Daftar isi
7 min read

4 Cara Mudah Membuat WhatsApp Business Verified Terbaru!

Tayang 11 April 2022
Diperbarui 13 Desember 2023
4 Cara Mudah Membuat WhatsApp Business Verified Terbaru!

WhatsApp Business verified jadi kewajiban di era persaingan bisnis ketat saat ini. Sebab akun WhatsApp yang telah terverifikasi mampu meyakinkan bahwa akun WA Anda terbukti memiliki sebuah bisnis. Sayangnya cara untuk membuat WhatsApp Business Verified cukup rumit.

Bahkan sebagian bisnis yang mengajukan verifikasi ke pihak Facebook mengalami penolakan. Ada berbagai alasan yang melatarbelakanginya.

Tapi yang jelas, apabila Anda tidak bisa membuatnya, artinya Anda tidak bisa menggunakan chatbot untuk balas pesan otomatis, atau multi device untuk menambah banyak admin.

Namun Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat membuat WhatsApp Business Verified dengan mudah setelah membaca artikel di bawah ini.


Apa itu WhatsApp Verified?

WhatsApp Verified adalah akun WhatsApp bisnis yang telah diverifikasi sebagai akun resmi oleh pihak WhatsApp.

Tujuan verifikasi WhatsApp menujukan akun resmi memiliki bisnis, sehingga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan.

WhatsApp yang terverifikasi ditandai dengan tanda centang hijau (verified badge) yang muncul disamping nama bisnis pada layar obrolan penerima pesan. Nama bisnis Anda tetap akan muncul meskipun mereka tidak menyimpan nomor bisnis Anda.

Baca Juga: Daftar Harga (Pricing) WhatsApp Business API Terbaru


Apa Syarat yang Dibutuhkan untuk Membuat WhatsApp Verified?

Berikut adalah beberapa syarat yang perlu Anda penuhi sebelum dapat memeroleh WhatsApp verified:

  • Akun ditujukan hanya untuk bisnis, bukan untuk perorangan
  • Memiliki akun WhatsApp Business API yang telah disetujui
  • Mengaktifkan otentikasi 2 langkah (2 step authentication)
  • Akun Facebook Business Manager telah diverifikasi oleh Facebook/Meta
  • Disarankan akun bisnis Anda telah berada di Tier 2 atau di atas messaging level

Bagaimana Cara Membuat WhatsApp Business Verified?

Cara membuat WhatsApp Business verified sebenarnya cukup mudah. Terlebih saat ini Anda dapat mempercayakan semua urusan bikin WhatsApp bisnis melalui Business Solution Partner (BSP) terbaik di negara yang bersangkutan seperti Mekari Qontak.

Berikut adalah cara membuat WA bisnis verified:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke Business Solution Partner WhatsApp

Langkah pertama adalah mendaftarkan diri ke Mitra Resmi WhatsApp API seperti Mekari Qontak

Langkah pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat verified WhatsApp Business ialah memiliki akun WhatsApp Business API. Mengingat WhatsApp Business verified hanya dapat diperoleh apabila Anda telah memiliki WhatsApp API resmi.

Apabila Anda belum memiliki akun WhatsApp Business API, Anda dapat memerolehnya dengan cara mendaftarkan akun bisnis Anda di Official Business Partner of WhatsApp API atau Business Solution Partner Resmi di negara Anda, seperti Mekari Qontak.

Tim Qontak akan siap membantu Anda untuk menyelesaikan seluruh proses yang dibutuhkan guna memeroleh akun WhatsApp API bagi bisnis Anda, termasuk di antaranya melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Jadi, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi!

2. Tentukan Nomor dan Display Name yang Akan Digunakan

Kemudian Anda dapat melanjutkan dengan langkah kedua, yaitu menentukan nama yang akan digunakan sebagai display name dan nomor telepon yang digunakan pada akun bisnis Anda.

Namun, perlu diingat bahwasanya nama bisnis harus disesuaikan dengan kebijakan Perdagangan dan Bisnis yang telah ditentukan oleh pihak WhatsApp.

Sebagai informasi, nama dan nomor telepon yang telah dipilih nantinya tidak dapat diganti kembali. Oleh karena itu Anda harus yakin saat menentukan nama yang akan digunakan.

