Qontak WhatsApp

Centang Hijau WhatsApp: Cara Mendapatkannya

Cara mendapatkan centang hijau pada Whatsapp

Cara Mendapatkan Centang Hijau/Akun Resmi Bisnis di WhatsApp

Maraknya penipuan pada bisnis online membuat orang berlomba untuk meningkatkan kepercayaan pelanggannya. Salah satunya adalah memiliki akun/kontak bisnis yang resmi. Pebisnis yang menggunakan WhatsApp Business kemudian mencari cara untuk mendapatkan centang hijau pada akun WhatsApp mereka.

Kita telah mengenal WhatsApp Business yang telah banyak digunakan oleh pebisnis dari berbagai kalangan. Akun bisnis di WhatsApp dapat dicantumkan sebagai Official Business Account atau Business Account biasa. Perbedaan antara WhatsApp biasa dan WhatsApp Business Account terletak pada:

  • logo,
  • nomor telepon rumah/kantor yang dapat dicantumkan,
  • fitur membalas pesan otomatis,
  • statistik pesan terkirim dan diterima,
  • kategori bisnis yang dapat dipilih,
  • label untuk memilah pesan,
  • adanya centang hijau.

Agar WhatsApp Anda bercentang hijau, Anda harus menggunakan WhatsApp Business API yang berbeda dengan WhatsApp Business biasa. WhatsApp Business API merupakan versi WhatsApp terbaru yang dirilis dengan akses terbatas. WhatsApp Business API tidak dapat diunduh dengan bebas seperti WhatsApp Business biasa. Selain itu, WhatsApp API memiliki berbagai fitur dan kelebihan dalam berkomunikasi dengan pelanggan sehingga dapat membantu mengembangkan bisnis.

Berikut perbedaan WhatsApp Business biasa dan WhatsApp Business API:

WhatsApp Business

WhatsApp Business API

Profil Bisnis Ya Ya
Template Pesan Ya Ya
Jumlah Agen hingga 2 agen CS / 1 nomor multiple agen (lebih dari 2) dalam 1 nomor
Manajemen Basis Data Pelanggan dan Obrolan Ya
Pesan Keluar Massal Ya
Laporan Kinerja Ya
Tanda Centang Hijau Resmi Ya
Integrasi CRM Ya

Apa itu Badge Verified / Centang Hijau WhatsApp?

Menurut FAQ atau pertanyaan yang sering diajukan ke WhatsApp sendiri, badge atau tanda centang hijau pada akun bisnis WhatsApp menandakan akun resmi yang sudah terverifikasi. Setelah mendapatkan centang hijau, artinya WhatsApp telah memverifikasi bahwa nomor telepon dari kontak ini sudah menjadi milik dari akun bisnis yang bersangkutan.

Setelah akun Anda memperoleh centang hijau dari WhatsApp, akan ada sebuah perbedaan yang terlihat jelas dibandingkan dengan akun WhatsApp Messenger biasa. Bukan nomor Anda, namun nama bisnis Anda lah yang akan otomatis muncul sebagai pengirim pesan walaupun orang lain belum menyimpan nomor/kontak Anda di ponsel nya. Nama bisnis Anda akan terlihat baik di daftar obrolan, layar obrolan, grup obrolan, serta di tampilan kontak.

Keuntungan Memiliki WhatsApp Official Business Account!

Jumlah pencarian dengan kata kunci cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp/ cara membuat WhatsApp verified/ agar Whatsapp Business terverifikasi cukup tinggi pada mesin pencari. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari keuntungan yang akan diperoleh dari adanya centang hijau tersebut, yaitu:

  • Dengan biaya terjangkau, Anda dapat meningkatkan kredibilitas bisnis sehingga akan lebih dipercaya oleh para pelanggan atau rekan bisnis.
  • Saat berkirim pesan atau berkomunikasi dengan orang lain, nama bisnis pada akun yang sudah di verifikasi akan otomatis muncul di layar obrolan penerima pesan — meskipun pengguna belum menambahkan bisnis Anda sebagai kontak.

Bagaimana Cara Mendapatkan Centang Hijau (Akun Resmi Bisnis) di WhatsApp?

Untuk saat ini, mendapatkan centang hijau atau Official Business Account harus melalui Official Business Partner atau Business Solution Provider (BSP) WhatsApp yang berada di negara masing-masing.

Cara mendapatkan centang hijau pada WhatsApp Business terbagi menjadi beberapa tahapan:

1. Pastikan Anda mempunyai Facebook Business Manager yang terverifikasi

Untuk mendapatkan centang hijau, Anda harus melakukan verifikasi bisnis melalui Facebook Business Manager. Tahap ini dilakukan agar memastikan apakah bisnis Anda memenuhi syarat. Salah satunya adalah Anda harus memiliki NPWP dan SIUP serta bisnis Anda adalah bisnis yang tidak menjual produk ilegal. Kebijakan perdagangan di WhatsApp lebih lengkapnya dapat dibaca disini

2. Daftar WhatsApp Business API melalui Business Solution Provider (BSP) Resmi WhatsApp

Selanjutnya Anda dapat mendaftarkan nomor untuk dijadikan WhatsApp Business aktif (tanpa badge). Setelah itu, untuk mendapatkan centang hijau Anda harus menggunakan WhatsApp Business API (sering disebut WhatsApp API). Untuk memperolehnya, Anda harus bekerjasama dengan Official Business Partner WhatsApp atau BSP yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Qontak.com.

3. Setelah anda mempunyai WhatsApp Business API, BSP akan melakukan pengajuan Official Business Account untuk bisnis Anda

WhatsApp tidak mengizinkan semua perusahaan memiliki Official Business Account, itulah sebabnya BSP harus mengirimkan pengajuan untuk setiap bisnis.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam memulai WhatsApp API, maka tim dari Qontak.com siap untuk membantu Anda. Informasi yang lebih lengkap tentang WhatsApp API, fitur-fiturnya, proses pendaftarannya, serta pelayanan yang akan Anda dapatkan dari Qontak.com, dapat dibaca disini.

Qontak.com menyediakan solusi end-to-end yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan aplikasi chat lainnya atau solusi omnichannel dengan sistem Customer Relationship Management. Qontak.com telah menangani klien dengan berbagai skala perusahaan dari beragam jenis industri untuk mendapatkan akun bisnis WhatsApp terverifikasi. Teknologi yang ditawarkan Qontak.com telah membantu perusahaan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Dapatkan Centang Hijau WhatsApp Anda Sekarang Juga!

Qontak mengerti bahwa kebutuhan, target, dan tujuan dari setiap perusahaan/bisnis dapat saja berbeda, oleh karenanya Qontak menyediakan berbagai fitur yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut dan dapatkan uji coba GRATIS atau dengan mengisi form di bawah ini:

You may also like

By