Qontak WhatsApp

Cara Mendapatkan Instagram API: 5 Langkah Mudah

Cara Mendapatkan Instagram API

Begini Tutorial Cara Mendapatkan Instagram API dengan Mudah!

Instagram adalah salah satu platform populer media sosial yang telah digunakan lebih dari 85 juta orang di Indonesia. Penggunaanya tidak hanya terbatas untuk keperluan personal, tapi juga untuk bisnis terbukti dari fitur terbaru yang dikeluarkan Instagram yaitu Instagram API. Fitur baru dirancang khusus untuk membantu bisnis mengelola akun Instagram serta mengintegrasikan dengan sistem bisnis lainnya. Lalu, bagaimana cara mendapatkan Instagram API?

5 cara mendapatkan Instagram API dengan mudah adalah sebagai berikut:

  1. Bermitra dengan Official Partner API Instagram Qontak.com
  2. Pastikan Memiliki Facebook Page
  3. Beralih ke akun Instagram Business
  4. Hubungkan Akun Instagram Business dengan Facebook Page
  5. API Instagram Siap Digunakan

Tutorial Cara Mendapatkan Instagram API


Apa itu Instagram API?

Instagram API (Application Programming Interface) adalah sebuah sistem yang memungkinkan akun profesional Instagram (pelaku bisnis dan kreator) untuk mengelola eksistensi mereka di Instagram, termasuk di antaranya menemukan motion, mendapatkan data dasar tentang Bisnis lain, dan menemukan foto yang diberi hastag tertentu. Oleh karena itu, Instagram API ditujukan untuk pengguna Instagram Business dan Kreator yang memerlukan insight, dan kontrol penuh atas semua interaksi pada IG mereka.

Kelebihan Instagram API adalah didukung fitur tambahan yang memudahkan Anda untuk mengelola bisnis. Misalnya multi user, routing, integrasi dengan aplikasi atau saluran bisnis lainnya dan masih banyak lainnya. Berbeda dengan Instagram biasa yang tidak bisa melakukan integrasi atau dimodifikasi dengan fitur-fitur canggih lainnya secara fleksibel.


Apa Manfaat Menggunakan Instagram API?

Manfaat utama menggunakan Instagram API adalah kemampuan integrasi dengan saluran dan aplikasi lainnya. Hal ini tentu membuat bisnis mudah dalam mengelola seluruh saluran bisnis yang digunakan dalam satu platform. Dengan begitu, tidak ada channel atau permintaan pelanggan yang terabaikan. Selain itu masih banyak manfaat lainnya menggunakan Instagram API, di antaranya:

  • Didukung dengan Bot Instagram memungkinkan Anda melayani selama 24/7 sebagai sistem customer service sehingga akan membantu meningkatkan produktivitas agent atau admin untuk membalas pesan-pesan DM yang sering ditanyakan atau disampaikan pelanggan.
  • Membagi pesan DM yang masuk secara otomatis dan adil ke seluruh admin atau agen
  • Mendata dan memonitor seluruh hasil penjualan dari toko online Instagram (shop/store) bisnis Anda
  • Integrasi dengan WhatsApp, Facebook Messenger, Line, Telegram, Twitter, dan aplikasi lainnya
  • Menyediakan laporan dan analisis rinci mengenai hasil penjualan Instagram shop berdasarkan waktu, status order pelanggan, detail rinci pesanan pelanggan, dan lain-lain
  • Dilengkapi sistem end-to-end encryption yang menjamin keamanan data bisnis dan pelanggan yang berinteraksi
  • Personalisasi pesan pelanggan yang dapat digunakan untuk memahami pelanggan
  • Menghemat biaya karena tidak perlu mempekerjakan banyak tim untuk melakukan laporan dan analisis penjualan di Instagram shop dan percakapan
  • Mudahkan pelanggan berbelanja langsung dari platform Instagram
  • Instagram API multiple agent/user yang memungkin penggunaan satu akun Instagram untuk banyak agen.

Bagaimana Cara Mendapatkan Instagram API?

Cara mendapatkan Instagram API cukup mudah, dimana Anda membutuhkan pihak ketiga untuk mulai menggunakan API Instagram. Untuk lebih jelasnya, ikuti cara mendapatkan Instagram API berikut ini:

Step 1. Bermitra dengan Official Partner API Instagram Qontak.com

Qontak.com-Cara Mendapatkan Instagram API

Langkah pertama cara mendapatkan Instagram API adalah mendaftar ke Mitra Resmi Messenger API untuk Instagram di Indonesia seperti Qontak.com. Hal ini merupakan syarat wajib sebelum menggunakan Messenger API. Setelah itu, Qontak.com akan membantu Anda mendapatkan dan men-set up hingga API Instagram bisa digunakan. Termasuk memastikan Anda mendapatkan seluruh fitur canggih IG API seperti bot Instagram dengan harga terjangkau.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Step 2. Pastikan Memiliki Facebook Page

Langkah 3 Cara Mendapatkan Instagram API

Langkah ketiga adalah bisnis Anda harus memiliki Facebook Page untuk memulai menggunakan Instagram API. Apabila Anda belum memilikinya, silahkan ikuti panduan resmi dari Facebook disini. Setelah memiliki Facebook Page, pastikan akun Facebook yang Anda gunakan memiliki role sebagai Admin di Facebook Page tersebut. Jangan lupa untuk mengecek apakah akun Facebook yang Anda gunakan merupakan Admin.