Sementara itu, pengajuan display name akan membutuhkan waktu selama satu hari kerja.

3. Ajukan Proses Verifikasi ke Facebook

Akun WhatsApp Business Anda tidak akan diverifikasi sebelum didaftarkan ke Facebook. Sebagai pengembang WhatsApp, Facebook memiliki wewenang untuk memverifikasi apakah akun Anda layak atau terbukti memiliki bisnis.

Cara pengajuan verifikasi ke Facebook bisa mengikuti tahapan dibawah ini:

  • Buka laman Business Manager Facebook dan login
  • Klik ‘Business Setting’ yang berada di kanan atas
  • Pilih ‘WhatsApp Accounts’ pada bagian bawah, lalu klik Add
  • Masukkan nama bisnis pada layar ‘Create WhatsApp Accounts’
  • Selanjutnya pada kotak Messaging For, ada 2 pilihan: Your Account untuk membuat akun bisnis untuk Anda sendiri dan Client’s Account untuk membuat akun atas nama bisnis.
  • Pilih sesuai kebutuhan Anda
  • Masukkan Business Manager ID, yang dapat Anda temukan di Business Manager Settings.
  • Pilih zona waktu tempat bisnis Anda berada.
  • Masukkan mata uang lokal bisnis Anda pada kolom ‘Local Currency’.
  • Pilih metode pembayaran untuk iklan Anda pada kolom ‘Payment Method’
  • Pada kolom P.O. Number, masukkan purchase order atau nomor pesanan pembelian (PO) yang akan muncul di invoice Anda.
  • Cari orang yang ingin Anda tambahkan ke akun WhatsApp atau pilih mereka dari daftar.
  • Pilih peran yang ingin Anda tetapkan untuk setiap orang.

Selanjutnya Akun WhatsApp Anda akan menerima tinjauan kebijakan. Anda dapat melihat status akun di bagian Account Status pada tab Settings di WhatsApp Accounts.

Dari uraian diatas, terlihat bahwan proses pengajuan verifikasi ke Facebook cukup rumit. Terlebih jika Anda salah dalam satu tahap saja, kemungkin akun WhatsApp Anda akan ditolak.

Namun tidak perlu khawatir, Mekari Qontak akan membantu Anda mengajukan verifikasi akun ke Facebook. Semua tahapan diatas, biar Qontak yang mengerjakannya. Sementara Anda hanya perlu menunggu kabar baik akun Anda berhasil terverifikasi.

4. WhatsApp Verified siap Digunakan

WhatsApp Verified

Terakhir, tunggu pihak Facebook akan memverifikasi akun Anda. Proses ini akan membutuhkan waktu sekitar 3 hari kerja.

Jika pengajuan akun WhatsApp bisnis resmi (Official Business Account) Anda telah disetujui oleh pihak WhatsApp, maka cara membuat WA bisnis verified pun selesai dan akun WhatsApp verfied Anda siap untuk digunakan.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menonton penjelasan tentang cara verifikasi whatsapp bisnis berikut ini:

YouTube video


Fitur Apa Saja yang Dapat Diperoleh dengan Menggunakan WhatsApp Verified?

Tahukan Anda bahwa manfaat di atas tidak dapat dijumpai pada kategori WhatsApp lainnya? Ini karena manfaat tersebut hanya dapat Anda peroleh apabila Anda menggunakan WhatsApp verified pada bisnis Anda.

Adapun fitur unggulan yang mendukung WhatsApp verified antara lain:

1. WhatsApp Masking untuk Branding

Fitur WhatsApp Masking dari WhatsApp Business Verified

Nama bisnis untuk branding akan otomatis muncul pada layar obrolan penerima pesan tanpa perlu menyimpan nomor Anda terlebih dahulu.

2. Tanda Centang Hijau WhatsApp

Tanda centang hijau WhatsApp Mekari Qontak

Centang hijau hanya dapat diperoleh jika nomor bisnis Anda telah lolos verifikasi dari pihak WhatsApp. Tanda ini dapat membangun kredibilitas bisnis Anda, sehingga dapat lebih dipercaya oleh prospek dan pelanggan.

