anda dapat berjalan secara optimal. Anda dapat menggunakannya dengan cara berikut:

1. Login Melalui Chat Panel Qontak.com

Anda akan diberikan credentials untuk login di chat panel Qontak.com, yaitu username dan password. Tampilan menu setelah login antara agen dan manajer akan berbeda, karena pada dasarnya agen hanya akan mampu membalas pesan yang masuk sedangkan manajer juga dapat memantau pesan masuk serta melakukan beberapa pengaturan.

Cara menggunakan whatsapp api 1: Login ke Chat Panel Qontak.com

2. Memilih Pengaturan Penerima Chat / Chat Assignment

Pengaturan ini dapat ditemukan pada login supervisor. Agen dapat mengatur status online nya dari bagian atas panel. Status ini akan digunakan untuk menjalankan fungsi Auto Agent Allocation atau Custom Agent Allocation.

Cara menggunakan WhatsApp API 2: Mengatur agen

3. Mengatur Jam Kerja, Balasan Otomatis, dan Template Pesan

Pengaturan ini dibuat oleh supervisor untuk menciptakan sistem kerja yang lebih efektif dan efisien., sehingga agen tidak perlu menuliskan beberapa hal dasar secara berulang.

Cara menggunakan WhatsApp API 3: Mengatur jam kerja, respon otomatis, dan template pesan

4. Login Mobile Melalui Aplikasi Qontak Chat 

Anda juga dapat login menggunakan smartphone Anda. Yang harus dilakukan pertama kali adalah mengunduh aplikasi di Appstore atau Playstore menggunakan kata kunci “Qontak chat”. Setelah itu, Anda dapat login menggunakan username dan password yang telah diberikan sebelumnya.

Cara menggunakan WhatsApp API 4: Login melalui aplikasi mobile

5. Mengatur Pengambilan dan Pengiriman Pesan

Langkah terakhir adalah memulai proses mengambil, membalas dan memberikan pesan. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan pada proses mengirim dan membalas pesan:

  • Mengambil Pesan

Semua pesan masuk akan tampil di menu inbox di barisan pertama menu dalam sistem. Semua pengguna akan mendapatkan notification baik di browser maupun di hp jika pengguna mengaktifkan fitur Allow Notification. Supervisor memiliki banyak pilihan disini, seperti membalas pesan, menginterupsi pesan, serta bebas memilih chat room yang ingin dibaca atau dibalas. Pesan yang telah dibalas oleh supervisor tidak dapat diambil oleh agen.

  • Membalas Pesan

Setelah memilih chat room dan mendapat pesan, pengguna dapat mengirimkan file yang diminta atau sesuai dengan pertanyaan konsumen, seperti foto, video, atau file dalam format lainnya.

  • Memberikan Pesan

Pesan dapat diberikan ke pengguna lainnya, namun disini supervisor memiliki opsi lebih banyak, seperti menambahkan atau mengeluarkan agen ke dalam chat room yang sama. Beda halnya dengan agen, mereka hanya dapat memberikan pesan ke sesama agen.

  • Menyelesaikan Pesan

Jika keperluan konsumen telah diselesaikan, maka agen dapat menutup sesi percakapan tersebut dengan menekan tombol Resolve. Pesan yang telah berakhir ini tidak dapat diedit kembali atau diteruskan kembali walaupun sesi belum berakhir (expired) dan langsung tersimpan dalam menu Resolved. 

6. Mengetahui Informasi Konsumen

Cara menggunakan WhatsApp API yang terakhir ialah mengetahui informasi pelanggan. Bagian berisi beberapa hal penting yang berkaitan dengan konsumen, yaitu:

  • Informasi konsumen (nama, nomor telepon, dan session status)
  • Room history (berisi tentang riwayat percakapan konsumen tersebut dengan agen yang melayaninya. Agen hanya dapat melihat riwayat percakapan yang pernah diambil, sedangkan supervisor dapat membuka seluruh riwayat percakapan yang pernah terjadi di chat room tersebut).
  • Catatan (Agen dapat menambahkan catatan khusus dalam setiap percakapan yang pernah diambilnya).
  • Tags (hashtag diberikan agar percakapan tersebut dapat difilter sesuai jenisnya)

Cara menggunakan whatsapp api 6: mengetahui informasi pelanggan


Apa Kelebihan Menggunakan WhatsApp API

Sepadan dengan upaya memperolehnya yang tidak mudah, WA API dapat memberikan banyak kontribusi yang baik bagi bisnis Anda. Mari kita mengenal lebih dalam mengenai kelebihan-kelebihan yang akan bisnis Anda dapatkan jika Anda menggunakan WA API Qontak.com:

  1. Terhubung dengan Sistem Aplikasi CRM (WhatsApp CRM),
  2. Integrasi dengan Omnichannel dan Live Chat (WhatsApp Omnichannel),
  3. Otomatisasi dan Personalisasi Marketing,
  4. Otomatisasi Dokumen,
  5. Laporan yang Detail, dan
  6. Integrasi dengan Sistem Call Center untuk Customer Service.

Baca Juga: 3 Keuntungan Menggunakan WhatsApp API di New Normal


Dapatkan WhatsApp API untuk Bisnis Anda Sekarang!

Bisnis yang dijalankan secara online maupun offline, baik pada skala kecil maupun besar, pasti tidak lepas dari proses komunikasi. Maka, penggunaan aplikasi obrolan seperti WhatsApp tentu sangat bermanfaat untuk membangun hubungan yang baik dengan para konsumen. Terutama untuk bisnis yang menggunakan WA API karena adanya berbagai macam kelebihan yang dimilikinya setelah Anda mengetahui cara menggunakan WhatsApp API. Untuk itu, dapatkan WhatsApp API melalui Qontak.com. Qontak.com merupakan official business partner untuk WhatsApp di Indonesia yang juga menawarkan CRM dengan fitur yang lengkap. Selain itu, jika Anda masih belum memahami tentang cara mendapatkan serta cara menggunakan WhatsApp API, tim dari Qontak.com siap membantu Anda.

Baca Juga: 5 Alasan Menggunakan CRM WhatsApp

Coba GRATIS WA API Indonesia terbaik sekarang juga atau hubungi kami disini!

You may also like