Cara Menambah dan Memaksimalkan Efek Word of Mouth Pada Bisnis Anda

Words of Mouth

Sudah sejak lama praktek word of mouth menjadi acuan dalam marketing, dan hal ini tetap berlaku meskipun era sudah bergeser menjadi serba digital. Hal yang didambakan para pelaku marketing ini sebenarnya dapat dikontrol dan dipengaruhi agar efeknya lebih maksimal.

Semua orang pada dasarnya akan selalu dipengaruhi oleh apa yang dikatakan oleh orang-orang di sekitarnya, seperti keluarga, rekan kerja hingga orang seperti tetangga dekat sekalipun. Manusia selalu berusaha menyeimbangkan kebutuhan dalam diri masing-masing serta tuntutan pandangan di masyarakat. Karenanya, praktek marketing pun mau tidak mau harus menyesuaikan, terutama dengan adanya social media, audiens yang makin teredukasi dan besarnya pengaruh review di dunia maya.

Lantas, bagaimana cara memaksimalkan perolehan dan efek word of mouth bagi bisnis Anda?

1. Pikirkan bagaimana pengaruh sosial memberikan dampak bagi diri Anda pribadi.

Seringkali, Anda dengan mudah melihat seta menyadari saat ada anggota keluarga atau orang terdekat Anda yang mengikut suatu tren, namun jarang sekali Anda dapat melihat diri Anda sendiri melakukan hal yang sama. Pahami terlebih dahulu bagaimana hal ini mempengaruhi Anda. Anda dapat menganalisa hal ini dari hal-hal yang paling menarik buat Anda ikuti di media sosial.

2. Prioritaskan psikologi di atas teknologi

Banyak bisnis hanya berpatokan pada teknologi yang canggih tanpa memperhitungkan aspek psikologi. Sebelum Anda mengirimkan promosi dalam bentuk email, kode kupon, atau pesan lainnya, pahami aspek psikologis dalam melakukan promosi dab sharing konten. Apa yang membuat orang melakukan share dan bagaimana orang dalam audiens Anda merespon berbagai konten yang berbeda? Mengapa konten A dikirimkan oleh penikmat ke temannya dan mengapa konten B tidak? Coba pikirkanlah aspek ini.

Words of Mouth
Sumber Gambar: constructionmarketingblog.co.uk

3. Kenali formula dari melakukan sharing

Word of mouth sama sekali tidak terjadi secara spontan. Terdapat formula yang membantu terjadinya word of mouth. Berbagai hal yang membuat terjadinya word of mouth dapat dirumuskan menjadi social currency, pemicu, emosi, masyarakat sekitar, nilai-nilai praktis serta kisah. Keenam elemen ini perlu dikuasai untuk membantu brand Anda menciptakan word of mouth yang memiliki pengaruh besar.

4. Orang-orang akan membagikan kisah, jadi selalu gunakan kisah kapanpun diperlukan

Kisah yang memiliki sentuhan pribadi selalu lebih interaktif dibandingkan dengan marketing biasa. Kisah dalam bentuk video maupun sesi konferensi dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian audiens hingga melakukan share. Di dalamnya, kisah yang diangkat dari brand Anda akan membantu pembaca atau penikmat terkoneksi dengan brand Anda.

Words of Mouth
Sumber Gambar: infogroup.com

5. Manfaatkan jasa influencer marketing dan dampak secara sosial dengan cara yang berbeda

Coba perluas pandangan Anda dan pikirkan konten yang membuat siapa saja mau melakukan share. Untuk menjaga keotentikan konten, Anda dapat memanfaatkan jasa influencer untuk melakukan hal ini.

Pada dasarnya, semua percakapan rekomendasidan promosi lebih banyak terjadi offline dibandingkan dengan online. Karenanya, maksimalkan usaha Anda untuk hanya mengeluarkan konten terbaik dan paling berkualitas saja.

You may also like