Step 3. Beralih ke akun Instagram Business

langkah 4 Cara Mendapatkan Instagram API

Apabila akun Instagram Anda masih yang biasa, ubahlah menjadi akun Instagram Business atau Professional Account. Ikuti langkah dibawah ini untuk beralih ke akun Instagram Business (Professional Account):

  • Buka halaman ‘Profile’ pada akun Instagram, kemudian klik tombol di pojok kanan atas,
  • Klik ‘Settings’ dilanjutkan dengan klik ‘Account’,
  • Klik ‘Switch to Professional Account’ dan Klik ‘Continue’,
  • Pilih kategori bisnis Anda dan klik ‘Done’ dan selanjutnya ‘OK’ untuk konfirmasi
  • Klik ‘Next’ dan masukkan detail kontak.

Step 4. Hubungkan Akun Instagram Business dengan Facebook Page

Langkah 5 Cara Mendapatkan Instagram API

Koneksikan Facebook Page dengan akun Instagram Business Anda. Ikuti langkah di bawah ini untuk menghubungkan akun Instagram Business dengan Facebook Page Anda:

  • Buka halaman ‘Profile’ Instagram,
  • Pilih ‘Edit Profile’,
  • Di bagian ‘Public Business Information’, dilanjutkan klik ‘Page’,
  • Klik ‘Create Facebook Page’ atau ‘Connect an Existing Page’,
  • Pilih Facebook Page yang ingin Anda sambungkan atau pilih ‘Create a New Facebook Page’,
  • Klik ‘Done’ setelah Anda memilih Facebook Page atau membuat baru.

Step 5. API Instagram Siap Digunakan

Langkah 6. Cara Mendapatkan Instagram API

Setelah Anda melakukan tahapan diatas, Qontak.com akan men-set up Messenger API Anda melalui aplikasi Omnichannel Qontak.com. Anda bisa berkonsultasi dengan Qontak.com setting seperti apa yang inginkan. Setelah selesai di set up, Qontak.com akan memberikan informasi berupa username dan password untuk mengakses Messenger IG API. IG API siap digunakan.


Bagaimana Cara Efektif Menggunakan Instagram API?

Instagram API memiliki banyak kelebihan seperti mengefisiensikan alur kerja bisnis lewat fitur otomatisasi seperti routing yang membagi pesan DM secara adil ke admin/agen yang bertugas. Messenger API juga mampu meningkatkan pengalaman pelanggan dan menghasilkan loyalitas. Untuk dapat merasakan kelebihan tersebut, dibutuhkan trik tertentu.

Berikut 5 tips cara efektif menggunakan Instagram API adalah

– Perutean admin oleh manajer atau sistem

API Instagram memungkinkan akun Instagram Anda, digunakan untuk banyak agen sekaligus. Agar semua agen bekerja maksimal, Anda mendistribusikan pesan dari pelanggan secara merata dan adil ke agen melalui sistem perutean (routing) admin. Proses pembagian ini bisa dilakukan secara manual atau otomatis oleh sistem, bahkan keduanya. Hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

– Menyimpan data prospek dan pelanggan

Cara Mendapatkan Instagram API-Menyimpan Data Prospek

Semua pesan serta informasi terkait prospek atau pelanggan, akan tersimpan otomatis dalam database CRM. Hal tersebut dimungkinkan berkat integrasi Instagram API dengan aplikasi CRM. Data yang tersimpan dapat digunakan untuk meningkatkan layanan pelanggan serta strategi bisnis lainnya.

– Hubungkan dengan saluran lain

Integrasikan Instagram API dengan saluran bisnis lainnya seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Line, Telegram dan Twitter. Tujuannya agar semua saluran komunikasi yang digunakan bisnis saling terhubung. Anda juga tidak perlu berpindah aplikasi untuk merespon pelanggan dari saluran tersebut, cukup melalui aplikasi Omnichannel Qontak.com. Selain itu, juga memudahkan Anda dalam memantau interaksi bisnis dengan pelanggan, sehingga tidak ada pelanggan yang terabaikan.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

– Membalas komen/motion dan DM secara cepat

Balasan-Cepat-Cara Mendapatkan Instagram API

Messenger Instagram API memudahkan Anda menerima notifikasi komen atau mention lalu menjawabnya melalui pesan langsung (direct message). Dengan kemampuan Bot Instagram, Anda dapat memberikan balasan cepat (quick reply) setiap pesan pelanggan melalui pesan DM selama 24 non stop. Anda cukup klik opsi jawaban quick reply tersebut yang sudah Anda atur sebelumnya. Selain itu, banyak bisnis sekarang juga memanfaatkan bot di Instagram untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan yang berulang (FAQ) atau mudah.

– Menyediakan laporan rinci secara real time

API Instagram memberikan laporan dan analisa menyeluruh mengenai setiap pesan diterima, kinerja admin CS serta hasil penjualan yang Anda dapatkan melalui Instagram secara real time. Laporan tersebut akan ditampilkan pada dashboard interaktif di aplikasi CRM yang terintegrasi dengan Instagram API Anda. Laporan analisa tersebut sangat bermanfaat untuk Anda monitoring serta evaluasi peningkatan bisnis khususnya pada layanan Instagram.

Baca juga: 12 Contoh Penggunaan API Instagram untuk Bisnis


Segera Dapatkan Instagram API Terbaik untuk Bisnis Anda!

Cara mendapatkan Instagram API cukup mudah, Anda hanya perlu menghubungi tim Qontak.com. Kemudian, Qontak.com akan membantu dan men-set up Instagram API yang mudah digunakan. Qontak.com telah dipercaya lebih dari 1000+ bisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan mendapatkan Instagram API melalui Qontak.com, Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan dengan lebih mulus serta dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

0 comments

By