3. Mengirimkan Pesan Blast

Fitur WhatsApp Blast dan WhatsApp Bulk Qontak

Anda dapat mengirimkan pesan ke kontak dalam jumlah banyak sekaligus tanpa perlu menyimpan nomor kontak prospek terlebih dahulu. Fitur WhatsApp blast ini sangat cocok digunakan dalam strategi pemasaran.

4. Dapat Digunakan oleh Banyak Admin

Fitur Multi Admin dari WhatsApp Business Verified

 

Bisnis skala menengah dan besar biasanya memiliki beberapa admin yang bertugas melayani pelanggan. Kategori WhatsApp lainnya tidak memungkinkan adanya multiple users (hanya 1 hp dan 1 laptop saja).

5. Chatbot WhatsApp

Fitur WhatsApp Chatbot dari WhatsApp Business Verified

Chatbot WhatsApp sangat bermanfaat untuk meningkatkan waktu pemberian respon terhadap pesan yang dikirimkan oleh pelanggan.

Dengan bot inilah Anda dapat menyapa secara otomatis prospek yang baru saja mengirimkan pesan, serta memberikan jawaban untuk pertanyaan yang sering ditanyakan.

6. Rotator WhatsApp

Fitur Rotator WhatsApp dari WhatsApp Business Verified

Fitur ini sangat berguna ketika terdapat terlalu banyak pesan dari pelanggan yang harus ditangani atau dijawab dengan cepat dan tepat.

Rotator WhatsApp akan meneruskan dan membagikan pesan pelanggan kepada admin yang lebih berpengalaman dalam kasus tertentu.


Apa Manfaat WhatsApp Business Verified terhadap Bisnis Anda?

Ada banyak alasan mengapa Anda harus mempelajari cara membuat WhatsApp Business verified, salah satunya adalah karena WhatsApp verified badge memiliki banyak manfaat untuk pelaku bisnis.

Berikut adalah manfaat yang akan Anda dapatkan setelah memiliki WhatsApp verified:

1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Bisnis Anda

Maraknya penipuan pada bisnis online membuat banyak orang menjadi takut untuk berbelanja di toko online.

Namun dengan menggunakan verifikasi WhatsApp Business yang memiliki verified badge, kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda dapat meningkat.

2. Komunikasi Menjadi Lebih Cepat dan Mudah

Dengan menggunakan WhatsApp verified, Anda dapat melayani prospek dan pelanggan yang sekadar bertanya atau ingin membeli dari bisnis Anda melalui satu platform terpadu.

Hal ini tentu dapat membuat komunikasi Anda dengan prospek dan pelanggan menjadi lebih cepat dan mudah.

3. Meningkatkan Penjualan

Penggunaan akun WhatsApp bisnis yang verified, dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang lebih cepat dan mudah. Sehingga dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis Anda.

4. Branding untuk Marketing dan Sales Menjadi Lebih Murah

Jumlah pengguna WhatsApp yang kian bertambah membuat Anda semakin mudah menyasar pengguna WhatsApp sebagai prospek bisnis Anda.

Menurut penelitian, rata-rata orang lebih mudah membuka isi pesan pada aplikasi obrolan seperti WhatsApp daripada membuka email.

Oleh karena itu, Anda dapat memfokuskan pemasaran dan penjualan menggunakan WhatsApp verified. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya pemasaran melalui media lain yang lebih mahal.


Pelajari Cara Membuat WhatsApp Business Verified dan Dapatkan Akun WhatsApp Verified Sekarang!

Bagaimana, cara membuat WhatsApp bisnis verified cukup mudah bukan? Apalagi dengan adanya bantuan dari BSP resmi WhatsApp. Untuk itu, pilihlah BSP resmi terbaik di Indonesia seperti Mekari Qontak.

Mekari Qontak tidah hanya berperan sebagai BSP resmi WhatsApp saja, namun juga merupakan penyedia aplikasi CRM terbaik yang memiliki sistem omnichannel. Anda dapat mengintegrasikan omnichannel CRM dengan WhatsApp verified Anda nantinya, guna mengoptimalkan perkembangan bisnis yang lebih pesat.

Lebih dari 3500 perusahaan telah mempercayai Mekari Qontak untuk menangani komunikasi dan hubungan pelanggan mereka. Selain itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales