Qontak WhatsApp

Cara Membuat Toko di Instagram

Apa Anda Pemilik Online Shop? Pelajari Hal-hal Ini untuk Cara Membuat Toko di Instagram!

Saat ini, Instagram tidak hanya digunakan sebagai media sosial, tapi berkembang menjadi media berjualan dengan membuka akun online shop. Sebanyak 89% Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia telah menggunakan empat aplikasi besutan Facebook untuk memasarkan produknya, salah satu populer adalah Instagram. Lalu, bagaimana cara membuat toko di Instagram? Apa saja manfaatnya, pelajari selengkapnya dari artikel di bawah ini!

7 cara membuat toko di Instagram adalah sebagai berikut:

  1. Verifikasi Kelayakan
  2. Berpindah ke akun Bisnis atau Kreator
  3. Koneksikan ke Laman Facebook
  4. Buat Katalog Produk
  5. Review Akun
  6. Aktifkan Fitur Belanja
  7. Tambahkan Label


Apa Itu Toko Instagram (Instagram Shop)?

Toko Instagram (Instagram shop) adalah fitur terbaru di Instagram yang memudahkan pelanggan berbelanja produk tanpa berpindah aplikasi. Mereka dapat melihat produk yang ditawarkan melalui foto atau video lengkap dengan tag harga pada unggahan feed atau stories akun bisnis.

Pemilik bisnis yang berjualan di toko Instagram juga bisa membuat katalog produk serta tautan yang mengarahkan prospek ke situs website Anda. Facebook juga melengkapi Instagram shop dengan fitur pay. Fitur ini berfungsi sebagai pembayaran virtual pada online shop. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu berpindah aplikasi untuk menyelesaikan transaksi, cukup melalui Instagram. Sayangnya, fitur ini baru tersedia di Amerika.


Apakah Saya Perlu Menerapkan Cara Membuat Toko di Instagram?

Pada dasarnya hampir semua pelaku bisnis perlu berjualan di toko Instagram. Terutama mereka yang bersinggungan langsung dengan pelanggan. Terlebih cara membuat toko di Instagram tidaklah sesulit membuka shop pada umumnya. Cara membuat toko di Instagram tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan besarnya peluang mendapatkan pasar lebih luas.

Berdasarkan hasil survei Instagram beberapa waktu lalu menemukan bahwa banyak orang yang memanfaatkan Instagram untuk berbelanja dan mencari produk baru.

Ada sekitar 70% penggemar belanja beralih ke Instagram untuk mencari produk, sementara sebanyak 87% pengguna mengatakan bahwa influencer mendorong keinginan mereka untuk membeli.

Penelitian lainnya dari BigCommerce, fitur toko di Instagram mampu meningkatkan traffic sebesar 1.1416% sekaligus kenaikan pendapatan hampir 20%. Ketika pengguna Instagram melihat produk yang berhasil mencuri hatinya, mereka akan langsung mencari dan tanpa ragu membelinya. Dengan adanya fitur ini, baik bisnis besar maupun UMKM semuanya terbantu.


Apa Manfaat Menerapkan Cara Membuat Toko di Instagram?

Cara membuat toko di Instagram menjadi berkembang pesat adalah dengan memaksimalkan manfaat dari fitur-fitur yang dimiliki IG shopping. Salah satunya adalah Instagram API yang mampu mengintegrasikan dengan aplikasi lain. Instagram API bermanfaat melayani pelanggan lebih baik dan mempercepat transaksi jual beli.

Berikut manfaat lainnya yang bisa Anda nikmati setelah membuat toko di Instagram:

– Toko di Instagram Membuat Jangkauan Prospek  lebih Luas

Instagram salah satu aplikasi populer dengan jumlah pengguna di Indonesia mencapai 59,8 juta. Angka ini akan bertambah apabila target pelanggan Anda juga pengguna internasional. Menurut data Instagram bahwa sekitar 130 juta pengguna mengetuk unggahan Instagram shopping untuk mempelajari lebih lanjut produk yang ditawarkan. Dengan berjualan di Instagram, Anda bisa menyasar target pelanggan lebih luas.

– Memudahkan Pelanggan Berbelanja

Instagram shopping memberikan pengalaman belanja menyenangkan melalui tampilan foto, video atau Instagram stories. Pelanggan yang melihatnya dapat melakukan order tanpa berpindah aplikasi. Bisnis juga dapat membagi katalog dalam berbagai kategori melalui fitur Collection atau meningkatkan ketertarikan prospek terhadap produk yang akan diluncurkan dengan fitur Product Launches. Ada juga fitur Save yang membantu pelanggan menyimpan unggan produk yang ingin dibeli.

– Membuat Toko di Instagram Dapat Meningkatkan Konversi Website 

Manfaatkan Instagram untuk mengarahkan pengunjung online shop melihat website bisnis Anda. Sebagian pelanggan lebih mempercayai bisnis yang memiliki situs web. Dengan begitu jumlah pengunjung website juga akan meningkat. Anda juga bisa menggunakan Instagram tools untuk membuat konten bagus sehingga pengunjung tertarik berpindah ke website bisnis Anda.

– Menjalin Hubungan dengan Pelanggan

Berjualan di toko Instagram menyediakan proses yang praktis dengan informasi lengkap. Pelanggan yang memiliki pertanyaan terkait produk bisa meninggalkan komentar pada unggahan atau mengirimkan DM untuk mendapatkan jawaban.

– Menyediakan Promosi Beragam

Cara promosi di Instagram bervariasi, mulai dari Instagram stories, live IG, Instagram ads hingga bekerjasama dengan influencer melalui fitur Shopping for Creators. Format promosi juga beragam dari foto, klip atau video. Khusus fitur shopping for creators, unggahan influencer akan memiliki label ‘paid partnership with (nama brand)’ sehingga orang-orang tahu bahwa produk yang ditampilkan pada foto atau video merupakan produk Anda.


Bagaimana Cara Membuat Toko di Instagram?

Cara membuat toko di Instagram cukup mudah. Syaratnya, Anda harus memiliki sebuah bisnis yang menawarkan produk atau jasa.

Berikut cara membuat toko di Instagram yang bisa Anda lakukan:

Step 1. Verifikasi Kelayakan

Langkah pertama untuk berjualan di toko Instagram adalah mengkonfirmasi bahwa bisnis Anda layak membuka online shop. Caranya dengan memastikan toko online Anda telah memenuhi persyaratan berikut:

  • Bisnis Anda berlokasi di negara yang mendukung Instagram shopping
  • Bisnis Anda memiliki produk yang memenuhi syarat
  • Mematuhi perjanjian dan kebijakan perdagangan dari Facebook
  • Bisnis Anda memiliki domain situs web yang digunakan untuk berjualan

Step 2. Berpindah ke akun Bisnis atau Kreator

Langkah2-Cara Membuat-Toko-Di- Instagram

Ubah akun Instagram Anda menjadi akun bisnis. Setelah itu, Anda bisa menambahkan informasi bisnis yang relevan seperti jam operasional bisnis, alamat, nomor telepon dan tautan ke situs web Anda.

Step 3. Koneksikan ke Laman Facebook

Langka h3-Cara Membuat-Toko-Di- Instagram

Hubungkan akun Instagram Business ke laman Facebook dengan cara berikut:

  • Buka profil Instagram bisnis
  • Klik Edit Profil
  • Pilih Informasi Bisnis Publik, kemudian klik Halaman
  • Jika belum memiliki Halaman Facebook, maka pilih Buat Halaman Facebook Baru

Catatan: hanya diperlukan halaman Facebook, bukan Toko Halaman Facebook

Step 4. Buat Katalog Produk

Langkah 4-Cara Membuat-Toko-Di- Instagram

Terdapat 2 cara membuat katalog produk Anda di akun Instagram bisnis. Pertama pengelola katalog dengan metode “mandiri” pada Pengelola Bisnis Facebook, dan integrasi melalui salah satu mitra platform ecommerce yang telah bersertifikasi.

Step 5. Review Akun

Langkah 5-Cara Membuat-Toko-Di- Instagram

Ajukan peninjauan akun Anda ke pihak Facebook. Proses peninjauan biasanya memakan waktu beberapa hari atau lebih lama lagi. Untuk mengajukan, Anda bisa memilih Pengaturan kemudian Daftar untuk Shopping. Selanjutnya ikuti langkah-langkah untuk mengajukan peninjauan akun Anda. Untuk mengecek status Anda, buka “Belanja” di “Pengaturan” kapan saja.

Sebagian pelaku bisnis akan mendapatkan notifikasi untuk melengkapi bukti kepemilikan domain situs web. Apabila Anda menerima notifikasi tersebut, ikuti perintahnya hingga menyelesaikan proses verifikasi domain agar bisa mengajukan peninjauan akun.

Step 6. Aktifkan Fitur Belanja

Langkah 6-Cara Membuat-Toko-Di- Instagram

Setelah disetujui, Anda aktifkan fitur belanja. Cara aktivasi fitur belanja sebagai berikut:

Buka Akun-> pilih Pengaturan-> klik Bisnis-> ketuk Belanja-> Hubungkan Katalog Produk yang diinginkan-> Klik Selesai

Apabila fitur belanja tidak muncul pada Pengaturan, mungkin akun Anda masih dalam proses peninjauan atau belum disetujui oleh Facebook.

Step 7. Tambahkan Label

Penggunaan label produk bertujuan untuk menyoroti produk-produk di foto dan video yang ditampilkan pada feed dan stories Instagram. Untuk melabeli produk pada unggahan lakukan seperti memposting foto pada Instagram messenger. Begitu juga untuk postingan pada stories Instagram. Perbedaanya, Anda dapat IG shopping dilengkapi dengan stiker belanja pada stories.


Bagaimana Cara Kerja Toko Instagram?

Instagram shopping bekerja selayaknya toko offline dimana pelanggan dapat menemukan produk dan merek yang dengan melihat gambar atau video. Fitur-fitur yang dimiliki Instagram shopping telah disesuaikan dengan perilaku belanja pelanggan saat ini. Salah satunya dengan mengubah akun Instagram bisnis Anda menjadi etalase toko. Berikut cara kerja fitur-fitur yang dimiliki toko Instagram:

  • Kostumisasi tampilan etalase, sehingga pelanggan dapat berbelanja langsung dari laman profil bisnis,
  • Label produk membantu pelaku bisnis menyoroti produk dari katalog stories dan beranda. Hal ini memudahkan pelanggan mencari tahu selengkapnya tentang produk tersebut.
  • Instagram shopping memungkinkan bisnis untuk menyesuaikan koleksi produk tokonya menggunakanan sentuhan editorial dengan cara mengkategorikan produk berdasarkan tema tertentu.
  • Instagram shop menyediakan halaman detail yang bertugas memberikan semua informasi relevan tentang suatu produk seperti harga, deskripsi rinci dan media.
  • Toko online di Instagram dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan mempromosikan postingan produk melalui iklan dengan label produk. iklan dengan label produk akan mengarahkan prospek ke situs web bisnis Anda atau proses pembayaran yang tersedia di Instagram.
  • Orang bisa membayar produk yang mereka temukan secara aman dan praktis menggunakan Facebook Pay, tanpa perlu keluar dari aplikasi Instagram. Sayangnya proses pembayaran ini baru tersedia di Amerika. Sementara ini bisnis yang belum menggunakan metode pembayaran di Instagram bisa menggunakan fitur belanja lain yang mengarahkan ke luar situs untuk menyelesaikan pembelian.
  • Instagram shop menyediakan fitur peluncuran produk. Fitur ini digunakan untuk mengumumkan peluncuran produk mendatang di Instagram. Tujuannya agar orang-orang bisa mengetahui lebih dulu detail produk dan mengatur pengingat untuk membeli produk tersebut setelah resmi beredar di pasaran.
  • LIVE SHOPPING didesain oleh Instagram untuk membuka akses ke saluran baru bagi bisnis yang mengaktifkan proses pembayaran untuk menjual produk melalui Siaran Langsung Instagram mereka dan menjalin koneksi yang lebih mendalam dengan prospek secara realtime.

Integrasikan Toko Instagram Anda dengan Instagram API Sekarang!

Salah satu cara membuat toko di Instagram memperoleh bekerja maksimal adalah menghubungkannya dengan Instagram API. Akun bisnis online yang ditingkatkan menjadi Instagram API memiliki keunggulan lainnya seperti bot Instagram. Chatbot Instagram ini akan bertindak sebagai asisten virtual membalas pertanyaan pelanggan secara real time. Masih banyak kelebihan lainnya yang dapat Anda manfaatkan dari Instagram API.

Instagram API terbaik hanya dapat Anda peroleh melalui Qontak.com. Instagram API yang Qontak.com dapat terintegrasi dengan alur kerja sistem lain yang sudah ada pada bisnis Anda. Qontak.com juga menyediakan semua aplikasi serta layanan yang Anda butuhkan pada bisnis Anda seperti aplikasi CRM (Customer Relationship Management) yang didukung dengan sistem Omnichannel dan menambahkan WhatsApp Business API ke akun Instagram Anda. Ketiganya dapat Anda integrasikan sehingga akan mengoptimalkan kinerja tim customer service dan meningkatkan sales.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

 Frequently Asked Question tentang Instagram API

Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan Messenger Instagram API?
  • Tidak ada syarat khusus yang menyulitkan Anda. Anda hanya perlu memiliki:
    • Akun Facebook Business Manager
    • Akun Facebook dengan role Admin di sebuah Facebook Page bisnis Anda
    • Professional Account atau Akun Instagram Business

    Setelah Anda memiliki 3 hal di atas, Anda bisa mendaftar ke Mitra Resmi Instagram di Indonesia seperti Qontak.com.

Apakah Messenger Instagram API dapat digunakan oleh akun individu atau perorangan?
  • Tidak bisa. Instagram API dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau bisnis yang menggunakan Instagram sebagai salah satu medium berkomunikasi dengan pelanggannya. Oleh karena itu, akun yang didaftarkan untuk Instagram API pun adalah akun Instagram Business (Professional Account).
Apa saja hal yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan Messenger Instagram API?
  • Selain memenuhi syarat di atas (syarat akun Facebook Page dan Instagram Business), Anda hanya perlu berlangganan layanan aplikasi Omnichannel Qontak.com.
Dapatkan saya melakukan upgrade akun Instagram saya ke Instagram API?
  • Ya, Anda hanya perlu mengubah akun Instagram biasa Anda menjadi Instagram Business (Professional Account) – khusus bisnis/perusahaan. Setelah itu, daftarkan akun tersebut ke Qontak.com sebagai Mitra Resmi Instagram.
Apakah saya dapat membuat bot Instagram saya sendiri?
  • Ya, Anda dapat membuat alur percakapan bot Instagram Anda sendiri. Qontak akan membantu Anda untuk merealisasikan bot Instagram Anda.

 

You may also like

0 comments

By